P. 1
TheMagz-2012-11

TheMagz-2012-11

|Views: 129|Likes:
Published by Justinus Isbani

More info:

Published by: Justinus Isbani on Mar 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/30/2013

pdf

text

original

CONTENTS The Magz Sportindo.

com
22
Hal.

Edisi 57 | November | 2012

COVER STORY Denny Santoso
Didaulat Kalungkan Medali Mr. Olympia 2012

Fitness mania yang ada di Indonesia layak berbangga karena CEO Ultimate Nutrition Indonesia, Bp. Denny Santoso mendapat kehormatan untuk mengalungkan medali kepada Mr. Olympia 2012.

FEATURED ARTICLE

Hal. 25 Natural Bodybuilding

HEALTHY FOOD RECIPE

Apa saja kunci sukses menjadi seorang natural bodybuilder?

Hal. 12 Let’s Make Our Own Soy Milk

EXPERTS

Chef Arief akan mengajarkan betapa mudahnya membuat susu kedelai kaya protein sendiri.

Hal. 17 Hitung Kalori Saat Olahraga itu Tidak Penting

Jangan lagi Anda selalu bertanyatanya sudah membakar berapa banyak kalori saat olahraga.

Hal. 18 Waspadai Gejala Usus Buntu

Usus buntu bisa terjadi pada siapa saja. Karenanya, simak dulu artikel dari dr. Jeffry tentang gejala penyakit usus buntu.

Hal. 19 Mengenal dan Merawat Telapak Kaki Datar

EVENTS

Mathew Herd akan menguraikan bagaimana mengenali dan merawat si kaki datar.

TIPS

Hal. 28-31 Liputan Khusus Ultimate Body Contest 2012 Seri Bandung dan Makassar
Siapa yang menjadi favorit juara Anda dan siapa yang terbaik di UBC 2012? Ada kejutan menang 2 kali!

Hal. 10 Jangan Simpan Makanan ini di Kulkas!

20
SPORTY FEMME Ade Ayu
Sang Penari Bali Bertubuh Ideal

Hal.

Ketahui fakta mengejutkan, makanan apa saja yang sebenarnya tidak boleh disimpan di kulkas.

Hal. 32 Musclemania Indonesia 2012

Hal. 11 Makanan Tak Lazim yang Harus Disimpan di Kulkas
Sebaliknya, makanan tak lazim apa saja yang perlu disimpan dalam lemari pendingin.

Simak apa saja acara yang digelar di kejuaraan natural bodybuilding pertama di Indonesia!

sportindo.com | November | 03

Follow Denny Santoso on: SixReps: http://Sixreps.com/profile/ dennysantoso Facebook: http://www.facebook.com/ dennysantoso.fanspage Twitter: http://twitter.com/dennysantoso

pa kabar fitness mania? Tahun ini merupakan tahun yang luar biasa bagi Ultimate Nutrition Indonesia khususnya bagi diri saya. Kenapa? Ada dua hal yang sangat berarti. Yang pertama, untuk tahun yang keempat berturut-turut, Ultimate Nutrition kembali menjadi sponsor utama ajang kejuaraan binaraga terbesar di dunia, 2012 Joe Weider’s Olympia Weekend. Yang kedua, tahun ini saya diberi kehormatan dan kesempatan istimewa yaitu mengalungkan medali juara Mr. Olympia 2012 secara langsung diatas panggung! Kebetulan tahun ini untuk kedua kalinya, gelar Mr. Olympia diraih oleh atlet binaraga asal Amerika Serikat, Phil Heath! Tak hanya itu, saya juga didaulat mengalungkan medali dan memberi piagam hadiah kepada pemenang kategori Figure Olympia dan 212 Showdown. Pengalaman saya di 2012 Olympia ini bukan hanya merupakan hasil kerja keras saya seorang diri, tetapi juga berkat dukungan dari seluruh anak buah saya dan yang terutama sekali adalah dukungan dari Anda semua fitness mania dan konsumen yang senantiasa setia kepada Ultimate Nutrition Indonesia. Karena itulah, bersama Anda pula mari bersama-sama terus mengukir prestasi dan kemajuan dalam dunia fitnes baik di Indonesia atau tingkat dunia. Percayalah, dengan gaya hidup yang sehat, Anda akan lebih mudah meraih masa depan yang lebih baik dan lebih sukses. Dan Sportindo.com the Magz akan menjadi salah satu media yang senantiasa terus berbagi informasi baik fitnes, kesehatan, nutrisi, suplementasi, dan masih banyak lagi informasi menarik lainnya untuk menemani gaya hidup sehat Anda setiap saat. Selamat membaca dan sukses selalu untuk Anda!

A

Editor’s

Letter

.......................................................................................
PEMIMPIN UMUM: L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., Cht. PENANGGUNG JAWAB: Sutiyoso TIM REDAKSI: George Hendra Santoso, SE., CSN., Zaldy Muryadi, Andana Suparman, S.S., Noerdiana Adiatie, S. Gz., Dhany Dian Affandi, S.Sos., Adhini Amaliafitri, Jaenal Abidin S.S, Dini Mei Rasaningrum, S. Gz. ARTISTIK & DESAIN: Galihseto R.A, SST., Aditya Eka Saputra, S.Sn, Ahzim, S.Sn., Daniel Santio Dianiko, S.Sn, Hardi Nur Hikmat, A.md, Walin Huda, S.Sn PROMOSI & IKLAN: Reza Akbar Ramanda, S.Sos. DISTRIBUSI: Mangapul F. Hutahaean, SE. WEBSITE: www.sixreps.com, www.sportindo.com, www.duniafitnes.com E-Mail: themagz@sportindo.com

Cover photo by Isaac Hinds for bodybuilding.com

REDAKSI HANYA AKAN MEMUAT TULISAN, KRITIK, SARAN, DAN PERTANYAAN DARI PEMBACA YANG MELAMPIRKAN BIODATA LENGKAP.

04 | sportindo.com | November

KONTRIBUTOR
Denny Santoso adalah seorang ahli diet, fitnes, dan nutrisi yang aktif mengkampanyekan pola diet sehat dan cara berolahraga yang benar melalui www.DuniaFitnes.com, www.PanduanDiet.com, twitter @dennysantoso, dan berbagai media lainnya. Denny Santoso juga meluncurkan www.SixReps.com, satu-satunya jejaring sosial bagi para fitnes mania di Indonesia. Di Sportindo.com The Magz ini, selain bertindak sebagai pimpinan redaksi, Denny Santoso juga akan berbagi informasi di rubrik Experts. Seorang fitness and sport nutrition expert sekaligus menjabat sebagai Vice President PT Jaya Sportindo yang banyak terlibat langsung dengan berbagai kegiatan dan event di mana Ultimate Nutrition menjadi sponsornya. Erwin Santoso juga merupakan penggagas dari event bergengsi Ultimate Body Contest yang diselenggarakan hingga saat ini di seluruh Indonesia.

L. Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt.

FX. Erwin Santoso, SE., MM.

Arief T. Nur Gomo, STP., MSi.

Arief T. Nur Gomo saat ini menjabat sebagai Kepala Research and Development Department di PT. Bionic Natura, Healthy Food. Di www.DuniaFitnes.com dan Sportindo.com The Magz, pakar industri dan teknologi pangan dan kuliner ini banyak membagikan resep-resep sehat dengan citarasa lezat dalam rubrik Healthy Food.

dr. Jeffry Tenggara, Sp.PD

Matthew Herd

Matthew Herd, atau lebih akrab dipanggil Matt, adalah seorang podiatris (ahli penyakit kaki) lulusan dari Queensland University of Technology, Australia. Saat ini Matt bekerja di Eastwest Physiotherapy & Rehabilitation di Jakarta. Di DuniaFitnes.com dan Sportindo.com The Magz ini, Matt membagikan banyak artikel seputar kesehatan kaki serta cedera olahraga dan penanganannya. Simak artikel-artikel Matt di rubrik Experts.

Lulus pada tahun 2004 sebagai dokter umum dan tahun 2010 sebagai ahli penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, saat ini dr. Jeffry Tenggara Sp.PD adalah internis atau spesialis penyakit dalam tetap di RS MRCCC-Siloam Hospital Semanggi. Dr. Jeffry Tenggara, Sp.PD bertindak sebagai salah satu kontributor di www. DuniaFitnes.com dan Sportindo. com The Magz yang banyak menulis artikel tentang kesehatan, terutama yang terkait dengan kondisi medis dan hubungannya dengan diet dan olahraga. Baca artikel dari dr. Jeffry Tenggara di rubrik Experts.

SPORTINDO THE MAGZ KONTRIBUTOR

06 | sportindo.com | November

Surat Pembaca
Dada Berdebar Setelah Minum Ultra Ripped FAF

Sportindo Mail
Memasak Beras Merah dengan Rice Cooker
Saya pernah mencoba memasak beras merah di rice cooker dengan jumlah air yang normal tetapi nasinya menjadi keras, sementara kalau airnya diperbanyak justru tumpah keluar dari rice cooker. Bagaimana cara memasak beras merah memakai rice cooker? Bagaimana pula dengan saran untuk merendam dulu beras merah semalaman sebelum dimasak? Mohon pencerahannya. Terima kasih sebelumnya. susanto.aribowo@yahoo.co.id Coba gunakan perbandingan 1:3 (1 cup beras dengan 3 cup air ) atau 1:4 (1 cup beras dengan 4 cup air). Kalau mau lebih sehat, beras merah atau beras coklat dibiarkan menjadi kecambah dulu sampai keluar tunas sepanjang sekitar 2 mm. Dengan proses perkecambahan, nilai gizi beras meningkat, rasanya lebih enak, dan teksturnya lebih lembut. Nilai gizinya, terutama kandungan GABA naik menjadi 10-12 kali lipat dibandingkan beras putih/ coklat/ merah. GABA (gamma amino butyric acid) adalah salah satu senyawa yang dapat meningkatkan kinerja otak. Untuk perendaman, cukup rendam 1 jam sebelum dimasak dengan rice cooker. Perendaman semalam penuh dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri. Selain itu, semakin lama perendaman, semakin banyak pula vitamin berkurang terutama vitamin B yang larut dalam air rendaman. Jika air rendamannya ingin dipakai, tetap akan muncul masalah kontaminasi. Selain itu kandungan lemak di kulit ari dan air bisa menyebabkan proses hidrolisis yang mengarah ke kerusakan lemak karena adanya asam yang timbul dari aktivitas bakteri. Arief T. Nur Gomo DuniaFitnes.com Healthy Food Contributor @arieftng www.facebook.com/arieftng http://arieftng.blogspot.com

Saya mau tanya, sudah satu minggu ini saya konsumsi Ultra Ripped FAF 2 kali per hari, masing-masing 1 tablet. Kira-kira setelah 2 jam, dada saya terasa berdebar. Setelah periksa tekanan darah, angkanya 130/90, padahal biasanya 120/80. Apakah kondisi ini normal dan bisa dilanjutkan? Kakak saya juga mencoba minum, namun dadanya tidak berdebar. Biasanya saya minum kopi hitam dan gula sehari 1 kali, namun saat minum Ultra Ripped saya tidak minum kopi. Mohoh petunjuknya. Terima kasih. Adhy Syaefudin (adhy.syaefudin@xxx.com) Berarti Anda lebih sensitif terhadap kafein dibandingan dengan kakak Anda. Ada beberapa solusi : • Minum Ultra Ripped setelah makan maka akan mengurangi efek berdebarnya. • Kalau tahan terhadap berdebarnya, diteruskan saja. Lama-lama efek tersebut akan hilang karena proses adaptasi tubuh. • Jika 2 opsi diatas tidak membantu, berarti Anda memang sangat sensitif kafein, jadi ganti saja Ultra Ripped dengan L-Carnitine, pembakar lemak yang bebas kafein. @dennysantoso http://id.linkedin.com/in/dennysantoso

Bakar Lemak dengan Renang atau Jogging?
Saya sedang ingin membakar lemak dengan latihan kardio. Biasanya saya jogging 3 kali seminggu di pagi hari saat perut kosong selama 20 menit. Tetapi setelah saya mencoba berenang, dalam 15 menit saja sudah merasa sangat lelah dan seluruh badan terasa kejang. Manakah yang lebih bagus untuk membakar lemak, renang atau jogging? Jika lebih efektif berenang, mungkin saya akan memilih berenang tiap pagi daripada jogging. Terima kasih. ary_myloves@xxx.com Keduanya sama saja. Lebih baik Anda menerapkan latihan High Intensity Interval Training (HIIT) kalau mau lebih cepat turun berat badannya, karena HIIT memiliki efek afterburn (masih membakar lemak meski sudah selesai latihan). Sementara jogging atau berenang tidak memiliki efek afterburn. Coba bayangkan jogging 20 menit atau renang 20 menit, paling hanya membakar 100 kalori saja, padahal sekali kita makan saja akan masuk 300-400 kalori. Apalagi 20 menit di awal olahraga, sama sekali tidak membakar lemak tetapi baru membakar gula atau glikogen. Regards, @dennysantoso http://id.linkedin.com/in/dennysantoso 08 | sportindo.com | November

Cegah Penyakit Jantung dengan Semangka

Malas Bersihbersih Berisiko Gangguan Mental

News

enurut penelitian terbaru di AS, mengonsumsi sepotong semangka setiap hari bisa membantu mencegah penyakit jantung dengan menghentikan penumpukan kolesterol berbahaya. Tak hanya itu, semangka juga bisa membantu dalam mengendalikan berat badan. Para ilmuwan melakukan penelitian tersebut pada tikus yang diberi makanan tinggi lemak. Hasilnya, buah semangka berhasil mengurangi setengah tingkat lipoprotein low-density “buruk”, atau LDL, yang diakumulasi. LDL adalah bentuk kolesterol yang menyebabkan penyumbatan arteri dan penyakit jantung. Para peneliti dari Purdue University, AS, juga mengamati bahwa mengonsumsi semangka secara teratur membantu mengontrol berat badan dan mengurangi lebih sedikit timbunan di dalam pembuluh darah. Para peneliti percaya bahwa rahasia dibalik manfaat kesehatan dari semangka terletak di citrulline, bahan kimia yang ditemukan dalam jus. Meski penelitian terbaru ini tidak menunjukkan adanya efek yang signifikan pada tekanan darah, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa semangka memiliki manfaat kesehatan yang kuat pada faktor risiko jantung lainnya. Di Inggris, sekitar 270.000 orang per tahun menderita serangan jantung dan hampir satu dari tiga orang meninggal dunia sebelum mereka sempat dilarikan ke rumah sakit. (jay)

M

rumah.

S

udah barang tentu di hari libur banyak pria yang menghabiskan waktunya dengan bersantai di rumah, bermalas-malasan dan enggan membantu istri beres-beres

Doyan Selingkuh Picu Kematian Dini

Nah, mulai hari ini sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan ini. Pasalnya, sebuah penelitian di Swedia menemukan bahwa para suami yang enggan membantu istrinya mengerjakan pekerjaan rumah tangga cenderung mudah mengalami kecemasan dan berisiko mengalami gangguan mental. Tim peneliti dari University of Umea, Swedia ini menemukan bahwa para suami pemalas yang jarang membantu istri membersihkan rumah dan pekerjaan rumah tangga lainnya, lebih banyak mengalami tekanan psikologis dibanding suami yang rajin membantu istri. Tak hanya itu, para suami yang egois ini jantungnya juga lebih mudah berdebar-debar dibanding suami yang rajin bersihbersih. “Secara keseluruhan di Swedia, perempuan masih melakukan sebagian besar pekerjaan rumah tangga. Namun, kami menemukan bahwa jauh lebih baik bagi laki-laki jika mau mengambil separuh pekerjaan rumah tangga,” kata peneliti, Lisa Harryson. Meski pun penelitian ini mengambil sample di Swedia, namun hasil penelitian ini berlaku bagi seluruh masyarakat dunia. Terutama bagi para suami yang gemar bermalas-malasan. Nah, dengan hasil penelitian ini apakah para suami masih berencana ‘mangkir’ dari tugas rumah tangga? (dan)

Orgasme Buat Anda Awet Muda dan Sehat
enurut penelitian terbaru, orgasme tidak hanya membantu Anda tetap sehat dengan mencegah serangan penyakit, tetapi juga dapat membuat Anda terlihat lebih muda. Para peneliti menyatakan bahwa orgasme menciptakan reaksi kimia alami yang baik bagi kesehatan dan kesejahteraan dibandingkan dengan jenis pil kesehatan apapun. Tak hanya itu, orgasme juga ampuh dalam mengalahkan stres dan depresi, menghilangkan rasa sakit dan mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat. Bahkan, Lady Gaga sempat menyebutkan bahwa “sering orgasme” adalah rahasia dirinya untuk mencerahkan kulit dan awet muda. Menurut dokter kulit kosmetik Dr. Mervyn Patterson, “Orgasme meningkatkan aliran darah ke kulit dengan merangsang sistem saraf parasimpatis, yang menyebabkan pembuluh darah di kulit untuk membuka dan menciptakan tampilan memerah.” Berhubungan seks secara teratur juga ampuh mengalahkan stres. Selama orgasme, otak akan melepaskan sejumlah endorfin, termasuk serotonin, bahan utama dalam Prozac. Prolaktin juga dilepaskan, kata Ashley Grossman dari University of Oxford, yang memiliki “efek menenangkan”. Orgasme bisa menjadi kunci untuk awet muda. Pasangan yang bercinta setidaknya tiga kali seminggu ternyata rata-rata sepuluh tahun lebih muda daripada mereka yang berhubungan seks dua kali seminggu atau kurang, menurut sebuah penelitian. “Orgasme membuat kita bahagia dan menghasilkan bahan kimia yang secara langsung meningkatkan tubuh dan pikiran,” kata Dr. David Weeks, seorang neuropsikolog dari Royal Edinburgh Hospital. (jay)

ak hanya membahayakan hubungan percintaan dan pernikahan, perselingkuhan juga dapat meningkatkan risiko kematian dini si pelaku. Pria atau wanita yang sering berselingkuh ternyata memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung! Tim peneliti dari Jerman mengumpulkan data bahwa serangan jantung yang terjadi selama atau setelah berhubungan seks sebagian besar korbannya adalah pria atau wanita yang terlibat perselingkuhan. Jumlah ini didominasi oleh kaum pria yang memiliki kecenderungan berselingkuh dengan wanita yang lebih muda. Salah satu penyebabnya adalah luapan kegembiraan yang berlebihan akibat berhubungan dengan orang asing, sehingga menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang dapat berujung pada kematian. Berhubungan seks sama halnya dengan olahraga yang dapat memacu tekanan darah dan kerja jantung. Tak hanya terjadi pada orang dengan riwayat sakit jantung, orang sehat pun bisa mengalami serangan jantung saat sedang berhubungan seksual. American Medical Association menyebutkan, kurang dari 1 persen dari semua serangan jantung dipicu oleh hubungan seks, 5 persen disebabkan oleh aktivitas fisik dan 3 persen akibat luapan emosi yang berlebihan. Seks umumnya aman bagi orang dengan penyakit jantung koroner. Namun pria dengan penyakit jantung koroner perlu mengikuti aturan dan hati-hati dengan perselingkuhan. Oleh karena itu bagi Anda yang ‘doyan’ berselingkuh sebaiknya mulai waspada. Doyan berselingkuh hanya akan membawa petaka dan memperpendek usia Anda. So, setialah dengan pasangan! (dan)

T

M

sportindo.com | November | 09

Tip

Jangan Simpan Makanan Ini di

Kulkas!
Anda mungkin sudah terbiasa menyimpan segala jenis makanan atau bahan makanan di dalam lemari pendingin atau kulkas sehabis belanja dari pasar atau supermarket. Tapi apakah semua jenis makanan harus disimpan dalam kulkas agar lebih awet? ebelum makanan Anda membusuk atau sudah kehilangan rasanya, ada baiknya ketahui dulu fakta tentang makanan atau bahan makanan apa saja yang boleh dan jangan disimpan dalam kulkas. Jangan simpan makanan berikut ini di dalam kulkas : Tomat Faktanya, tomat justru lebih cepat busuk jika disimpan dalam kulkas. Membran dinding sel tomat menjadi rusak akibat suhu dingin dalam kulkas sehingga menjadi lembek dan pucat. Keluarkan tomat dari bungkus kertas atau plastik dan simpan dalam suhu ruangan dengan posisi bagian tangkai diatas. Jauhkan dari sinar matahari. Tapi ingat, dalam kondisi sudah matang, tomat hanya bertahan segar tiga hari saja. Alpukat Yang kami maksud adalah jangan simpan alpukat yang masih mentah (keras) dalam kulkas karena akan memperlambat masa matangnya. Tapi sebaliknya, simpan alpukat yang sudah matang dalam kulkas jika Anda belum akan memakannya dalam waktu dekat. Peterseli dan selasih Salah satu contoh selasih adalah daun kemangi yang biasa dipakai lalapan mudah rusak jika disimpan dalam kulkas. Begitu pula dengan sayur peterseli yang banyak digunakan dalam membuat pizza dan spaghetti. Cukup simpan keduanya dalam wadah berair (seperti menyimpan bunga) di dapur Anda. Mayonnaise Mayones bukan merupakan produk turunan susu, jadi Anda tidak perlu menyimpannya dalam kulkas. Mayones dibuat dengan telur yang sudah dipasteurisasi ditambah cuka, garam, dan jus lemon sehingga aman dari perkembangan bakteri. Selai kacang Kecuali Anda membuat sendiri selai kacang secara alami, selai kacang produksi komersial tidak perlu disimpan dalam kulkas. Bahkan setelah dibuka sekalipun, citarasanya tidak akan berubah selama tiga bulan. Selai dan asinan buah Bahasa Inggris untuk selai buah adalah jam atau fruit preserve. Dari namanya saja sudah jelas. Preserve artinya sudah diawetkan. Jadi selai atau asinan buah akan tetap awet dalam suhu ruangan biasa.

S

Roti Menyimpan roti seperti roti tawar dalam kulkas hanya akan membuat roti menjadi kering. Cukup taruh diatas meja makan dan habiskan sebelum empat hari atau sebelum tanggal kadaluwarsanya. Mentega Kecuali Anda diserang gelombang udara panas, mentega akan baikbaik saja dalam suhu ruangan biasa. Kecap Kecuali Anda jarang memakai kecap untuk memasak, menyimpan kecap dalam suhu ruangan tidak akan mempengaruhi citarasa dan kualitasnya. Saus Hampir segala macam saus baik saus tomat, saus cabai, saus kedelai, dan bahkan saus ikan sekalipun, tidak perlu disimpan dalam kulkas. Cukup pastikan terhindar dari sinar matahari langsung. Bawang putih dan merah Bawang putih dan merah akan lebih cepat lembek dan rusak dalam kulkas. Lagipula aromanya bisa merusak makanan lain dalam kulkas Anda. Cukup simpan dalam wadah berlubang di rak dapur. Tapi pastikan jauh dari kentang yang bersifat lembab dan mengeluarkan gas sehingga dapat merusak bawang. Kentang Kandungan tepung dalam kentang akan cepat menjadi gula jika disimpan dalam kulkas. Akibatnya rasanya akan berubah dan warnanya cepat menghitam saat dimasak. Cukup simpan dalam kantong kertas di dapur. Kopi Proses kondensasi dalam kulkas bisa merubah kualitas rasa biji kopi atau kopi bubuk. Cukup simpan kopi dalam wadah tertutup rapat dalam suhu ruangan biasa. Madu Madu tidak akan berubah kualitas dan rasanya dalam suhu ruangan. Suhu dingin dalam kulkas malah akan mengentalkan madu sehingga susah dituang atau dioles. Minyak zaitun Kecuali Anda punya stok banyak dan jarang memakainya berbulanbulan, minyak zaitun aman disimpan dalam suhu ruangan yang terhindar dari sinar matahari.(aan)

10 | sportindo.com | November

Makanan Tak Lazim

Tip

yang Harus Disimpan di

Setelah Anda mengetahui makanan atau bahan makanan apa saja yang tidak baik untuk disimpan di lemari pendingin, kini giliran daftar makanan yang jarang diketahui orang harus disimpan dalam kulkas.
nda mungkin sudah tahu makanan atau bahan makanan seperti ikan segar, daging segar, susu dan produk turunan susu harus disimpan dalam kulkas. Namun, sebaiknya simpan makanan berikut ini dalam lemari pendingin! Pisang matang Kecuali Anda sudah lebih dulu menghabiskannya sebelum membusuk, pisang yang sudah matang sebaiknya Anda simpan dalam kulkas untuk memperpanjang masa konsumsinya. Memang dalam kulkas, kulit pisang akan berubah menghitam namun kualitas daging pisang di dalamnya akan tetap terjaga. Tetapi jika Anda merasa pisang berkulit hitam kurang membangkitkan selera, jangan hiraukan tip ini. Tepung gandum utuh Tepung gandum biasa memang tak perlu Anda simpan dalam kulkas, tapi khusus untuk tepung gandum utuh sebaiknya Anda simpan dalam kulkas. Dalam suhu ruangan biasa, kuman atau bakteri dalam gandum dapat membuat tepung gandum utuh menjadi tengik dengan cepat. Jadi sekali dibuka kemasannya, simpan tepung dalam wadah kedap udara dalam lemari pendingin agar lebih awet. Homemade cookies Kue kering buatan rumahan sendiri biasanya Anda buat tanpa pengawet, karena itu sebaiknya Anda simpan dalam kulkas agar tetap terjaga kesegarannya. Alpukat matang Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kecuali alpukat yang masih mentah dan keras, alpukat yang sudah matang sebaiknya disimpan dalam kulkas untuk memperpanjang masa konsumsinya sebelum membusuk. Kacang tanah tumbuk Kandungan minyak dalam kacang yang keluar saat ditumbuk dapat berubah menjadi tengik jika disimpan dalam suhu ruangan biasa. Karena itulah sebaiknya Anda simpan dalam kulkas. Hal ini juga berlaku untuk selai kacang tanah buatan sendiri yang tidak diberi pengawet. Sirup maple murni Berbeda dengan madu, sirup maple murni harus segera disimpan

Kulkas

A

dalam kulkas setelah dibuka untuk mencegah tumbuhnya jamur di sekitar mulut botolnya. Kacang kulit Kecuali Anda segera menghabiskannya, simpanlah kacang kulit dalam kulkas untuk menjaganya tetap renyah saat dikonsumsi. Kandungan minyak dalam kacang kulit dapat berubah menjadi tengik jika terpapar panas suhu ruangan biasa. Tip diatas mungkin akan membuat revolusi cara penyimpanan makanan atau bahan makanan Anda dalam kulkas. Namun tujuannya adalah demi menjaga kualitas dan keawetan makanan Anda. Lagipula kulkas yang ruangannya lebih lega akan bekerja lebih maksimal pula. Selamat mencoba!(aan)

sportindo.com | November | 11

Healthy Food

Soy Milk
Membuat susu kedelai sendiri? Nggak susah kok! Yuk, ikuti resep sehat berikut ini!

Let’s Make Our Own

D

i kalangan fitnes mania, banyak beredar kabar bahwa kedelai dan hasil olahannya, termasuk susu kedelai, memiliki efek yang kurang baik bagi perkembangan otot, karena dapat meningkatkan kadar estrogen pada pria. Namun ternyata hasil penelitian yang dilakukan oleh Messina (2010) yang dimuat di jurnal Fertility and Sterility 93 (7); 2095-2104, membuktikan bahwa mitos tersebut hanya isapan jempol belaka. Penelitian yang berjudul “Soybean isoflavone exposure does not have feminizing effects on men; a critical examintaon of the clinical evidence” menyebutkan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi kedelai dan peningkatan kadar estrogen pada tubuh pria, meskipun studi ini masih terbatas dalam waktu durasinya. Nah, selanjutnya let’s make our own soy milk!

Bahan: • 500 g kedelai kering • 3500 ml air matang • 1 ruas jahe dimemarkan • 1/8 sdt garam Cara Membuat: 1. Cuci dan rendam kedelai dengan air bersih selama 3-5 jam. 2. Blender dengan menggunakan air matang. Kedelai bisa diblender secara bertahap jika kapasitas blendernya tidak cukup. 3. Saring jus kacang kedelai tersebut dengan saringan halus atau kain saringan. 4. Tambahkan jahe dan garam ke dalam susu kedelai. 5. Pasteurisasi pada suhu 80-100oC selama 15 menit, sambil diaduk perlahan. 6. Setelah selesai, angkat dan pindahkan ke wadah tahan panas (misalnya botol gelas atau teko gelas). 7. Sajikan hangat atau dingin. Untuk 10 gelas (@±250 ml) Nilai Gizi per Gelas: • Energi: 148,7 kkal • Lemak: 4,7 g • Karbohidrat: 18,2 g • Serat: 2,5 g • Protein: 8,4 g Tip dan Saran: • Jika ingin disimpan, setelah selesai dipasteurisasi segera masukkan ke dalam botol gelas. Tutup rapat kemudian

botol tersebut segara direndam dalam air dingin. Setelah suhunya turun, simpan botol tersebut di dalam pendingin. Teknik ini dapat memperpanjang daya simpan produk sampai 7 hari, tergantung kondisi penyimpanan. • Tambahkan pemanis rendah kalori atau gula aren jika ingin rasanya manis. • Jika ingin mendapatkan citarasa buah-buahan, dapat ditambahkan perasa buah yang food grade, karena penambahan perasan buah asli terutama yang memiliki citarasa asam (pH rendah) akan membuat protein susu menjadi terpisah. Tetapi meskipun terjadi pemisahan namun nilai nutrisinya masih sama. • Jahe dapat Anda gantikan dengan vanila bubuk secukupnya. Tujuannya untuk mengurangi citarasa langu dari susu kedelai.

12 | sportindo.com | November

Exclusive Pose

Daniel Craig

“The Muscular Bond Ever”
Sempat diragukan ketika memerankan James Bond dalam Casino Royale, Daniel Craig mampu menjawabnya dengan menampilkan tokoh Bond yang lebih ‘garang’ dalam trilogi James Bond (Casino Royal, Quantum of Solace dan yang terbaru Sky Fall).

P

enikmat film Bond seakan diajak untuk menafikan sosok Bond yang dulu terkesan glamor dan maskulin, yang kemudian menjadi Bond yang keras, berotot dan lebih macho sejak dibawakan oleh Craig. “Adalah tugas berat ketika mengajak penonton untuk melihat sisi Bond yang lain (keras dan berotot). Dan ini membuat saya tertantang!” ujar pria bernama lengkap Daniel Wroughton Craig. Tak tanggung-tanggung, ia pun mengikuti serangkaian latihan sebanyak 5 kali seminggu untuk menjadi Bond yang benarbenar berotot. Circuit training menjadi menu utama Craig. “Clean and jerk, benchpress, pull up, dips, dan barbell curls. Inilah latihan yang kerap saya jalankan dalam circuit training” tuturnya. Diet sehat pun tak luput dari kehidupannya. Untuk meningkatkan asupan proteinnya, Craig memilih protein shakes dan daging bebas lemak. Di sela syuting pun ia sempatkan untuk ngemil satu cup yoghurt dengan topping stroberi. “Saya ingin Bond terlihat lebih berotot dan mampu menghajar lawan dengan tangan kosong tanpa bantuan gadget” ungkap pria yang rela menghentikan kebiasaan merokok demi menjadi sang “mata-mata” ini. (dan)

Biodata Nama Lengkap Tanggal Lahir Tempat Lahir Tinggi Badan Bagian Tubuh Favorit Pekerjaan : Daniel Wroughton Craig : 02 Maret 1968 : Chester, England, UK : 188 cm : Traps, Chest : Aktor
sportindo.com | November | 13

Fashion Stuff

FASHION STUFF
01

1. Puma evoSpeed Runner

Sepatu ini mungkin tak asing lagi bagi yang menonton Olimpiade London 2012 lalu. Ya, sepatu ini sempat dipakai oleh atlit sprinter dari Jamaika, Usain Bolt, peraih medali Olimpiade 2008 dan 2012. Sepatu ini termasuk dalam koleksi evoSpeed dari Puma. Sepatu ini didesain secara khusus agar ringan dan fleksibel. Selain bagus untuk berlari, sepatu ini juga berguna untuk golf, mobil balap, sepak bola, dan cricket. Sepatu ini berbobot hanya 7,8 ons. Untuk memberikan kenyamanan, sepatu ini dilapisi dua layer berjaring yang mudah mengeluarkan udara. Setelah uji laboratorium, fleksibilitas sepatu ini mendapat nilai 86 dari 100.

2. Jam Tangan Sporty Polar FT7

Sedang mencari jam tangan sporty sekaligus bisa memonitor kesehatan? Polar FT7 mungkin bisa menjadi solusi yang tepat. Jam tangan yang didesain dengan teknologi canggih ini bisa meningkatkan kebugaran tubuh atau membakar lemak. Polar FT7 ini akan memberitahukan hasil latihan Anda, baik itu peningkatkan kebugaran fisik maupun pembakaran lemak tubuh. Jam ini juga mampu menginformasikan berapa banyak kalori yang sudah Anda bakar. Polar FT7 dilengkapi dengan berbagai fitur Smart Coaching, fitur canggih yang menawarkan panduan terbaik untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda.

02

3. Adidas Samba

Meski sudah lama dirilis, sepatu Adidas Samba ini tetap menjadi favorit di kalangan fashionista. Bahkan, sepatu ini juga masih direkomendasikan sebagai ‘sepatu wajib dimiliki tahun ini’ oleh majalah fashion ternama GQ. Sepatu sporty ini bisa digunakan dalam setiap kesempatan, mulai dari berolahraga sampai ke acara formal. Sepatu ini berbahan kulit lembut dibagian atas yang membuat nyaman dan outsole karet di bagian bawah. Bagi Anda yang suka berpakian formal dengan jas, bisa dipadukan dengan sepatu ini agar terlihat lebih santai. Kacamata ini memang sudah tak asing lagi bagi para pencinta aksesoris eyewear. Dengan desain yang stylish dan retro, kacamata ini sangat populer di kalangan selebritis Hollywood, mulai dari penyanyi Kid Cudi hingga Kate Hudson. Kacamata D-Frame ini didesain oleh duo desainer ternama asal London, Graham Cutler dan Tony Gross. Saking larisnya, kacamata ini disebutsebut memiliki semua elemen gaya yang diidam-idamkan para fashionista. Dengan bingkai asetat hitam tebal, kacamata ini bisa memuaskan para pencinta era 80-an dan penggemar musisi Elvis Costello. Hebatnya lagi, kacamata ini dibuat sepenuhnya dengan tangan.

03

4. Cutler And Gross Sunglasses: D-Frame

04

5. Encounter by Calvin Klein

Calvin Klein kembali meluncurkan parfum terbaru, Encounter, pada September lalu, dengan mengusung tema misterius, menggoda dan maskulin. Parfum ini diracik oleh para pembuat parfum Firmenich asal Swiss, Honorine Blanc dan Pierre Negrin. Untuk mendongkrak penjualan, Calvin Klein menggaet aktor serial populer True Blood Alexander Skarsgard sebagai duta parfum ini. Dengan model botol andalan yang unik, parfum ini beraromakan mandarin, cardamom dan rum. Bahan inti parfum ini terdiri dari campuran pepper, melati Mesir, patchouli, cognac, serta aroma kayu dari oud, Atlas cedar, dan musk.

05

6. Puma Flat Coaster Watches

Bagi Anda pencinta jam tangan sporty dan stylish, jam tangan dari Puma ini mungkin bisa menjadi solusinya. Puma Flat Coaster ini mengusung gaya retro dan secara khusus dirilis untuk koleksi musim gugur/musim dingin. Jam tangan untuk pria untuk sangat ideal untuk dipakai saat nge-gym maupun berenang. Jam tangan ini meraih nilai tertinggi dalam skala fashion, dengan menawarkan kesederhanaan, desain retro dan paduan warna. Basically, semua warna jam ini hitam dan didesain khusus dengan sentuhan warna lainnya seperti sky blue, cannary yellow, scarlet red, dan grey. (jay)

06

14 | sportindo.com | November

1. TrainPod Reebok

TrainPod Reebok adalah peralatan olahraga baru yang inovatif dan dirancang secara khusus untuk memberikan olahraga yang menyenangkan dan mengasyikan. TrainPod ini merupakan alat yang serbaguna, kompak dan ringan, sehingga mudah digunakan saat berada di rumah atau di outdoor. Dengan desain yang inovatif, TrainPod bisa bermanfaat untuk latihan keseimbangan berdiri, latihan kardiovaskular, latihan keseimbangan berjongkok, plank, press up, dan latihan pembentukan otot inti. Tak hanya itu, TrainPod juga bisa membantu meningkatkan stabilitas tubuh secara keseluruhan, latihan plyometric dan peningkatan performa secara umum dengan latihan tubuh bagian atas dan bawah.

GEAR
4. Sony Extra Bass Headphone Series

Gear

notebook Elitebook, tablet ini didesain khusus untuk para pebisnis. Dari segi spesifikasinya, tablet ini berlayar Gorilla Glass 2 10,1 inch 1280x800 dan casing aluminium yang tahan banting serta tahan suhu ekstrim. Tak hanya itu, tablet ini juga disisipkan prosesor Atom CPU dari Clover Trail milik Intel. ElitePad 900 ini juga dilengkapi RAM 2 GB dan tersedia dalam storage 32 GB dan 54 GB. Tertarik?

2. Conair i-Stubble

Sedang mencari pencukur jenggot atau electric shaver? Conair i-Stubble ini mungkin cocok untuk Anda yang menyukai hal praktis. Shaver berkualitas ini mudah digunakan tanpa perlu mencolokan ke listrik, hanya butuh charge selama 45 menit. Kelebihan lainnya, shaver ini punya 15 setting berbeda untuk mendapatkan model cukuran yang Anda inginkan. Layar LCD digital ini berfungsi untuk menampilkan level cutting yang sedang digunakan dan sisa hidup baterai. Dengan desain ringan dan modern, shaver ini bisa menjadi solusi tercepat ketika Anda tak punya waktu untuk ke barber shop.

3. HP ElitePad 900

Sony kembali meluncurkan koleksi seri headphone Extra Bass terbaru, yakni MDR-XB600, MDR-XB800, dan MDR-XB400, yang mampu menghasilkan suara bass ekstra dan kejernihan suara yang tinggi. Ketiga headphone ini menggabungkan keahlian Sony di bidang teknik audio yang superior, kenyamanan, dan style, serta meningkatkan gaya akustik. Headphone ini juga didesain khusus agar ideal dengan genre musik yang tengah populer sekarang. Kelebihan unik lainnya, headphone ini bisa dilipat dan menggunakan struktur bass Advanced Direct Vibe. Koleksi seri ini tersedia dalam versi headband dan ear bud.

Hewlett-Packard (HP) kini meluncurkan tablet yang mengoperasikan Windows 8, yakni ElitePad 900. Tablet ini bakal menjadi gadget pertama yang menghadirkan Windows 8 pada 2013. Sama seperti

5. Smartphone HTC Touch Cruise

Baru-baru ini, produsen ponsel HTC meluncurkan smartphone teranyarnya, yakni All New HTC Touch Cruise, yang memiliki fitur Photo Geotagging dan Navigasi Mobil. Ponsel pintar ini memiliki berbagai fitur canggih yang dilengkapi built-in GPS dan software pendukungnya. Smartphone baru ini merupakan versi terbaru dari Touch Cruise edisi Januari 2008, yang menawarkan bentuk lebih kompak. Ponsel ini dilengkapi kamera 3.2 MP, teknologi Footprints, layar sentuh 2.8-inch TFT-LCD dengan resolusi QVGA. Yang menarik lagi, ponsel ini menjalankan sistem operasi Windows Mobile® 6.1 Professional. (jay)

01

04 02

03

05
sportindo.com | November | 15

16 | sportindo.com | November

Experts

L. Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt.

Menghitung Kalori Ketika
Berolahraga

Tidaklah Penting untuk Membuang Lemak
sedang tidak berolahraga. Sebenarnya yang harus dilakukan untuk membuang lemak adalah meningkatkan metabolisme tubuh, bukan sekedar berolahraga untuk membakar kalori saja. Cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan meningkatkan jumlah otot di tubuh Anda. Salah satu pekerjaan otot adalah memakan lemak di tubuh, oleh karena itulah kita harus menambah jumlah otot dan memberi makan otot dengan nutrisi yang baik supaya dia bisa bekerja optimal. Ketika Anda melakukan latihan beban, dan kemudian pulang ke rumah, proses perbaikan otot Anda itu membakar lemak. Dan setelah otot selesai diperbaiki, maka otot Anda yang baru itu akan membakar lebih banyak lemak daripada sebelumnya bahkan ketika Anda sedang tidur. Itulah alasannya kenapa rutin berolahraga saja tidak cukup untuk membuang lemak membandel Anda. Anda harus membuat metabolisme lebih tinggi, dan latihan beban akan memberikan efek afterburn yang akan membakar lemak Anda lebih banyak lagi. Jadi perhitungan kalori ketika Anda berolahraga sudah tidak penting lagi, karena dengan cara ini Anda akan membakar kalori secara terus menerus bahkan setelah Anda tidak berolahraga lagi. Pertanyaannya adalah, siapkah Anda menerima paradigma ini dan mulai melakukan latihan beban untuk membakar lemak berlebih di tubuh Anda? Salam, @dennysantoso

al itu biasanya didasari pemikiran bahwa semakin banyak kita membakar jumlah kalori ketika berolahraga maka kita akan semakin cepat membuang lemak tubuh kita. Padahal ternyata menghitung kalori ketika berolahraga sangatlah tidak penting. Bahkan ketika Anda tahu angkanya pun, tidak ada gunanya buat proses pembakaran lemak di tubuh Anda. Kenapa begitu? Nah, coba kita analisa. Satu jam berolahraga, rata-rata tubuh Anda akan membakar kalori sekitar 300-400 kalori saja, mungkin bisa sampai 500 kalori dengan usaha yang lebih keras. Tetapi sehari-hari, kita makan lebih dari 400 kalori. Bahkan sehari Anda mungkin saja makan sekitar 1500-2500 kalori. Jadi bagaimana mungkin membakar 400 kalori setiap hari ketika tubuh mendapat asupan sebesar itu? Pemikiran itulah yang mendasari kenyataan bahwa orangorang yang sudah giat melakukan aerobik, renang, basket secara rutin, namun berat badan tidak kunjung turun juga. Lalu, bagaimana solusinya? Saya analogikan dengan handphone. Kalau Anda pernah tahu Blackberry Onyx, kemudian dibandingkan dengan Blackberry Dakota, tentu Dakota akan lebih boros baterainya. Salah satunya adalah karena resolusi layar Dakota yang lebih tinggi daripada Onyx. Lalu apakah handphone Anda baterainya akan habis hanya kalau digunakan telepon saja? Atau ketika dibiarkan standby juga lama-lama habis? Tentu dibiarkan standby saja, baterai juga bisa habis ‘kan? Kejadian itu sama dengan badan kita. Pembakaran kalori tidak hanya ketika kita berolahraga saja, ketika tidak berolahraga pun badan kita akan membakar kalori secara konstan. Nah, sekarang bagaimana caranya meningkatkan pembakaran kalori ketika kita

H

Seringkah Anda mendengar pertanyaan seperti “Berapa kalori yang harus saya bakar untuk bisa menurunkan berat badan 2 kilogram?” atau “Bersepeda 1 jam membakar berapa kalori ya?”

sportindo.com | November | 17

Experts

Waspadai Gejala

dr. Jeffry Tenggara, Sp.PD Internist of MRCCC Siloam Hospital Semanggi

Usus Buntu!
U

Usus buntu. Istilah ini pasti sudah sering kita dengar sebelumnya pada saat kita atau salah satu anggota keluarga menjalani operasi. Tapi apa sebenarnya usus buntu itu?
sus buntu adalah bagian kecil dari usus besar manusia yang berbentuk seperti kantong dengan ujung buntu dan terletak di bagian bawah kanan perut. Sampai saat ini masih tidak diketahui apa fungsi dari usus buntu ini. Karena struktur dari organ ini yang buntu diujungnya, maka kotoran maupun sisa makanan mudah untuk masuk dan terjebak didalam kantong usus buntu dan menyebabkan infeksi dan peradangan. Apa Saja Gejala Usus Buntu Itu? • Nyeri perut. Awalnya berupa nyeri ulu hati yang sering disalah artikan dengan sakit maag. Mengapa ini terjadi? Hal ini adalah karena system persarafan dari usus buntu adalah sama dengan saraf dari bagain lambung/maag, sehingga seolah olah nyerinya berasal dari maag. Seiring dengan waktu, nyeri akan semakin hebat dan berpindah ke sisi kanan bwah perut sesuai dengan letak usus buntu itu sendiri. • Demam. Muncul setelah episode nyeri perut dan menunjukkan bahwa infeksi sudah hebat. • Mual dan Muntah. Muncul karena terjadi gangguan aliran makanan dan gangguan pencernaan • Perut yang Teraba Sangat Tegang. Sakit perut yang hebat disertai rasa tegang merupakan tanda bahaya dari usus buntu. Hal ini terjadi bila sudah terdapat kebocoran dari usus buntu dan memerlukan operasi segera. Tipe Usus Buntu Dari ringan-hebatnya peradangan yang terjadi, ada 2 tipe usus buntu, yaitu tipe akut dan kronik. • Tipe Akut Usus buntu tipe ini ditandai dengan gejala yang muncul mendadak (dalam hitungan jam) dan sifatnya sangat hebat. Pasien biasanya datang dengan kesakitan di sisi kanan bawah perut seperti ditusuk tusuk. • Tipe Kronik Usus buntu tipe ini memiliki gejala yang tidak khas berupa sakit maag berkepanjangan dan tidak membaik dengan pemberian obat maag konvensional seperti antasida. Gejala lainnya berupa demam yang tidak terlalu tinggi dan hilang timbul selama berbulan bulan serta gangguan pola buang air besar. Pengobatan untuk usus buntu adalah operasi. Ya, memang hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menuntaskan infeksi usus buntu kecuali operasi. Pada tipe akut operasi harus dilakukan segera dan pada tipe kronik dapat ditunda dengan pemberian antibiotik dan penghilang rasa nyeri.

18 | sportindo.com | November

Experts

Matthew Herd Eastwest Physiotherapy & Rehabilitation clinics Practitioner

Mengenal & Merawat

Telapak Kaki Datar (Flat Feet)

Telapak kaki yang rata atau dikenal dengan sebutan kaki datar atau flat feet seringkali menimbulkan rasa sakit hingga kesulitan saat berjalan. Mari mengenal gangguan ini lebih jauh!

F

lat feet dialami oleh sekitar 20 sampai 30% dari populasi di dunia. Flat feet, disebut juga pes planus atau fallen arches, mengacu pada suatu kondisi medis di mana lengkungan kaki rata atau datar. Seluruh bagian telapak kaki menempel atau hampir menempel pada tanah. Normalnya, harus ada ruang antara kaki dengan tanah. Namun pada beberapa orang, lengkungan telapak kaki ini tidak ada, atau ada ketika kaki mereka tidak menyentuh tanah tetapi menghilang ketika mereka berdiri. Peran Lengkungan Kaki Lengkungan kaki memungkinkan distribusi tekanan dan berat badan ke seluruh permukaan kaki secara merata. Ketidakmampuan tubuh kita untuk menjaga lengkungan kaki akan mengarah pada postur tubuh yang kurang baik, tidak hanya kaki, tapi seluruh tubuh. Tipe Flat feet Kaki Datar Fleksibel (Flexible Flat feet). Kaki mungkin tampak datar ketika dalam posisi menahan berat seperti berdiri, namun, ketika seseorang berdiri pada ujung kakinya maka lengkungan kaki akan terbentuk kembali atau jika seseorang tersebut menarik kembali ibu jari kakinya dan mengangkatnya dari atas tanah, maka lengkungan juga akan terbentuk kembali. Kondisi ini muncul akibat kelemahan yang berlebihan dari kapsul sendi dan ligamen yang menopang sendi kaki, yang memungkinkan lengkungan kaki untuk turun ketika diberi beban. Kaki Datar Kaku (Rigid Flat feet). Kondisi ini dapat berkembang pada orang dewasa sebagai perkembangan dari kaki datar fleksibel. Karena sendi mengalami rematik maka sendi pun berkembang menjadi kaki datar yang kaku. Dalam kondisi ini, seseorang tidak memiliki lengkungan sama sekali, baik ketika dalam posisi menahan

beban ataupun tidak. Kondisi ini bisa terjadi akibat kelaianan genetik maupun cedera akibat penggunaan otot yang berlebihan. Perawatan Flat feet Perawatan dan pengobatan telapak kaki datar berbeda-beda tergantung pada penyebabnya, antara lain: • Orthotic • Latihan untuk memperkuat otot-otot kaki • Alas kaki korektif • Rehabilitasi • Obat untuk membantu mengatasi peradangan • Modifikasi aktivitas • Penurunan berat badan • Intervensi bedah (sebagian besar untuk kondisi rigid flat feet) Nah, kenali tanda-tanda flat feet sejak dini dan jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut, segera konsultasikan pada podiatris Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

sportindo.com | November | 19

SPORTY FEMME

Sang Penari sudah mengenal indahnya kesenian tari Bali Bertubuh Ideal Fitnessmania pasti
de Ayu, begitu nama gadis asli kelahiran Singaraja, Bali ini biasa dipanggil, mengaku dari sejak kecil sudah aktif menari tradisional dari daerah asalnya. “Sejak dari kecil saya sudah belajar menari yang diajarkan dari sekolah maupun sanggar tari. Ternyata saya menyukainya dan terus membawakannya sampai saat ini. Biasanya saya menari untuk ikut perlombaan menari se-Bali, antar sanggar, undangan dari sekolah, atau diminta menari di kantor teman-teman. Tari yang paling sering saya bawakan adalah Tari Panyembrama, yaitu tari untuk penyambutan tamu,” buka Ayu bercerita. Lalu bagaimana Ayu bisa mengenal dunia fitnes? “Usai lulus SMA, saya bekerja sebagai karyawan administrasi di Pratama Fitness Center yang berada tidak jauh dari rumah saya di Nusa Dua, Bali. Nah, karena saya juga sering membawakan tari kreasi modern lalu saya tertarik untuk mencoba senam aerobik di gym tempat saya bekerja tersebut. Kebetulan pemilik gym-nya adalah kakak ipar saya sendiri. Hehehe...,” ujanya senang. “Tetapi suatu kali, saya merasa berat badan agak gemuk. Lalu saya mencoba untuk latihan angkat beban karena biasanya hanya senam aerobik saja. Saya mengikuti program latihan dari website DuniaFitnes.com dan Ultimate Nutrition. Ternyata berat badan saya berhasil turun hingga 5 kg. Akhirnya saya keterusan latihan beban sampai sekarang,” kenang Ayu. “Saya biasanya latihan sendiri, tapi jika ada program latihan yang tidak mengerti, baru saya bertanya kepada instruktur atau personal trainer di gym,” tambahnya. “Untuk diet, saya makan besar 3 kali sehari termasuk sarapan ditambah makan camilan sehat diantara waktu makan. Untuk suplemen, saya minum Ultra Ripped FAF sebelum latihan beban,” terang Ayu soal dietnya. “Saya ingin sekali bisa ikut kejuaraan women fitness yang diselenggarakan di Bali. Setahu saya sangat jarang ada women fitness contestant dari Bali. Karenanya saya harus rajin latihan dan diet yang benar. Saya juga ingin tampil bertanding di kejuaraan women fitness dengan mengguakan tari kreasi yang unik dan menarik,” ungkapnya berharap sembari menutup perbincangan.(aan)

Ade Ayu

A

tradisional dari Pulau Bali yang dibawakan para gadis Bali. Salah satu penari Bali tersebut adalah pemilik tubuh ideal yang satu ini.

BIODATA

Nama Tempat, tanggal lahir Tinggi badan Berat badan Bag. Tubuh favorit Pekerjaan Status Hobi Gym Suplemen

: Ade Ayu : Singaraja, 19 Mei 1990 : 165 cm : 50 kg : Shoulder : Karyawan swasta : Single : Menari : Pratama Fitness Center, Nusa Dua, Bali : Ultra Ripped FAF dan PowerCaps

20 | sportindo.com | November

Dian Pratiwi
“Mandiri dan Berhasil”
Success Story kali ini bisa dikatakan salah satu yang paling inspiratif. Betapa tidak, Dian Pratiwi berhasil meraih tubuh proporsional dengan menurunkan berat badan sebanyak 27 kg selama 8 bulan dengan cara mandiri.

Success Story

C

erita bermula saat Dian, gadis berumur 21 tahun asal Ketapang, Kalimantan Barat ini masih kuliah jurusan kebidanan di sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Dengan berat badan 78 kg dan tinggi badan 150 cm, Dian merasa berpenampilan gemuk. Ia selalu merasa kelelahan setiap kali berjalan jauh sedikit saja. Dian juga merasa iri melihat penampilan teman-temanya yang bertubuh proporsional. Dian lalu mencoba untuk diet dan latihan fitnes. Namun ia hanya asal latihan saja tanpa pengetahuan soal fitnes sama sekali. Parahnya lagi, sebagai anak kos, pola dietnya juga asal dan tidak disiplin. Suatu ketika saat Dian sedang membuka akun Twitternya, salah seorang temannya me-retweet status Bp. Denny Santoso tentang panduan diet menurunkan berat badan. Segera Dian mem-follow Bp. Denny dan rajin membuka timeline-nya. Dari situ Dian berkenalan dengan Eci, seorang mojang Bandung yang sukses menurunkan berat badan karena mengikuti panduan latihan dan diet dari Bp. Denny Santoso. Akhirnya setelah membaca-baca artikel tentang latihan dan diet untuk menurunkan berat badan di DuniaFitnes.com, tepat tanggal 26 Desember 2011, Dian pun mulai menerapkan latihan metode Elevated High Intensity Interval Training (EHIIT) dan diet tinggi protein 5-6 kali sehari sambil terus mendapat motivasi dari Eci. Karena latihan sendiri tanpa bantuan personal trainer, Dian merasakan beratnya latihan metode EHIIT. Ia bahkan sampai menangis saat latihan kardio dengan treadmill sehabis latihan angkat beban. Namun Dian tidak menyerah dan terus latihan 4 kali seminggu. Bahkan setelah 2 minggu, ia sudah mulai terbiasa. Dian menyelingi latihan EHIIT dengan latihan metode basic. Sebelum latihan Dian selalu mengonsumsi Ultra Ripped Fast Acting Formula. Begitu pula dengan dietnya, karena belum terbiasa, awalnya Dian sempat merasa masih lapar beberapa saat sebelum tidur. Solusinya ia minum susu whey (Prostar 100% Whey Protein) dan segera tidur. Untuk makan besar, Dian mempunyai trik makan buah sebanyak separuh dulu sebelum mulai makan agar mencegah makan berlebihan. Akhirnya pada 26 Januari 2012 atau tepat sebulan kemudian, berat badannya sudah turun menjadi 73 kg. Usai lulus kuliah, awal Februari 2012 Dian pulang kampung ke Ketapang. Sembari menunggu panggilan bekerja, Dian fokus dan memaksimalkan diet dan latihan hingga 5 kali seminggu. Bahkan Dian mulai latihan sendiri di rumah atau home gym dengan membeli dumbel yang cukup berat untuk latihan angkat beban dan skipping rope untuk latihan kardio. Berat badannya pun terus turun hingga 5 kg per bulan. Awal Mei 2012, berat badan Dian berhenti di angka 60 kg dan susah turun lagi. Ia segera berusaha mencari solusi. Setelah membeli buku Rahasia Diet karangan Denny Santoso, ia menemukan solusinya yaitu metode zig-zag. Caranya, Dian berhenti latihan kardio dan hanya berlatih angkat beban. Untuk dietnya, selama seminggu ia berdiet no carbohydrate-high protein. Seminggu kemudian di-zig-zag kembali dengan low carbo-high protein. Akhirnya sedikit demi sedikit berat badannya mulai turun kembali sampai akhirnya akhir Agustus 2012 mencapai 51 kg. Artinya ia sudah berhasil menurunkan berat badan sebanyak 27 kg selama 8 bulan.

BEFORE

AFTER
Saat ini Dian masih ingin menurunkan berat badan lagi karena ia memakai ukuran dengan bercermin, sehingga diri sendirilah yang bisa merasakan bentuk tubuh yang ideal. Menurut Dian, kunci keberhasilannya adalah niat yang kuat, konsisten dan disiplin menjalankan diet dan latihan. Banyak teman-teman Dian yang meragukan usahanya, namun ia justru menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk membuktikan. Dan terbukti sudah bahwa ia berhasil. Selamat untuk Dian dan semoga menjadi inspirasi bagi Anda para pembaca!(aan)

sportindo.com | November | 21

Cover Story

Denny Santoso
Didaulat Kalungkan Medali

Mr. Olympia 2012

Bp. Denny mengalungkan medali emas kepada Mr. Olympia 2012, Phil Heath

U

ntuk ke-47 kalinya, kompetisi binaraga terbesar di dunia, 2012 Olympia Weekend kembali digelar dan Ultimate Nutrition kembali menjadi sponsor utama selama 4 tahun berturut-turut. Event binaraga paling bergengsi di dunia ini digelar pada tanggal 27-30 September 2012 lalu di Orleans Arena dan Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. 2012 Olympia Weekend terbagi dalam beberapa kelas yang dipertandingkan yaitu Mr Olympia, 212 Showdown, Figure Olympia, Ms. Olympia, Fitness Olympia, Bikini Olympia, dan beberapa kejuaraan tambahan seperti Pro Powerlifting Championships, Grappling Championships, Olympia Strongman Challenge, Olympia Arm Wars, Olympia Sumo Open, Olympia’s US Air Force Xtreme Fit Challenge, Olympia Kickboxing, Model Search, Ultimate Athlete Challenge, dan masih banyak lagi. Selain pertandingan, tentu saja juga diadakan Olympia Expo yang diikuti oleh sekitar 200 perusahaan suplemen dan fitnes sehingga fitness mania dari seluruh dunia dapat melihat, mencoba sampel, membeli produk baru, juga memiliki kesempatan untuk bertemu atlet, selebriti, dan ikon industri suplemen besar dunia, termasuk Ultimate Nutrition. Dalam expo ini Ultimate Nutrition membangun booth besar yang dilengkapi arena balap, gerai suplemen siap minum, panggung dance dengan tangga, tiga layar monitor raksasa, dan tentu saja dua etalase besar suplemen.

Arena balap Ultimate Nutrition menjadi pusat perhatian dimana para pengunjung dapat beradu balap dengan mobil balap mini berpedal atau sepeda balap roda tiga. Setiap peserta balap kemudian akan mendapat satu botol suplemen pra-latihan Ultimate Nutrition Horse Power X. Setiap satu jam sekali, Horse Power X Dancers akan naik ke panggung dan melemparkan beragam aksesoris dan kostum berlogo Ultimate Nutrition kearah pengunjung. Pada Jumat sore, setelah lauching Horse Power X, Ultimate Nutrition memperkenalkan atlet binaraga Bill Wilmore, juara 2012 IFBB Toronto Pro Champion dan finalis Mr. Olympia, sebagai Team Ultimate Nutrition terbaru. Sebagai puncak acara, akhirnya Phil Heath, kembali dinobatkan untuk kedua kali berturut-turut menjadi Mr. Olympia 2012 setelah bersaing ketat melawan Kai Greene yang menjadi favorit fitness mania dalam 2012 Olympia Webcast Fan’s Choice Award. Yang menjadi catatan penting dalam acara ini adalah ketika CEO Ultimate Nutrition Indonesia, Bp. Denny Santoso mendapat kehormatan untuk mengalungkan medali juara pertama Mr. Olympia 2012 kepada Phil Heath. Bp. Denny juga didaulat untuk mengalungkan medali dan menyerahkan piagam hadiah kepada pemenang Figure Olympia dan 212 Showdown. Selamat kepada seluruh juara dan nantikan meriahnya Olympia Weekend tahun depan bersama Ultimate Nutrition!

22 | sportindo.com | November

Cover Story

Bp. Denny berfoto bersama Mr. Olympia 2012, Phil Heath dan Runner-up, Kai Greene

Daftar Juara
Mr. Olympia 2012 :
1. Phil Heath 2. Kai Greene 3. Shawn Rhoden 4. Dexter Jackson 5. Branch Warren 6. Dennis Wolf 7. Toney Freeman 8. Evan Centopani 9. Johnnie Jackson 10. Lionel Beyeke

Figure Olympia :
1. Erin Stern 2. Nicole Wilkins 3. Candice Keene 4. Heather Dees 5. Mallory Haldeman 6. Teresa Anthony

Ms. Olympia :

212 Showdown :

1. James Flex Lewis 2. David Henry 3. Eduardo Correa da Silva 4. Jose Raymond 5. Al Auguste 6. Tricky Jackson

1. Iris Kyle 2. Debi Laszewski 3. Yaxeni Oriquen 4. Alina Popa 5. Brigita Brezovac 6. Sheila Bleck

Bp. Denny berfoto bersama Figure Olympia 2012, Erin Stern, setelah mengalungkan medali

Bp. Denny bersama para juara 212 Showdown dan akan menyerahkan piagam hadiah kepada James Flex Lewis Photos by: Ron Avidan, Kris Gethin, and Isaac Hinds for bodybuilding.com

sportindo.com | November | 23

Olympia Gallery

24 | sportindo.com | November

NATURAL BODYBUILDING
Apa Kunci Sukses Menjadi Seorang Natural Bodybuilder?
Beberapa waktu yang lalu, untuk pertama kalinya diadakan sebuah kejuaraan binaraga dan body fitness natural di Indonesia. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan natural bodybuilding dan bagaimana menjadi seorang natural bodybuilder?

Featured Article

N

atural bodybuilding atau binaraga natural adalah sebuah pergerakan binaraga dimana pelakunya tidak mempergunakan obat-obatan penambah performa seperti anabolic steroid, insulin, diuretic, dan human growth hormone. Kompetisi binaraga natural digelar oleh badan atau organisasi binaraga natural dengan prosedur yang ketat termasuk tes doping dan obat-obatan yang dilarang untuk memastikan peserta benar-benar natural. Juara kompetisi binaraga natural dunia akan mendapat gelar natural bodybuilding champion. 3 Kunci Sukses Natural Bodybuilding Berikut ini adalah 3 kunci sukses dalam natural bodybuilding khususnya untuk mengikuti kompetisi : • Latihan dan diet yang tepat (bebas dari obat-obatan, termasuk steroid tentunya) dalam waktu yang cukup hingga beberapa tahun, sehingga memiliki massa otot yang cukup tebal untuk kemudian dipertajam definisinya menjelang kompetisi. Hal ini terutama sekali berlaku untuk yang memiliki genetik tubuh rata-rata. • Menjaga massa otot tetap lean dengan maintenance otot dalam masa tidak bertanding (off season). Hal ini dikarenakan ketika persiapan pra kompetisi, rata-rata natural bodybuilder lebih mudah kehilangan massa otot saat proses trimming dibandingkan bodybuilder yang menggunakan obat-obatan. Karenanya natural bodybuilder wajib menjaga massa ototnya (maintenance) dengan kadar lemak tidak lebih dari 10% setiap saat. • Membentuk otot tubuh yang simetris, terutama sekali untuk persiapan kompetisi internasional. Selain conditioning dan massa otot yang bagus, seorang natural bodybuilder harus memperhatikan pertumbuhan seluruh bagian otot tubuhnya. Tidak hanya melatih otot lengan atau dada saja, tetapi melatih seluruh bagian otot tubuh agar terlihat simetris. Latihlah lebih banyak pada bagian otot yang belum atau kurang berkembang. Khusus pemula, hal ini harus dilakukan sejak awal memulai latihan beban.

Suplementasi Sebagai Pengganti Steroid Banyak orang berpikir dengan menggunakan steroid maka otot tubuhnya akan bisa cepat terbentuk seperti atlet binaraga profesional. Mereka menganggap steroid adalah jalan pintas pembentukan tubuh. Jika hal itu benar adanya, maka akan ada banyak atlet binaraga yang bisa menjadi jawara kejuaraan Mr. Olympia atau Arnold Classic berikutnya. Tetapi hal tersebut tidak terbukti bukan? Meski anggap saja pengguna steroid di seluruh dunia sangat besar sekalipun. Artinya, janji manis penjual steroid adalah bohong belaka dan tidak terbukti! Alih-alih mendapat otot yang diinginkan, pengguna steroid malah akan menderita segala macam gangguan kesehatan mulai dari jerawat yang meluas, kebotakan, gangguan jantung, dada membesar seperti payudara wanita, menjadi infertil (impoten), pembesaran prostat, kerusakan ginjal dan hati, pembengkakkan otak, dan bahkan meninggal sia-sia. Para atlet binaraga profesional IFBB memiliki otot tubuh yang bagus bukan semata-mata karena obat-obatan atau steroid melainkan karena pola latihan bertahun-tahun yang intensif dan konsisten, diet yang super ketat, dan tentu saja respon luar biasa genetik tubuh mereka terhadap latihan dan diet tersebut. Hasil tersebut tidak akan dapat diberikan steroid. Beruntunglah seorang natural bodybuilder tidak membutuhkan steroid, apalagi saat ini dimana kita bisa mendapat

Model: Komara Dhitayana - Tim Elite Ultimate Nutrition Peraih Medali Emas Kelas 80 kg PON XVIII Riau 2012

segala pengetahuan tentang latihan dan nutrisi yang terbaik untuk pembentukan tubuh. Ditambah lagi tentu saja dengan suplemen mutakhir penunjang fitnes selain protein seperti creatine, glutamine, dan nitric oxide booster yang akan sangat membantu seorang natural bodybuilder meraih target pembentukan otot tubuhnya. Suplemen tersebut mampu bekerja dengan tanpa harus bersifat hormonal seperti steroid dan memberi manfaat serta hasil yang justru lebih terbukti dibanding penggunaan steroid, misalnya otot lebih ngepump, otot pulih lebih cepat, dan bertambah kekuatannya. Artinya, dengan bantuan suplementasi seperti yang disebutkan diatas, seorang natural bodybuilder sudah mendapatkan hasil yang diinginkan tanpa efek samping akibat manipulasi hormon oleh steroid. Kesimpulannya, latihan yang tepat dan asupan nutrisi yang baik akan menjadi faktor utama program pembentukan tubuh seorang natural bodybuilder. Jika kedua faktor tersebut dijalankan dengan baik maka Anda akan memperoleh fisik seorang natural bodybuilder dengan massa otot yang tebal dan terdefinisi dengan baik. Selamat mencoba dan tetaplah natural!(aan)

sportindo.com | November | 25

SUPPLEMENT

Tubuh Tetap Fit di Tengah
Aktivitas

Padat & Cuaca Ekstrim
Perubahan cuaca yang ekstrim ditambah aktivitas padat sepanjang hari membuat daya tahan tubuh lebih mudah drop. Beri tubuh Anda perlindungan ekstra dari serangan berbagai penyakit dengan kombinasi suplemen yang tepat!

uaca tak menentu akhir-akhir ini tak hanya berdampak pada aktivitas sehari-hari, namun juga pada kesehatan kita. Untuk itu, jaga daya tahan tubuh Anda agar aktivitas lancar dan tubuh pun tetap fit dengan memastikan asupan nutrisi penting Anda senantiasa terpenuhi. Kombinasi Vegetable Greens, berisi lebih dari 62 jenis nutrisi sayuran, dengan Daily Complete Formula, multivitamin dan multimineral terlengkap akan memastikan tubuh Anda berfungsi dengan optimal sehingga kesehatan Anda tetap terjaga meski cuaca dan aktivitas yang Anda lakukan sangat ekstrim dan fluktuatif.

C

Vegetable Greens

Sadarkah Anda bahwa gaya hidup modern saat ini membuat kita sangat jarang mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang cukup? Untuk memasok nutrisi sayuran ke dalam tubuh Anda, hadirlah Vegetable Greens yang mengandung lebih dari 62 jenis nutrisi tumbuhan, yang akan memberikan manfaat bagi Anda antara lain: • Mencegah radikal bebas, kanker, dan penuaan dini • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membersihkan sistem pencernaan, dan membantu proses detoksifikasi • Tidak mengandung produk susu dan cocok untuk vegetarian, serta tidak mengandung pewarna buatan atau pemanis buatan

Daily Complete Formula

Daily Complete Formula adalah suplemen multivitamin dan multimineral yang diformulasikan khusus untuk membantu tubuh Anda berfungsi optimal dan bekerja dalam kondisi terbaiknya, untuk meningkatkan kesehatan Anda. Berikut ini manfaat Daily Complete Formula bagi Anda: • Membantu mencukupi kebutuhan antioksidan, vitamin, dan mineral Anda • Membantu mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker, stroke, diabetes, dan lain-lain • Membantu Anda meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh Anda • Membantu menjaga kesehatan mata, tulang dan kulit, metabolisme, dan masih banyak lagi Manfaat Kombinasi Vegetable Greens & Daily Complete Formula • Membantu memasok tubuh dengan nutrisi penting seperti

antioksidan, vitamin, mineral, dan fitonutrien • Membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh selama aktivitas padat dan cuaca ekstrim • Membantu melindungi tubuh Anda dari serangan berbagai macam penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat setiap saat Pemakaian Kombinasi Vegetable Greens & Daily Complete Formula • Setelah sarapan : 1-2 tablet Daily Complete Formula • Setelah makan siang : 1 scoop Vegetable Greens (simpan di lemari es setelah kemasan dibuka) • Setelah makan malam : 1-2 tablet Daily Complete Formula (dee)

26 | sportindo.com | November

De Chef Bogor Gelar Healthy Cooking Competition
e Chef Culinary Center Bogor menggelar Healthy Cooking Competition pada Minggu (30/9) kemarin. Acara ini masih dalam rangkaian grand opening pada Minggu (16/9) lalu. Panitia membagi dua kategori lomba yaitu group (usia 16-20 tahun) dan individu (umum). Kategori group diikuti tiga group yang masing-masing terdiri dari dua peserta. Untuk kategori individu, lomba ini diikuti 3 peserta. Sebagai juri adalah para master chef handal yang mengajar di De Chef, diantaranya Chef Arief T. Nur Gomo, yang juga kontributor DuniaFitnes.com, dan Chef Ade yang jago dalam mengolah cokelat. Acara yang dimulai pukul 09.00 pagi hingga 15.00 sore ini berlangsung seru dan cukup menegangkan. Selama dua jam, kelompok group dan individu berhasil menyelesaikan masakan mereka tepat waktu dan hasil yang memuaskan. Di kelompok individu, Aryani Farsyah, yang pernah tampil dalam rubrik Success Story, berhasil menyabet juara ke-1 dengan masakan Healthy Sushi. Untuk group, Erika dan Sharah berhasil menggondol juara pertama dengan masakan Snapper Almond. Sederet jenis masakan seperti Grilled Rolade Tuna, Steamed Chicken Organic, Tutut Kenyot , dan Salmon in Paprika berhasil dikreasikan para peserta. Tak hanya itu, panitia juga menggelar Cup Cake Demo oleh Veren dan Nadya. Well, congratulation buat para pemenang dan keep cooking healthy foods! (jay)

Events

D

Uji Stamina di Festival of Champion 2012
engulang kesuksesan tahun lalu, Festival of Champion 2012 kembali digelar. Acara diadakan di eX Atrium City Hall Level 1, Plaza Indonesia, pada 29-30 September 2012 kemarin. Acara berisi perlombaan TRX Suspension, Cross Circuit TrainingOctane, dan High Intensity Circuit Training. Tercatat jumlah peserta selama 2 hari adalah 24 orang. “Dari 24 orang itu kita saring menjadi 12 orang yang memenuhi kualifikasi yaitu yang melakukan gerakan dengan benar,” jelas tim panitia. Di hari kedua, para semi finalis kembali bertanding untuk lolos menjadi 4 finalis. Ditambah lagi dengan kelompok wanita yang terdiri dari 2 orang. Dalam tahapan semi final dan final, para peserta melakukan exercise yang berbeda. Di hari pertama, ada 4 gerakan yang diujikan. Terdiri dari Push up, Sit up, Standing squat, dan Pull up. Memasuki babak final, panitia menyiapkan 3 gerakan yang akan diujikan, yakni Dumbbell curl, Abdominal crunch, dan Box jump untuk peserta pria. Sedangkan bagi peserta wanita, dipermudah gerakannya menjadi Jumping knee, Sit up dan Dumbbell curl. Selain Fitness Contest, juga digelar Fun Challenge dengan hadiah yang menarik. Panitia juga menyuguhkan pertunjukan interaktif mengenai variasi dunia kebugaran seperti kelas Muay Thai. Congratulation untuk para pemenang. See you next year! (jay & aai)

M

sportindo.com | November | 27

Events

Ultimate Body Contest 2012 Bandung
.......................................................................................
ltimate Body Contest (UBC) 2012 telah sampai di kota ketujuh dari total 12 kota yang akan disambanginya. Event yang diadakan di Aula Gedung Korpri, Jl. Turangga No. 25, Bandung, ini diikuti oleh total 254 peserta, yang terbagi menjadi 89 peserta kategori All New Season, 34 peserta kategori The Ultimate Body, dan 131 peserta untuk kategori New Beginning. Para peserta ini juga tak hanya datang dari Kota Bandung dan sekitarnya saja, tapi juga dari Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan dari Pulau Sumatera. Setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat, akhirnya kompetisi memperebutkan gelar juara dalam kategori All New Season dimenangkan oleh Huri dari Jember, sedangkan M. Adi (Wahab) yang juga dari Jember menduduki posisi pertama di kategori The Ultimate Body, dan Hendro dari Cimahi berhasil menjadi juara I untuk kategori New Beginning. Turut hadir atlet-atlet Ultimate Nutrition yang tentu sudah amat dikenal di kalangan para fitnes mania, yaitu Irwan Eden, Edeng Sambas, dan Roni Omero, untuk menyaksikan kemeriahan event ini. Nah, berikut ini daftar nama-nama pemenang UBC 2012 Seri VII Bandung.(dee) • Juara I : Huri (Lapendos Gym, Jember) • Juara II : Zulkarnain (H & M Petnam, Jakarta) • Juara III : Iwan Joseph Bera (Odiseus Sahid, Jakarta) • Juara IV : Evan Ridwansyah (Dynasty Gym, Bandung) • Juara V : Buyung Amsal (Fitness Addict, Malang) • Harapan I : Anastasio (Xtreme Gym, Malang) • Harapan II : Fransiscus (JSA, Cibinong) • Harapan III : Eddy Susanto (Lucyana Gym, Tangerang) • Harapan IV : Mustaqim (Hotel Grand Aston, Yogyakarta) • Harapan V : Wisnu Saputra (CCS Team, Malang) • The Best Abdominal : Buyung Amsal (Fitness Addict, Malang) : Hendro (Scorpion Gym, Cimahi) : Bobby Erfandi (Salapan Gym, Bandung) : Hendu (JSA, Cibinong) : Dhany Budi Usadhatama (Arnold Fitness, Bogor) • Juara V : Ronald (Rachmat Gym, Cibinong) • Harapan I : Arizal Maulana (Dewangga Gym, Magelang) • Harapan II : Ridwan Listiantoni (Star Fitness, Bekasi) • Harapan III : Aji Areva Rachman (SSC/Selamat Sport Centre) • Harapan IV : Solihin (Star Fitness, Bekasi) • Harapan V : Denny Nursandy (Noorisa, Bekasi) • The Best Abdominal : Bobby Erfandi (Salapan Gym, Bandung) • Juara I • Juara II • Juara III • Juara I • Juara II • Juara III • Juara IV

Minggu, 23 September 2012 lalu, UBC 2012 Seri VII telah diselenggarakan di Kota Kembang, Bandung, dan diserbu ratusan peserta. Simak laporannya berikut ini!

U

Stan Pendaftaran Peserta

Juara Kategori All New Season:

Juara Kategori New Beginning 25:

Stan Ultimate Nutrition

Juara The Ultimate Body:

: M. Adi/Wahab (Lapendos Gym, Jember) : Hendri (Super Star, Tangerang) : Benny Adi Putra Hutagalung (Asia Gym, Medan)

Bp. Wayan mewawancarai dengan Atlet Ultimate Nutrition: Entoh, Anton W, Roni Omero

Technical meeting oleh Bp. Wayan & Bp. Ancak

28 | sportindo.com | November

Events

Para tamu VIP sedang menyaksikan jalannya pertandingan

Para Juri (ki-ka): Abas, Ancak, Richard

Antusiasme para penonton

Para peserta sedang berpose

Para peserta sedang berpose

Guest Poser: Roni Omero

Guest Poser: Edeng Sambas

Duet Edeng Sambas & Roni Omero

Berfoto bersama para juara New Beginning 25

Berfoto bersama para juara The Ultimate Body

Bp. Roni O berfoto bersama Juara I The Ultimate Body

Bp. Wayan berfoto bersama Juara I All New Season

Berfoto bersama para juara All New Season

sportindo.com | November | 29

Events

Ultimate Body Contest 2012 Makassar
.......................................................................................
ltimate Body Contest (UBC) 2012 telah sampai di kota kedelapan yang dikunjunginya. Kali ini Makassar kembali menjadi tuan rumah dari gelaran UBC setelah sebelumnya sempat diadakan UBC Roadshow pada tahun 2011 silam. Antusiasme fitnes mania di Makassar nampaknya semakin besar. Ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti body contest yang disponsori oleh Ultimate Nutrition ini, yang mencapai total 162 peserta, yang terdiri dari 74 peserta untuk kategori New Beginning, 24 peserta untuk kategori The Ultimate Body, dan 64 peserta untuk kategori All New Season. Tak hanya berasal dari Makassar, beberapa peserta pun datang dari berbagai daerah lainnya. Setelah melalui proses penjurian yang sangat ketat, akhirnya perjuangan Huri yang jauh-jauh datang dari Jawa Timur tak sia-sia. Ia kembali menggondol juara I untuk kategori All New Season setelah dirinya menjadi juara di UBC seri sebelumnya. Sedangkan untuk gelar juara I kategori The Ultimate Body jatuh pada Abdul Kahar Iksan asal kendari, dan juara I untuk kategori New Beginning jatuh pada Edwin asal Makassar. Selamat kepada semua pemenang! (dee) Juara I : Huri (Lapendos Gym, Jember, Jawa Timur) Juara II : Rusmen (Team Sahabat, Makassar) Juara III : Laode Untung (Lutsuri Gym, Makassar) Juara IV : Zainal (Majapahit Gym, Kendari) Juara V : Buyung Amsal (Fitness Addict, Malang) Harapan I : Firman Iaktoba (Mekson, Makassar) Harapan II : Ayub (Lutsuri Gym, Makassar) Harapan III : Eko (Citra Sudiang, Makassar) Harapan IV : Guntur (Lendi Gym, Kendari) Harapan V : Suhendramesran (Studio Bugar, Manado The Best Abdominal: Buyung Amsal (Fitness Addict, Malang)

Ratusan orang memadati Lompo Kencana 2 Mercure Regency, Makassar, pada Minggu, 7 Oktober 2012 lalu untuk menjadi saksi atas gelaran body contest yang dinanti-nanti oleh warga Makassar ini.

U

Stan Pendaftaran Peserta

Daftar Juara Kategori All New Season

Stan Ultimate Nutrition

Daftar Juara Kategori The Ultimate Body
Juara I Juara II Juara III

: Abdul Kahar Iksan (Lendi Gym, Kendari) : Irfan (Majapahit Gym, Kendari) : Tennyson (Aurum Gym, Makassar)

Juara I : Edwin (Aurum Gym, Makassar) Juara II : Tyan (Makassar Gym, Makassar) Juara III : M. Ichsan (Radith Gym, Makassar) Juara IV : M. Manthary (Bravo Gym, Makassar) Juara V : Apriansyah (WS Gym, Makassar) Harapan I : M. Irwansyah (Marlink Gym, Pangkep) Harapan II : Bahtiar (Kelvin Gym, Makassar) Harapan III : Dedy Durman (Citra Fitness Center) Harapan IV : Awaludin (Marlink Gym, Pangkep) Harapan V : Friesto Yudith (Max Zone, Makassar) The Best Abdominal: Friesto Yudith (Max Zone, Makassar)

Daftar Juara Kategori New Beginning

Bp. Wayan mewawancarai para Juri UBC: Ketut Arnawa & Rian Anton

Technical meeting oleh Bp. Wayan

30 | sportindo.com | November

Events

Antusiasme para penonton

Para Juri (ki-ka): Rian Anton, Abas, Ketut Arnawa

Para peserta sedang berpose

Para peserta sedang berpose

Para peserta sedang berpose

Para peserta sedang berpose

Berfoto bersama para Gym Partisipant yang mengirimkan > 10 Peserta

Berfoto bersama para juara New Beginning 25

Para juara The Ultimate Body

Bp. Chun Chun berfoto bersama Juara II New Beginning 25

Ibu Meti berfoto bersama Juara III New Beginning 25

Bp. Yulius berfoto bersama Juara I New Beginning 25

Berfoto bersama para juara All New Season

sportindo.com | November | 31

Events

ompetisi natural bodybuilding terbesar di dunia, Musclemania, tahun ini juga digelar di Indonesia. Acara berlangsung tanggal 28-29 September 2012 dan 5-6 Oktober 2012 di Jakarta Arts & Entertainment Center (JAEC), Sentra Niaga Puri Indah, Jakarta Barat. Jakarta Bodybuilding Conference membuka event ini dengan menghadirkan narasumber seperti dr. Tanjung Subrata (pakar steroid dan anti-aging dari Victus Life), dr. Phaidon L. Toruan (dokter timnas Indonesia di Olimpiade London 2012), dr. Bahrumsjah Sjahrudin, Sp.KK. (dokter sekaligus pakar fitnes), dan Halim Tsiang serta Ade Rai dari Rai Institute. Di hari kedua diadakan pertandingan Body Fitness terbuka dan kelas veteran. Panitia juga menghadirkan guest poser Syed Fazli, atlet binaraga asal Malaysia (Musclemania World Champion dan Musclemania Superbody Champion) dan Komara Dhitayana, atlet binaraga Team Ultimate Nutrition (Runner-up 1998 Musclemania USA dan Runner-up 2011 Mr. Universe). Sementara di akhir minggu kedua diadakan pertandingan binaraga kategori pemula. Tercatat peserta termuda berusia 17 tahun. Panitia juga mengadakan kelas khusus physically challenged (cacat) yang hanya diikuti seorang peserta. Ia tampil dengan penuh semangat sehingga mengundang haru seluruh hadirin. Disusul kemudian belasan anak-anak tampil keatas panggung dengan dikomandani binaragawan veteran, Pak Tepong. Untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia, inilah Kids Fitness. Penampilan guest poser Hendra Kurniawan (Grand Master Natural Mr. Universe dan Master Natural Mr. Olympia), Heintje Pojoh (Natural International Champion), dan Taat Pribadi menutup event hari ketiga. Sementara itu di hari terakhir diadakan kejuaraan binaraga terbuka. Meski jumlah peserta terbatas, namun Musclemania Indonesia 2012 merupakan kejuaraan natural bodybuilding pertama di Indonesia yang mempromosikan pertandingan fair, doping free, dan drug free. Acara ditutup dengan penampilan guest poser Ricky Syamsuri (World Natural Musclemania Champion dan Superbody Pro Champion). (aan)

K

Musclemania Indonesia 2012

32 | sportindo.com | November

UBC Xpress Axel Gym,
Purwokerto
Axel Gym, Purwokerto, kali ini mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah atas event perdana dari gelaran UBC Xpress. Berikut ini liputannya untuk Anda!

Events

M

inggu, 7 Oktober 2012, menjadi salah satu hari yang bersejarah bagi fitnes mania di daerah Purwokerto dan sekitarnya. Pasalnya, untuk pertama kalinya UBC Xpress digelar di Kota Satria, Purwokerto. UBC Xpress kali ini diadakan di Axel Gym, Jl. Overste Isdiman Gang Kebugaran No. 5, Purwokerto, dan diikuti oleh 23 peserta untuk kategori All Season dan 78 peserta untuk kategori The Ultimate Body. Setelah melalui berbagai babak penilaian, akhirnya keluarlah Hendra Aryanto sebagai juara I untuk kategori All Season dan Rendy Yugo sebagai juara I untuk kategori The Ultimate Body. Menurut pihak Axel Gym, dengan digelarnya UBC Xpress ini bisa memajukan fitnes mania Purwokerto, serta diharapkan agar event ini bisa menjadi agenda rutin tahunan, dan untuk ke depannya Purwokerto menjadi salah satu kota penyelenggara Ultimate Body Contest (UBC) tingkat nasional. Selamat kepada para pemenang dan Axel Gym atas terselenggaranya acara ini! (dee)

Juara I : Hendra Aryanto (Axel Gym, Purwokerto) Juara II : Farich (Java Gym, Brebes) Juara III : Adnan Firmansyah (Platinum Gym, Purbalingga) Harapan I : Arif Budiarto (Axel Gym, Purwokerto) Harapan II : Saminto (Mitra Gym, Pemalang) Harapan III : Tlino (Permata Fitness Centre) The Best Abdominal: Adnan Firmansyah (Platinum Gym, Purbalingga) Juara I : Rendy Yugo (Ivana, Purwokerto) Juara II : Supriyanto (Champ, Purwokerto) Juara III : Wahab Ali (Lapendos Gym, Jember) Harapan I : Angga (Gusta Gym, Cilacap) Harapan II : Trio Hendrik (Spartacus, Purwokerto) Harapan III : Ari P (Power Gym, Purbalingga) The Best Abdominal: Rudi (Champ, Purwokerto)

Daftar Juara Kategori All Season

Daftar Juara Kategori The Ultimate Body

sportindo.com | November | 33

Gym Profiles

Ark’el Fitness & Aerobic
Depok

aru dibuka setahun yang lalu, Ark’el Fitness & Aerobic sudah mendapat hati dari sekitar 90 membernya yang aktif berlatih fitnes dan aerobik. Hal tersebut dikarenakan pengelola Ark’el senantiasa menjalin silaturahmi kekeluargaan dengan membernya. Bahkan jika salah seorang member berulang tahun, maka akan dirayakan bersama dan mendapat bingkisan khusus. Menurut Bunda Ark’el, manajemen Ark’el, pihaknya juga sering mengadakan acara makan bersama dan refreshing. Pusat kebugaran milik Nya’ Kasim/ Bahar Dhika yang telah mendapat ijin dari BPPT Nomor: 556/ 0023/ ISUP/ BPPT/ X/ 2011 ini memiliki peralatan fitnes yang lengkap termasuk alat-alat kardio serta ruangan fitnes yang nyaman. Ark’el juga menyediakan beragam suplemen makanan lengkap dari Ultimate Nutrition. Deny Khaberangan sebagai instruktur siap memandu para member berlatih fitnes. Sementara yang ingin senam aerobik akan dipimpin oleh Teh Eneng. Tarif membership di Ark’el Fitness & Aerobic sangat terjangkau dan bahkan gratis biaya pendaftaran. Latihan fitnes hanya dikenakan biaya 70 ribu rupiah/ bulan. Sedangkan senam aerobik hanya dipatok 80 ribu rupiah/ bulan saja. Sementara untuk non member cukup membayar 10 ribu rupiah per sekali datang. Segera kunjungi Ark’el Fitness & Aerobic di Jl. H. Dimun III Kp. Sidamukti Blok A No. 2 RT.03/05, Kel. Sukamaju, Kec. Cilodong, Depok. Untuk informasi hubungi nomor telepon 087782394144 (Bunda Ark’el) atau 087887921900 (Deny).

B

WP Fitness & Sauna
Tangerang

G

ara-gara berhasil menurunkan berat badan dengan latihan fitnes dan diet yang benar, Ifa WP ingin menularkan keberhasilannya tersebut kepada orang lain dengan mendirikan sebuah pusat kebugaran bernama WP Fitness & Sauna pada 20 Mei 2011. Menurut Ifa WP, dengan pengalamannya tersebut, ia dan Yudi selaku instruktur siap membantu siapa saja untuk menurunkan berat badan, mencegah kegemukan, membentuk tubuh ideal, atau menambah massa otot. WP Fitness & Sauna memiliki fasilitas ruang fitnes dua lantai yang nyaman dengan peralatan fitnes yang lengkap dan modern termasuk alat-alat latihan kardio. Para member juga dapat memanfaatkan fasilitas sauna sesudah latihan fitnes. Selain itu, terdapat fasilitas loker, ruang ganti, beragam aksesoris dan kostum fitnes, serta suplemen makanan yang lengkap termasuk dari Ultimate Nutrition. Biaya member di WP Fitness & Sauna hanya dikenakan 70 ribu rupiah/ bulan untuk fitnes atau 50 ribu rupiah untuk 4 kali sauna/ bulan. Tersedia juga paket fitnes privat dengan biaya 350 ribu rupiah. Untuk latihan non member cukup membayar 10 ribu rupiah per sekali datang. Segera bergabunglah dengan WP Fitness & Sauna di Ruko Villa Regency 2 Blok FE No. 29, Gelam Jaya, Kec. Pasarkemis, Kab. Tangerang. Buka Senin-Sabtu jam 07:30-21:30 WIB dan Minggu jam 07:30-14:00 WIB. Info lebih lanjut hubungi nomor telepon (021) 5924186.

34 | sportindo.com | November

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->