Page |1

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Secara harfiah Kewirausahaan terdiri atas kata dasar wirausaha yang mendapat awalan ked an akhiran an, sehingga dapat diartikan kewirausahaan adalah hal-hal yang terkait dengan wirausaha. Sedangkan wira berarti keberanian dan usaha berarti kegiatan bisnis yang komersial atau non-komersial, Sehingga kewirausahaan dapat pula diartikan sebagai keberanian seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan bisnis. Dalam bahasa Inggris wirausaha adalah enterpenuer, istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Richard Cantillon, seorang ekonom Prancis. Menurutnya, entrepreneur adalah “agent who buys means of production at certain prices in order to combine them”. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, ekonom Perancis lainnya- Jean Baptista Say menambahkan definisi Cantillon dengan konsep entrepreneur sebagai pemimpin. Secara umum banyak sekali definisi yang dikemukakan oleh para ahli, mengenai kewirausahaan, dibawah ini akan saya kemukakan beberapa pendapat tersebut, yang diambil dari berbagai sumber : Harvey Leibenstein (1968, 1979), mengemukakan, kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya. Penrose (1963) : Kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas kewirausahaan.
Makanan merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting bagi manusia untuk menunjang kelangsungan hidupnya sehari-hari. Maka dari itu, membuka usaha rumah makan merupakan salah satu peluang yang bagus dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Apalagi Indonesia mempunyai beragam jenis makanan yang mempunyai cita rasa berbeda, itu membuat kunsumen ingin mencicipi makanan-makanan dari daerah yang berbeda.

para wirausaha harus menciptakan sesuatu tampilan yang berbeda dan unik. Berapa modal yang diperlukan dalam memulai usaha ini? 4. 1. Namun para wirausaha harus benar-benar dapat melihat peluang usaha itu dengan jeli untuk dapat menarik konsumen dan tetap mempertahankan usahanya.Page |2 Walaupun demikian. Apa alasan membuka usaha ini? 3. Oleh karena itu. Tujuan Wawancara Adapun beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam wawancara ini adalah: a. akan tetapi tidak menghilangkan cita rasa masakan yang sebenarnya. yaitu dengan memberikan nama yang yang unik serta cita rasa yang berbeda. Apa saja kesulitan yang dihadapi selama menjalankan usaha dan bagaimana mengatasinya ? 6. Bukan hanya itu saja karena persaingan yang begitu ketat maka harga pun menjadi salah satu alas an penting untuk membuka usaha. Apa saja kiat-kiat sukses dalam membuka usaha ? B. Apa sajakah yang dapat dijalankan dalam memulai ini ? 2. Berapa omset dan keuntungan yang di dapatkan dari ini ? 5. untuk mengetahui kiat-kita sukses membuka usaha rumah makan . karena dikhawatirkan apbila menjual makanan yang begitu mahal para konsumen tidak ingin membelinya. Untuk itu diperlukan pemaparan mengenai usaha rumah makan.

laba dalam usaha rumah makan ini C. Dapat menjadi inspirasi masyarakat yang lain yang ingin ikut membuka usaha. Manfaat Wawancara Saya berharap makalah hasil wawancara saya dengan pengusaha warung makan ini ini dapat memberikan banyak manfaat dan inspirasi kepada kita semua khususnya pada para pemuda-pemudi yang bercita-cita menjadi seorang pengusaha sukses. Adapun manfaat-manfaat yang terpenting seperti dapat mengetahui kelemahankelemahan dalam berwirausaha sehingga bisa diperbaiki dan ditingkatkan kembali agar usaha bisa lebih maksimal dan menguntungkan. . omset. untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami selama membuka rumah makan c.Page |3 b. untuk mengetahui modal.

Warung ini menyediakan bakso. Hasil wawancara dengan Pak Rusdi pemilik “Bakso dan Mie Ayam Mbak Yem” 1. Bakso yang di jual merupakan bakso produksi sendiri dengan citarasa yang khas. Tempat dan Waktu Wawancara 1. mie ayam serta aneka minuman. C. Sudah sejak kapan anda memulai usaha ini? Saya mulai berjualan sejak tahun1999.Page |4 BAB II ISI A. dan membuka warung ini tahun 2011 2. Kenapa anda memilih untuk berwirausaha? Karena sebelumnya saya tidak memiliki pekerjaan tetap 3. Tempat Lokasi yang dilakukan untuk wawancara terletak di kawasan Jalan Raden Gunawan samping Indomaret BLPP yaitu warung „Bakso dan Mie Ayam Mbak Yem‟yang didirikan oleh Pak Rusdi. 2. Alasan anda memilih usaha “Bakso dan Mie Ayam Mbak Yem” ini? . Usaha yang berjalan di bidang industri makanan ini bernama “Bakso dan Mie Ayam Mbak Yem”. Jenis Usaha Usaha yang telah berjalan 2 tahun ini ialah usaha yang berskala menengah tetapi bisa menjanjikan dengan pendapatan yang lumayan memuaskan. Waktu 26 anuari 2013 B.

Pak Rusdi berharap usahanya akan terus maju dan Ia dapat menyekolahkan anaknya sampai tinggi. Saya tetap optimis dengan mempertahankan rasa serta tidak terpengaruh akan adanya bahan-bahan yang baru 8. Berapa modal yang Anda keluarkan untuk membuka usaha ini? Modal awal saya ± Rp.. 100.Page |5 Setiap orang memiliki keahlian berbeda beda. 9. Apa rencana dan harapan anda kedepan? Bisa membuka cabang agar bakso dan mie ayamnya banyak dikenal dan dapat dinikmati orang.000. Apa kesulitan yang anda hadapi selama menjankan usaha ini dan bagaimana mengatasinya ? Tidak stabilnya harga bahan-bahan dan banyaknya pedagang bakso dan mie ayam yang baru. Berapa jumlah omzet yang anda capai saat ini? Omzet yang saya dapat untuk per bulan kira-kira Rp.000 –an. 6. 7. 4.000. Ia ingin anaknya memperoleh pendidikan yang layak dan menjadi orang sukses . Berapa jumlah tenaga kerja? Sampai sekarang usaha ini diolah oleh saya dan istri saya. dan saya ahli membuat bakso.tapi sebenarnya keyakinan lah yang mendasari usaha saya 5.

Page |6 BAB III PENUTUP KESIMPULAN Kesimpulannya yaitu memang saat ini usaha rumah makan sedang banyak digemari oleh para usahawan. SARAN Saran dari penulis yaitu dalam berbisnis apapun kita harus mempunyai kreatifitas yang tinggi. . makanan khas jakarta. kita juga harus memperhatikan lokasi tempat usaha. dan juga kita harus mengingat bahwa pembeli adalah raja sehingga kita harus ramah pada setiap konsumen atau pembeli yang berdatangan. Dalam berbisnis rumah makan kita harus mempunyai konsep untuk menarik para konsumen. sebaiknya lokasi berbisnis harus strategis sehingga banyak konsumen yang berdatangan. makanan khas padang. makanan khas Lampung dan masih banyak lagi. makanan khas yogyakarta. seperti makanan khas sunda. sehingga banyak konsumen yang datang ke rumah makan itu sendiri. ada juga yang bermula dari sekedar hobi memasak hingga akhirnya memutuskan untuk membuka usaha rumah makan. Bisnis rumah makan adalah bisnis yang menjanjikan. Di Indonesia banyak sekali berbagai macam makanan khas. sehingga para konsumen tidak bosan atau jenuh untuk memakan atau memakai produk yang kita buat.

Page |7 LAMPIRAN .

Tampak depan warung „Bakso dan Mie Ayam Mba Yem‟ Gambar 2. Pak Rusdi dan istri dengan saya .Page |8 Gambar 1. Foto pemilik usaha.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.