POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA 2012

 Pertemuan 3-4  Pokok Bahasan: KONSEP DASAR DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA     Belajar kewirausahaan dari awal Motivasi Mahasiswa menjadi wirausaha Keuntungan dan kelemahan menjadi wirausaha Konsep cash Flow Quadrant dari Robert T. . Kiyosaki.

 Kewirausahaan merupakan ilmu yang dapat diajarkan di sekolah ataupun perguruan tinggi TUJUAN .

B. DOSEN PEMERINTAH SWASTA/BANK/PENGUSAHA .Motivasi Mahasiswa menjadi wirausaha A. C.

Laba  Kebebasan    Impian Personal-Standar hidup yg diinginkan Kemandirian .

Waktu tidak bebas(Terikat) 5. Resiko rendah (bahkan dapat diramalkan 9. 3. Berbagai resiko tinggi(asset hilang) 9. Memiliki Penghasilan yg pasti dan teratur shg merasa aman meskipun gajinya kecil 2. termasuk meramalkan kekayaan 6. Peluang kaya relatif(tergantung Karier).tiap hariwirausaha 1.tidak teratur. bersifat menunggu instruksi atau perintah dari atasan 7. 3. Menjadi bos relatif sulit (apalagi bekerja pd perusahaan keluarga) 10. Akibatnya merasa tidak aman karena penghasilan yang tidak pasti 2. Ketergantungan tinggi 8. Kebebasan waktu yang tinggi 5. Ada kepastian dalam segala hal. Tanggung jawab relatif . Pekerjaan bersifat tidak rutin 4. Kreativitas dan inovasi dituntut 7. Tidak ada kepastian dalam segala hal. Memiliki peluang lebih besar untuk menjadi kaya.shg pd tahap awal sangat sulit mengaturnya. Terbuka peluang untuk menjadi bos 10. Ketergantungan rendah 8. Tanggung jawab besar karyawan 1. Penghasilan bervariasi. Pekerjaan bersifat rutin 4. termasuk meramalkan kekayaan 6.

Keuntungan dan kelemahan menjadi wirausaha Keuntungan: Mendapat peluang untuk mencapai tujuan yg diinginkan  Terbuka peluang untuk mendemonstrasikan potensi diri secara penuh  Terbuka peluang untuk memperoleh manfaat dan keuntungan secara maksimal  Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dengan usaha-usaha yang kongkret  Terbuka peluang untuk menjadi bos  .

Kelemahan:  Pendapatan tidak pasti dan memikul berbagai resiko  Harus bekerja dengan keras dan dengan jam yg mungkin lebih panjang  Kualitas hidupnya masih rendah sampai usahanya berhasil (hemat)  Tanggung Jawab besar (Pengambilan Keputusan) .

Dia mengelompokkan orang-orang dalam empat quadran yaitu : E(Pegawai) Anda punya pekerjaan B(Pemilik Usaha) Anda memiliki sistem & orang bekerja untuk anda s(pekerja Lepas) Anda memiliki pekerjaan I (Penanam Modal) Uang bekerja untuk anda .

AMAN TUNJANGAN KETIDAKPASTIAN KOMPENSASI EKSTRA .

video .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful