P. 1
Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem Induksi

Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem Induksi

|Views: 89|Likes:
Published by Deni Saddam
jika signal modem di dareah anda kurang kuat maka ini adalah salah satu solusi yang bisa kita gunakan
jika signal modem di dareah anda kurang kuat maka ini adalah salah satu solusi yang bisa kita gunakan

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Deni Saddam on Mar 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/11/2013

pdf

text

original

Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem Induksi

Posted by oprekzone
MAR

17

Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem Induksi. Seperti posting saya terdahulu bahwa ada beberapa cara menguatkan Sinyal Modem baik CDMA GSM GPRS 3G dan Wireless LAN diantaranya adalah menggunakan Teknik USB Extender dan Antena Luar. Berikut saya sharing bagaimana cara membuat Antena Yagi GSM CDMA 3G Sistem Induksi. Antena ini sangat cocok bagi Anda yang menggunakan Modem tanpa dilengkapi konektor antena luar. Antena ini saya buat sudah lama sekali sekitar 10 tahun yang lalu dan sekarang saya gunakan kembali untuk Modem CDMA 3G 800-MHz yang saya gunakan. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi : 1. Batang alumunium persegi ukuran 1-cm x 2-cm panjang sekitar 100-cm berfungsi sebagai Boom 2. Kawat kuningan diameter 2,5-mm secukupnya. Berfungsi sebagai elemen antena Yagi. Kawat ini biasa digunakan untuk bahan Las dan Anda dapat membelinya di toko-besi 3. Kotak sambungan kabel Telepon. Kotak ini berfungsi sebagai tempat Driven dan penyambungan Kabel Coaxial 4. Manik-manik Isolator Transistor berfungsi untuk mengisolasi/memisahkan antara kawat elemen dan Boom Alumunium supaya tidak ada hubungan secara mekanik dan elektrik 5. Kabel Coaxial 50-ohm atau 75-ohm sepanjang 10-m s/d 15-m 6. Kawat Email penampang 1-mm secukupnya. Kawat ini digunakan untuk membuat Kumparan Induksi Sinyal bagi Modem CDMA atau GSM 7. Klem Antena untuk menggabungkan antena dengan tiang penyangga 8. Isolasi secukupnya 9. Lem Bakar secukupnya 10. Lem G atau Alteco secukupnya Nah untuk langkah-langkah cara pembuatannya saya kira tidak usah saya jelaskan. Yang jelas untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Anda membutuhkan peralatan berupa Bor, Solder, Gergaji Besi, Tang Potong dan peralatan penunjang lainnya. Berikut Dokumentasi Antena Yagi Modem CDMA 800-MHz Sistem Induksi yang saya buat : Ini Antenanya :

Pemasangan Kumparan Induksi pada Modem : .Ini Kumparan Induksinya : Pembuatan Kumparan Induksi disesuaikan dengan Ukuran/Bentuk Fisik Modem sekitar 4 lilitan.

Selain cara di atas. . Bisa di Download : Skema Antena Yagi CDMA 3G 800 MHz Sistem Induksi Skema Antena Yagi CDMA 3G 1900 MHz Sistem Induksi Saat itu Antena Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi tersebut saya letakkan diluar rumah dengan ketinggian hanya 4. Untuk Skema Antena Lengkap beserta gambar.Hasil Pengujian :  Tanpa Induksi Antena :  Setelah dipasang Kumparan Induksi : Terdapat perbedaan sangat signifikan dimana saat Modem CDMA 800-MHz tanpa antena (di dalam kamar) sinyal menunjukkan NOL Bar dan saat dipasang kumparan induksi Sinyal Modem CDMA terjadi penguatan 100 % menjadi 5 Bar atau Full Bar dan sangat lancar digunakan untuk Koneksi Internet CDMA. ukuran dan cara pembuatannya sengaja saya berikan 2 ukuran untuk CDMA frekuensi 800MHz dan CDMA frekuensi 1900-MHz.5-meter dari atas tanah dan tepat mengarah ke BTS Provider CDMA-nya yang berjarak sekitar 6-km. dapat digunakan teknik USB Extender.

Pembuatan USB Extender. Tang Potong dan Lem Bakar Langkah Pembuatan USB Extender : 1. Extended Modem Posted by oprekzone APR 14 Cara Membuat. Berikut cara membuat USB Extender atau perpanjangan USB Extended untuk Modem AirCard ataupun Wireless-LAN. Orange-OrangePutih. diperlukan adanya perpanjangan kabel USB atau yang sering disebut USB Extender . keterangan . kabel Hijau dan Putih = Data + dan Data -. 2. Isolasi kabel warna hitam yang biasa digunakan untuk instalasi listrik 4. Kondom Kabel / selongsong karet kecil untuk menutup sambungan kabel. Anda dapat membuatnya dari pembungkus luar kabel 5. Sambungkan kabel HijauPutih dari kabel UTP dengan kabel Putih dari ExtendedUSB yang telah dipotong. Untuk dapat menempatkan USB Modem atau USB WiFi pada ketinggian yang berjarak agak jauh dari komputer. Solder. Isolator atau pipa listrik maspion = 2 buah masing2 panjang sekitar 10-cm 6. . Kabel UTP merk Belden yang bagus (agar tahan cuaca) dengan panjang kira2 = 5 meter atau sesuai kebutuhan. Berikut alat dan bahan untuk pembuatannya : 1. kupas isolasinya sehingga kelihatan tambaganya 3. kabel merah = untuk tegangan 5VDC dari Port USB pada komputer. Sambungkan kabel Hijau dari kabel UTP dengan kabel Hijau dari kabel Extender USB yang telah dipotong. kabel Hitam = Ground (Nol). hijau dan putih. Dipasaran memang banyak USB Extended atau perpanjangan USB namun untuk panjang 5 meter ke atas tentunya sangat sulit dan sangat mahal. kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Merah dari usb Extender yang telah dipotong. 5. disitu terdapat 4 pasang kabel masing2 : Coklat-CoklatPutih. Potong USB Extended / Perpanjangan USB yang mau diperpanjang kira-kira 5-cm dari kepala konektor. disitu ada 4 kabel masing2 berwarna merah. Gabungkan kabel Coklat-CoklatPutih dengan kabel Biru-BiruPutih (4 kabel digabung menjadi 1). USB Extender / Perpanjangan USB = 1 set yang paling pendek klu ada 3. Berikutnya.Cara Membuat. Biru-BiruPutih dan Hijau-HijauPutih. 6. Pembuatan USB Extender. kupas selongsong kabel. kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Hitam dari Extended USB yang telah dipotong. 4. Maksimal 10-meter 2. Extended Modem. hitam. Kupas kedua ujung kabel UTP kira2 5cm dari ujung selongsong kabel. Gabungkan kabel Orange-OrangePutih (2 kabel digabung jadi 1) pada kabel UTP.

Potongan Konektor USB dan UTP : Kable UTP dan Konektor USB : .

300 ribuan !! Atau bisa dicoba dipasang USB Power Injektor. dibungkus kondom kabel atau diisolasi. yaitu dengan memberikan Catu Daya tersendiri pada Modem/Wireless seperti halnya pada Access Point. panjang total efektif untuk Modem adalah tidak lebih dari 10 meter. kalau OK berarti USB Extended siap digunakan untuk Menguatkan Sinyal Modem atau Wireless-LAN. sederhana bukan cara membuat USB Extended Modem dan Wireless?. Cobalah dulu menggunakan Flashdisk. sebagai contoh USB Repeater sepanjang 5 meter berharga Rp.. untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dipasang USB Repeater.. Pastikan air hujan tidak bisa masuk.. namun harganya cukup mahal. Baca selanjutnya : Pembuatan USB Power Injector Modem dan Wifi.USB Extender 5-meter : Jangan lupa masing-masing sambungan pada USB Extender disolder. Di atas 10 meter komunikasi data sering error dan drop bahkan untuk beberapa jenis modem terjadi Not Found Detected Device artinya Modem tidak terdeteksi meskipun untuk flashdisk OK. Nah. Dengan Rangkaian tersebut USB Extender bisa diperpanjang sampai dengan 10-12 meter. Pengalaman saya dalam membuat USB Extender. . Nah. Selanjutnya masukkan kabel ke dalam pipa listrik atau langsung diisolasi sehingga menutup seluruh sambungan kabel tadi dan kalau perlu isi pipa tadi dengan Lem Bakar (khusus untuk pemasangan di luar) sampai penuh atau cukup menutupi ujungnya saja. Nah Pembuatan USB Extender selesai dan Extended siap digunakan.

Bisa dari plastik atau dari plat. Kabel secukupnya Solder dan Timah Solder . Untuk menaikkannya digunakan Catu daya Eksternal seperti halnya yang biasa diterapkan pada Access Point atau yang sering disebut USB Power Injector. Begitu juga kebanyakan Wi-fi memiliki konsumsi arus yang lebih kecil dari pada Modem. dengan USB Extended sepanjang 12 meter. Ingat. Setiap penghantar/kabel memiliki tahanan jenis dan semakin panjang kabel maka semakin besar pula tahanannya. Dijadikan satu mounting box dengan Wi-fi LAN nya juga bisa asalkan cukup IC AN7805 atau AN7805F dan plat pendinginnya. namun hal ini tidak menjamin bahwa Extended USB sepanjang 12 meter tadi bisa digunakan untuk Device berupa Wi-fi LAN atau Air Card Modem. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Hal tersebut terjadi diantarnya karena kurangnya pasokan sumber daya listrik yang masuk ke Device. Jadi kita tidak perlu heran apabila Extender USB sepanjang 12 meter yang dapat kita gunakan untuk Flash Disk ternyata tidak berfungsi saat kita gunakan pada Wireless LAN atau Air Card Modem.. Dengan demikian pada setiap beban/device yang berbeda akan terjadi kerugian tegangan yang berbeda pula karena setiap device memiliki konsumsi arus yang berbeda. Pembuatan USB Power Injector Modem.Bahkan dalam kondisi ekstrim device tidak terdeteksi sama sekali. Sebagai contoh.!! jangan gunakan AN78L05. Besarnya kerugian tegangan akan berbanding lurus dengan kuat arus yang mengalir pada kabel USB Extended tersebut. Dalam kondisi standar. Oleh karena itu saat ada arus yang mengalir pada kabel USB Extender maka akan terjadi kerugian tegangan di sepanjang kabel tersebut sehingga tegangan yang jatuh pada beban (Device) akan sama dengan Tegangan Sumber dikurangi Kerugian Tegangan pada kabel. biasanya tidak akan terjadi error pada saat digunakan Device berupa Flash Disk. Wi-Fi. tegangan 5 VDC ini diperoleh dari Soket USB yang ada pada CPU dengan kabel warna hitam untuk Ground (Nol) dan warna Merah untuk Positif (+) 5Volt nya. Sebenarnya error ini tidak selalu terjadi pada semua jenis Device yang menggunakan USB Extender dengan panjang lebih dari 8 meter. Karena itulah mengapa USB Extender sepanjang 12 meter yang dapat digunakan untuk Flash Disk sering error atau bahkan tidak bisa digunakan untuk Air Card Modem atau Wi-fi yang memiliki konsumsi arus lebih besar. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan Membuat USB Power Injector Modem atau Wi-fi yaitu dengan cara menaikkan tegangan yang jatuh/masuk pada device agar sesuai dengan nilai yang seharusnya yaitu 5 Volt DC.Cara Membuat atau Pembuatan USB Power Injector Posted by oprekzone MAY 17 Cara Membuat. USB Extender dengan panjang lebih dari 8 meter seringkali mengalami error saat digunakan untuk koneksi pada USB Air Card Modem maupun Wireless LAN. Sebuah Flash Disk memiliki konsumsi arus jauh lebih kecil dibandingkan dengan Air Card Modem atau Wi-fi. Yang perlu Anda persiapkan adalah :     1 buah Kotak/Box kecil kira2 ukuran 10 x 15 x 5 cm sebagai kotak USB Power Injector.

Potong sambungan kabel USB Extended warna merah dengan gabungan kabel orange-orangeputih dari UTP… lalu rangkailah USB Power Injector seperti skema berikut ini : Jangan lupa pasang pendingin pada bagian Komponen IC AN7805 nya Setelah itu kita kerjakan bagian yang dari USB pada CPU yaitu bagian Sumber Dayanya. tutup/isolasilah agar aman dari hubung singkat. Usahakan tegangan pada kaki no. sekitar 4.Caranya sebagai berikut : Siapkan USB Extender yang telah diperpanjang (misal 12 meter).9 V. Potong sambungan kabel USB Extended warna merah dengan gabungan kabel orangeorangeputih dari UTP lalu rangkailah USB Power Injector seperti gambar diatas.3 adalah +5. Lakukan pengukuran ulang tegangan kerja pada IC AN7805 pada kaki no. CPU dibiarkan dan tidak Sebelum Anda menggunakan USB Power Injektor.0 V (Stabil) dalam praktek biasanya mendekati 5. Untuk pertama kita kerjakan bagian yang tersambung ke Device yaitu bagian stabilisator. Ambil sepotong kabel dan sambungkan ke kabel warna kuning (+12V) pada PS CPU. Jangan lupa menutup kembali sambungan-sambungannya dengan isolasi ! Selanjutnya cobalah Anda pasang beban pada USB Power Injector nya.0 VDC. tidak ada salahnya jika Anda Test dulu tegangan-tengangan pada titik pengukuran seperti pada gambar skema dengan Volt-meter (AVO).1 harus berkisar 11 VDC. Lalu bongkar sambungan antara kabel UTP dengan Konektor dan Soket USB nya pada kedua ujung-ujungnya (yang ke CPU maupun yang ke Device).1 IC AN7805 adalah +12 V dan kaki no. Untuk itu Anda dapat . Setelah dibongkar.8 s/d 4. Dalam Pembuatan USB Power Injector. Kalau OK selanjutnya pasanglah Device Anda Air Card Modem atau Wi-fi LAN. pembuatan USB Extender bisa Baca Di Sini. Cobalah menggunakan Flash Disk dan lakukan akses termasuk Transfer dan Copy data dari dan ke Flashdiks. Kabel warna merah yang berasal dari USB dipakai. Lakukan koneksi dan browsing. adakalanya susah mendapatkan IC AN7805 dengan kualitas bagus sehingga IC mudah panas dan gampang Jebol.

atau tetap AN7805 dengan rangkaian penguat arus berupa Transistor TIP41C sebagai berikut : Besar kecilnya penurunan tegangan juga bisa diakibatkan dari jenis (merk) kabel UTP yang digunakan untuk Membuat USB Power Injector.menggunakan type lain KA78T05xx dengan arus nominal mencapai 3 Amp. .

hehehe. apalagi yang keuanganya minim kayak saya. Oke pertama siapkan bahan-bahanya 1. kan bisa hemat uang. Gunting Dsb . Lem Alteco 4. Pipa PVC (paralon) 50 Cm + sambungan 3. PCB polos atau lubang ukuran terserah Jangan lupa alat nya 1. Tang 2. Kabel coaxial 10 m 4. Lem bakar 3. Daripada beli mendingan buat sendiri.Membuat Antena Yagi Sederhana Setelah sebelumnya saya share tentang Membuat Antena Sendok Penguat Sinyal Modem kali ini Sijacky mw share tentang Membuat Antena Yagi Sederhana. Kawat Tembaga diameternya 2mm 1 meter 2.

dan pasang seperti gambar yang di bawah.Potong kawat tembaga menurut ukuran seperti gambar di bawah. .

jadinya ya ngadep ke sungai Setelah saya pasang hasilnya kayak gini Sebelum saya pasang sinyalnya cuman 2-3 bar : .Setelah selesai nanti hasilnya kayak gini Berhubung rumah gw dekat sungai.

Setelah ane pasang sinyal nya nambah jadi 4-5 bar : .

Sekian dulu postingan dari saya Semoga bermanfaat & selamat berkreasi .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->