Macam-macam Tanda Pengenal a.

Tanda Umum

Dipakai secara umum oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang sudah dilantik, baik putra maupun putri.
Macamnya : Tanda tutup kepala, setangan / pita leher, tanda pelantikan, tanda harian, tanda WOSM

b. Tanda Satuan Menunjukkan Satuan / Kwartir tertentu, tempat seorang anggota Gerakan Pramuka bergabung.
Macamnya : Tanda barung / regu / sangga, gugusdepan, kwartir, Mabi, krida, saka, Lencana daerah, satuan dan lain-lain.

c.

Tanda Jabatan

Menunjukkan jabatan dan tanggungjawab seorang anggota Gerakan Pramuka dalam lingkungan organisasi Gerakan Pramuka
Macamnya : Tanda pemimpin / wakil pemimpin barung / regu / sangga, sulung,pratama, pradana, pemimpin / wakil krida / saka, Dewan Kerja, Pembina, Pembantu Pembina, Pelatih, Andalan, Pembimbing, Pamong Saka, Dewan Saka dan lain-lain.

d. Tanda Kecakapan Menunjukkan kecakapan, ketrampilan, ketangkasan, kemampuan, sikap, tingkat usaha seorang Pramuka dalam bidang tertentu, sesuai golongan usianya. Macamnya : Tanda kecakapan umum / khusus, pramuka garuda dan tanda keahlian lain bagi orang dewasa.

e.

Tanda Kehormatan

Menunjukkan jasa atau penghargaan yang diberikan kepada seseorang atas jasa, darma baktinya dan lain-lain yang cukup bermutu dan bermanfaat bagi Gerakan Pramuka, kepramukaan, masyarakat, bangsa, negara dan umat manusia. Macamnya :

Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun. Tunas Kencana. Pohon nyiur tumbuh lurus ke atas. Burung garuda pun pantang mundur dan pantang menyerah. Melati. Arti lambang gerakan pramuka 1. Ia terbang menguasai angkasa dan memantau keadaan sendiri. Warna kuning emas melambangkan bangsa yang besar dan berjiwa priyagung sejati. bintang teladan. 3. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. dari akar samapai ujung atas pohonnya. 6. Akar pohon nyiur tumbuh kuat dan erat dalam tanah. Wiratama. Legenda semacam ini juga diabadikan sangat indah oleh nenek moyang bangsa Indonesia pada candi dan di berbagai prasasti sejak abad ke-15. Darma Bakti. . 5. Nyiur dapat tumbuh di mana saja. bintang wiratama. tigor. tetapi dia pun akan menghormati wilayah milik yang lain sekalipun wilayah itu milik burung yang lebih kecil. Orang dewasa : Pancawarsa. bintang tahunan. 4.Peserta didik : Tiska. energik dan dinamis. 2. Burung garuda yang juga punya sifat sangat setia pada kewajiban sesuai dengan budaya bangsa yang dihayati secara turun temurun. tak suka bergantung pada yang lain. karena garuda adalah burung yang penuh percaya diri. Garuda yang merupakan lambang pemberani dalam mempertahankan wilayah. Arti lambang Negara Indonesia Secara tegas bangsa Indonesia telah memilih burung garuda sebagai lambang kebangsaannya yang besar. Nyiur adalah pohon yang serbaguna.