Limnologi adalah ilmu tentang ekosistem perairan darat.

Kajian dalam mata kuliah ini adalah mengungkap struktur dan fungsi hubungan antara organisme perairan darat kaitannya dengan dinamika fisik, kimia dan biologi lingkungannya. Dengan demikian dalam kuliah ini akan dibahas tentang perkembangan limnologi, stuktur ekosistem perairan, kharateristik air, cahaya dan pengaruhnya di perairan, keadaan suhu perairan, gerakan air, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan di perairan, peranan oksigen dan karbon dioksida di perairan, peranan nitrogen,phosphor dan nutrien-nutrien lainnya di perairan, berbagai kelompok organisme di perairan danau, sungai dan estuaria, keberadaan phytoplankton, zooplankton dan zoobenthos di perairan, ikan dan perikanan, dinamika rantai makanan di perairan, asal usul danau dan estuaria, eutrofikasi,paleolimnologi, dan limnologi terapan.

MAKALAH LIMNOLOGI

DEFINISI LIMNOLOGI MASA LALU, SEKARANG DAN MASA AKAN DATANG

TUGAS MATAKULIAH LIMNOLOGI

DIBINA OLEH: Dr. SALEH HIDAYAT, M.Si.

DISUSUN OLEH:

4. 5. 2. 3. FERI YANTO 342009214 LENI DWI SARTIKA 342009215 SRI AYU WAHYUNI 342009192 DIAN LISTARI 342009199 DINA RISKYATI 342009201 SEMESTER / KELAS: VI / E FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG 2012 .1.

(http://ces ter20. Tujuan Penulis Menyampaikan informasi: 1. . 2. Sejarah perkembangan limnologi masa lalu. 3. (Diakses 11 Maret 2012) Rahman.1. (Online). Limnologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu serta mengungkapkan kaitan atau hubungan fungsional antara komponen ekosistem perairan darat yang mencakup komponen biotik dan abiotik.com/2012/01/01/limnologi-ditinjau-dari-aspek-ekologi/).html).web.bic. penelaahan aspek-aspek komponen air sebagai lingkungan hidup. Perkembangan limnologi berguna untuk menciptakan teknologi pengelolaan produktivitas perairan dan memprediksi serta mengevaluasi dampak kegiatan manusia terhadap kesehatan perairan darat. 4. sekarang dan di masa yang akan datang.wordpress. 2012. habitat dan komponen abiotik lain serta komponen biotik yang ditemukan diperairan itu. Limnologi Ditinjau Dari Aspek Ekologi. Ruang lingkup limnologi meliputi.Id/in/berita/berita-terkini/59program-inovasi-r-a-d-visit-ke-puslit-limnologi-lipicibinong. (http://www. Program Inovasi : R & D Visit ke Puslit LIMNOLOGI LIPI – Cibinong. 2012. Bibliografi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). (Diakses 11 Maret 2012) 2. (Online).

Limnologi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat dan struktur dari perairan daratan yang meliputi mata air. dan rawa-rawa. 2. instansi terkait dan masyarakat dalam menyelesaikan masalah mengenai limnologi? 3. Dalam perkembangannya limnologi ini berguna untuk menciptakan teknologi pengelolaan produktivitas perairan dan memprediksi serta mengevaluasi dampak kegiatan manusia terhadap kesehatan perairan darat. permasalahan limnologi dari dulu hingga sekarang. 3. . sungai. Fakta Unik dan Menarik 1. 2. Konsep 1. Peranan limnologi bagi kehidupan dan ruang lingkup limnologi. beserta tantangan dalam menyelesaikan dan memperbaikinya sehingga limnologi pada masa yang akan datang menjadi lebih baik dari sekarang. 3. danau. Puslit Limnologi LIPI di Cibinong. saya mendapat tambahan informasi tentang sejarah perkembangan limnologi.1. Puslit Limnologi LIPI juga berhasil mengembangkan sistem lahan basah buatan untuk menurunkan pencemaran lingkungan. Apa upaya pemerintah. Refleksi Diri Setelah membaca dan membuat analisis kritis terhadap artikel ini. Bagaimana cara untuk memperbaiki perairan darat dari kerusakannya dan mempertahankan ekosistemnya? 3. 2. telah menghasilkan beberapa inovasi yang meliputi pengembangan Isolat Bioremidiasi yang dapat mengendalikan senyawa metabolit toksik akibat dari bahan kimia dan bahan organik sehingga mendukung peningkatan produktivitas tambak untuk budidaya udang windu. lembaga. Pertanyaan 1. 4. Masing-masing individu harus bersikap arif dan bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Objek kajian limnologi mencakup areal garapan yang meliputi biota (flora dan fauna) yang hidup di dalam badan air dan sedimennya. Apa yang anda ketahui mengenai limnologi? 2. 4. ruang lingkupnya. baik yang berupa air tawar maupun air payau. kolam.

Dari artikel ini kami mendapat pemahaman bahwa kami sebagai bagian dari masyarakat dan juga bagian dari ekosistem kehidupan untuk turut menjaga lingkungan perairan darat agar siklus kehidupan dapat terus berjalan. pertanian. dan domestik serta dampak kumulatif dari perubahan tata ruang dihulu dan di daerah aliran sungai. juga dapat bersumber dari aktivitas antropogenik seperti intensitas dan teknik eksploitasi oleh nelayan. Demikian analisis kritis yang kami buat. dampak buangan limbah industri. dampak mekanisasi transport air. semoga bermanfaat bagi para pembacanya. .Permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan peraiaran darat selain berakar pada gejala alam. Dampak langsung yang diakibatkannya adalah turunnya kualitas fisik dan kimia air. dan dampak tidak langsung yaitu turunnya kemampuan daya dukung ekosistem untuk mendukung produktivitas perairan.

Puslit Limnologi – LIPI di Cibinong. Limnologi adalah ilmu yang mengungkapkan hubungan fungsional antar komponen ekosistem perairan darat yang mencakup komponen abiotik (sedimen. Program Inovasi : R & D Visit ke Puslit LIMNOLOGI LIPI – Cibinong.Id/in/berita/beritaterkini/59-program-inovasir-a-d-visit-ke-puslit-limnologilipi-cibinong. 2012.Artikel yang dianalisis kritis Program Inovasi : R & D Visit ke Puslit LIMNOLOGI LIPI . bakteri). telah menghasilkan beberapa inovasi yang meliputi pengembangan Isolat Bioremidiasi yang dapat mengendalikan senyawa metabolit toksik akibat dari bahan kimia dan bahan organik. (Diakses 11 Maret 2012) R&D Visit ke Puslit LIMNOLOGI LIPI Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu Limnologi.Cibinong Diangkat dari: LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). air) dan biotik (plankton. (http://www. Dalam perkembangannya ilmu ini berguna untuk menciptakan teknologi pengelolaan produktivitas perairan dan memprediksi serta mengevaluasi dampak kegiatan manusia terhadap kesehatan perairan darat.html).web. sehingga dapat menjaga penurunan kualitas air dan . (Online).bic. bentik. ikan.

kerusakan sistem sediemen tambak. karena udang galah bersifat kanibal maka perlu adanya sekat sejenis apartemen dari bambu. Adapun jenis lahan basah menurut fungsinya dapat dibedakan lahan basah ekoton suatu danau. Juga yang berhasil dikembangkan adalah budidaya ikan hias jenis rainboy. Dan untuk lebih menjaga kesegaran udang galah. Untuk menjaga keseimbangan ekosistem kolam melalui resirkulasi senyawa organik dan inorganik. reklamasi daerah pertambangan. Pengolahan air limbah tersebut menggunakan tanaman dan mikroororganisme (fitoremediasi). Teknologi apartemen ini dapat memaksimalkan tebaran kerapatan individu udang galah. Teknologi ini berhasil menurunkan produk metabolik toksik yang berasal dari hewan budidaya. riparian sungai. untuk mengolah air limbah. Isolat Bioremidiasi ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung peningkatan produktivitas tambak untuk budidaya udang windu. Usaha lainnya adalah budidaya udang galah dengan sistem apartemen pelindung sebagai tempat ekosistemnya. pesisir. Hasil penelitian Puslit Limnologi LIPI untuk 1 Ha tebaran udang galah dengan menggunakan teknologi apartemen dapat menghasilkan 7 ton yang sebelumnya hanya 2 ton. dengan proses yang lebih hygienis dan terkontrol. . Tim Business Innovation Center (BIC) melihat hasil inovasi yang dikuasai Puslit Limnologi LIPI cukup siap untuk diimplementasikan pada industri. maka inovasi yang berhasil dikembangkan adalah transportasi udang galah hidup sampai ke konsumen. Teknologi yang juga dikembangkan adalah aquakultur sederhana berbasis ekosistem bentik. sebagai mediator ketersediaan dan pertumbuhan pakan alami pada kolam pemeliharaan. namun perlu dilakukan pembahasan tentang konsep-konsep kerjasama komersialisasi hasil-hasil inovasi ke industri dan perlindungan kekayaan intelektualnya. Puslit Limnologi LIPI juga berhasil mengembangkan sistem lahan basah buatan untuk menurunkan pencemaran lingkungan. mengendalikan mikro patogen.

. Ilmu limnologi selain mendeskripsikan sifat morfologis. Lingkup kajiannya kadang-kadang mencakup juga perairan payau (estuaria). Limnologi merupakan kajian menyeluruh mengenai kehidupan di perairan darat. perekayasaan dan pemodelan proses yang terjadi pada sistem limnologis itu sendiri dengan tujuan untuk kemaslahatan hidup manusia. limnologi dipelajari sebagai dasar bagi budidaya perairan (akuakultura) darat. Perkembangan Limnologi Istilah Limnologi pertama kali digunakan oleh seorang ilmuwan berkebangsaan Swiss (François Alfonse Forel) pada tahun 1892 yang mendefinisikan limnologi sebagai cabang ilmu yang mempelajari komponen biotik di perairan darat permukaan yang bersifat menggenang atau lentik.Definisi Limnologi Masa Lalu. dari bahasa Yunani: lymne. sehingga digolongkan sebagai bagian dari ekologi. tipe habitat. Tahun 1966. terutama perairan tawar. Pengertian Limnologi Limnologi (dari bahasa Inggris: limnology. keaneka-ragaman hayati. 2. maka limnologi telah berkembang ke arah limnologi aplikasi. Sekarang Dan Masa Akan Datang 1. Dussart melengkapi definisi tersebut menjadi cabang ilmu yang mempelajari seluruh fenomena dan saling interaksi antar komponen biotik dan abiotik yang terjadi di dalamnya. Para ahli mencoba menyederhanakan pengertian limnologi ini dengan "ilmu yang mempelajari proses interaksi faktor fisika. baik pada ekosistem perairan darat permukaan yang tergenang (lentik) maupun pada perairan darat permukaan yang mengalir (lotik). "danau". Dalam bidang perikanan. "pengetahuan") merupakan padanan bagi biologi perairan darat. dan logos. dimulai dari garis pantai ke arah darat". yang dimaksud adalah memberikan penekanan bahwa objek studinya adalah perairan tergenang dan mengalir yang berada di daratan. kimia dan biologi dalam sistem perairan darat (inland waters). dan proses-proses dasar yang terjadi di dalamnya.

maka pengaruh aktivitas antropogenik di DAS masing-masing perairan darat itu pun termasuk dalam kajian cabang ilmu yang disebut limnologi. Pendekatan sosial. Di Indonesia sekarang perkembangan limnologi secara tidak langsung juga cukup pesat meskipun belum terorganisasi secara baik. budaya. Banyak prosedur penelitian yang akurat yang sekarang digunakan untuk meneliti kondisi air tawar yang nantinya diharapkan pada masa yang akan datang menjadi lebih baik lagi. maka hal-hal tersebut menimbulkan polemik berkepanjangan bagi kehidupan manusia dewasa ini. Kementrian Lingkungan Hidup juga masih berkutat pada persoalan-persoalan tekhnis. maka objek kajian limnologi mencakup areal garapan yang meliputi biota (flora dan fauna) yang hidup di dalam badan air dan sedimennya. dan eksperimen analogi. serta eksploitasi yang berlebihan terhadap sumber daya perairan itu. Pada masa yang akan datang limnology akan memiliki peranan sentral bagi pembangunan. dan akademis serta pendekatan hukum formal yang terintegrasi mungkin menjadi jalan keluar agar kita dapat mewariskan apa yang diciptakan oleh Tuhan kepada generasi berikutnya. 1 Tahun 1986 lahirlah PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN LIMNOLOGI. Cara ini dapat di bagi menjadi tiga bagian yaitu: pengukuran di lapangan studi kultur murni. Pusat Penelitian Limnologi – LIPI lahir ketika persoalan-persoalan lingkungan tersebut mulai dirasakan oleh manusia seperti pencemaran perairan yang tinggi. Manajemen sumber daya perairan darat yang sustainable memang bukan persoalan mudah dan harus terintegrasi.Berdasarkan definisi tersebut. Lebih jauh lagi. dan lain-lain. Sampai saat ini belum ada lembaga yang khusus mengelola sumber daya air daratan. bencana banjir. sekarang pun telah banyak digunakan pembangunan misalnya dibidang pariwisata seperti Danau Kaskade Matano – Mahalona – Towuti" di Bali yang masih dibangun sedemikian rupa sehingga menambah fungsi danau tersebut yang selain sebagai penghasil energy. karena perairan darat itu sangat terkait dengan daerah/kawasan yang berfungsi sebagai pensuplai airnya (Daerah Aliran Sungai=DAS). Tahun 1986 dengan Keputusan Presiden No. Seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. perairan dan penyediaan ekosistem. hilangnya plasma nutfah Indonesia. otorita waduk juga masih belum optimal dalam pengelolaan. Dengan pengamatan dilaboratorium dan studi dilapangan yang dipakai untuk pendekatan dibidang limnology untuk saat ini sangat efektif dengan syarat dilakukan secara terorganisir. areal pemukiman dan pertumbuhan industri yang menutupi daerah sekitar perairan. kualitas air serta tipe perairan atau bentuk cekungan morfologi perairan dan hidrodinamikanya (yang sangat mempengaruhi komunitas biota dan kualitas air). Pada masa yang akan datang akan dikembangkan system komputerisasi yang dapat memprediksi arus air dan kondisi perairan dengan penggabungan hasil penelitian. Pengukuran di lapangan memiliki sifat variabilitas yang rendah tapi aplikasinya terbatas . terjadinya eutrofikasi perairan. Perusahaan air minum. masih pada tahap eksploitasi. sebuah lembaga penelitian di bawah LIPI untuk melakukan kajian-kajian ilmiah tentang seluruh aspek pada sistem perairan darat Indonesia dengan pendekatan multidisiplin keilmuan secara terintegrasi untuk pengelolaan dan pendayagunaannya. agama. Melihat persoalan yang begitu rumit maka sebenarnya kesadaran masingmasing individu untuk bersikap arif dan bijak dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia sangat dibutuhkan.

Keterkaitan Limnologi Dengan Disiplin Ilmu Lain Limnologi merupakan bidang sains yang luar rangkumannya melibatkan bukan saja disiplin zoologi. dan ekologi tetapi juga disiplin kimia. Limnologi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat dan struktur dari perairan daratan yang meliputi mata air. 3. geoligi. dikenal Oseanologi yang mempelajari tentang ekosistem laut. danau. . meteorologi dan disiplin ilmu lainnya. Ciri suatu ekosistem adalah adanya pemindahan energi dan aliran materi yang berlangsung di antara berbagi komponen yang terdapat di dalam sistem tersebut. fisika. Selain itu. Demikian halnya dengan limnologi yang juga dapat dipandang sebagai ekosistem air di darat. Yang paling pokok dalam ekologi adalah ekosistem. yaitu satuan kehidupan yang terdiri atas suatu komunitas makhluk hidup (komponen hayati) dengan berbagai komponen non hayati yang berinteraksi membentuk suatu sistem. dan rawarawa. sungai. Di dalamnya terjadi interaksi yang rumit antara faktor hayati dengan faktor non hayati. baik yang berupa air tawar maupun air payau. botani.terhadap ekosistem yang nyata untuk menyatukan kedua metode diatas maka digunakan metode permodelan skala actual ekosistem akuatik. kolam. geografi. Limnologi dan Oseanologi merupakan cabang dari ekologi yang khusus mempelajari tentang sistem perairan yang terdapat di permukaan bumi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful