Pengamatan Sel

Tujuan : Mengamati Bentuk sel-sel gabus Alat dan Bahan : 1. Mikroskop 2. pisau silet 3. pinset 4. kaca benda dan penutupnya 5. pipet tetes 6. air 7. gabus tutup termos air atau gabus batang singkong (bagian tengah batang singkong) Cara Kerja : 1. irislah gabus kayu berkali-kali, dengan menggunakan silet yang tajam hingga di ...dapatkan irisan yang sangat tipis dan transparan 2. Letakkan irisan gabus kay tersebut tersebut diatas kaca benda 3. Tambahkan satu tetes air dan tutup dengan kaca penutup

4. Amati preparat dibawah mikroskop dengan perbesaran lemah, kemudian ...pembesaran kuat 5. Gambar dan amati bagian-bagian yang tampak di bawah mikroskop

Pertanyaan! 1. Berdasarkan hasil pengamatanmu pada preparat irisan gabus, bagaimanakah ...bentuk sel gabus? 2. Apakah sel gabus memiliki inti sel atau nukleus? Jelaskan jawabanmu!

Tutup dengan kaca penutup 5. bawang merah 8. Bandingkan gambar hasil pengamatanmu dengan gambar dibawah ini.3.dan pada sisi kiri tambahkan larutan metilen blue . Pada sisi kanan dari kaca penutup tempelkan kertas tissue untuk menyerap air.terdapat perbedaan? 6. apakah . Rumuskan keimpulanmu tentang percobaan ini! BENTUK SEL Tujuan : 1. Potong umbi bawang merah secara vertikal menjadi empat potongan 2.. pipet tetes 5.. Mikroskop 6. pisau atau silet 4. Bagian-bagian apa saja yang dapat di amati dengan mudah dari preparat gabus? 4. Membedakan bentuk sel tumbuhan dan sel hewan 3. Mengidentifikasi struktur sel tumbuhan dan hewan Alat dan bahan : 1. kaca benda dan penutupnya 3.. Ambil satu lapisan umbi dan lepaskan epithel bagian dalamnya 3. Letakkan epithel tersebut di atas kaca benda yang telah ditetesi air 4.. . epithel pipi Cara Kerja : Membuat preparat bawang merah 1. daun Rhoeo discolor (adam hawa) 9. Mengapa sel gabus disebut juga sel mati? jelaskan jawabanmu! 5. mengetahui macam-macam bentuk sel 2. larutan metilen blue 7. tusuk gigi 6. 2.

6. kemudian dengan perbesaran kuat 6. Langkah-langkah kerjanya sama dengan cara pembuatan epithel bawang merah. amati dengan perbesaran lemah. Ambil satu batang tusuk gigi yang bersih 8. gambar dan amati bagian-bagaian yang tampak Membuat preparat epithel pipi 7. 15. kemudian dengan perbesaran kuat 13.dan pada sisi kiri tambahkan larutan metilen blue. 12. Keruklah bagian dalam dari pipi dengan menggunakan tusuk gigi 9. gulir-gulirkan tusuk gigi tersebut pada kaca benda yang telah ditetesi air 10.. amati dengan perbesaran lemah. 14. Cara mendapatkan epithel daun adam hawa adalah dengan menyobek daun adam hawa secara menyerong. Bagian tipis yang tersisa diambil sebagai objek pengamatan Data Hasil Pengamatan .. tutup dengan kaca penutup 11. Gambar dan amati bagian-bagian yang tamapak Membuat preparat epithel daun adam hawa 13.. Pada sisi kanan dari kaca penutup tempelkan kertas tissue untuk menyerap air .

.Apakah fungsi larutan tersebut? 5...apa yang tampak jelas antara keduanya! 3. Bandingkan struktur sel epithel bawang merah dengan sel epithel pipi. Bagaimanakah bentuk-bentuk sel dari masing-masing preparat? 2....Pertanyaan: 1. Sebutkan bagian-bagian sel yang tampak dari hasil pengamatanmu dan sebutkan .fungsinya! 4.. Rumuskan kesimpulanmu tentang eksperimen ini . perbedaan . Mengapa untuk pengamatan sel seperti diatas menggunakan larutan metilen blue.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful