KARYA TULIS ILMIAH

PENGADAAN AIR BERSIH UNTUK KESEHATAN LINGKUNGAN

Oleh : PRAMITA PUTRI Nim : G 701 11 056

PROGRAM STUDI FARMASI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS TADULAKO PALU

1 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan”

diperlukan hygiene dan sanitasi lingkungan. angka perbandingan orang sakit (morbidity) yang tinggi serta sering terjadinya epidemi. Pada dasarnya. sering terjadi epidemi.2011 / 2012 BAB I LATAR BELAKANG Pentingnya lingkungan yang sehat ini telah dibuktikan WHO dengan penyelidikan-penyelidikan diseluruh dunia dimana didapatkan hasil bahwa angka kematian (mortality). Hygiene dan sanitasi lingkungan adalah pengawasan lingkungan fisik. social dan ekonomi yang mempengaruhi kesehatan manusia. terdapat ditempat-tempat dimana terdapat lalat. angka kematian bayi dan anak-anak tinggi. penanggulangan sampah. pembuangan kotoran dan sampah yang tidak teratur. biologis. masa hidup yang pendek. dinegara-negara yang sedang berkembang terdapat banyak penyakit krinis endemis. nyamuk. air rumah tangga yang buruk perumahan yang terlalu sesak dan keadaan sosial ekonomi yang buruk. salah satu hal ini deisebabkan oleh pengotoran persediaan air untuk rumah tangga. ruang lingkup sanitasi lingkungan yaitu meliputi pengadaan air bersih sanitasi makanan dan minuman. Menurut WHO. Untuk itu. dimana lingkungan yang berguna ditingkatkan dan diperbanyak sedangkan yang merugikan diperbaiki dan dihilangkan. 2 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” .

kesehatan perumahan. dan air ini diperlukan untuk minum. dan keperluan-keperluan lain. Yang diperlukan adalah air bersih. memasak. Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan. Oleh karena itu. 3 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . mencuci. dalam penulisan ini akan membahas tentang penyediaan air yang bersih dalam rangka peningkatan kesehatan lingkungan (Didik Sarudji dkk. 2003:18). Manusia tidak dapat hidup tanpa air.polusi udara (air pollution). dan pemberantasan vektor. Pada karya tulis ini akan membahas mengenai pengadaan air bersih dalam rangka meningkatkan hygynie dan sanitasi lingkungan yang sehat. mandi. disebut juga air minum.

b. fosfat berasal dari penggunaan pupuk buatan yang berlebihan dan deterjen.BAB II PEMBAHASAN 2. Poliklorin Bifenil (PCB). c. Pencemaran Air Kebanyakan dinegara-negara yang sedang berkembang terdapat banyak penyakit krinis endemis. plastik dan alat listrik. Beberapa contoh polutannya sebagai berikut : a. masa hidup yang pendek. Nitrat dan Nitrit. angka kematian bayi dan anak-anak tinggi. yang ditandai dengan perubahan bau. unsur atau komponen lainnya kedalam air sehingga kualitas air terganggu. Fosfat. senyawa ini berasal dari pemanfaatan bahanbahan pelumas. “Polusi Air adalah peristiwa masuknya zat. Pencemaran air (polusi) merupakan salah satu dampak negatif kemajuan ilmu dan teknologi yang tidak digunakan dengan benar. kedua senyawa ini berasal dari penggunaan pupuk buatan yang berlebihan dan proses pembusukan materi organic. 2010).1. rasa dan warna. Dan segala sesuatu yang menyebabkan polusi disebut Polutan” (Resza Starmaverick. sering terjadi epidemi. 4 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . energi. salah satu hal ini deisebabkan oleh pengotoran persediaan air untuk rumah tangga atau yang disebut dengan pencemaran air.

Radio Nuklida. Logam-logam Berat. g. residu ini berasal dari penyemprotan pestisida pada tanaman untuk membunuh serangga. Residu Pestisida Organiklorin. logam berat berasal dari industri bahan kimia. Banyak akibat yang ditimbulkan oleh polusi air. Minyak dan Hidrokarbon. h. Pendangkalan dasar perairan 4. Limbah Pertanian. Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air 3. Kotoran manusia. radio nuklida atau unsur radioaktif berasal dari kebocoran tangki penyimpanan limbah radioaktif. limbah pertanian berasal dari kotoran hewan dan tempat penyimpanan makanan ternak. diantaranya: 1. e. dan menyebabkan perubahan ekologi 5.d. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen 2. f. Tersumbatnya penyaring reservoir. kotoran manusia berasal dari saluran pembuangan tinja manusia. penambangan dan bensin. i. minyak dan hidrokarbon dapat berasal dari kebocoran pada roda dan kapal pengangkut minyak. Dalam jangka panjang mengakibatkan kanker dan kelahiran cacat 5 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” .

jadi air tanah yang tercemar akan tetap tercemar dalam yang waktu yang sangat lama. Memperluas gerakan penghijauan 5. Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencermari lingkungan atau ekosistem 3. Dapat mengakibatkan mutasi sel kanker dan leukemia 2. 2010). Karena ini banyak usaha untuk menajaga agar tanah tetap bersih misalnya: 1. juga membunuh serangga dan makhluk yang berguna terutama predator 7. Usaha-usaha Mengatasi dan Mencegah Polusi Air Pengenceran dan penguraian polutan air tanah sulit sekali karena airnya tidak mengalir dan tidak mengandung bakteri pengurai yang aerob. Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman 2. Kematian biota kuno.2. Pengawasan terhadap penggunaan jenis – jenis pestisida dan zat – zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran 4. seperti plankton. ikan bahkan burung 8.6. walau tidak ada bahan pencemaran yang masuk. Memberikan kesadaran terhadap masyaratkat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih lebih mencintai lingkungan hidupnya (Resza Starmaverick. Tindakan tegas terhadap perilaku pencemaran lingkungan 6. Akibat penggunaan pestisida yang berlebihan selain membunuh hama dan penyakit. 6 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” .

gas dan uap air. air terdiri atas dua atom hidrogen dan satu atom oksigen dengan rumus kimia Air adalah H2O. air permukaan seperti Sungai. kehidupan / makhluk yang ada di darat sebenarnya berasal dari laut. selain udara tentunya.2. sebab air menutupi hampir 3 / 4 atau sekitar 71% dari permukaan bumi. Komponen air terbanyak berasal dari air laut. yang tentunya proses evolusi 7 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . Hidrogen dan Oksigen adalah dua unsur yang unik. justru bersifat sebaliknya yakni bersifat mendinginkan. danau ataupun kolam-kolam. Bila dilihat secara terpisah. sedangkan air tawar sisanya yang 1% paling banyak berada di dalam tanah dan hanya sedikit yang merupakan air permukaan. Air bisa berwujud cair. air asin yang berasal dari laut adalah air dengan jumlah terbanyak yang mencapai sekitar 97% dari jumlah total air yang ada di bumi. padat. Dimana 2% air tawar yang ada tersedia dalam bentuk es di glasier dan es kutub utara / selatan. Hidrogen dan oksigen bila secara terpisah dapat bereaksi dan menghasilkan energi panas yang besar. Dan bahkan berdasarkan teori evolusi. dan semua makhluk hidup yang ada di bumi membutuhkan air sebagai penunjang kehidupannya.3. Persyaratan air bersih Secara kimia. Dari semua sumber air yang ada. Air sangat penting bagi kehidupan. air bawah tanah. sedangkan untuk jumlah total air tawar hanya sekitar 3%. sedangkan setelah bergabung dan membentuk molekul air. Julukan bumi sebagai planet biru adalah hal yang wajar.

Persyaratan air bersih sebagai berikut : 1. perekonomian. misalnya Amerika Serikat diperlukan ± 100m3/hari/kapita. transportasi. tidak berbau.tersebut membutuhkan waktu hingga jutaan tahun. industri dan masih banyak lagi. oleh karena itu makhuk hidup sangat membutuhkan yang namanya air bersih. perkapita tidaklah sama untuk tiap negara. baik dalam kehidupan individu sehari-hari. air memegang peranan penting. Bagi kehidupan manusia. Syarat Kuantitas Jumlah air untuk keperluan rumah tangga per hari. tidak berwarna. Pada umumnya dinegara maju lebih banyak dari pada dinegara berkembang. Untuk konsumsi air minum menurut departemen kesehatan. air bersih adalah salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari termasuk diantaranya adalah sanitasi. pertanian. “Menurut Didik Sarudji dalam bukunya Ilmu Kesehatan Masyarakat (2003:19). dan tidak mengandung logam berat”. 8 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . syarat-syarat air minum adalah tidak berasa.

9 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . syarat-syarat air minum/air bersih adalah sebagai berikut : a) Syarat fisik :  Jernih  Tidak berbau  Tidak berasa  Tidak berwarna. diatas atau dibawahnya  Jumlah zat terlarut maksimal 1000 mg/L.2. Sesuai peraturan mentri kesehatan tersebut diatas. kadar warna maksimal 15 skala TCU (true Color Units)  Suhu sama dengan suhu udara. dengan penyimpangan maksimal 3°C. b) Syarat kimiawi :  Tidak mengandung bahan-bahaan yang berbahaya/beracun  Tidak boleh mengandung zat-zat yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan  Tidak boleh mengandung zat dengan kadar yang melebihi batas tertentu sehingga menimbulkan gangguan fisiologis. tekhnis dan ekonomis. mikrobiologis dan radioaktif sesuai dengan Peraturan Mentri Kesehatan RI Nomor 416/Menkes/Per/IX/1990 tanggal 3 september 1990 beserta lampirannya. kimiawi. Syarat Kualitas Kualitas air harus memenuhi syarat kesehatan yang meliputi syarat fisik.

0007 mg/L 0. 10 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” .5 NAB untuk bahan-bahan kimia organik : Dledrin Chlorodane DDT KMnO4 Detergen Tidak boleh lebih dari Tidak boleh lebih dari Tidak boleh lebih dari Tidak boleh lebih dari Tidak boleh lebih dari 0.05 mg/L 10 mg/L 500 mg/L 6.3 mg/L 1.0 mg/L 0.05 mg/L c) Syarat mikrobiologis : Air untuk keperluan rumah tangga/air minum dikatakan memenuhi syarat mikrobiologis bila air tersebut bebas dari segala bakteri patogen. maka air tersebut memenuhi syarat kesehatan.oo1 mg/L 0.5 – 8.05 mg/L 0.03 mg/L 10 mg/L 0.0003 mg/L 0.NAB (Nilai Ambang Batas) untuk bahan-bahan kimia anorganik adalah : Air raksa Besi Tembaga Timah Hitam Nitrit Nitrat Kesadahan CaCO3 pH Tidak boleh lebih dari Tidak boleh lebih dari Tidak boleh lebih dari Tidak boleh lebih dari Tidak boleh lebih dari Tidak boleh lebih dari Tidak boleh lebih dari Berkisar antara o. Dan bila dari pemeriksaan 100 cc air terdapat kurang dari 4 bakteri Coli.

lebih-lebih apabila pengambilannya dilaksanakan melalui sumur gali ataupun pompa tangan yang terbuka. sumur pompa dangkal) : Umumnya belum merupakan air bersih. 2) Air permukaan : Air yang terdapat pada permukaan tanah. air rawa. maupun mikrobiologis. 11 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . air laut. aktivitas sinar Betha (1. yang harus diolah terlebih dahulu sebelum digunakan karena umumnya telah mengalami pencernaan baik fisik. 1) Air tanah:  Air tanah dalam : Umumnya sudah cukup bersih asalkan penganbilannya dilaksanakan dengan benar (tidak terjadinya kontaminasi)  Air tanah dangkal (sumur gali.d) Syarat radioaktif Kadar maksimum yang diperbolehkan yaitu aktivitas sinar Alpha (0. sehingga harus terlebih dahulu diproses sebelum dikonsumsi. misalnya air sungai. air permukaan dan air hujan. 2. kimiawi.1 Bq/L).4. Sumber air bersih Sumber air bersih / air minum dapat dipergunakan yaitu.0 Bq/L). air danau. ait tanah.

Pengolahan air secara alami: Air permukaan selalu mengandung lumpur. yaitu : a. Proses koagulasi (penggumpalan) “Menurut Didik Sarudji dalam bukunya Ilmu Kesehatan Masyarakat (2003:23). maka air mengalami 3 proses secara bertahap. Didalam. Tujuan utama proses koagulasi adalah untuk mendestabilisasi partikel sehingga dapat bergabung dengan 12 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . koagulasi adalah proses yang penting dalam proses pengolahan air secara konvensional. dimana proses ini bersamaan dengan proses lain seperti sedimentasi dan filtrasi.3) Air hujan Air hujan sudah merupakan air berisih asalkan penampungannya dilaksanakan dengan cara yang benar. Pengolahan air secara buatan (Purifikasi) Dalam Purifikasi buatan. Pengolahan air bersih 1. bila kita diamkan maka lumpur mengendap dan air kelihatan kurang jernih. Pemusnahan bibit-bibit penyakit dapat pula dilakukan oleh plankonplankon. maka asam ini akan dapat membunuh bakteri-bakteri patogen yang ada.5. dengan adanya bakteri pembusuk yang menguraikan zat menjadi asam-asam. 2. 2.

Dengan penambahan ini maka lumpur akan menggumpal dan mudah di endapkan dalam waktu lebih kurang 5 menit. maka untuk menetralkan diberi tambahan air kapur (Calcium carbonat) dengan dosis 10g/100L. air akan menjadi asam. Proses Desinfeksi (pensucihamaan) Yaitu penambahan disinfektan untuk membunuh mikroba-mikroba patogen. Pada penambahan aluminium sulfat. yang sebelumnya telah dicuci terlebih dahulu. c. 13 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . Air permukaan selalu mengandung lumpur yang diameternya bermacam-macam. Alatnya terdiri dari sebuah bejana besi yang berisi kerikil dengan butiran-butiran sebesar ± 0. makin kecil diameter lumpur akan makin sulit untuk diendapkan. Maka perlu diberi zat penggumpal misalnya aluminium sulfat dengan dosis 10 g/100L atau tawas dengan dosis 20 g/100L.partikel lain untuk membentuk agregat yang lebih besar yang akan lebih mudah mengendap”. barulah dilakukan proses filtrasi (penyaringan) dengan saringan pasir (sand filter). Yang sering dipakan adalah kaporit dengan dosis 1 g/100L air. b.5 cm setebal 5 cm yang diatasnya diletakkan pasir dengan butiran sebesar 0.5-1 mm setebal 15 cm. Proses filtrasi (penyaringan) Setelah buturan lumpur digumpalkan menjadi butiran yang lebih besar.

2. Pada suatu instalasi air minum. baku minimum untuk memenuhi kebutuhan dasar minum. diperkirakan kebutuhan rata-rata air bersih setiap individu adalah sekitar 27 hingga 200 liter perhari. secara keseluruhan. Kebutuhan dasar tersebut bisa berbeda-beda tergantung keadaan geografis dan karakteristik individu yang bersangkutan. sanitasi.6. W. biasanya tersedia beberapa fasilitas. Ole karena itu pengolahan air minum untuk kepentingan umum ini dilakukan lebih kompleks. Namun. dan memasak rata-rata sebanyak 50 liter per orang per hari” I. mandi. Pengadaan air bersih di perkotaan Pada umumnya air minum untuk kepentingan umum (ledeng) diperoleh dari air permukaan yang telah terkontaminasi (misalnya air kali). Pengadaan air bersih “Menurut Sukarno Djambur. dalam bukunya Biologi 1 untuk Sekolah Menengan Umum (1993:34). yang terdiri atas:   Pipa yang mengalirkan air instalasi air minum (supplay lina) Bak penampungan untuk pengendapan pertama (pre sedimentation tank)   Bak pemberi obat-obat kimia (chemical feeder) Bak pencampur (mixing device) 14 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” .

kemudian air dialirkan ke instalasi penyaringan (melalui pengukuran debit air)   Air diendapkan di bak pertama Kemudian air dialirkan melalui tempat pembubuhan obat kimia berupa zat koagulan. Proses pengolahan air untuk kepentingan umum terlihat sebagai berikut:  Air sungai dialirkan atau dipompa. biasanya merupakan aluminium sulfat (tawas) Al2(SO4)3 dan larutan kapur CaCo3 yang tujuannya untuk membentuk endapan.  Bila air telah bercampur dengan baik. air dialirkan kedalam bak kedua yang disebut 15 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . selanjutnya untuk memberikan kesempatan pengendapan. Bak pencampur untuk pengendapan kedua (dortmund tank atau accelerator)    Saringan pasir cepat (rapid sand filter) Bak pemberi chlor (chlorinator) Bak penampung air bersih yang siap dialirkan ke konsumen (clear waste storage kelder) II. Tempat pengambilan air disebut Intake. yaitu dengan menerjunkan air dan mengalirkan air melalui parit yang berbelok-belok yang disebut mixing device. Air diendapkan pada parit-parit lebar dan panjang  Setelah diendapkan beberapa waktu. Agar zat koalgulat ini dapat bercampur dengan sempurna maka ada dua cara yang dapat ditempuh. maka timbul kepingan yang lebih besar.

 Air yang sudah bersih ini dialirkan melalui saringan pasir yang disebut dengan rapid sand filter. lebih dari 70% tersusun dari air.dortmund tank atau accelerator. Meskipun air sudah tampak bersih tetapi masih terdapat kemungkinan mengandung bakteri. sehingga ketergantungannya akan air sangat tinggi “ (Sukarno Djambur.1-0. “ Air merupakan kebutuhan utama bagi setiap insan dipermukaan bumi baik manusia.2 ppm  Air yang sudah bersih ini. bahkan segala sesuatu yang hidup berasal dari air. selanjutnya ditampung dalam bak penampungan air bersih untuk kemudia siap didistribusikan kepada konsumen. Setiap kegiatan mereka tidak lepas dari kebutuhan akan air. air kemudian dialirkan ke sebuah calibrator. disini dibubuhi zat chlor dengan syarat sisa chlor ialah 0.  Untuk membunuh bakteri tersebut. 1993:41). 16 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . Dalam bak ini terjadi pemisahan antara kotoran dengan air yang sudah bersih. Tubuh manusia itu sendiri. maupun tumbuhtumbuhan. hewan.

mencuci. poliklorin Bifenil (PCB).BAB III PENUTUP 3. energi. disebut juga air minum. Residu Pestisida Organiklorin. Persyaratan air bersih. mandi. Kesimpulan Berdasarkan hasi pembahasan. Nitrat dan Nitrit. meliputi : a) b) Syarat Kuantitas Syarat Kualitas. terbagi menjadi :   Syarat fisik Syarat kimiawi c) Syarat mikrobiologis : d) Syarat radioaktif 17 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” . dapat disiimpulkan bahwa : 1. memasak. Fosfat. 2. Minyak dan Hidrokarbon. dan Kotoran manusia. Limbah Pertanian. dan air ini diperlukan untuk minum. Manusia tidak dapat hidup tanpa air. Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan.1. Radio Nuklida. unsur atau komponen lainnya kedalam air sehingga kualitas air terganggu. dan keperluan-keperluan lain. 3. dan segala sesuatu yang menyebabkan polusi disebut Polutan. Polusi Air adalah peristiwa masuknya zat. Logam-logam Berat. Bebrapa contoh polutannya seperti.

terbagi menjadi :   Pengolahan air secara alami: Pengolahan air secara buatan (Purifikasi) 18 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” .4. Sumber air bersih / air minum dapat dipergunakan yaitu. air permukaan dan air hujan. 5. Pengolahan air bersih. ait tanah.

2003. Penerbit Departemen Kesehatan RI Starmaverick Resza. 2009. Biologi 1 untuk Sekolah Menengan Umum. Sukarno. http://www. 2010.starmaverick.bali-filter. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Makalah Tentang Limbah Dan Polusi Air. Jilid I. http://www. diakses tanggal 20/12/2011 Anonym.com. 1993. W. Air Bersih Berperan Utama Bagi Kehidupan Manusia. Ilmu Kesehatan Masyarakat.DFTAR PUSTAKA Sarudji Didik dkk. diakses tanggal 29/12/2011 Djambur. pusat perbukuan 19 | Karya Tulis “Penyediaan Air Bersih Untuk Peningkatan Kesehatan Lingkungan” .blogspot.com.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful