KATA PENGANTAR

Assalammu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatu. Puji syukur kami senantiasa panjatkan kehadirat ALLOH SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya lah, kami dapat menyelesaikan salah satu tugas ini yang mana kami memilih contoh Aplikasi Game C++ dengan nama game “Tebak-tebakan”. Berbagai sumber telah kami ambil sebagai bahan dalam pembuatan aplikasi ini, karena kami tentunya belum sangat mampu untuk membuat sebuah Program Aplikasi yang cukup komplek. Akan tetapi kami tetap bisa menjamin tidak semua listing program itu disalin begitu saja, justru kami berusaha untuk mengedit bahkan menambahkan koding-koding lainnya guna lebih user friendly yang tentunya menggunakan skill kita yang masih terbatas. Kami berharap contoh Aplikaasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan kami juga menyadari bahwa dalam pembuatannya baik dalam hal pembutaan dokumen, coding taupun flowchartnya masih banyak kekurangan. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun demi kemajuan dimasa yang akan datang. Wassalam

Tim Penyusun

BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Pembuatan Aplikasi

Untuk itu kami berusaha menyuguhkan GUI yang dapat mudah untuk dimengerti orang banyak serta program tersebut telah menggunakan program yang terstruktur karena memilik Class dan Fungsinya yang lumayan banyak. C++. Basic. Seseorang harus bisa menguasai beberapa kemampuan dalam bidang teknologi sekarang ini. akan tetapi User Intterface yang baik pula. baik hardware maupun software. Alasannya adalah skill kita yang belum bisa menembus hal tersebut.Dengan majunya dunia teknologi sekarang ini dan belajar adalah suatu kebutuhan bagi setiap orang. Akan tetapi itu berhubungan juga dengan adanya tugas yang diberikan untuk membuat suatu program. Apalagi dalam hal ini pembuatan game. dll. Salah satu yang harus dikuasai oleh seseorang itu adalah bisa membuat suatu program. Diagram Alur . baik dengan bahasa pemrogaman C. Dan yang terpenting seseorang itu bisa membuat suatu program dengan baik. 2. meskipun kami sendiri menyadari kalau dilihat dari sisi penampilan output belum cukup memuaskan. tim kami telah membuat program game yang menguji keberuntungan atau insting dengan memasukkan angka. hal tersebutlah yang menjadi dasar utama. Rumusan Masalah Dalam pembuatan aplikasi ini mungkin yang menjadi titik masalah adalah dalam GUI dimana untuk membuat suatu aplikasi itu tidak hanya dibutuhkan pemrograman tersturktur yang baik. Alasan program (game) dibuat adalah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen dan yang paling penting seperti hal diatas yaitu untuk menjadi pembelajaran mahasiswa itu sendiri agar bisa dalam membuat suatu program dengan menggunakan bahasa pemrogaman C++ dan kedepannya mungki bisa lebih baik lagi dari ini. Tentunya sangat wajib untuk bisa menyediakan interface yang baik. Pascal. BAB II ANALISA DAN PEMBAHASAN 1.

a. Kesulitan. 2. Jika memasukan angka 4. BAB III . c. Diagram alur atau flowchar dari aplikasi yang disusun oleh tim adalah sebagai berikut. Jika memasukan angka 5. b. Jelas dalam hal itu akan masuk ke kondisi dimana jika kita menolak maka game selesai atau end. Jika memasukan angka 2. Logika Pembahasan Flowchart Pertama kita memulai.Diagram alur atau Flowchart merupakan sesuatu yang mutlak ketika kita ingin membuat sebuah aplikasi. maka memiliki Limit atau Nyawa atau Kesempatan menebak angka = 5 dan range angka dari 0-20 (Gampang). e. apapun jenis dari bahasa pemroramannya. d. maka memiliki Limit atau Nyawa atau Kesempatan menebak angka = 5 dan range angka dari 0-50 (Sangat Sulit). Jika memasukan angka 1. Setelah itu user langsung bisa menebak angka tersebut dengan syarat jika angka tersebut sama dengan mesin random dan belum sampai pada batas limit maka user dinyatakan Menang dan kembali ke awal dan menanyakan apakah user akan memulai ulang lagi game. Limit=5 dan Acak. maka memiliki Limit atau Nyawa atau Kesempatan menebak angka = 5 dan range angka dari 0-10 (Sangat Gampang). Dimana variable ini logikanya untuk menanyakan tingkat kesulitan yang harus dipilih oleh user dan bernilai seperti dibawah ini. setelah itu kita deklarasikan empat variabel yaitu variable Mulai. Akan tetapi jika tidak memenuhi syarat atau limit lebih dari yang sudah ditentukan maka user dinyatakan Kalah dan kembali ke looping apakah user akan memulai ulang permainan. Dalam flowchart kita bisa mengetahui alur dari game tersebut. Jika memasukan angka 3. Setelah itu kita masuk ke inputan variable Mulai dimana logikanya adalah inputan ini untuk menanyakan apakah si user yang memainkan program game ini setuju untuk memainkan game. maka memiliki Limit atau Nyawa atau Kesempatan menebak angka = 5 dan range angka dari 0-30 (Normal). maka memiliki Limit atau Nyawa atau Kesempatan menebak angka = 5 dan range angka dari 0-40 (Sulit). Sedangkan opsi selanjutnya yaitu bagaimana jika si user setuju untuk memainkan program game ini? Maka jelas pula game akan meminta user untuk menginput lagi variable Kesulitan.

InsyAlloh. Akan tetapi batas kemampuan kami yang terbatas dan baru bisa sebatas ini. BAB IV LAMPIRAN Listing Program . Akan tetapi kami tidak akan surut uuntuk terus berjuang untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat tidak hanya uantuk diri kami pribadi bahkan untuk masyarakat abhkan bangsa dan Negara. Aplikasi game ini pun sebenarnya masih bisa dikembangkan lebih jauh lagi supaya bisa lebih menari. dimana hal tersebut langsung berinteraksi dengan si pengguna. akan tetapi tidak cukup hanya itu program aplikasi yang bagus juga kadang dinilai dari GUI.KESIMPULAN Dalam membuat suatu program aplikasi yang baik adalah dengan menggunakan pemrograman yang terstruktur yaitu adanya class dan fungsi.