MANAJEMEN PLS

PERENCANAAN

Pengertian Merencanakan menentukan kegiatan mengatur sumber daya yang tersedia Perencanaan adalah proses penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai dan menetapkan jalan dan sumber yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu seefisien dan seefektif mungkin (Roger A Kaufman. 1972) .

Tiga kegiatan dalam perencanaan :    Perumusan Tujuan Pemilihan Program Identifikasi dan Pengerahan Sumber .

Perencanaan ( APA. SIAPA. hirarkhi. dll) Sistem prioritas yang akan dilakukan (waktu. KAPAN. Mengapa ??? harus . penempatan dan pembinaan. MENGAPA)       Apa kegiatan yang harus dijalankan (sesuai tujuan) Dimana kegiatan dilakukan (tata ruang. dokumen yang diperlukan. target. SDM. BAGAIMANA. DIMANA. pelaksanaan) Sistem dan tata kerja. standar yang harus dipenuhi (SDM). Pembagian tugas (wewenang dan tanggung jawab). alat. syarat perorangan.

perencanaan membutuhkan pendekatan rasional kearah tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu. serta memperhatikan perkiraan keadaan yang akan datang. informasi yang tepat waktu dan dapat dipercaya. .Perencanaan = jembatan antara masa kini dan keadaan yang diharapkan. Knotz (1972) perencanaan sebagai suatu proses intelektual yang menentukan secara sadar tindakan yang akan ditempuh dan mendasarkan keputusan-keputusan pada tujuan yang hendak dicapai.

panjang) analisis data penentuan alternative cara yang terbaik pelaksanaan evaluasi .Perencanaan membutuhkan:        data dan informasi memperhatian sifat-sifat kondisi yang akan datang (rencana tahunan. pendek. menengah.

Sebuah pertanyaan Apa arti dan fungsi perencanaan kaitannya dengan pendidikan luar sekolah??? .

budgeting system) . programing.Model Perencanaan dalam Pendidikan     Model Perencanaan Komprehensif Model Target Setting Model Costing (pembiayaan) dan Keefektifan Biaya Model PPBS (planning.

Disamping itu berfungsi sebagai suatu patokan dalam menjabarkan rencana-rencana yang lebih spesifik ke arah tujuan yang lebih luas. .Model Perencanaan Komprehensif Model ini digunakan untuk menganalisis perubahan-perubahan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan.

.Model Target Setting Model ini diperlukan dalam upaya melaksanakan proyeksi ataupun memperkirakan tingkat perkembangan dalam kurun waktu tertentu. Dalam persiapannya dikenal: 1) model untuk analisis demografis dan proyeksi penduduk. 3) model untuk memproyeksikan kebutuhan tenaga kerja. 2) model untuk memproyeksikan enrolmen (jumlah siswa terdaftar) sekolah.

dan dengan sejumlah biaya yang dikeluarkan selama proses pendidikan. Dengan model ini dapat diketahui proyek yang paling fisibel dan memberikan suatu perbandingan yang paling baik diantara proyek-proyek yang menjadi alternatif penanggulangan maslah yang dihadapi.Model Costing (pembiayaan) dan Keefektifan Biaya Model ini sering digunakan untuk menganalisis proyekproyek dalam kriteria efisien dan efektifitas ekonomis. . diharapkan dalam kurun waktu tertentu dapat memberikan benefit tertentu. Model ini didasari pada pertimbangan bahwa pendidikan terlepas pada pertimbangan bahwa pendidikan itu tidak terlepas dari masalah pembiayaan.

. Model ini bermakna bahwa perencanaan. penyusunan program dan penganggaran dipandang sebagai suatu sistem yang tak terpisah satu sama lainnya. pendekatan sistematis untuk menetapkan tujuan. penyusunan program dan penganggaran (SP4). menemukan besarnya biaya dengan menggunakan proses penganggaran. budgeting system) PPBS dalam bahasa Indonesia adalah sistem perencanaan. programing. PPBS. mengembangkan program.Model PPBS (planning.

oleh karena perlu pemahaman konsep dan teori sistem.   .PPBS adalah: program yang sistematik. merupakan proses perencanaan komprehensif.

Esensi dari PPBS adalah sebagai berikut:      memperinci secara cermat dan menganalisis secara sistematik terhadap tujuan yang hendak dicapai. baik biaya langsung ataupun tidak langsung. menggambarkan biaya total dari setiap alternatif. yaitu mencari kombinasi yang memberikan efektifitas yang paling besar dari sumber yang ada dalam pencapaian tujuan. membandingkan dan menganalisis alternatif tersebut. cara yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan. memberikan gambaran tentang efektiftas setiap alternatif dan bagaimana alternatif itu mencapai tujuan. biaya yang telah lewat ataupun biaya yang akan datang. mencari alternatif-alternatif yang relevan. baik biaya yang berupa uang maupun biaya yang tidak berupa uang. .

Metode-Metode Perencanaan         Metode mean-ways and analysis (analisis alat-caratujuan) Metode input-output analysis (analisis masukan dan keluaran) metode econometric analysis (analisis ekonometrik) metode cause-effect diagram (diagram sebab akibat) metode delphi metode heuristik metode life-cycle analysis (analisis sisklus kehidupan) metode value added analysis (analisa nilai tambah) .

Jenis-jenis Perencanaan Pendidikan Menurut Besarannya Perencanaan Makro Perencanaan Meso Perencanaan Mikro  .

Menurut Tingkatannya Perencanaan Strategik Perencanaan Koordinatif Perencanaan Operasional  .

Menurut Jangka Waktunya Perencanaan Jangka Pendek Perencanaan Jangka Menengah Perencanaan Jangka Panjang  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful