RANGKAIAN FLIP FLOP MENGGUNAKAN IC 555

Senja Frisca Rindi ( 2111105002 ) Irvan Paramananda ( 2111105005 ) Dwi Cahyo A ( 2111105027 )

. melalui percobaan ini kita akan mengetahui jenis-jenis rangkaian flipflop tersebut. Terdapat berbagai macam jenis flip-flop. mencacah pulsa dan mensinkronkan rangkaian aritmatika. resistor dan dioda yang di rangkai menjadi suatu gerbang logika yang dapat bekerja secara sekuensial. Ada banyak fungsi flip-flop diantaranya yaitu dapat menyimpan bilangan biner.LATAR BELAKANG Flip-flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang disimpan. Prinsip dasar dari flip-flop adalah suatu komponen elektronika dasar seperti transistor.

TUJUAN  Untuk mengetahui proses pembuatan dan prinsip kerja dari rangkaian flip-flop secara garis besar. .  Untuk mengetahui komponen elektronika apa saja yang digunakan untuk membuat rangkaian flip-flop.

Solder Solder yang digunakan adalah solder dengan tegangan 220v dan 40w. Alat Hisap Alat ini digunakan untuk menarik kembali timah yang melekat pada papan rangkain untuk melepaskan komponen jika terjadi kesalahan pemasangan atau mengganti komponen yang rusak. .ALAT YANG DIGUNAKAN 1. Tang ini juga digunakan untuk memotong kabel dan masih banyak fungsi lainnya. Solder digunakan untuk melebur timah yang berfungsi untuk melekatkan komponen di papan rangkaian tercetak. Tang Potong Alat ini digunakan untuk memotong sisa kaki-kaki komponen pada bagian belakang papan rangkaian. 3. 2.

2.BAHAN YANG DIGUNAKAN 1. 7. 3.5V Kabel Jumper . 4. IC Timer 555 Resistor 10K ohm(1buah). 6. 100K ohm(1 Buah) & 220 ohm (2 buah) Potensiometer 50K ohm Kapasitor 10uF (1 buah) 2 buah LED Baterai 4. 5.

GAMBAR RANGKAIAN .

tetapi untuk menjamin kestabilan referensi komparator A. Switching transistor ini berfungsi untuk meng-clamp node yang sesuaike ground pada timing tertentu Vcc. Biasanya akan bekerja optimal jika diberi 5 –15V (maksimum). skematic dan cara kerja sebagai berikut: Definisi dan fungsi masing-masing pin : Ground. adalah pin yang berfungsi untuk mereset latch didalam IC yang akan berpengaruh untuk me-reset kerja IC. input negative dari lower komparator (komparator B) yang menjaga osilasi tegangan terendah kapasitor di 1/3 Vcc dan mengatur RS flip-flop Output. Pin ini tersambung ke suatu gate transistor bertipe PNP. jadi transistor akan aktif jikadiberi logika low. Biasanya pin ini langsung dihubungkan keVcc agar tidak terjadi reset latch. . pin ini disambungkan ke beban yang akan diberi pulsadari keluaran IC ini. biasanya dihubungkan dengan kapasitor berorde sekitar 10nF ke pin ground. Threshold. pin initerhubungke open collector transistor Q1 yang emitternya terhubung ke ground. pin ini terhubung ke input positif upper comparator (komparator A) yang akan me-reset RS flip-flop ketika tegangan pada kapasitor mulai melebihi 2/3 Vcc Discharge. supply arusnya dapat dilihat di datasheet. IC555 bisa mengeluarkan arus 100mA pada outputnya bahkan 200mA pada LM555 Reset. adalah pin input dari sumber tegangan DC paling negative Trigger. pin ini bias dibiarkan digantung. pin ini berfungsi untuk mengatur kestabilan tegangan referensi input negative upper comparator (komparator A). yang akan langsung berpengaruh mengulang kerja IC555 dari keadaan low state Control Voltage. pin ini untuk menerima supply DC voltage (most positive) yang diberikan.PRINSIP KERJA ALAT Rangkaian flip flop sederhanaini mengunakan IC 555.yang padaumumnyadigunakansebagai timer. yaitu sekitar 10 -15mA.

Dengan cara kerja sebagai berikut: Kapasitor C1 terisi melalui R1 dan R2 dan discharge hanya melalui R2.Rangkaian flip flop ini merupakan rangkaian Astable yang akan menghasilkan sinyal kotak yang terus berdetak dengan duty cycle tertentu selama catu tegangan tidak dilepaskan.693 (R2 )C1 Sehingga total period T: T= t1 +t2 = 0. Duty cycle yang merupakan waktu antar impuls akan ditentukan oleh perbandingan R1 dan R2 ini.44 f =𝑇 = 𝑅1+𝑅2 .𝐶1 The duty cycle is given by : 𝑅2 D = 𝑅1+2𝑅2 Sehingga dari rumus diatas dengan memvariasikan R2 dengan menggunakan potensio maka detakan akan bervariasi juga.693 (R1 +2R2)C1 The frequency ofoscillation is them : 1 1. Perhitungan duty cycle dapat menggunakan rumus : Charge time (output HIGH) : t1 = 0. . Pada rangkaian astable ini C1 akan terisi dan discharge antara 1/3 Vcc dan 2/3 Vcc.693 (R1 +R2)C1 Discharge time (output LOW: t2 = 0.

PENGUJIAN ALAT Setelah alat siap dirangkai secara keseluruhan. Jika semuanya sudah benar. Sambung baterai pada powerline dan Led akan menyala bergantian. Setelah selesai merakit rangkaian tersebut. cek sekali lagi apakah pemasangan kaki-kaki komponen tidak ada yang salah. Untuk mengubah-ubah kecepatan kedip bisa dengan mengubah nilai komponen Kapasitor atau nilai dari Resistor(R1). . maka alat di uji coba apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan.

 Pada flip-flop terdapat 2 masukan yaitu R (reset) dan S (set). Biasanya untuk mengubah keadaan tersebut diperlukan suatu masukan pemicu. karena flip-flop merupakan satu sel memori. denganmenggunakan konsep elektronika yang memiliki berbagai jenis dan kegunaan yang berbeda. . Keadaan keluaran flip-flop dapat berada dalam keadaan tinggi atau keadaan rendah. Oleh karena itu hendaknya setiap mahasiswa harus lebih melatih diri masingmasing untuk memahami tentang flip-flop. Keluarannya adalah Q (komplemen) Saran  Pemahaman terhadap rangkaian flip-flop ini sangatlah penting. untuk selang waktu yang dikehendaki.KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan  Rangkaian flip-flop yang dibuat adalah 2 LED flip-flop dengan IC timer 555  Flip-flop merupakan rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau menggantiisi dari bit yang disimpan.

com/doc/94622544/2-Led- Flip-Flop-Dengan-Ic-555  http://www.meriwardanaku.scribd.DAFTAR PUSTAKA  http://id.html  http://elektronikadasar.com/2011/10 /rangkaian-led-berjalanmemanfaatkan.com/komponen/pembangkitpulsa-ic-555/ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful