A.

Bentuk-Bentuk Pakaian
Bentuk dasar pakaian dapat diartikan sebagai bentuk awal dari suatu pakaian, menurut sejarah bentuk dasar pakaian di bagi menjadi tiga yaitu Kutang, Pakaian bungkus, dan Kaftan.

Kutang
Kutang adalah suatu bentuk pakaian yang berbentuk persegi panjang, pada pertengahannya diberi lubang untuk memasukkan kepala, dan pada bagian sisinya tidak dijahit. Panjang kutang tergantung pada iklim dan lingkungan daerah dan kebutuhan sipemakai.

Pakaian bungkus
Pakaian bungkus bentuknya persegi empat panjang dengan lebar tenunan dilipat. Cara memakainya dengan dililitkan dibadan.

Kaftan
Kaftan bentuknya panjang, pada bagian tengah muka terbuka dari atas sampai ke bawah berlengan dan kadang-kadang memakai ikat pinggang.

B.Perubahan Bentuk Dasar Busana
Dari ketiga macam bentuk dasar pakaian yang asli yaitu kutang, pakaian bungkus, kaftan. Sampai saat ini masih dipakai akan tetapi mengalami perubahan signifikan sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia mode menjadi beberapa macam bentuk pakaian baik dari segi bahan maupun cara memakainya. Di indonesia sendiri bentuk busana tradisional pada dasarnya menunjukkan ciri-ciri yang khusus yang memperlihatkan seni berbusana yang cukup menarik. Prinsip kesamaan antara busana tradisional Indonesia dengan busana asli prasejarah terlihat pada : Macam dan jenis busana masih berhubungan dengan bentuk dasar busana asli prasejarah. Nama-nama khusus busana tiap daerah hanya berbeda dallam istilah, tapi bentuk dasarnya tetap sama. Macam kain yang digunakan, baik dari asal bahan, teknik tenunan, corak desain dan warna yang digunakan umumnya disukai disetiap daerah. Bentuk dan susunan busana tradisional indonesia dibagi atas beberapa golongan yang didasarkan atas prinsip asal dan bentuk busana asli dijaman pra sejarah, antara lain :

Busana Bungkus
1). Bentuk busana yang didasarkan atas pakaian bungkus, berdasarkan fungsi dibedakan menjadi: a. Busana yang dipakai sebagai penutup badan seluruhnya:  Selembar kain yang menutup badan dari atas buah dada atau ketiak sampai mata kaki  Dua lembar kain yang menutup masing-masing bagian atas dan bawah

Bentuk busana bungkus yang hanya berfungsi menutup bagian bawah. Diterapkan pada: -Sabulangkan. 4).dll.Tengkuluk. Cara pemakaiannya yaitu hanya dengan melilitkan selembar kain pada bagian bawah badan sampai bagian atas yang sebagiannya lagi di sampirkan pada bahu.yang dipergunakan sebagai pengganti baju. .dll. atau batas tertentu.Diterapkan pada: .dll Tidak hanya di indonesia bentuk pakaian bungkus aamat kental ditemukan pada sari atau pakaian yang paling terkenal di india dan merupakan pakaian tradisional masyarakat India.Jarit nama kain didaerah Jawa -Ulos didaerah tapanuli -Tapih di daerah kalimantan. nama selendang didaerah toba.minangkabau. 3). Diterapkan pada: .artinya khusus dipakai untuk membungkus badan bawah mulai dari pinggang sampai mata kaki.Bentuk busana bungkus hanya sebatas penutup badan bagian atas.baik untuk pria maupun wanita. Diterpkan pada: -Kemben di daerah Jawa -Anteng dan Senteng dari Bali. selendang didaerah toraja -Tengkuluk. nama selendang didaerah batak atau tapanuli .Busana pengantin daerah Jawa -Busana penganti daerah Bali -Buasana Wanita dayak 2). Bentuk busana bungkus sebagai penutup kepala.

Perubahannya hanya pada bagian sisinya.daerah toraja(baju pokko.busuk sikku. Kebaya merupakan busana nasional Indonesia dan kebaya pendek merupakan Perkembangan dari kebaya panjang .Kutang Di era perkembangan mode seperti sekarang ini bentuk kutang masih sangat banyak di terapkan pada model desain suatu busana. Bentuk dasar kutang masih sangat kental kita jumpai dalam pembuatan baju tradisional masyarakat Sulawesi Selatan yang dikenal dengan nama baju Bodo. Tidak hanya pada baju bodo saja tetapi dapat ditemukan pada busana tradisional daerah sumbawa (poro-poro). Diterapkan pada: -Kebaya panjang atau pendek. tapi dengan tampilan dan berbagai inovasi dari tangan-tangan ahli para Fashion Desaigner. sebagian dijahit dan disisa sebagian untuk tempat memasukkan lengan.dll.kadale limanna dan tallu bukku). Baju bodo merupakan salah satu baju tradisional tertua di dunia yang masih sampai saat ini masih sering digunakan untuk menghadiri acara resmi. Model baju bodo ini pada dasarnya merupakan modifikasi dari kutang. Kaftan Busana ini merupakan bentuk perkembangan dari bentuk kutang. Kaftan berupa baju yang dimasukkan dari depan atau belakang.

Hanya saja diberi perubahan pada bagian lehernya yaitu diberi kerah dan memakai ikat sebagai pelengkap. tanpa bagian-bagian atau detailnya seperti.Pakaian hasil modifikasi dari kaftan sangat melekat pada kimono. Selain kimono ada berbagai macam modifikasi dari bentuk dasar kaftan. Siluet sangat mempengaruhi bentuk tubuh sipemakai. kerutan. . pakaian khas masyarakat Jepang. C. oleh sebab itu untuk menutupi kekurangan dari bentuk tubuh si pemakai.Bentuk-Bentuk Siluet Pakaian Pengertian Siluet Siluet adalah garis luar dari satu pakaian. Atau dapat disimpulkan sebagai sesuatu yang pertama nampak pada suatu model pakaian. kita mengenal beberapa bentuk tubuh wanita dewasa antara lain :      Kurus Tinggi Kurus Pendek Tinggi Gemuk Pendek Gemuk Ideal/langsing/sedang Menutupi kekurangan seseorang yang mempunyai bentuk badan gemuk pendek. Kimono ini dasarnya merupakan bentuk ubah dari Kaftan. perlu diperhatikan pemilihan siluet . kup dll. lipit-lipit. agar terlihat langsing begitu pula sebaliknya yang memiliki tubuh tinggi kurus agar ia terlihat agak berisi. bentuk dari pakaian.

rok agak sempit sehingga tidak terlalu memperlihatkan bentuk pinggang sipemakai. Siluet H atau tabung : Bentuk pakaian ini adalah lurus ke bawah. bentuknya menyerupai bentuk segi tiga. Siluet A atau Segitiga : Bentuk pakaian ini pada bagian atas kecil sedangkan pada bagian bawahnya mengembang. . 2).Macam-Macam Siluet Siluet Dasar: Siluet dasar terdiri dari: 1).

. Berbagai bentuk variasi silue di buat untuk memenuhi permintaan pasar akan perubahan dan ingin inovasi baru terhadap mode pakaian.Variasi Siluet Pakaian Variasi bentuk siluet Ada berbagai macam bentuk variasi siluet yang biasanya diterapkan pada desain pakaian saat ini yang dibuat dengan cara mengembangkan model siluet dasar. Beberapa contoh variasi siluet pada pakaian Variasi bentuk ini. biasa disebut dengan siluet I. D. Pakaian yang bersiluet I terkesan terlihat simpel.3). krn bentuknya menyerupai huruf I. atas dasar pemikiran itulah timbul pemikiran dan berbagai desain pakaian dengan berbagai variasi siluet . Siluet Y: Y Bentuk pakaian ini adalah pada bagian bahu agak terbuka atau melebar dan pada bagian bawah agak mengecil.

pada bagian atas bersiluet A dan pada bagian bawah terlihat seperti siluet A terbalik. jika pada siluet A mengecil pada bagian atas pada variasi siluet ini mengecil pada bagian bawah. karna bentuknya yang menyerupai huruf S.Variasi bentuk siluet ini. Variasi bentuk siluet ini memadukan antara bentuk siluet I dan A. bentuknya terlihat lurus pada bagian atas dan melebar pada bagian bawahnya. . biasa disebut variasi siluet S. Variasi siluet ini merupakan variasi siluet A (segitiga) terbalik. Variasi siluet ini merupakan variasi siluet A dan A terbalik.

Jika dilihat variasi siluet ini juga merupakan adaptasi dari Siluet A.Variasi siluet ini terlihat melebar pada bagian atas dan menyempit pada potongan di bawah buah dada (empire) kemudian pada batas tersebut kembali melebar pada bagian bawah. Variasi bentuk siluet ini biasa disebut variasi siluet T. karna bentuk siluetnya menyerupai bentuk huruf T. T .

biasa disebut variasi siluet L karna bentul siluetnya menyerupai huruf L. Bentuk siluet ini lurus pada bagian depan tapi menjuntai panjang pada bagian belakang.Variasi bentuk siluet ini. L . Biasanya penggunaan Siluet L ini kerap ditemukan pada siluet gaun pengantin.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful