KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Jend. Soedirman No 6 Kotak Pos 5 Telp (0435) 821125 Fax. (0435) 828626 Kota Gorontalo

LAPORAN PERJALANAN DINAS
Dalam rangka mengikuti TOT Auditor Lingkungan Hidup Tanggal 21 – 22 Oktober 2010 di Makassar A. Dasar : 1. Surat Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Hasanuddin No : 306/J04.4/A.V.1/2010, tanggal 12 Oktober 2010 tentang Penyampaian

Pelaksanaan TOT Auditor Lingkungan Hidup dalam rangka Program Revitalisasi PPLH-UNHAS tahun anggaran 2010. 2. Surat Tugas Rektor Universitas Negeri Gorontalo Nomor : 1820/H47.A2/KP/2010 tanggal 18 Oktober 2010 B. Tujuan : 1. Memperluas wawasan tentang prinsip dasar, prosedur dan urgensi Audit Lingkungan Hidup sebagaimana yang dimaksud dalam Kepmen LH No. Kep41/MENLH/11/1994 dan Permen LH No. 17 Tahun 2010. 2. Memahami dan mengerti Audit Lingkungan Hidup sebagai instrument tata kelola SDA dan lingkungan hidup suatu usaha atau kegiatan hubungannya dengan “Green and Clean Production”. 3. Memiliki kemampuan menilai kinerja manajemen dan upaya pengendalian dampak ingkungan suatu badan usaha C. Waktu dan Tempat Pelaksanaan : 21 – 22 Oktober 2010 bertempat di Makassar Golden Hotel, Makassar D. Pembiayaan Sumber dana pelaksanaan kegiatan adalah APBN-P Tahun 2010, dengan besaran biaya adalah Rp.

Kamis. Review Dokumen dilaksanakan setelah coffe break dibawah bimbingan Ir. Marning. M. M. Sebelumnya diberikan materi Pengantar Review Dokumen Audit Lingkungan Hidup dengan pemateri Ir. Prosedur. dengan moderator Dr. M. Peserta pelatihan berasal dari Universitas Hasanuddin. Barito Pacific Timber Tbk. M. MS dengan moderator Dr.Si 4. Daud Thana M.2 E. dan Urgensi Audit Lingkungan Hidup yang dibawakan oleh Muhammad Askary. Universitas Mataram. ST.Kes. Prinsip Dasar. Andi Amri. Pada hari pertama membahas 4 materi yaitu : 1. Audit Lingkungan Hidup dalam Konteks Peraturan Perundang-undangan yang dibawakan oleh Ir. Audit Lingkungan sebagai Instrumen Tata Kelola SDA dan LH yang dibawakan oleh Prof.Eng 3. Hasil Audit dari kedua Laporan Perjalanan Dinas TOT Auditor Lingkungan Hidup. Dr. S. S. Aya Yayang Indonesia.Si dari PPLH Sumapapua. Binajaya Rodakarya di Banjarmasin” dan kelompok II mereview Dokumen Audit Lingkungan HTI Murni PT. Totok Prawitosari. Peserta dibagi dalam dua kelompok dimana setiap kelompok membahas dokumen audit yang berbeda. Tata Laksana Audit Lingkungan Hidup yang dibawakan oleh Ir. SKM.Sc dari Kementerian Lingkungan Hidup RI dengan moderator Abdul Haris Jalante. M. Universitas Halu Oleo dan Universitas Negeri Gorontalo. Jumat.Si. M. Sutirta Rumansyah. PPLH Sumapapua dan Tenaga Ahli Universitas Hasanuddin.Si.Si. Didi Rukmana dari Universitas Hasanuddin dengan moderator Andi Galsan Mahie.Si Semua materi hari pertama dibawakan dengan metode ceramah dan pendalaman dengan diskusi Hari Kedua. . 21 Oktober 2010 Kegiatan Pelatihan diawali dengan pembukaan dan perkenalan peserta dan pemateri. Kelompok I mereview “Dokumen Audit Lingkungan Kegiatan PT.Sc. 2. Pemateri terdiri dari unsur Kementerian Lingkungan Hidup. 21-22 Oktober 2010 di Makassar . dan PT. Totok Prawitosari. Kegiatan : Hari Pertama. MS dan moderator Dr. 22 Oktober 2010 Pelaksanaan hari kedua dikhususkan untuk penerapan materi hari pertama dengan praktek pembahasan dokumen Audit Lingkungan. Anwar Daud.M.

Demikian laporan perjalanan ini dibuat sebagai bahan pertanggungjawaban dalam Perjalanan Dinas.E. ruangan yang nyaman dan penggunaan tools yang tepat serta keahlian instruktur merupakan kunci dari kesuksesan training. Gorontalo. Dari pelatihan ini juga didapatkan metode baru dalam melaksanakan pelatihan yang efektif. kelengkapan peralatan. F. ST NIP. 17 Tahun 2010. 21-22 Oktober 2010 di Makassar . Dari TOT Auditor Lingkungan HIdup ini didapatkan ilmu dan pengetahuan teknis yang bisa diterapkan dalam pelaksanaan Audit LIngkungan Hidup. 25 Oktober 2010 Yang Melakukan Perjalanan Dinas Arbyn M. Dungga. 19740902 200501 1 002 Laporan Perjalanan Dinas TOT Auditor Lingkungan Hidup. Hasil : 1. Pembatasan jumlah peserta.3 dokumen ini disimpulkan bahwa Audit yang dilakukan merupakan audit internal dan belum memenuhi mekanisme yang ditentukan dalam Permen LH No. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful