MEMANFAATKAN MIKROBA UNTUK PEMBUATAN PUPUK CAIR ORGANIK YANG MURAH MELALUI PROSES PEMBUATAN EM-4

Cara praktis membuat /membiakkan EM4
(Efektif mikroorganisme yang bermanfaat)

Manfaat EM-4 Pertanian
1.Memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

2.Meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi.
3.Memfermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat (Bokashi). 4.Menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. 5.Meningkatkan keragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah.

JENIS MIKROBA YANG BERPERAN PADA EM4 1. Actinomycetes 4. Ragi 3. Bakteri Asam Laktat 2. Bakteri fotosintetik .

2.Dari EM4 bisa digunakan untuk ↓ 1. 3.membuat kompos.bahan organik.obat-obatan organik maupun fermentasi 4. (misalnya sampah/jerami u/ pakan ternak) .pupuk cair organik.

dedak halus/katul 2 kg. plastik penutup 1 buah. Bahan : Isi perut sapi/isi rumen (bisa juga diganti rumen kambing. kerbau) 2 kg. jerigen 1 buah. . gula pasir/tetes tebu 1 kg/1 lt.CARA PEMBUATAN EM-4 Alat : Ember besar (15 lt) 1 buah. air bersih bukan PAM 10 lt. saringan 1 buah.

. rumen sapi dimasukkan ke dalam ember yg telah berisi larutan diatas ↓ 3. tambahkan air bersih 8 liter. lalu diaduk hingga campuran homogen kira-kira 10 menit.cara pembuatannya sbb : 1. ke dalam ember tadi. siapkan ember plastik kemudian masukkan gula/tetes tebu dan dedak yang dicampur dgn air 2 lt sampai larut ↓ 2.

kemudian tutuplah ember tersebut rapatrapat dengan plastik dan tempatkanlah agak jauh dari sinar matahari langsung. ember dibuka sebentar dan campuran tsb diaduk rata kemudian kembali ditutup rapat ↓ Proses pembuatan EM4 ini berhasil bila campuran berbau tape.4. pada hari ke-4 s/d hari ke 8 . ↓ 5. . Biarkan selama kurang lebih 3 hari.

↓ aplikasikan ke tanah dengan perbandingan 1 : 10.Larutan induk EM4 ini bisa bertahan +. ( 1 ltr EM-4 / 10 ltr air non PDAM ) ↓ disemprotkan ke tanah/tanaman / di kocorkan langsung ke tanah .1 bln dlm suhu ruang.

Cara Mengembang Biakkan Bakteri EM4 (Effective microorganisme) .

panci untuk memasak air.: 3 kg bekatul. Alat-alat yang digunakan adalah : gayung kecil atau cangkir. 5 buah botol. saringan kain. 5 liter air bersih dari sumur.Bahan-bahan yang dipergunakan untuk membiakkan cairan bakteri EM adalah : 1 liter cairan bakteri EM4 yang kita beli dari toko pertanian atau EM4buatan sendiri sbb. 1/4 liter cairan molase (larutan gula). . 1/4 kg terasi. kayu pengaduk.

Cara membuat biakan cairan bakteri EM adalah : masak air bersih dari sumur sampai mendidih. ↓ masukkan terasi. . bekatul dan cairan molase sekaligus semuanya ke dalam panci berisi air mendidih tadi dan diaduk hingga rata.

. ↓ setelah adonan dingin masukkan cairan bakteri EM ke dalam panci berisi adonan tadi dan diaduk hingga merata. Diharuskan mencampurkan bakteri EM setelah adonan dingin karena jika masih suhunya panas akan mematikan bakteri EM yang akan dibiakkan tersebut.↓ dibiarkan campuran atau adonan sampai dingin (suhu kamar).

. dibuka tutup panci dan diaduk rata adonan selama lebih kurang 10 menit dan tutup kembali panci tetapi jangan ditutup terlalu rapat.↓ tutup rapat selama 2 hari dan jangan sampai udara masuk ke dalam panci panci adonan tadi. ↓ pada hari ketiga. lakukan hal yang sama sampai seminggu dan jika menutup panci tidak rapat u/bernafas mikroba.

↓ pengembangbiakan bakteri EM selesai dan berhasil maka sudah dapat diambil dan disaring ke dalam botol untuk disimpan. ↓ simpan botol-botol di tempat yang sejuk tidak terkena sinar matahari langsung dan botol jangan ditutup rapat agar bakteri mendapatkan kebutuhan oksigen. .

Berikut ini cara memanfaatkan limbah urine sapi dan kambing melalui jasa mikroorganisme yg bermanfaat untuk dijadikan pupuk .

Komposisi yang terdapat dalam urine .

Cara melakukan fermentasi 1. urine sebanyak 5-10 liter ditempatkan dalam wadah yang tertutup rapat selama 21 hari. . Kemudian setiap 3-4 hari sekali diadukaduk supaya proses fermentasi berlangsung dengan baik.

Atau bisa juga menggunakan cara lain sbb. Kemudian setiap 3-4 hari sekali diaduk supaya proses fermentasi berlangsung dengan baik. : bisa menggunakan bakteri dari genus Saccharomyces yang banyak terdapat pada mollase/tetes tebu. atau lebih praktis kita campurkan EM-4 yg banyak dijual di pasaran .Cara melakukan proses fermentasi urine 5-10 liter ditempatkan dalam wadah yang tertutup rapat selama 21 hari.

Cara penyampuran degan EM-4 tiap 1 liter urin dicampur dengan 5-10 cc EM-4 ditambahkan 50-100 gram gula merah atau 50 cc mollase/tetes tebu yg berfungsi untuk menyediakan makanan bagi mikroba fermenter dalam melakukan proses fermentasi. ↓ proses fermentasi dapat dipercepat menjadi sekitar 10-14 hari saja. Jangan lupa setiap 3-4 hari diaduk-aduk .

Cara aplikasi pupuk urin untuk tanaman pertanian semusim/perkebunan perbandingannya yaitu 1 : 20. . Aplikasi ke tanaman disemprotkan atau dikocorkan ke pangkal tanaman.( 1ltr urin hsl fermentasi dg 20 ltr air) untuk tanaman keras/perkebunan perbandingan urin nya lebih banyak.

Membuat PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobakteri) .

↓ Bakteri tersebut hidupnya secara berkoloni menyelimuti akar tanaman.PGPR atau Plant Growth Promoting Rhizobakteri adalah sejenis bakteri yang hidup di sekitar perakaran tanaman. Bakteri ini memberi keuntungan dalam proses fisiologi tanaman dan pertumbuhannya. ↓ Bagi tanaman keberadaan mikroorganisme ini akan sangat menguntungkan. .

besi dan tembaga. menambah bakteri dan cendawan yang menguntungkan serta mengontrol hama dan penyakit tumbuhan. 4. meningkatkan ketersediaan nutrisi lain seperti phospat.mampu mengurangi penyakit atau kerusakan oleh serangga. 3. belerang.Fungsi PGPR bagi tanaman yaitu: 1. mampu memacu pertumbuhan dan fisiologi akar 2.memproduksi hormon tanaman. .

10 lt air 6. 100 gr akar bambu 2. 1 kg dedak halus 5. 400 gr gula pasir 3. Penyedap rasa secukupnya .cara pembuatan PGPR adalah: ALAT DAN BAHAN: 1. 200 gr trasi 4.

CARA MEMBUAT Rendam akar bambu dalam air matang dingin 2-4 hari Rebus bahan 2 s/d 6 sampai mendidih selama 20 menit Setelah dingin masukkan semua bahan kedalam jerigen dan tutup rapat Buka dan kocok-kocok sehari sekali Setelah 15 hari PGPR siap digunakan .

CARA MENGGUNAKAN Saring PGPR Campurkan 1 lt PGPR ke dalam air 1 tangki sprayer Semprotkan PGPR tersebut ke lahan yang belum ditanami Ulangi penyemprotan setiap 20 hari sekali .

Sekian. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat .

referensi *Suprapti. Kanisius.. Membuat Terasi. . Yogyakarta. M.L. 2002.