Mata Pelajaran : IPA Kelas :V/Semester 1 Penulis: Dra.

Yanyan Rosyantin

MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS V SEMESTER I
I. STANDAR KOMPETENSI 4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.

II.

KOMPETENSI DASAR 4.1 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat banda ,baik yang sementara maupun yang tetap.

III.

INDIKATOR 4.1.1 4.1.2 4.1.3 4.1.4 Menjelaskan perubahan sifat benda yang bersifat sementara . Menjelaskan perubahan sifat benda yang bersifat tetap. Menunjukan contoh perubahan benda yang bersifat sementara Nenyebutkan contoh perubahan yang bersipat tetap

1

Akibat permbakaran ini .kemudian dibakar.kelenturan. Sipat benda meliputi bentuk.warna. 2.cairan dari batang lilin akan berubah bentuk menjadi padat kembali.IV. Pembakaran Pernahkah kamu berkemah ? Setiap berkemah pasti ada acara api unggun bukan? Api unggun dibuat dengan mengumpulkan kayu-kayu.Batang lilin yang semula padat akan mencair. Benda dapat mengalami perubahan wujud jika mendapat perlakuan berikut : 1.Selanjutnya wadah dipanaskan .kekerasan dan bau. MATERI PEMBELAJARAN MACAM-MACAM PERUBAHAN SIFAT BENDA Perubahan Sifat Benda Penyebab Perubahan Sipat Benda Jenis Perubahan Sipat Benda Pemanasan Pembakaran Pencampu ran Dengan air Pembusuk an Sementara Tetap PERUBAHAN YANG BERSIFAT TETAP Setiap benda mempunyai sipat tertentu yang membedakannya dengan benda lain.kayu bakar yang semula padat dan keras berubah bentuk menjadi arang dan abu.Selanjutnya . pemanasan Pernahkah kamu memanaskan lilin ? Lilin di tempatkan pada sebuah wadah. Arang 2 .

Pencampuran dengan Air Para pekerja bangunan menggunakan berbagai macam bahan bangunan yang dicampur dengan air. Perubahan benda secara kimia ada sekeliling kita contoh: 1.bau. 4. Apabila dipegang. semen berubah menjadi agak lengket.kelenturan dan kekerasannya. Nah sekarang kamu telah mengetahui penyebab benda berubah.mempunyai sipat rapuh. Kulit buah yang semula berwarna kuning berubah menjadi coklat kehitaman. 3. dan kapur. Benda dikatakan berubah sipatnya baik secara tetap maupun sementara jika tampak perubahannya. Semen berbentuk serbuk. Proses pembusukan ini akan mengubah sifat-sifat buah tersebut. Pembusukan Buah pisang yang telah matanag akan membusuk bila dibiarkan selama beberapa hari.sementara abu berbentuk serbuk. pasir. campuran ini akan berubah menjadi keras dan kuat. Setelah dicampur dengan air. daging buahnya terasa lunak. Jika sudah kering. bau. Misalnya semen. Buah pisang yang busuk baunya tidak sedap. dan warnanya. Perubahan yang terjadi meliputi kekerasan.Pembakaran dapat mengubah sipat benda. Coba perhatikan gambar di bawah ini ! Gambar 1 kayu dibkar jadi arang 3 . yang menyebabkan benda tersebut berubah bentuk.warna .

apakah karat itu? Ayo.Kertas di bakar jadi abu Gambar 2 Logam berkarat Gambar 3 Logam dapat bereaksi dengan oksigen dan menghasilkan karat. untuk mengetahui hal tersebut lakukanlah percobaan berikut ini! 4 . Besi adalah contoh logam yang mudah berkarat. Peristiwa tersebut dinamakan korosi atau perkaratan. Sebenarnya.

Taburkan serbuk besi ke dalam tabung reaksi sambil digoyang-goyang. 5 . 4. Basahi dinding bagian dalam tabung reaksi tersebut dengan sedikit air sampai merata. Balikkan tabung reaksi tersebut dan tempatkan mulutnya di bagia bawah gelas kimia. Masukkanlah sejumlah air ke dalam gelas kimia.Besi Yang Teroksidasi Alat dan Bahan :      Serbuk besi Sebuah tabung reaksi Gelas kimia berukuran sedang Spidol penanda Air Langkah Percobaan : 1. 3. 5. Usahakan agar sebagian air masuk ke dalam tabung. Siapkanlah tabung reaksi kering yang bersih. 2.

Warna besi yang sudah berubah warna jadi coklat dan kekerasannya berubah dari keras jadi lunak menandakan terjadinya perubahan sipat yang tetap . Hasil Percobaan : Setelah beberapa hari. 7. Hasil Percobaan Gambar 4 Korosi pada besi 6 . Air di dalam tabung reaksi naik.6. serbuk besi di dalam tabung reaksi berubah warna menjadi kecoklatan.Artinya benda baru tersebut jika melalui proses pemanasan atau pendinginan tidak akan berubah ke wujud semula. dan air di dalam gelas kimia menjadi berkurang. Tinggalkanlah perangkat percobaan tersebut selama beberapa hari. Gunakan spidol untuk menandai kenaikan air pada tabung dan juga perubahan ketinggian air pada gelas kimia.

Zat-zat kimia pun kini semakin banyak digunakan dalam industri makanan untuk mengasilkan bahan makanan baru yang lebih enak dan menarik. diolah. Proses kimia tidak hanya terjadi di lingkungan sekitar.Perubahan kimia telah menjadi bagian kehidupan kita. dimakan. dan kegiatan lainnya di dalam tubuh. RAHASIA POTONGAN APEL Gambar 5 Perubahan Warna Apel Alat dan Bahan:    1 buah apel 1 bauah pisau 1 buah piring Gambar 6 7 . Kita senantiasa menerapkan prosesproses kimia saat kita bernafas. mencernaa makanan. Sekarang kamu akan mendapatkan beberapa contoh percobaan sederhana tentang apa yang terjadi pada makanan saat dibuat. atau dicerna. tetapi juga terjadi di dalam tubuh kita.

“Jadilah seorang ahli kimia dan buatlah lumpur”    Air panas Bejana ukur Bejana plastik Gambar 7 8 . 3. atau kamu juga dapat menggigitnya. Amatilah apa yang terjadi! Hasil percobaan : Warna apel bekas dipotong atau digigt berubah dari yang semula berwarna putih segar menjadi berwarna kecoklatan. 2. Simpanlah apel yang telah dipotong atau digigit tersebut di atas sebuah piring. Ambil sebuah apel segar yang masih utuh. Simpan di udara terbuka (ruangan yang terkena udara secara langsung).Langkah Percobaan : 1. Potong apel tersebut dengan menggunakan pisau.

    PVA (lem putih) Sendok kayu dan sendok teh Pewarna makanan Boraks (tersedia di apotek) Penggunaan boraks dalam percobaan adalah untuk mendapatkan kekentalan lumpur yang tepat. 3. Masukkan 30 ml air panas ke dalam bejana ukurr. Kemudian tambahkan sedikit pewarna makanan. Tambahkan 9 . Ambillah 30 ml lem PVA (lem putih) dan masukkan ke dalam bejana yang berisi air panas tadi (gambar 1). Lem harus di aduk secara merata di dalam air. Aduklah lem dan air panas menggunakan sendok kayu (gambar 2). Langka kerja: 1. 4. lalu tuangkan ke dalam bejana plastik (gambar 1) 2. Sekarang ambillah 100 ml air panas.

mirip jelly yang tidak biasa. rangkaian ini terurai. dan air dicampur menjadi satu. boraks. 10 . Remas dan tarik lumpur buatanmu dan perhatikan bagaimana ia bergerak. Kamu dapat membuat lumpur yang lebih kental dengan menambahkan lebih banyak campuran boraks dan air. Aduk semuanya dengan kuat. Perubahan yang terjadi adalah perubahan fisika. Reaksi fisika ini menghasilkan zat baru. Simpan lumpur buatanmu di tempat yang bersih dan tertutup untuk menjaga kelembabannya. Ketika kamu menambahkan boraks. Sekarang lumpur sudah siap diguanakan untuk bermain (gambar 5) Gambar 8 MENUNJUKKAN APAKAH INI Lem. 6. Remas lumpur seperti adonan roti. Hasilnya adalah sebuah zat kental. Tambahakan satu sendok teh campuran boraks dan air tadi ke dalam campuran lem dan air (gambar 4). 7. yaitu lumpur yang kamu punya sekarang. Lem PVA merupakan salah satu jenis plastik.dua sendok teh boraks ke dalamnya (gambar 3) dan aduk sampai boraks larut. 5.