Penyebab dan Dampak Pencemaran Air Oleh Limbah Pemukiman Posted on 27 September 2010 by alamendah Penyebab dan dampak

pencemaran air oleh limbah pemukiman sepertinya menjadi salah satu sumber utama dan penyebab pencemaran air yang memberikan dampak paling kentara terutama pada masyarakat perkotaan di Indonesia. Limbah pemukiman (rumah tangga) yang menjadi salah satu penyebab pencemaran air diakibatkan oleh aktivitas manusia itu sendiri. Dan pada akhirnya pencemaran air ini juga memberikan dampak dan akibat merugikan bagi manusia itu pula. penggunaan deterjen yang berlebihan merangsang tumbuhnya eceng gondok .pencemaran air merupakan suatu perubahan keadaan tempat penampungan air yang mengakibatkan menurunnya kualitas air sehingga air tidak dapat dipergunakan lagi sesuai peruntukannya. Perubahan ini diakibatkan oleh aktivitas manusia. Limbah Pemukiman. Salah satu penyebab pencemaran air adalah aktivitas manusia yang kemudian menciptakan limbah (sampah) pemukiman atau limbah rumah tangga. Limbah pemukiman mengandung limbah domestik berupa sampah organik dan sampah anorganik serta deterjen. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan atau dibusukkan oleh bakteri seperti sisa sayuran, buah-buahan, dan daun-daunan. Sedangkan sampah anorganik seperti kertas, plastik, gelas atau kaca, kain, kayu-kayuan, logam, karet, dan kulit. Sampah anorganik ini tidak dapat diuraikan oleh bakteri (non biodegrable). Selain sampah organik dan anorganik, deterjen merupakan limbah pemukiman yang paling potensial mencemari air. Padahal saat ini hampir setiap rumah tangga menggunakan deterjen. Dampak pencemaran air yang disebabkan oleh limbah pemukiman mendatangkan akibat atau dampak diantaranya:
• • • • • • •

Berkurangnya jumlah oksigen terlarut di dalam air karena sebagian besar oksigen digunakan oleh bakteri untuk melakukan proses pembusukan sampah. Sampah anorganik ke sungai, dapat berakibat menghalangi cahaya matahari sehingga menghambat proses fotosintesis dari tumbuhan air dan alga, yang menghasilkan oksigen. Deterjen sangat sukar diuraikan oleh bakteri sehingga akan tetap aktif untuk jangka waktu yang lama di dalam air, mencemari air dan meracuni berbagai organisme air. Penggunaan deterjen secara besar-besaran juga meningkatkan senyawa fosfat pada air sungai atau danau yang merangsang pertumbuhan ganggang dan eceng gondok (Eichhornia crassipes). Pertumbuhan ganggang dan eceng gondok yang tidak terkendali menyebabkan permukaan air danau atau sungai tertutup sehingga menghalangi masuknya cahaya matahari dan mengakibatkan terhambatnya proses fotosintesis. Tumbuhan air (eceng gondok dan ganggang) yang mati membawa akibat proses pembusukan tumbuhan ini akan menghabiskan persediaan oksigen. Material pembusukan tumbuhan air akan mengendapkan dan menyebabkan pendangkalan.

Selain diakibatkan oleh limbah pemukiman (rumah tangga) sumber atau penyebab pencemaran air juga disebabkan oleh limbah pertanian, limbah industri, dan di beberapa tempat tertentu diakibatkan oleh limbah pertambangan.

Lalu bagaimana cara mengetahui suatu air bersih atau tidak? Tidak semua daerah di Indonesia terutama di Jakarta memiliki kualitas air yang baik.com/kesehatan/seperti-apa-standar-air-bersih/Seperti Apa Standar Air Bersih? Sumber: Berbagai Sumber Topik: Kesehatan Tags: Air Bersih. yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air. toksin organik. terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik.kamusilmiah. perubahan gaya hidup dan pola pikir tentang sampah. Dan semua itu hanya bisa diwujudkan dengan sebuah tindakan kecil sebagai awalan. Perlu kesadaran dari semua lapisan masyarakat untuk berlaku bijak dengan limbah rumah tangga yang dihasilkannya.wikipedia. Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat. padahal air digunakan untuk berbagai macam kegiatan dan salah satunya untuk minum.Menangani Limbah Pemukiman. standar air . serta tidak membuang sampah terutama di sungai dan tempat penampungan air semisal sungai dan danau perlu dilakukan oleh semua pihak untuk mengurangi dampak pencemaran air yang disebabkan oleh limbah rumah tangga (pemukiman).org/wiki/Pencemaran_air Penyebab Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. nutrien dan padatan. 19/10/2010 16:00 WIB Air merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia. • • • • Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi.wordpress. karenanya mengonsumsi air yang bersih menjadi faktor keharusan tersendiri. http://id.com/2010/08/01/pencemaran-air-di-indonesia/ Gambar: id. Vera Farah Bararah Selasa.wikipedia. parameter air bersih.detikhealth.org http://www. minyak. Pengelolaan sampah. Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem. Karena itu kebersihan air yang diminum akan mempengaruhi kesehatan seseorang. melakukan 3R (Reuse Reduce dan Recycle).com/read/2010/10/19/160033/1468986/766/cara-mengetahui-kualitas-airJakarta. Seperti limbah pabrik yg mengalir ke sungai seperti di sungai citarum http://www. memulai dari diri sendiri! • • Referensi: alamendah. Air limbah tersebut memiliki efek termal.

dan mikrobiologis. Kualitas air dapat dinyatakan dengan parameter kualitas air. Tidak meninggalkan endapan 2. kimia. kolera. bau. Harganya relatif murah atau terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Parameter yang ada digunakan untuk metode dalam proses perlakuan.http://www. Parameter air yang penting ialah parameter fisik. Syarat mikrobiologi.2 3.Parameter mikrobiologis menyatakan kandungan mikroorganisme dalam air.5 – 9. nutrient/hara.indoskripsi. Air harus bersih dan tidak keruh b. Parameter fisik menyatakan kondisi fisik air atau keberadaan bahan yang dapat diamati secara visual/kasat mata. kesadahan. Aman dan higienis.Berdasarkan hasil pengukuran atau pengujian. derajat keasaman. Tersedia dalam jumlah yang cukup. seperti kandungan oksigen. dan sebagainya. rasa. kimia. COD. Dalam penyediaan air bersih yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat banyak mengutip Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. Yang termasuk dalam parameter fisik ini adalah kekeruhan.html Senin. TOC). warna. kimia dan juga mikrobiologi. biologis dan radiologis yaitu sebagai berikut: Sumber: . penyediaan air harus memenuhi kuantitas dan kualitas. 11 Oktober 2010 Polusi Domestik Kualitas air adalah kondisi kualitatif air yang diukur dan atau diuji berdasarkan parameter-parameter tertentu dan metode tertentu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku (Pasal 1 Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor : 115 Tahun 2003). pH air antara 6. sebagaimana diatur dalam Peraturan . kandungan partikel/padatan. Parameter kimia menyatakan kandungan unsur/senyawa kimia dalam air. yaitu: a.Ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui mengenai kualitas air tersebut baik secara fisik. Suhu antara 10-25 C (sejuk) f. suhu. Tidak berbau apaun e.com/judul-skripsi-tugas-makalah/tugas-kuliah-lainnya/air-bersih http://mychlorophyl. bahan organik (dinyatakan dengan BOD.Kes/Per/VII/1977.http://one.go. Baik dan layak minum. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan c. Sebagai acuan dalam menyatakan kondisi tersebut adalah baku mutu air. operasi dan biaya. Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun b. mineral atau logam. tipus.id (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2005 Tentang Pengembangan sistem penyediaan Air minum) . 173/Men. dan bakteri patogen penyebab penyakit.blogspot. Tidak berasa apapun d. antara lain: a. Syarat fisik. Parameter ini meliputi parameter fisik.presidenri. virus. c. antara lain: a. 1. d. antara lain: Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri. b. seperti bakteri. air sungai dapat dinyatakan dalam kondisi baik atau cemar. Syarat kimiawi. Tidak berwarna apapun c.com/2010/10/polusi-domestik. Cukup yodium d. dan sebagainya. dan mikroba pathogen lainnya.

kerang dan hewan lainnya termasuk mikroorganisme seperti bakteri. lemak. 2008). Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi. badai. Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau.1 Latar Belakang Masalah Dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan air bersih untuk minum. Apabila sungai menjadi tempat pembuangan limbah yang mengandung bahan organik. 2009). kebutuhan O2 oleh mikroba (BOD = Biological Oxygen Demand). dan proses kimiawi lainnya dalam penguraian bahan organik di dalam air (Umar. pupuk tanaman yang bisa menjadi polutan. Yang dimaksud adalah oksigen terlarut yang terkandung di dalam air. dan kulit. Sampah-sampah ini tidak dapat diuraikan oleh bakteri (non biodegrable). sisa makanan. deterjen. detergen yang mempunyai pengaruh dekstruktif pada kehidupan (Mattimu dan Ferial. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan atau dibusukkan oleh bakteri. Polusi domestik atau polusi akibat aktivitas rumah tangga yang dapat berupa sampah. memasak. 2008). MAKALAH BIOLOGI TENTANG POLUSI AIR September 13. dan daun-daunan. herbisida. kandungan O2 terlarut. Derajat pencemaran suatu perairan dapat diketahui dengan bermacam-macam cara. mencuci dan keperluan . Sehingga kadar oksigen terlarut akan berkurang dengan cepat dan akibatnya hewan-hewan seperti ikan. Sedangkan sampah anorganik sepertikertas. kayu-kayuan. Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat. sungai. Limbah pemukiman mengandung limbah domestik berupa sampah organik dan sampah anorganik serta deterjen. plastik. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air (Wikipedia. sabun. Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. sebagian besar oksigen terlarut digunakan bakteri aerob untuk mengoksidasi karbon dan nitrogen dalam bahan organik menjadi karbondioksida dan air. 2008). Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem. toksin organik. berasal dari udara dan hasil proses fotosintesis tumbuhan air. karet. minyak. 2009). Oksigen diperlukan oleh semua mahluk yang hidup di air seperti ikan. 2009). misalnya berdasarkan: kejernihan air.Pemerintah Nomor 82 tahun 2001 (Masqudi. hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran. sehingga nutrisi air berkurang bahkan dapat membahayakan baik untuk tumbuhan maupun hewan/manusia. dan zat-zat kimia sebagai sisa pembuangan pabrik-pabrik kimia/industri. udang dan kerang akan mati (Edukasi. asam belerang. terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik. Sampah organik yang dibuang ke sungai menyebabkan berkurangnya jumlah oksigen terlarut. udang. 2008 — Wahidin BAB I PENDAHULUAN 1. karena sebagian besar digunakan bakteri untuk proses pembusukannya. gelas atau kaca. pestisida. Air limbah tersebut memiliki efek termal. alkali. Pencemaran oleh air umumnya terjadi oleh tingkah laku manusia seperti zat-zat detergen. Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi. Hal-hal ini terutama zat-zat kimia beracun seperti asam. nutrien dan padatan. logam. Contohnya sisa-sisa sayuran. dan bahan tinja. buah-buahan. di mana bahan ini mudah diuraikan oleh mikroba air dengan menggunakan oksigen terlarut dalam air. gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air. kain. yang menghasilkan oksigen (Edukasi. cahaya matahari dapat terhalang dan menghambat proses fotosintesis dari tumbuhan air dan alga. Dengan demikian setiap penggunaan zat-zat endukung berhasilnya pembangunan haruslah dikendalikan dengan seksama untuk memperkecil pengaruh samping yang mungkin timbul. Apabila sampah anorganik yang dibuang ke sungai.

Kualitas air terganggu ditandai dengan perubahan bau.4 Usaha-usaha Mengatasi dan Mencegah Polusi Air Pengenceran dan penguraian polutan air tanah sulit sekali karena airnya tidak mengalir dan tidak mengandung bakteri pengurai yang aerob jadi. Tetapi adakalanya kita melihat air yang berwarna keruh dan berbau serta sering kali bercampur dengan bendabenda sampah seperti kaleng. Dan segala sesuatu yang menyebabkan polusi disebut Polutan. Contohnya limbah-limbah industri dibuang dan dialirkan ke sungai. unsur atau komponen lainnya kedalam air sehingga kualitas air terganggu. Air yang demikian biasa disebut air kotor atau disebut pula air yang terpolusi. plastik. karbon dan lain-lain.1 Pengertian Polusi Air Salah satu dampak negatif kemajuan ilmu dan teknologi yang tidak digunakan dengan benar adalah terjadinya polusi (pencemaran). efek keracunan hingga dapat dilihat di Jepang.3 Bahaya Dari Akibat Polusi Air Bibit-bibit penyakit berbagai zat yang bersifat racun dan bahan radioaktif dapat merugikan manusia. walau tidak ada bahan pencemaran yang masuk. Berada pada tempat dan waktu yang tidak tepat. tidak berbau. Polutan ini dapat merusak kehidupan air sekitar muara sungai dan sebagian kecil laut muara. Banyak jenis kerang-kerangan yang mungkin mengandung zat yang berbahaya untuk dimakan. timah. Sejumlah besar limbah dari sungai akan masuk kelaut. Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencermari lingkungan atau ekosistem 3. Bahanbahan yang berbahaya masuk kelaut atau samudera mempunyai akibat jangka panjang yang belum diketahui. dan sampah organic. Minyak dapat mematikan. uradium. Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman 2. melalui sungai atau dari kapal tanker yang rusak. Karena ini banyak usaha untuk menajaga agar tanah tetap bersih misalnya: 1. energi. pengurainya tidak sempurna dan menyebabkan air berubah warnanya dan berbau busuk. tetraklorida. Darimana polutan itu berasal ? Bagi kita. krom. Pengawasan terhadap penggunaan jenis – jenis pestisida dan zat – zat kimia lain yang dapat . Jika O2 kurang . Bahan-bahan tesebut dapat merusak organ tubuh manusia atau dapat menyebabkan kanker. burung dan hewan laut lainnya. Laut dapat pula tecemar oleh minyak yang asalnya mungkin dari pemukiman. 2. Sesuatu benda dapat dikatakan polutan bila : 1. Berbagai polutan memerlukan O2 untuk pengurainya. Air tersebut mempunyai standar 3 B yaitu tidak berwarna. Polusi adalah peristiwa masuknya zat. sebagai contoh.. Kadarnya melebihi batas normal 2. energi. pabrik.lain. Polusi Air adalah peristiwa masuknya zat. khususnya masyarakat pedesaan sungai adalah sumber air sehari-hari. Semua akhirnya bermuara di sungai dan pencemaran polutan air ini dapat merugikan manusia bila manusia mengkonsumsi air yang tercemar. Sumber polutan dapat berasal dari mana-mana. BAB II PEMBAHASAN 2. benzon. rasa dan warna. Merkuri yang dibuang sebuah industri plastik keteluk minamata terakumulasi di jaringan tubuh ikan dan masyarakat yang mengkonsumsinya menderita cacat dan meninggal. Bahan atau logam yang berbahaya seperti arsenat. unsur atau komponen lain yang merugikan kedalam lingkungan akibat aktivitas manusia atau proses alami. Pemandangan seperti ini kita jumpai pada aliran sungai atau dikolam-kolam. dan tidak beracun. air tanah yang tercemar akan tetap tercemar dalam yang waktu yang sangat lama. 2. air raksa.

banjir genangan dapat diatasi dengan membersihkan air dari penyumbatan yang mengakibatkan air meluap banyak orang mengatakan ” lebih baik mecegah dari pada mengatasi”. Memberikan kesadaran terhadap masyaratkat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih lebih mencintai lingkungan hidupnya 7. Dengan membuat sumur resapan air hujan tersebut. penggunaan bahan dari paving blok (blok – blok adukan beton yang disusun dengan rongga – rongga resapan air disela – selanya.menimbulkan pencemaran 4. dalam merencanakan jalan – jalan lingkungan baik itu program pemerintah maupun swadaya masyarakat sebaiknya memilih material jalan yang menyerap air misalnya. Banjir Bandang dapat diatasi secara meluas dengan didukung berbagai disiplin ilmu 2. Apabila air hujan tidak tertampung dalam sebuah selokan – selokan rumah / talang – talang rumah. Jangan membuang sampah kesungai. buatlah sumur – sumur resapan air hujan sebanyak –banyaknya. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah penataan saluran / drainase lingkjungan pembuatannyapun harus bersamaan dengan pembuatan jalan tersebut 2. Persediaan air bersih dalam tanah disekitar rumah kita cukup baik dan banyak b. Sebaiknya kita berhati-hati dalam menggunakan air.2 Saran Saran yang penulis akan sampaikan : Hindari pemakaian obat pemberantas hama dan serangga secara¬ berlebihan. sebenarnya kita dapat memperoleh manfaat seperti berikut: a. air dapat dialirkan kesumur – sumur resapan. Apabila di halaman pekarangan rumah kita masih terdapat ruang – ruang terbuka. Khusus untuk buangan air limbah rumah tangga. Memperluas gerakan penghijauan 5. Janganlah membuang sampah atau mengeluarkan air limbah rumah tangga (air bekas mandi. Tanah bekas galian sumur dapat dipergunakan untuk menimbun lahan – lahan yang rendah atau meninggikan lantai rumah c. hal ini berlaku pula pada banjir genangan di bawah ini ada sejumlah langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah banjir genangan : 1. Jagalah agar air di lingkungan rumah dan sekitarnya agar tetap bersih¬ dan terhindar dari pencemaran air. Cara lain adalah membuat tanggul di depan pintu masuk rumah kita. Fungsi sumur resapan air ini untuk mempercepat air meresap kedalam tanah. Cara ini sudah umum dilakukan orang hanya teknisnya sering kurang terencana secara mendetail BAB III PENUTUP 3. Melakukan intensifikasi pertanian Adapun cara lain untuk mengatasi polusi air atau yang dikenai dengan sebutan banjir pun ada dua macam 1. Apabila air banjir masuk kerumah mencapai ketinggian 20-50 cm satu – satunya jalan adalah meninggikan lantai rumah kita diatas ambang permukaan air banjir e. dan jika terjadi penimbunan sampah di¬ sungai akan mengakibatkan banjir . karena air itu ada¬ yang terpolusi dan tidak terpolusi. Tindakan tegas terhadap perilaku pencemaran lingkungan 6. buatlah sumur resapan tersendiri d. cucian dan sebagainya) kedalam sumur resapan air hujan karena bisa mencemarkan kandungan air tanah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful