P. 1
Musik Tradisional NTB

Musik Tradisional NTB

|Views: 431|Likes:
Published by Parzana Malika Izza
macam-macam musik tradisional NTB
macam-macam musik tradisional NTB

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Parzana Malika Izza on Mar 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2014

pdf

text

original

Musik tradisional Nusa Tenggara Barat

Click to edit Master subtitle style Miftahul jannah Baiq elok sirmaningrat Tantri Deviana oktadianingsih Pita sofia

3/6/13

Barong tengkok
Berasal dari daerah LOMBOK. Dinamakan Barong Tengkok krena salah satu alatnya diletakkan pada benda tiruan yang berbentuk barong atau singa , dan membawanya dengan cara di “tengkok” atau di gendong dibahu kiri.

3/6/13

Alat-alat musik yang digunakan dalam orkestra barong tengkok adalah: • Barong tengkok Kenceng Gendang Petuk Barong lanang (barong laki-laki) Barong wadon2(barong perempuan) buah suling lanang Gong Suling 3/6/13 • • • • • • 1 buah suling wadon .

Instrumen pengiringnya sangat terbatas. 3/6/13 .Cepung Musik vokal tradisional daerah lombok. Jumlah pemain biasanya 6 orang yang mempunyai tugas masing-masing yaitu : - 1 orang sebagai pembaca lontar cerita “monyeh” yang merupakan sumber cerita dan syair-syair cepung.

b berfun perere an uling d :s . at tiup melodi Al gawa c. ika da dinam lat ritm ia irama. di. erfung gsi seb t.3/6/13 g k yan bo ah lom aer i tu : str a d ke la t. masin u ah sebaga da 3 b wa dang a pemba en i i ukul : g sebaga tp A la sebaga ng s i d. i pemb . Rerin gong Cilokaq . b akord ada 2 . y a a or -macam pakan cam Meru ngberma h masi ri bu a i da ada 2 terdir dan elodi ambus g m petik : ebagai i s A la t a. rfungs be asing m ang uah y . dan r fu g be tempo n masin is. : biola a melo ek es baw A la t g ai pem ag si b. sebaga cik .

nd Ge 3/6/13 B ng a eq el .lombok. h ra daera t u sik orkes u alah sat Adalah m karena s endang q ng bele enda beleq (g g Disebut gendang adalah alatnya besar).

2 buah reong 1 buah prembak beleq 8 buah perembak kodeq 13/6/13 buah petuk Ø Ø Ø Ø Ø ng da en q G el e b . 1 buah gendang kodeq (gendang kecil).Orkestra gendang beleq terdiri atas : Ø 2 buah gendang beleq yang disebut gendang mama (laki-laki) dan gendang nina (perempuan).

3. Sebuah “petuk genggong” yang 2. Tiga buah genggong yang berfungsi sebagai pembawa akord. 3/6/13 .genggong Sebuah orkestra lombok. tradisional daerah Alat-alatnya antara lain: 1. Sebuah “suling genggong” yang berfungsi sebagai pembawa melodi.

3/6/13 .

Terdiri dari 2 alat yaitu “aru” atau antan dan “kandei” atau lesung. 3/6/13 . Orang-orang tersebut membagi diri dalam beberapa kelompok.Kareku kandei Salah satu jenis musik instrumental daerah bima yang dimainkan dengan cara dipukul. Dalam satu kandei biasanya dimainkan oleh enam orang atau lebih.

berfungsi sebagai pembawa tempo dan dinamika. 5. berfungsi sebagai alat ritmis. Sebuah jidur. Sebuah rincik. Sebuah pereret. berfungsi sama dengan 2. berfungsi sebagai alat ritmis. Terdiri atas bermacam-macam alat. 4. suling. 3/6/13 . yaitu: 1. 3. Sebuah gendang. berfungsi sebagai pembawa melodi Dua buah pereret.mp u t ka Sebuah musik orkestra tradisional lombok.

sebu r ng kaling. 3/6/13 buah go se klentang .orkestra musik erupakan M Disebut lombok. daerah ena salah entang kar amelan kl g bernama alatnya satu alat-alat Sedangkan klentang. dan ah genda incik. gamelan elengkapi in yang m la : sebuah ini adalah klentang ng.

Dalam pelaksanaannya.langko Musik vokal daerah sumbawa. 3/6/13 . dengan saling jawab antara sekelompok pemuda dengan sekelompok pemudi. langko membawakan lawas (syair) dalam bahasa sumbawa.

Mambole berarti menggiring. 3/6/13 • .Mambole • Musik vocal daerah yang berasal dari Lombok. Musik vocal ini biasa dinyanyikan oleh penggiring secara beramairamai agar kerbau–kerbau tadi berlari dengan cepat. digiring ke sawah untuk menginjak– injak sawah yang akan ditanami padi. Yang digiring adalah kerbau-kerbau yang jumlahnya banyak.

“Nu. yang disebut “ana ta-u-a” yaitu tempat sirih / pinang dari kuningan. Disebut Nu –A karena pada musik vocal ini dibawakan. yang dimainkan oleh para pemuda – pemudi.• Musik vocal daerah Bima.A” sendiri berarti  patu atau pantun. • • Nu-a 3/6/13 . Dimainkan dengan cara duduk membentuk lingkaran. Music ini dipakai untuk mengiringi upacara adat perkawinan yang dilaksanakan pada malam sebelum dan sesudah perkawinan. diiringi dengan pukulan ritmis sebuah alat.

kenceng). 3/6/13 .Rebana Musik orkestra daerah lombok. Dalam perkembangannya ada yang menambahkan alatnya dengan instrumen dari besi (rincik. Rebana terbuat dari kulit dan kayu.

4. Barangan Kemong gantung Gong Gendang Ceng-ceng 2. Disebut tawaqtawaq karena salah satu alatnya bernama tawaqtawaq. 3. aw T 3/6/13 -ta aq aq w .Musik orchestra daerah Lombok. Tawaq-tawaq adalah sejenis gong kecil. 5. Alatalat lain yang menyertai tawaq-tawaq adalah : 1.

Desa 3/6/13 • . Dimainkan sambil duduk maupun berjalan.waq q-ta Tawa • Tawaq-Tawaq dipakai dalam upacara pengiring pengantin. Tawaq-tawaq terdapat disesa Gerung Putun kecamatan Cakranegara kabupaten Lombok Barat. desa dasan Tereng kecamatan Narmada. dan upacara hari-hari besar. pesta khitanan.

Alat musik tiup: suling dan pereret Alat musik pukul: a. b.terompongan Merupakan musik orkestra daerah lombok. Salah satu jenis alatnya bernama terompong. Terdiri dari 2 jenis alat musik: 1. Terompong Gendang 3/6/13 . 2.

Thanks for attention 3/6/13 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->