SATUAN WAKTU DAN PANJANG

A. Satuan Waktu 1. Mengenal Waktu Pagi, siang dan malam merupakan penunjuk waktu. Pada setiap pagi hari, matahari mulai terbit dari sebelah timur makin lama bergeser mengarah ke barat. Pada sore hari matahari terbenam di sebelah barat. Perhatikan gambar dibawah ini :

Gambar 1. Pagi hari gambar 2. Sore hari

Pada pagi hari, saat matahari mulai terbit Ahmad sudah bangun tidur. Pada siang hari udara panas,sehingga membuat Ahmad ingin minum terus. Pada malam hari, keadaan rumah mulai gelap dan Ahmad menyalakan lampu untuk belajar.

Gambar 1. Pagi hari

gambar 2. Siang hari

gambar 3. Malam hari

Nama Bulan Nama-nama bulan dalam setahun adalah sebagai berikut: Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember c. Perhatikan gambar kalender dibawah ini : 2008 Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum’at Sabtu 1 2 3 4 5 6 7 8 November 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 b. Mengenal Jam . nama hari Kita akan belajar tentang nama-nama hari dalam seminggu dengan menggunakan kalender. mengenal nama hari.2. nama bulan dan jam a.

menunjukkan pukul 3. Satuan Panjang . menjahit dan lain-lain. Setiap hari tentu kegiatan kalian banyak . bekerja . dan lain-lain.11 10 9 8 7 12 1 2 3 4 6 5 Pada jam. gosok gigi. Waktu yang kita gunakan untuk mandi adalah sebentar. Kegiatan yang membutuhkan waktu lama adalah tidur. jarum panjang menunjukkan menit dan jarum pendek menunjukkan jam. Coba sebutkan kegiatan lain yang membutuhkan waktu lama dan sebentar!! Contoh : 1. minum. Dapatkah kalian menentukan lama waktu berlangsungnya suatu kegiatan? Mari kita pelajari bersamasama. Kegiatan yang membutuhkan waktu sebentar adalah cuci tangan. sedangkan waktu yang kita gunakan untuk belajar adalah lama. Menyebutkan kegiatan sebentar atau lama Setiap kegiatan membutuhkan waktu yang berbeda. Waktu yang kita butuhkan untuk memasak adalah lama. sedangkan waktu yang kita butuhkan untuk makan adalah sebentar. sekolah. Paga gambar jam di atas. 2.ada yang waktunya lama dan ada yang sebentar. B. 3.

Jarak Yang Dekat dan Jauh Perhatikan gambar dibawah ini!! Gambar di atas adalah gambar puncak gunung dan pohon pepaya. pendek.1. tinngi . langkah. Satuan panjang yang baku contohnya adalah inch. meter. Panjang mempunyai ukuran baik yang baku maupun tidak baku. depa. jadi puncak gunung jauh dan pohon pepaya dekat. kilo Perhatikan gambar dibawah ini! Satuan panjang yang tidak baku contohnya adalah jengkal. rendah. Puncak gunung tidak jelas. langkah. 3. membandingkan panjang dua benda . Satuan yang tidak baku contohya adalah depa. Jengkal hasta langkah korek api 2. dan lain-lain. korek api dan lain-lain. mengenal panjang Satuan panjang adalah panjang. sedangkan pohon pepaya jelas.

lebih pendek atau sama dengan. Pita Tatik Pita Wiwik Pita Tatik lebih panjang dari pitaWiwik. sehingga diketahui salah satu benda lebih panjang. lebih dekat atau sama dengan. lebih jauh. atau Pita Wiwik lebih pendek dari pita Tatik.Membandingkan panjang dua benda adalah memperhatikan dan menilai panjang dari dua benda. Perhatikan gambar dibawah ini! Pensil Wiwik pensil Hanin Pensil Wiwik lebih panjang dari pensil Hanin. lebih pendek. atau Pensil Hanin lebih pendek dari pensil wiwik. . Ukuran dalam membandingkan dua benda adalah lebih panjang.

Papan a lebih pendek dari papan b atau papan b lebih panjang dari papan a. . 2. Berapa lama Tyas sekolah? 11 10 9 8 7 6 12 1 2 3 4 5 9 8 7 5 6 10 11 12 1 2 3 4 Jarum pendek dari angka 7 ke angka 10 meloncat 3 kali.C. jadi Tyas sekolah selama 3 jam. Berkaitan Dengan Waktu Tyas ke sekolah pukul 7 dan dia pulang pukul 10. Berkaitan Dengan Panjang Papan a papan b Papan a panjangnya 3 jengkal dan papan b panjangnya 5 jengkal. menyelesaikan masalah berkaitan denganwaktu dan panjang 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful