P. 1
Microsoft PowerPoint - MATERI EVALUASI PEMBELAJARAN [Compatibility Mode]

Microsoft PowerPoint - MATERI EVALUASI PEMBELAJARAN [Compatibility Mode]

|Views: 16|Likes:
Published by Eva Citra Dewi

More info:

Published by: Eva Citra Dewi on Mar 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/29/2013

pdf

text

original

LUTFI WIBAWA, M.

Pd

Pendahuluan

Sekilas Pengertian dan Tujuan Pengukuran, Penilaian, Evaluasi Pembelajaran

3/3/2011

Evaluasi Pembelajaran

1

Pengukuran. Penilaian dan Evaluasi • Mengukur Adalah Membandingkan sesuatu dengan satu ukuran tertentu bersifat kuantitatif 3/3/2011 .

• Menilai Adalah Mengambil Suatu Keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. penilaian bersifat kualitatif 3/3/2011 3 .

• Mengadakan evaluasi berarti meliputi kedua langkah di atas. yakni mengukur dan menilai 3/3/2011 4 .

• Artinya ketiga kegiatan tersebut dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan dalam pelaksanaannya harus dilaksanakan secara berurutan 3/3/2011 5 .• Pengukuran. penilaian dan evaluasi merupakan kegiatan yang bersifat hierarki.

Evaluasi • Evaluasi Menurut Suharsimi Arikunto (2004: 1) adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu. yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan 3/3/2011 6 .

Tujuan Evaluasi Pembelajaran Untuk mengetahui taraf efisiensi metode yang di gunakan oleh pendidik Mengetahui seberapa jauh hasil yang telah dicapai dalam proses pembelajaran Mengetahui apakah materi yang di pelajari dapat dilanjutkan dengan bahan yang baru/diulangi 3/3/2011 7 .

3/3/2011 8 .Lanjutan Untuk mengetahui efektifitas proses pembelajaran yang dilaksanakan Untuk mengetahui kesesuaian presepsi dan pemikiran peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengetahui apakah komponenkomponen-komponen dalam proses pembelajaran sudah memberikan kontribusi positif bagi proses pembelajaran.

Mengetahui sejauh mana perkembangan dari pelaksanaan pembelajaran Mengetahui dampak apa yang terjadi dari proses pembelajaran Bahan pertimbangan untuk menentuakan proses selanjutnya agar lebih efektif dan efisien 3/3/2011 9 .

Tugas Mahasiswa Diskusi Kelompok Mendiskusikan Perbedaan • Evaluasi Pembelajaran Dengan Evaluasi Hasil Belajar Mendiskusikan Perbedaan • Evaluasi Pembelajaran Dengan Evaluasi Program Pendidikan Mendiskusikan Perbedaan • Evaluasi Pembelajaran Dengan Evaluasi Pendidikan 3/3/2011 10 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->