Untuk lebih lengkap & jelasnya, berikut uraian tugas, wewenang, tanggung jawab, peran & karakteristik kepribadian The head

chef : A. Uraian Tugas : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 11. Mengecek daftar pesanan barang ke gudang. Mengetik menu.

Mengatur & mengawasi seluruh tugas-tugas kitchen, khususnya dalam proses pengadaan dan pengolahan makanan sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Membuat anggaran tahunan untuk mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan dijual. Membuat rencana kerja tahunan. Selalu menghadiri rapat antara kepala bagian lainnya, sesuai yang telah ditentukan oleh General Manager. Mengawasi pelaksanaan tata kerja , keselamatan kerja, dan memenuhi kelengkapan atau atribut kerja agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman. Mengawasi sepenuhnya tempat penyimpanan makanan dan peralatan-peralatan yang akan digunakan untuk kelancaran operasional kerja. Menjaga food cost standart atau standart porsi. Berkreasi menciptakan menu-menu baru, sebagai upaya untuk menarik konsumen. minuman dalam jamuan-jamuan atau rapat-rapat yang diselenggarakan oleh hotel.

10. Mengawasi sepenuhnya kegiatan food production secara keseluruhan. 12. Bekerja sama dengan F & B manager khususnya dalam hal penyediaan makanan dan 13. Mengawasi kegiatan artist kitchen dalam menu-menu buffet, baik untuk direstourant maupun dalam kegiatan banquet lainnya. 14. Menjaga hubungan baik dengan para client dan rekan-rekan lainnya. 15. Bersedia menjalankan tugas atau instruktur dari atasan. B. 1. 2. Wewenang : Berwenang untuk merencanakan progam trainee untuk kitchen. Berwenang atas pengambilan keputusan dalam mengkoordinasikan semua kegiatan operasional Departement. C. 1. 2. Tanggung Jawab : Bertanggung jawab atas terlaksana seluruh tugas-tugas atau pekerjaan yang ada di departementnya. Bertanggung jawab atas pengadaan bahan-bahan yang akan digunakan dalam operasional kitchen. D. 1. 2. Peranan : Memesan/mengawasi pemesanan barang serta bahan makanan pada merencanakan dan menyusun menu. gudang.

Bersedia melaksanakan tugas dan instruksi yang diberikan atasanya. Membantu Executive Chef untuk menjaga Food Cost. Membuat laporan-laporan dan ide-ide dengan tujuan untuk mencapai target yang diinginkan. Membuat daftar pembelian barang yang dibutuhkan untuk kelancaran operasional kitchen. Menjaga hubungan baik dengan department lainnya. memberikan saran-saran atau data tentang peralatan dapur yang akan dibeli. Bertanggung jawab atas semua kegiatan di dapur. 8. 9. Uraian Tugas: 1.sehingga makanan yang dijual dapat dipertanggung jawabkan. tanggung jawab. Bekerja sama dengan Executive Chef dalam mengawasi proses pengolahan makanan didapur. Tanggung Jawab : 1. mengatur pekerjaan. 4. . 11. Bertanggung jawab atas seluruh staff dan seluruh area dapur. Bersedia menggantikan Executive Chef apa bila sedang menjalankan tugas luar. Berwenang untuk mengawasi kelancaran kerja di kitchen secara keseluruhan. menjaga kestabilan food cost (biaya pokok pengolahan makanan) sehingga keuntungan tertentu bisa dicapai dan dipertahankan. 3. Wewenang : 10. mengawasi pekerjaan dapur terutama pada waktu service. B.3. peranan & karakteristik kepribadian yang harus dimiliki seorang Sous chef : A. Mengawasi kelancaran kerja di kitchen department secara keseluruhan. Bersama Executive Chef melaksanakan perhitungan food cost setiap bulannya. 7. Menyusun jadwal kerja atau shift karyawan bersama dengan Executive Chef. 5. 2. 2. Menyusun daftar menu sesuai dengan intruksi dari Executive Chef. Mengontrol kebersihan areal dapur dan sekitarnya. 3. Sabar dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh kepala dapur adalah: kualitas tingkat 1. 6. C. 7. 4. wewenang. Memiliki disiplin yang tinggi. 12.menentukan uraian tugas-tugas masing-masing jabatan dan menyusun jadwal kerja brigade dapur. 6. 4. meningkatkan kemampuan bawahan dengan jalan memberikan latihan(training)baik di dalam maupun di luar perusahaan. 5. Berikut uraian tugas. Jujur dalam semua kegiatan. 1.

Bertanggung jawab atas terciptanya disiplin kerja karyawan pada bagiannya. E. Menggantikan tugas-tugas kepala dapur pada saat kepala dapur tidak berada di tempat. 2. Jujur dalam setiap keadaan. 2. 5. Memberikan tugas-tugas harian kepada setiap cook yang dibawahinya. D. 2. Memberikan operasional briefing pada tiap harinya. Tugas: Bertanggung jawab terhadap proses pengadaan kebutuhan bahan makanan. Mengawasi operasional kitchen kepada tiap shift.grillroom. Mengawasi kelancaran kerja sehari-hari pada setiap section. 3. b.2. c.Memiliki sikap disiplin yang tinggi. Melaksanakan tugas-tugas khusus yang dibebankan seperti mengawasi banquette.dll. a. Menyelesaikan segala persoalan yang ditimbulkan pada saat operasional. 4. Karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh Barker adalah 1. Mengawasi pekerjaan dapur untuk mencapai tujuan(goal)yang sudah ditentukan oleh kepala dapur. 3. Tanggung Jawab: 1. Atas kelancaran kerja pada tiap bagian. Peranan : 1. 3. Cekatan. 2. Uraian Tugas: 1. khususnya untuk jamuan-jamuan atau rapat-rapat yang diselenggarakan oleh Hotel. 4. Memiliki suara yang keras 2. Lancar dan jelas dalam berbicara . Bertanggung jawab atas proses pengadaan makanan. Karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh wakil kepala dapur adalah: 1. Bertanggung jawab atas semua kegiatan di dapur bila kepala dapur tidak berada ditempat.

. Memiliki disiplin waktu yang tinggi.Mampu membuat aneka masakan yang memiliki cita rasa tinggi dan penampilan yang menarik. Penuh ketelitian dalam bekerja 3.Memiliki disiplin waktu yang tinggi Karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh The apperentice adalah 1. 5. Karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh Steward adalah 1. Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya. Cekatan 2. Membantu De partie saat bekerja 2. 4. 4.Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya. 4. 3. Menggantikan De patie bila tidak berada di tempat.3. Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya. Memiliki disiplin waktu yang tinggi. Memiliki disiplin waktu yang tinggi. Cekatan 3Memiliki tanggung jawab yang tinggi saat bekerja. 4. 2. Karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh De partie adalah 1. Memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang lebih di bidangnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful