KELOMPOK VI

Muhammad Kalvin Susi Arliyani Toni Irwasya Arif Fitroh Boby Robson Yuni Lisafitri E1B042001 E1B050002 E1B050019 E1B050037 E1B050044 E1B050052

PROSES PEMBENTUKAN LAHAN GAMBUT DAN KLASIFIKASINYA .

PENDAHULUAN  Latar Belakang  Apa itu tanah GAMBUT (peat soil= Organosol= Histosol)  Bagaimana keadaan tanah gambut di Indonesia  Tujuan untuk memberi pengetahuan tentang kajian mengenai landform Gambut (Peat Landform). . dan memberikan gambaran bagaimana proses terbentuknya landform ini.

 Rumusan Masalah Pada makalah ini kami akan mencoba untuk menjelaskan dan membahas Proses terjadinya landform lahan gambut .

PEMBAHASAN  Lahan Gambut  Keadaan tanah gambut secara umum : .

 Menurut hasil penelitian Anderson dan Muller (1975) hutan rawa gambut yang terdapat di sepanjang garis pantai Borneo dan Sumatera berasal dari hutan rawa air tawar dan bakau. .  Penelitian Anshari dan kawan-kawan (2001) menunjukkan bahwa hutan rawa gambut dalam TN Danau Sentarum merupakan gambut tropika tertua karena mencapai 30. HUTAN rawa gambut tropika pada saat ini menjadi perhatian dunia internasional karena setiap tahun terbakar dan diubah menjadi kawasan pertanian dan permukiman untuk transmigrasi.000 tahun umurnya.

Contoh lahan gambut: .

 Sejarah dan Proses pembentukan lahan gambut: .

.

.

Untuk membuat suatu klasifikasi ada beberapa azas yang perlu diperhatikan yaitu: 1. letak gambut terhadap kedudukan air tanah (apakah gambut diendapkan di dalam atau di atas air tanah. kadar bahan mineral di dalam bahan gambut. 4. . apakah gambut tersebut terbentuk setempat (autochton) atau terbentuk di lain tempat dan terangkut ke tempat tersebut (alochthon). 5. susunan dan cara pergantian vegetasi yang menyusun gambut. susunan vegetasi yang hidup di atas gambut. 2. 3.Klasifikasi Gambut  .

Gambut Topogin .Gambut Ombrogin . Berdasarkan iklim menurut Von post . Klasifikasi Lahan Gambut : Berdasarkan iklim dan topografi .Gambut Soligin . 1.gambut iklim .gambut topografi-iklim .gambut topografi 2.

phreatis .gambut autochton : gambut lachustrin.3. fluviatil.gambut olochton : gambut sebagian terangkut dan terangkut lengkap 4. Berdasarkan sumber air menurut Van Baren . Berdasarkan geologi dan geografi menurut Lorie .

 Klasifikasi Lain: Lahan gambut dangkal Lahan gambut sedang Lahan gambut dalam Lahan gambut sangat dalam .

Thank’s for your attention .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful