KELOMPOK 5

BILLY MICHAEL MOMONGAN  IRMA TOWADI  RAHMATIA AMALIA RATNA RABUDIN

BAB 5 SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Sumber daya komputasi dan komunikasi disini lebih merujuk ke sebuah komputer. Pada zaman dahulu, ukuran sebuah komputer sangat besar. Sebuah ruangan hanya bisa diisi oleh sebuah komputer karena ukurannya yang memang sangat besar. Pengoperasiannya pun memerlukan banyak orang.

Namun bagaimana dengan saat ini? Saat ini tentu kita sudah mengenali komputer berukuran kecil yang mungkin anda miliki di rumah anda yang biasa kita sebut dengan nama Personal Computer(PC) atau Komputer Mikro. Disebut personal. sebab pengoperasiannya cukup membutuhkan satu orang saja. beda dengan komputer pada zaman dahulu yang butuh banyak orang. .

yang biasa kita sebut dengan istilah hardware (peranti keras).HARDWARE  Sebuah komputer terdiri dari berbagai macam komponen di dalamnya. . Komponen-komponen ini akan saling bekerja sama untuk memproses data yang ada ketika diperintahkan.

Processor Adalah tempat pemrosesan data utama pada sebuah komputer. Unit). Yang lumrah digunakan saat ini adalah versi 32bit.  . Karena itu banyak juga yang menyebutnya sebagai CPU (Central Processing  Jenis Processor  Processor saat ini memiliki berbagai varian. Namun ada juga processor yang sudah mendukung 64bit.1.

. Sering disebut juga dengan sebutanRAM (RandomAccess Memory). Memory  Adalah sebuah tempat penyimpanan data sementara untuk kemudian diproses oleh Processor.2.

Memory DDR3  .Jenis Memory Saat ini. Memory DDR2  c. Memory DDR1  b. memory yang masih umum digunakan ada 3 jenis :  a.

Jenis Ruang Penyimpanan Ada 2 jenis ruang penyimpanan di komputer kita :  a.Ruang penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage)  .Ruang penyimpanan tetap (fixed storage)  b.

Alat-Alat Input (Input Devices) Adalah sebuah alat yang kita gunakan untuk memasukkan data ke dalam sebuah komputer.Mikrofon  .Keyboard  .4.Mouse  . Contoh Alat Input  .

Jenis Data Ada 2 pengelompokan untuk jenis data :  a. Data yang diterima dari manusia (Human-captured data)  b. Data yang diterima dari mesin (machine-captured data) .

Alat-Alat Output (Output Devices) Adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data yang ada di dalam komputer di dalam bentuk yang berbedabeda. Contoh Alat Output :  Monitor  Printer  Speaker  .5.

PDA/XDA  3. Smartphone  . Handphone  2.ALAT-ALATKOMPUTASI PRIBADI ContohAlat Komputasi Pribadi:  1.

Peranti lunak sistem Contoh System software : Microsoft Windows  LINUX  MAC OS  .PERANTI LUNAK / SOFTWARE 1.

2. Peranti Lunak Aplikasi Terdiri dari : Piranti lunak aplikasi siap pakai  Piranti lunak aplikasi khusus  Piranti lunak yang ditulis oleh pengguna  .

Komunikasi Publik Modem telepon  Modem kabel  2.KOMUNIKASI 1. Saluran Pribadi Saluran pribadi (private line)  Saluran sewaan (leased line)  Saluran khusus (dedicated line)  .

.Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks) VPN mempunyai banyak keunggulan namun membutuhkan biaya yang sangat mahal.3.

4.Protokol untuk KomunikasiKomputer Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang penyimpanan atau prosesor. . terminal hanya menyediakan alat memasukkan dan menampilkan data bagi komputer.

Paket Paket data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan. dan informasi kendali lainnya . komputer pengirim. digabungkan dengan alamat komputer yang dituju.5.

yang dipisahkan oleh satu titik. Ketika menjalankan paket-paket di internet maka akan dipergunakan alamat IP yaitu empat bagian kumpulan angka (antara 0-225). setriap komputer yang menangani paket data harus memiliki alamat yang unik. host. yaitu jaringan. subjaringan. serta komputer yang sedang dituju.6. Alamat Jaringan Internet Untuk menjalankan paket-paket melalui jaringan. .

7. Internet Secara harafiah. . Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful