PROPOSAL SKRIPSI A.

Latar Belakang Saat ini dunia yang kita tempati berada dalam genggaman revolusi teknologi dan revolusi informasi. Dengan kata lain, kita telah berada di abad informasi, yaitu suatu abad dimana ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dijadikan kekuasaan (power). Sekarang ini perusahaan menggunakan informasi untuk mendapatkan competitive knowledge (keunggulan kompetitif). Perusahaan memahami bahwa apa yang mereka tidak ketahui dapat menjadi sumber keuntungan bagi pesaing. Perusahaan yang telah menyadari hakekat nilai informasi adalah perusahaan yang sukses saat ini, bagi perusahaan yang tidak menyadari atas pentingnya informasi akan tidak mendapatkan survive di masa mendatang. Sistem informasi memainkan peranan penting dan makin luas dipergunakan dalam bisnis, karena sistem informasi dapat membantu segala jenis bisnis untuk meningkatkan effisiensi dan efektivitas bisnis. Pemanfaatan sistem informasi yang didukung adanya teknologi informasi tidak bisa lepas dari adanya penggunaan hardware computer, software, jaringan dan manajemen data. Adanya dukungan teknologi informasi tersebut, maka informasi akan lebih cepat dan akurat disampaikan di dalam sebuah organisasi. Salah satu sistem yang sekarang banyak dikembangkan kearah teknologi informasi adalah sistem informasi manajemen. Sistem Informasi Manajemen dalam penggunaannya di perusahaan industri biasanya terdapat di bagian pemasaran, manufaktur dan keuangan. Namun akhir-akhir ini sudah mulai dikembangkan juga sistem informasi sumber daya manusia atau human resource information system (HRIS). Sistem informasi sumber daya manusia merupakan sistem konseptual yang digunakan untuk mengelola personil di suatu perusahaan. Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu sumber daya di dalam organisasi. Seiring dengan kemajuan teknologi serta tuntutan organisasi, SDM dirasakan sebagai salah

satu asset yang paling penting dan berharga dalam perusahaan. Untuk mendapatkan SDM yang berkualitas dibutuhkan suatu sistem informasi SDM bagi pihak manajemen dalam pengambilan keputusan. menyadari akan pentingnya aspek SDM dalam menyumbangkan keunggulan bersaing. semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut. yang memiliki pasar domestik dan pasar internasional. dibutuhkan juga strategi yang baik untuk memenangkan persaingan. guna meningkatkan kemampuan dan kualitas dari karyawan. Dewasa ini perusahaan yang bergerak di bidang pabrikasi selain dituntut menghasilkan produk yang memiliki daya saing tinggi. Karena SDM memainkan peran sebagai pemberi ide. yaitu bagaimana sebuah perusahaan dapat memiliki aset berupa SDM yang mempunyai kedisiplinan yang tinggi dan kinerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. tidak hanya dituntut kemajuan bisnis atau penggunaan teknologi yang canggih. pengembangan dan penugasan karyawan maupun penilaian kinerja karyawan. PT. PT. dan pelaksana ide. Hal ini membuat pihak manajemen terus melakukan pembinaan terhadap karyawan yang mereka miliki secara konsisten.MOVED dalam berupaya untuk mengoptimalkan kinerjanya. baik itu dalam perekrutan dan seleksi calon karyawan. terpadu dan kesinambungan serta senantiasa memotivasi karyawannya untuk bekerja secara optimal dan konsisten. Didasarkan pada luasnya pemanfaatan sistem informasi dan keuntungan yang diperoleh serta pentingnya SDM bagi kelangsungan bisnis perusahaan. pendorong. Maka dari itu semakin baik modal SDM suatu perusahaan.MOVED adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri robot. maka tidaklah . Pihak manajemen perusahaan menyadari besarnya peranan SDM dalam menentukan tercapai atau tidaknya tujuan dari perusahaan. juga kegiatan-kegiatan lain dalam perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. tetapi juga perlu diperhatikan dari SDM-nya. Dengan alasan tersebut maka perusahaan perlu melakukan pelatihan serta pengembangan terhadap karyawan tanpa pandang bulu dan terbuka.

pemberdayaan. seleksi. pemberdayaan (terdiri dari pelatihan . penggajian. penugasan dan penilaian). lembur). Hal inilah yang menjadi dasar pemilihan untuk melakukan penelitian. maka penyusun membatasi permasalahan pada sistem informasi yang dirancang sebagai berikut: 1. C. Perumusan Masalah Berkenaan dengan identifikasi sistem informasi yang digunakan saat ini. sarana pendukung. penempatan. data gaji . mutasi (terdiri dari promosi. 2. penggajian (terdiri dari presensi. mengolah. literatur serta luasnya permasalahan yang ada di perusahaan. Proses transaksi yang meliputi : penerimaan karyawan (terdiri dari pendaftaran. Berkenaan dengan sistem informasi yang ada saat ini. penempatan). data jabatan. Bagaimana agar melalui penggunaan Sistem Informasi Manajemen SDM yang dibuat tersebut dapat mengatasi permasalahan pelaksanaan penerimaan karyawan. Proses Masukan data master meliputi: data calon karyawan. maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut. tenaga. dan penilaian kinerja serta dapat mengelola data dan menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para karyawan. B. .merupakan sesuatu hal yang berlebihan jika untuk pengaturan SDM dibuatkan sebuah sistem informasi. data karyawan. menyimpan dan menyajikan informasi yang berkaitan dalam bidang manajemen SDM. Batasan Masalah Dengan melihat uraian di atas serta mengingat keterbatasan waktu. data pemberdayaan. Melalui sistem informasi ini diharapkan pengaturan SDM yang dilakukan benarbenar membawa pengaruh terhadap peningkatan kinerja dan effisiensi biaya. data tunjangan. maka dibutuhkan suatu sistem informasi baru berbasis komputer yang bertujuan untuk mengumpulkan. pensiun dan PHK).

karyawan. laporan data gaji. laporan data jabatan. laporan pemberdayaan pekerjaan. laporan data karyawan. 4. informasi : jadwal pelatihan karyawan dan lowongan . laporan mutasi karyawan. laporan penggajian karyawan. Software aplikasi yang digunanakan adalah PHP sedangkan basis data yang digunakan adalah MySql karyawan. Pembuatan laporan yang meliputi: laporan data calon karyawan. Basis sistem yang digunakan adalah intranet 5. laporan data pemberdayaan.3. laporan penerimaan karyawan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful