BAB I KONSEP MANUSIA DAN KEBUTUHAN DASAR MANUSIA

A. Konsep Manusia
Manusia dapat ditinjau dari dua sudut pandang yaitu manusia sebagai Makhluk Holistik dan Manusia sebagai Sistem. Manusia adalah makhluk yang utuh dan unik. Sebagai mahluk yang utuh manusia terdiri dari biopsiko sosio dan spiritual. Manusia adalah terdiri dari satu kesatuan yang merupakan karakteristik dan berakal, memiliki sifat-sifat yang unik yang ditimbulkan oleh berbagai macam-macam kebudayaan. Dikatakan unik karena manusia memiliki beragai macam perbedaan dengan setiap manusia lain, mempunyai cara yang berbeda dalam upaya memenuhi kebutuhannya. Manusia sebagai mahluk individu, dimana manusia perbedaan dengan manusia lain dalam salah satu atau beberapa segi meliputi bio- psiko sosio dan spiritual

Manusia Sebagai Makhluk Holistik
Manusia sebagai makhluk holistik merupakan makhluk yang utuh atau paduan dari unsur biologis, psikologis, sosial dan spiritual.  Sebagai makhluk biologis, manusia tersusun atas sistem organ tubuh yang digunakan untuk mempertahankan hidupnya mulai dari lahir, tumbuh kembang hingga meninggal.  Sebagai makhluk psikologis manusia mempunyai struktur kepribadian, tingkah laku sebagai manifestasi kejiwaan dan kemampuan berfikir serta kecerdasan.  Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan manusia lain dalam menjalani kehidupannya, saling bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan dan memenuhi tuntutan hidup, mudah dipengaruhi oleh kebudayaan, serta dituntut untuk bertingkah laku sesuai dengan harapan dan norma yang ada.  Sebagai makhluk spiritual manusia memiliki keyakinan, pandangan hidup dan dorongan hidup yang sejalan dengan keyakinan yang dianutnya.

Manusia Sebagai Sistem
Manusia sebagai system terdiri dari atas system adaptif, personal, interpersonal dan sosial, adapun penjelasannya sebagai berikut:  Sistem adaptif merupakan proses perubahan individu sebagai respons terhadap perubahan lingkungan yang dapat mempengaruhi integritas atau keutuhan.  Sistem personal, manusia memiliki proses persepsi dan bertumbuh kembang.

masyarakat maupun lingkungan pekerjaan. manusia dapat berinteraksi. Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi Antara lain member dan menerima kasih sayang. 2. akan tetapi karena budaya maka kebutuhan tersebut ikut berbeda. tempat tinggal. eliminasi. 5. 3. 4. cairan/minuman. berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain atau lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya. keseimbangan suhu tubuh. Menurut Abraham Maslow Teori Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia tersebut adalah sebagai berikut (dalam Potter dan Patricia. Kebutuhan akan rasa aman dan tentram Kebutuhan rasa aman dan tentram dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. Kebutuhan fisiologis/ dasar Menurut Maslow bahwa kebutuhan fisiologis adalah merupakan kebutuhan yang paling mendasar. Dalam pemenuhan kebutuhan manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada. Ciri Kebutuhan Dasar Manusia: Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat heterogen. rasa percaya diri dan kemerdekaan diri dan juga setiap orang memerlukan pengakuan dari orang lain. Kebutuhan untuk aktualisasi diri Merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow. 1997) : 1. Kebutuhan untuk dihargai Kebutuhan ini terkait dengan keinginan untuk mendapatkan kekuatan. Setiap manusia pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama.  Sistem sosial manusia memiliki kekuatan dan wewenang dalam pengambilan keputusan di lingkungan. Sistem interpersonal. . memiliki sahabat diterima oleh kelompok sosial dan sebagainya. meraih prestasi. nutrisi/makanan. istirahat dan tidur. baik dalam keluarga. dan kebutuhan sexsual. Kebutuhan fisiologis diantaranya yaitu oksigen. Konsep Kebutuhan Dasar Manusia Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. B. berperan dan berkomunikasi terhadap orang lain. mendapatkan kehangatan keluarga.

Homeostasis terdiri atas homeostasis fisiologis dan psikologis. Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia menurut Abraham Maslow C. Homeodinamik Homeodinamik merupakan pertukaran energi secara terus menerus antara manusia dengan lingkungan sekitarnya. . yang secara alamiah tubuh akan melakukan mekanisme pertahanan diri untuk menjaga kondisi agar tetap seimbang. Homeostasis dan Homeodinamik Homeostasis Merupakan suatu proses yang terjadi secara terus-menerus untuk memelihara stabilitas dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitarnya.Gambar 1. Proses homeostasis dapat terjadi apabila tubuh mengalami stress. tetapi terus berinteraksi dengan lingkungan agar mampu mempertahankan hidupnya. Pada proses ini manusia tidak hanya melakukan penyesuaian diri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful