P. 1
Pengolahan Limbah Industri Garmen

Pengolahan Limbah Industri Garmen

|Views: 945|Likes:
Published by Siti Zaenatun
limbah
limbah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Siti Zaenatun on Mar 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2014

pdf

text

original

PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI GARMEN

Disusun oleh: Resti Wahyu W (P17434010034) Siti Zaenatun(P17434010039) Yuniara Fika TP (P17434010048)

LATAR BELAKANG
• Pengelolaan lingkungan hidup merupakan kewajiban bersama berbagai pihak baik pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat luas. Hal ini menjadi lebih penting lagi mengingat Indonesia sebagai negara yang perkembangan industrinya cukup tinggi dan saat ini dapat dikategorikan sebagai negara semi industri.Salah satunya adalah industry tekstil yang tersebar di berbagai wilayah, yang mampu menghasilkan aneka ragam produk tekstil seperti sarung, kain untuk bahan pakaian, handuk, benang, kain kasur dan lain-lain.

• kegaiatan proses produksi yang berlangsung tersebut menghasilkan sampah yang mayoritas berupa sampah anroganik yakni sampah dari sisa-sisa produksi seperti sisa benang, kain potongan, kones bekas gulungan benang, kardus bekas pengepak benang, dan masih banyak jenisnya lagi. Barang-barang sisa tersebut apabila dapat dimanfaatkan oleh penduduk sekitar melalui upaya daur ulang menjadi produk yang memiliki nilai jual maka akan dapat memberi keuntungan dan mengatasi beragai masalah ekonomi setempat.

RUMUSAN MASALAH
• Apa itu limbah garmen? • Bagaimana cara mengolah limbah padat garmen agar memberi manfaaat yang besar bagi perekonomian masyarakat.

TUJUAN
• Tujuan pengolahan limbah garmen adalah untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah garmen serta meningkatkan ekonomi masyarakat dengan cara mengolah llimbah industry garmen menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai jual.

PEMBAHASAN
• Pengertian • Pengolahan Limbah Garmen
– Daur Ulang Limbah Industri Garmen

Pengertian
• Limbah garmen adalah buangan yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungannya karena tidak mempunyai nilai ekonomi yang berasal dari industry garmen.

Pengolahan Limbah Garmen
• Daur Ulang Limbah Industri Garmen Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang dianggap sudah tidak memiliki nilai ekonomis yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai menjadi produk baru

Produk Daur Ulang Limbah Industri Garmen
• Keset • Celana Pendek/ Kolor • Lap dari Benang Sisa

PENUTUP
A. Kesimpulan 1.Pengelolaan lingkungan hidup merupakan kewajiban bersama berbagai pihak baik pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat luas. 2. limbah padat garmen apabila dikelola dengan baik akan memberikan manfaaat yang besar bagi perekonomian masyarakat. 3. pengelolaan limbah secara baik dan benar akan mengurangi volume limbah serta mengurangi pencemaran lingkungan.

B. SARAN 1.sebagai individu maupun pelaku industry sebaikmya menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan bukan hanya sekadar mencari keuntungan diri sendiri. 2.Diperlukan inovasi baru tentang pengolahan limbah industry untuk mengurangi pencemaran lingkungan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->