Laporan Praktikum Biologi

Anne Teresa Lie Cindy Natalia I. / XII IPA 3 / 15 / XII IPA 3 / 11

Judul Mutasi Pergeseran Kerangka Tujuan Memahami mutasi pergeseran kerangka Alat dan Bahan - Gunting - Spidol - Karton 4 warna Cara Kerja 1. Buatlah gambar dengan bentuk dan ukuran seperti gambar di bawah ini pada masing-masing karton yang sesuai. Masing-masing simbol dibuat sebanyak delapan potong, kecuali sitosin dibuat dua belas potong. - Adenin - Urasil 3,5 cm 2,5 cm

II.

III.

IV.

1,5cm Guanin 3,5 cm -

1,5 cm Sitosin 2,5 cm

1,5 cm

1,5 cm

2. Susunlah simbol-simbol gambar seperti urutan di bawah ini. AUG GAU CCA UAC GGU CGU ACC AUA AUU GCC GG

Apabila terjadi substitusi urasil pada basa-basa nukleotida ke-6. Kodon AUG GAU CCA UAC GGU CGU ACC AUA AUU GGC GG Asam Amino Metionin Asam Aspartat Prolin Tirosin Glisin Arginin Treonin Isoleusin Isoleusin Alanin Gambar . 2. 11. 5. 18. 10. 5. V. Anggaplah terjadi delesi pada basa nukleotida urutan ke-1. 3. 4. 8. 15. 6. Terjemahkan urutan pada nomor 2 sesuai dengan aturan triplet nukleotida (kodon) menjadi urutan asam amino dengan menggunakan tabel.3. 8. 4. Hasil Pengamatan  Urutan nukleotida pada cara kerja nomor 2 No. 9. 1. dan 24. dan 27 (pada urutan nukleotida pada cara kerja nomor 2) menjadi sitosin. Terjemahkan lagi urutan nukleotida tersebut menjadi urutan asam amino. 7.

2. 9. dan 27 menjadi sitosin No. Faktor apa saja yang dapat menyebabkan mutasi ? a. 7. Senyawasenyawa ini pada kadar tertentu dapat bersifat karsinogenik. Soal Diskusi 1. 1. 5. yaitu dapat memacu pertumbuhan sel-sel kanker . 5. 11. 7. 9. 3. Kodon AUG GAC CCA UAC GGC CGC ACC AUA AUC GGC GG Asam Amino Metionin Asam Aspartat Prolin Tirosin Glisin Arginin Treonin Isoleusin Isoleusin Alanin Gambar VI. 6. 2. Kodon UGG AUC AUA CGG UCG UAC CAU AUU GCC GG Asam Amino Triptofan Isoleusin Isoleusin Arginin Serin Tirosin Histidin Isoleusin Alanin Gambar  Urutan nukleotida setelah terjadi substitusi urasil pada basa-basa nukleotida ke-6. obat-obatan. 8. 10. 8. Urutan nukleotida setelah terjadi delesi pada basa nukleotida urutan ke-1. 18. 3. 8. 1. 6. 15. 10. Faktor intern berasal dari dalam tubuh makhluk hidup sendiri atau faktor pembawaan.yaitu dari lingkungan. Faktor ekstern berasal dari luar tubuh. dan 24 No. 4. b. dan senyawa tertentu yang berbahaya terhadap tubuh. 4. Faktor-faktor ekstern dapat berupa makanan.

Perubahan susunan molekul gen atau perubahan susunan DNA mengakibatkan perubahan pada sifat kerja dari gen. Hal itu disebut dengan mutasi. Hal ini mengakibatkan bergesernya kerangkan pembacaan. mempengaruhi urutan asam animo awalnya perubahan dari AUG (Metionin) menjadi UGG (Triptofan) sedangkan Pada substitusi. Mutasi pada manusia mengakibatkan cacat fisik karena ada DNA yang pasangannya tidak sesuai.Pada delesi. VII. mempengaruhi urutan asam animo awalnya perubahan dari AUG (Metionin) menjadi UGG (Triptofan)  Pada substitusi. tidak mempengaruhi urutan asam animo awalnya. Kesimpulan . . Apakah delesi dan substitusi pada urutan basa nukleotida seperti cara kerja nomor 4 dan 5 mempengaruhi urutan asam amino awalnya?  Pada delesi. tidak mempengaruhi urutan asam animo awalnya.2. . Apakah pengaruh perubahan urutan asam amino akibat mutasi pada individu yang mengalaminya? Mutasi pergeseran kerangka ini akibat penambahan atau kehilangan satu atau lebih nukleotida didalam suatu gen. TetapAUG(Metionin). 3. Mutasi ini menyebabkan terbentuknya protein yang tidak berfungsi sebagai akibat disintesisnya rangkaian asam amino yang sama sekali baru dari pembacaan rangkaian nukleotida mRNA yang telah bergeser kerangkanya. tetap AUG (Metionin).