I. PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang Saat ini sudah banyak tersebar perusahaan yang saling berafiliasi, baik dalam negeri maupun antar negara. Salah satunya adalah PT Heinz ABC Indonesia yang berafiliasi dengan H.J Heinz Co dari perusahaan Amerika Serikat. Berbicara tentang bisnis, maka juga bicara tentang etika berbisnis. Ada 5 Prinsip Etika Bisnis yang telah dijabarkan oleh para ahlinya, yaitu : 1.Prinsip Otonomi 2.Prinsip Kejujuran 3.Prinsip Keadilan 4.Prinsip Saling menguntungkan 5.Prinsip Integritas Moral Yang menarik adalah, dimana PT Heinz ABC Indonesia harus menerapkan prinsip Otonomi dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia. Padahal selaku perusahaan afiliasi, PT Heinz ABC Indonesia harus menjalankan semua etika bisnis dan kepatuhan (Code of Conduct) dari Headquarternya yaitu, H.J. Heinz, Co. Sedangkan banyak hal yang berbeda antara Indonesia dan Amerika Serikat, baik dari peraturan perusahaan, ketenaga kerjaa, dan etika bisnis nya. Oleh karena itu, tulisan ini akan memfokuskan pada Penerapan Etika Bisnis PT Heinz ABC Indonesia dalam perspektif Prinsip Otonomi.

1.2. Tujuan Berdasarkan pemaparan diatas maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah : 1. Mengetahui dan menganalisa praktik etika bisnis PT Heinz ABC Indonesia 2. Memahami praktik Etika Bisnis dalam area Internasional.

1

Etika bisnis sangat penting mengingat dunia usaha tidak lepas dari elemen-elemen lainnya. TINJAUAN PUSTAKA 2. Keutamaan Etika bisnis 2 . karena untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi. Keberadaan usaha pada hakikatnya adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Secara sederhana etika bisnis dapat diartikan sebagai suatu aturan main yang tidak mengikat karena bukan hukum.1. pemakai dan lain-lain (Dalimunthe. kepatuhan atau penerapan etika bisnis akan menghindari distorsi mekanisme pasar. sistem prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang andal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekwen (Santosa. Etika bisnis sangat diperlukan untuk menjamin kelangsungan dan meraih sukses bisnis tersebut dalam jangka panjang. Dari segi makro ekonomi.II. 2. pembeli. diperlukan suatu landasan yang kokoh. Etika bisnis dalam perusahaan terasa sangat penting.2. dan dengan demikian akan kehilangan konsumen atau pelanggan sehingga lama kelamaan akan tutup. penyalur. 2005). Etika Bisnis Etika bisnis terkait dengan kepatuhan dan perilaku semua pihak yang terkait secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan sebuah entitas bisnis. Perusahaan yang tidak mematuhi etika bisnis akan kehilangan kepercayaan (trust) masyarakat. Dari segi mikro. Biasanya dimulai dari perencanaan strategis. Setiap entitas bisnis atau kegiatan usaha selalu mempunyai pemilik kepentingan (stakeholders) atas proses produksi barang atau pelayanan jasa di perusahaan tersebut. Tetapi harus diingat dalam praktek bisnis sehari-hari etika bisnis dapat menjadi batasan bagi aktivitas bisnis yang dijalankan. 2004 dalam Komenanung. Bisnis tidak hanya mempunyai hubungan dengan orang-orang maupun badan hukum sebagai pemasok. organisasi yang baik. dengan tingkat kepentingan yang berbeda-beda pula. Praktek bisnis yang tidak mematuhi etika akan menimbulkan distorsi sistem dan mekanisme pasar dan dengan demikian akan mengakibatkan alokasi sumber-sumber secara tidak efisien. 2007). akan membangun kepercayaan semua pemilik kepentingan (stakeholders).

Perusahaan yang unggul bukan hanya memiliki kinerja dalam bisnis. Dalam persaingan bisnis yang sangat ketat. kejujuran dalam penawaran barang atau jasa dengan mutu dan harga yang sebanding.maka konsumen benar-benar raja. Pertama. Sonny Keraf (1998) dalam Suroso (2010) menjelaskan. 3 . jujur dalam pemenuhan syarat-syarat perjanjian dan kontrak. jujur dalam hubungan kerja intern dalam suatu perusahaan. Kepercayaan konsumen dijaga dengan memperlihatkan citra bisnis yang baik dan etis 2. para pelaku bisnis dituntut untuk menjadi orangorang profesional di bidangnya. Orang/Perusahaan yang otonom adalah orang/Perusahaan yang bebas mengambil keputusan dan tindakan serta atas keputusan dan tindakannya tersebut bertanggung jawab  Prinsip kejujuran.manajerial dan finansial yang baik akan tetapi juga kinerja etis dan etos bisnis yang baik 2. dan prinsip-prinsip ini sangat erat terkait dengan sistem nilai yang dianut oleh masingmasing masyarakat. prinsip-prinsip yang berlaku dalam bisnis yang baik sesungguhnya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sebagai manusia. bahwa prinsip-prinsip dalam etika bisnis yaitu :  Prinsip otonomi. Adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran sendiri tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan. Terdapat tiga lingkup kegiatan bisnis yang bisa ditunjukkan secara jelas bahwa bisnis tidak akan bisa bertahan lama dan berhasil kalau tidak didasarkan atas kejujuran.3. Kedua.Begitu pentingnya Etika Bisnis di tenggarai oleh adanya keutamaan sebagai berikut : 1. Dalam bisnis modern. Ketiga. Prinsip Etika Bisnis Secara umum.

 Prinsip integritas moral Terutama dihayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan. lebih difokuskan pada penerapan prinsip Otonomi. agar perlu menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baik pimpinan/orang2nya maupun perusahaannya.  Prinsip saling menguntungkan (mutual benefit principle) Menuntut agar bisnis dijalankan sedemikian rupa sehingga menguntungkan semua pihak. Prinsip keadilan Menuntut setiap orang diperlakukan secara sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai kriteria yang rasional obyektif. 4 . serta dapat dipertanggung jawabkan. Dalam tulisan ini.

antara lain ke AS. di Karawang. perusahaan ini kian ekspansif dan kini mengorprasikan tiga pabrik. Tiga tahun kemudian. Total area ketiga pabrik tersebut sekitar 450 ribu m. 5% -8% dari total produksi. Chu Sok Sam meninggal dunia tahun 1986. PENERAPAN ETIKA BISNIS PT HEINZ ABC DALAM PRINSIP OTONOMI III. Jawa Barat (sejak Oktober 1995) dan Pasuruan Jawa Timur (beroprasi 1990). Arab Saudi. Tampuk pimpinan diserahkan pada Kogan Mandala. Langkah awal bisnis perusahaan ini dengan skala produksi kecil-kecilan di pabriknya di Daan Mogot. Belanda dan Inggris. perusahaan ini mulai memproduksi sirup dan stahun berikutnya (1979) membuat sambal dan dilanjutkan tahun 1980 memproduksi saus. 5 . yaitu di Jl. Kanada. ABC Central Food didirikan oleh keluarga Choo. Bahkan beberapa produk tersebut sempat di ekspor. Ketika perusahaan ini berkembang. terus menerus merambah ke pasar nasional. dari semula Jabodetabek. pasar yang dibidik perusahaan ini makin meluas. PROFIL PERUSAHAAN Sejarah Perusahaan Pada Tahun 1975. Daan Mogot Km 12 Jakarta Barat (sejak 1975). Hong Kong. Di tangan Kogan. generasi kedua. Jakarta Barat. Jepang. Singapura.1.III. Porsi produk yang di ekspor. Mulai 1980-an.

Tahun 1919. Pada tahun 1886. Dia mengawali usahanya pada usia 25 tahun di Pittsburgh. Produk perdananya adalah sejenis lobak (horseradish) dalam kemasan botol transparan (untuk menunjukkan komitmennya menyediakan produk yang berkualitas). Pennsylvania. Perusahaan Amerika yang didirikan oleh Henry John Heinz (H. dia meninggal karena sakit pneumonia pada usia 75 tahun dan digantikan oleh anaknya Howard yang memperkenalkan proses ilmiah dan pengawasan mutu dalam sistem produksi.mentega apel.J. Heinz) pada tahun 1869. Tahun 1958.saos sambal dan acar manis pertama yang dikeluarkan di pasaran.J. Heinz beserta keluarganya berlayar ke Inggris dan 10 tahun kemudian kantor pertama luar negerinya diresmikan di dekat Menara London.Pada bulan Februari 1999. Pada tahun 1875. dimana HJ Heinz Company menguasai saham sebesar 65%. melakukan joint venture dengan HJ Heinze Company. H. terjadi akuisisi 6 . diperkenalkan suatu produk baru –saos tomat dan diikuti dengan produk lain seperti saos lada hijau dan merah.

7 .2. III. Heinz Co. CEO di tahun 1998 dan Chairman di tahun 2000. William R. Perbedaan Visi-Misi Visi H. Kesuksesan tersebut ditunjang dengan philosophi pendirinya “melakukan hal biasa secara luar biasa akan membawa sukses” Menjadi penghasil makanan terkemuka di dunia yang menyajikan makanan bergizi dan bercita rasa unggul pada seluruh masyarakat dunia. Sekarang H. PT Heinz ABC Indonesia telah menerapkan beberapa prinsip Otonomi. yaitu antara lain : a. Dia melanjutkan strategi pengembangan international Heinz dengan mengambil alih beberapa perusahaan di Belanda. Adalah Menjadi penghasil makanan terkemuka di dunia yang menyajikan makanan bergizi dan bercita rasa unggul pada seluruh masyarakat dunia. Johnson (Bill Johnson) dilantik sebagai Presiden pada tahun 1996.pertama dari penghasil makanan di Belanda dan beberapa tahun kemudian disusul di Portugal.J. Philippines dan Costa Rica. Indonesia (1999). Mexico. Analisa Penerapan Etika Bisnis dalam Prinsip Otonomi Bila di cermati lebih spesifik.J Heinz adalah perusahaan yang berlokasi di 110 tempat utama di dunia.

Sedangkan Visi dan Misi PT Heinz ABC Indonesia  Visi : Menjadikan perusahaan makanan dan minuman terdepan yang unggul dalam inovasi. usia 16 tahun Tidak diperbolehkan kerja paksa Tidak mentolerir penyiksaan & pelecehan Kesempatan kerja yang setara Kebebasan berserikat Jam kerja & penggajian sesuai hukum Pelatihan diberikan sesuai kebutuhan karyawan Promosi jabatan berdasarkan kinerja Mendukung komunikasi yang transparan 3. Mengikuti Kebijakan Global disesuaikan dengan konteks Keindonesiaan Selain mengikutik kebijakan dan peraturan di Indonesia. Kesehatan & Keselamatan Kerja (Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja serta Lingkungan . mutu dan nilai. antara lain: 1. yang dapat pertanggungjawaban melampaui keinginan “stakeholder”.SMK3L) 8 . PT Heinz ABC Indonesia juga harus merupakan mengikuti kebijakan global yang diterapkan disemua afiliasi HJ Heinz Global. kelompok) komitmen.  Misi : Membangun lingkungan kerja bermotivasi tinggi dimana karyawan berjuang dalam membentuk tim berkinerja tinggi – HAI (berdasarkan pada kepercayaan. b. dan perdebatan pencapaian yang hasil sehat. Kondisi Pekerjaan & Pegawai Min.

Lingkungan (Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja serta Lingkungan . Kebenaran Berkomunikasi (Penerapan kebijakan Sarbanes Oxley Policy – UU yang berlaku di Amerika Serikat) Heinz akan menerapkan komunikasi yang benar dan jujur termasuk mengenai laporan keuangan 6. air dan pengemasan Diusahakan karyawan harus terlibat penuh dan mendapat pelatihan mengenai lingkungan Supplier dan kontraktor harus juga mengenali dan mengurangi dampak lingkungan dari operasionalnya Kinerja lingkungan akan dilaporkan dalam laporan Heinz global. Keamanan (Penerapan GMP & HACCP) Harus memberikan rasa aman pada karyawan dan produk (Penerapan Good Manufacturing Product & HACCP) 4.Dimasukkan dalam target KPI tahunan Harus menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja Dilaporkan dalam laporan global 3. Pemantauan Global Panduan global ini akan dimasukkan dalam kebijakan dan prosedur perusahaan 9 . Kontribusi Sosial (Penerapan Corporate Social Responsibility. 5.CSR) Heinz akan berupaya untuk berkontribusi terhadap lingkungan sekitarnya 7. bahan baku.SMK3L) Efesien dalam penggunaan energi.

jenis kelamin.fisik atau visual mengenai jenis kelamin.negara asal dalam hal rekrutmen.pelatihan. warna kulit.Jika ada yang tidak sesuai akan dilakukan review dan perbaikan  Penerapan Saluran HotLine Etika & Kepatuhan yang Global Bahkan secara lebih detail.warna.kulit. Tindakan Pembalasan Tidak akan ditolerir adanya pembalasan dendam karena menolak adanya tindakan pelecehan atau balas dendam 4. PT Heinz ABC Indonesia juga wajib mengikuti Kebijakan Diskriminasi Asia Pasific.Penyelidikan dan Tindakan Korektif 10 . Direktur HR atau jika di tingkat lokal tidak berhasil bisa hubungi Direktur HR Asia Pasific 5.agama. Pelecehan yang dilarang Tidak diperbolehkan pelecehan baik secara tertulis. agama. Kesempatan kerja yang setara Tidak ada diskriminasi ras.kontraktor) 3.Pelaporan adanya pelanggaran Proses pelaporannya adalah manager anda.ras. Kesempatan kerja didasarkan pada kemampuan seseorang. 2. promosi. yaitu: 1.keturunan.kompensasi.status perkawinan Peraturan ini berlaku baik bagi karyawan maupun pihak ke tiga (suplier.

beroperasi setiap hari selama 24 jam Dioperasikan oleh perusahaan independen : The Network Pelaporan dapat dilakukan tanpa identitas (anonim) Merupakan pilihan terakhir setelah seluruh cara lokal ditempuh Cara Kerja Saluran Hotline Minta operator untuk menghubungi Amerika secara collect call ke (1) 770 – 582-5213 Jika ingin merahasiakan nama bisa menggunakan nama HJ Heinz. etika dan kebijaksanaan perusahaan harus dilaporkan Prosesnya pertama kali dilakukan secara lokal kepada manager. Informasikan bahasa yang ingin digunakan agar dapat disambungkan dengan pewawancara khusus Anda dapat menyampaikan keluhan anda dan akan dicatat Penelepon akan diberi nomor referensi Laporan anda akan diarsip dan akan diserahkan pada pihak yang berwenang di Heinz Tidak akan ada sangsi bagi yang melaporkan Merupakan pilihan terakhir setelah seluruh cara lokal ditempuh 11 .Akan dilakukan penyelidikan secara cepat dan menyeluruh atas semua keluhan dan jika terbukti ada pelanggaran akan diambil tindakan disiplin Untuk menjaga reputasi bisnis Heinz maka pelanggaran hukum.HR dan jika tidak berhasil hubungi Hotline Etika dan Kepatuhan Heinz (1) 770 –582-5213 Saluran bebas pulsa (collect call).

Hubungan kerja/kepegawaian Peraturan kerja 2.Peraturan. Jaminan sosial dan kesejahteraan 4.Hubungan kerja yang harmonis 2. tata tertib dan syarat-syarat serta kondisi kerja Dimana penerapannya hanya sebatas ruang lingkup untuk level Supervisor atau (Section Head / Kasi). Penyusunan KKB antara PT Heinz ABC Indonesia bersama PUK SP-RTMM & NIBA SPSI PT Heinz ABC Indonesia Tujuannya adalah : 1. Perlindungan kesehatan & keselamatan kerja 5. PHK 12 . Pengupahan 3. yaitu : a. maka PT Heinz ABC Indonesia juga melakukan beberapa hal yang merupakan prinsip otonomi.Hak-hak dan kewajiban perusahaan &karyawan 3.Beberapa jenis pelanggaran yang bisa dilaporkan Sabotase/perusakan produk Pelanggaran UU anti monopoli Penyuapan Pemalsuan dokumen perusahaan Pelanggaran kesehatan dan keselamatan kerja Untuk memenuhi tuntutan peraturan dan komitment tersebut. Isi detail KKB ini adalah sebagai berikut : 1. General Staff (Kasubsi) dan Operatif saja. Karena level Manajer di Indonesia sudah termasuk sebagai perwakilan Manajemen Pimpinan Perusahaan.

Penyelesaian keluh kesah c.6. bila permasalahannya tidak diselesaikan dan atau di abaikan oleh Manajemen PT Heinz ABC Indonesia. maka menjadi wacana level korporasi. Heinz Co) yang diselaraskan dengan konteks keIndonesiaa Setiap pegawai diberikan otonomi untuk menghubungi langsung Hotliner Etika & Kepatuhan.J Heinz Penyusunan KKB bersama Serika Pekerja Penyelesaian masalah dari unit terkecil dulu. d. Pengaduan Pelanggaran Kode etik dan kepatuhan secara langsung dan transparan Setiap pegawai PT Heinz ABC Indonesia diberikan otonomi untuk menghubungi langsung Hotliner Etika & Kepatuhan. Jadi ketika level Department belum terselesaikan. maka akan naik ke level Divisi. Setiap unit diberikan otonomi untuk menyelesaikan segala permasalahan kerja dan etika bisnisnya. KESIMPULAN Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Prinsip Otonomi dalam penerapan etika bisnis pT Heinz ABC Indonesia diwujudkan dalam bentuk : Visi-misi yang berbeda dan selaras dengan H. Bila belum selesai juga. bila permasalahannya tidak diselesaikan dan atau di abaikan oleh Manajemen PT Heinz ABC Indonesia IV. - 13 .J. Setiap unit diberikan otonomi untuk menyelesaikan segala permasalahan kerja dan etika bisnis Penerapanan Panduan Operasional Global (Etika Bisnis & Code of Conduct H. Penyelesaian masalah secara hirarkis garis instruksi dan koordinasi PT Heinz ABC Indonesia menerapkan etika bisnis ketika menghadapi masalah memulai dari penyelesaian masalah dari unit terkecil dulu.

diakses pada tanggal 24 November 2011. Mohamad. Pada Rudito. Soleh. Heinz ABC Indonesia. Membangun Dan Mengembangkan Etika Bisnis Dalam Perusahaan. Diakses pada tanggal 24 November 2011.pacific. Profil PT.ac.id/ind.id. Setyanto P. pada http://kolom. 2004.unud. 2007. Tidak diterbitkan 14 . 2005.DAFTAR PUSTAKA Komenaung Anderson Guntur. http://ejournal. Bandung Santosa. 2007.net. Etika Bisnis dan Tanggungjawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Etika Dalam Bisnis. Bambang dan Melia Famiola. Penerbit Rekayasa Sains.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful