HUKUM NUN SUKUN/TANWIN

1. Idghom Bighunnah Idghom : memasukkan

Bighunnah : dengan mendengung Artinya: apabila ada Nun sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 4 huruf, antara lain: ‫ ن م وي‬atau biasa di singkat dengan bunyi Contoh:

‫ي -ن‬ – ‫م‬
2. Idghom Bilaghunnah Idghom : memasukkan

‫ن‬ ‫و‬

‫ن -ن‬ ‫و -ن‬

Bilaghunnah : dengan tanpa mendengung Artinya: apabila ada Nun sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 2 huruf, antara lain: dan Contoh:

‫ن‬

3. Idzhar

Idzhar berarti: jelas atau terang Artinya: apabila ada Nun sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 6 huruf, antara lain: ‫غ‬ Contoh:

‫ﻫأحخع‬
‫خ –ن‬ ‫ن‬ – ‫ﻫ‬

(_ – – ‫ع‬

‫ح –ن‬ -‫غ‬

dan malaikat (pun bertasbih) karena takut kepada-Nya". Ikhfa’ ‫ن‬ – ‫ب‬ Ikhfa’ berarti: samar-samar Artinya: apabila ada Nun sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 15 huruf. Iqlab Iqlab berarti: Artinya: apabila ada Nun sukun atau Tanwin bertemu dengan satu huruf dari huruf hijaiyyah yaitu: ‫ب‬ Contoh: ‫ن‬ – ‫ب‬ 5.4. petir bertasbih dengan memuji-Nya. . antara lain: ‫تثجدذ سشصضطظفقك‬ Contoh: ( ‫ت –ن‬ ‫ند‬ ‫ن ن‬ – ‫د‬ ‫س –ن‬ – ‫ض‬ – ‫ف‬ ‫ن‬ ‫ي ن‬ ‫ب‬ ‫ذ‬ – ‫ث‬ – ‫ذ‬ ( – ‫ش‬ ‫ط –و‬ – ‫ق‬ ‫ن‬ ‫ن‬ ‫ﻫ‬ ‫ظ‬ ‫ن‬ ‫ن‬ – ‫ج‬ – – ‫ص‬ – ‫ظ‬ – ‫ك‬ Do'a ketika mendengar petir ‫سبْحان الَّذي يُسبِّح الرعد بِحمده والمالئِكةُ مه خيفَتِه‬ َ ُ ِ ِ ْ ِ َ َ َ ِ ِ ْ َ ُ ْ َّ ُ َ "Maha Suci Alloh.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful