KELOMPOK VI

Muhammad Kalvin Susi Arliyani Toni Irwasya Arif Fitroh Boby Robson Yuni Lisafitri E1B042001 E1B050002 E1B050019 E1B050037 E1B050044 E1B050052

PROSES PEMBENTUKAN LAHAN GAMBUT DAN KLASIFIKASINYA .

PENDAHULUAN  Latar Belakang  Apa itu tanah GAMBUT (peat soil= Organosol= Histosol)  Bagaimana keadaan tanah gambut di Indonesia  Tujuan untuk memberi pengetahuan tentang kajian mengenai landform Gambut (Peat Landform). . dan memberikan gambaran bagaimana proses terbentuknya landform ini.

 Rumusan Masalah Pada makalah ini kami akan mencoba untuk menjelaskan dan membahas Proses terjadinya landform lahan gambut .

PEMBAHASAN  Lahan Gambut  Keadaan tanah gambut secara umum : .

 HUTAN rawa gambut tropika pada saat ini menjadi perhatian dunia internasional karena setiap tahun terbakar dan diubah menjadi kawasan pertanian dan permukiman untuk transmigrasi.  Penelitian Anshari dan kawan-kawan (2001) menunjukkan bahwa hutan rawa gambut dalam TN Danau Sentarum merupakan gambut tropika tertua karena mencapai 30.  Menurut hasil penelitian Anderson dan Muller (1975) hutan rawa gambut yang terdapat di sepanjang garis pantai Borneo dan Sumatera berasal dari hutan rawa air tawar dan bakau.000 tahun umurnya. .

Contoh lahan gambut: .

 Sejarah dan Proses pembentukan lahan gambut: .

.

.

. 5. letak gambut terhadap kedudukan air tanah (apakah gambut diendapkan di dalam atau di atas air tanah. Untuk membuat suatu klasifikasi ada beberapa azas yang perlu diperhatikan yaitu: 1. 3. susunan dan cara pergantian vegetasi yang menyusun gambut. 2. susunan vegetasi yang hidup di atas gambut.Klasifikasi Gambut  . 4. apakah gambut tersebut terbentuk setempat (autochton) atau terbentuk di lain tempat dan terangkut ke tempat tersebut (alochthon). kadar bahan mineral di dalam bahan gambut.

gambut topografi 2. Klasifikasi Lahan Gambut : Berdasarkan iklim dan topografi .gambut topografi-iklim .gambut iklim .Gambut Topogin . 1.Gambut Soligin .Gambut Ombrogin . Berdasarkan iklim menurut Von post .

gambut autochton : gambut lachustrin. phreatis . fluviatil.3. Berdasarkan sumber air menurut Van Baren .gambut olochton : gambut sebagian terangkut dan terangkut lengkap 4. Berdasarkan geologi dan geografi menurut Lorie .

 Klasifikasi Lain: Lahan gambut dangkal Lahan gambut sedang Lahan gambut dalam Lahan gambut sangat dalam .

Thank’s for your attention .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful