Diajukan Untuk memperoleh Bantuan Dana Dukungan Lembaga Kursus dan Pelatihan Dari Direktorat Pembinaan Kursus dan

Kelembagaan Direktorat Jendral PLS Depdiknas di Jakarta

Alamat : Jl. Raya Palur Gg. Sidobejo ) (0271)825523 Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun 2007 PEMERINTAH KABUPATEN KARANGANYAR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN Alamat : Jalan. Lawu Komplek Perkantoran Cangakan ((0271) 495041 – 495014 Fax. 494522 * 57712 KARANGANYAR SURAT REKOMENDASI Nomor : / / 2007

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Subdin Dikluseporabud Dinas P dan K Kabupaten Karanganyar memberikan ijin /Rekomendasi kepada : N a m a : LPK Pioneer Alamat : Jl. Raya Palur, Gg. Sidobejo Rt. 01/III, Ngringo, Jaten Telp/ HP : 0271 – 825523 Untuk mengajukan Proposal Usulan Dana Bantuan Dukungan Lembaga Kursus dan Pelatihan Tahun 2007 Ke Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Direktorat Jendral PLS Depdiknas di Jakarta, dengan pertimbangan sebagai berikut : 1. Program yang diusulkan adalah layak dan memenuhi kriteria yang ditetapkan. 2. LPK Pioneer yang akan menyelenggarakan program telah memiliki pengalaman dan daya dukung yang sangat baik. 3. Kegiatan yang diusulkan untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat luas. 4. Menyampaikan laporan secara berkala dan laporan akhir setelah selesai pelaksanaan program. Demikian Rekomendasi ini untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Karanganyar, Nopember 2007 Kepala Subdin Dikluseporabud Dinas P dan K Kab. Karanganyar

Dra. YULI ASTUTI, M.M. NIP. 500069070 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat, bimbingan, dan petunjuk-Nya, sehingga kami dapat menyusun proposal Program Dukungan Lembaga Kursus dan Pelatihan tahun 2007. Proposal ini kami susun untuk kami haturkan kepada Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Direktorat Jenderal PLS, Depdiknas di Jakarta, agar LPK Pioneer mendapatkan dana dukungan lembaga kursus dan pelatihan. Alokasi dana tersebut nantinya akan kami gunakan untuk menjamin mutu kelembagaan dan lulusan kursus sehingga nantinya mampu bersaing dalam merebut peluang kerja nasional dan global. Selama ini LPK Pioneer sedang giat-giatnya melaksanakan program peningkatan mutu yang mencakup, mutu kelembagaan, mutu sumber daya manusia, baik yang berstatus sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan. Aspek yang dikembangkan dalam peningkatan mutu kelembagaan dan SDM mencakup peningkatan kualifikasi, kompetensi, sertifikasi, penghargaan, kesejahteraan dan perlindungan. Untuk itu lewat proposal ini kami memberanikan diri untuk mengajukan dana Dukungan Lembaga Kursus dan Pelatihan sebesar Rp. 30.000.000. ( tiga puluh juta rupiah), untuk dipergunakan sebagai (1) Biaya Personal (WB) 20 %; (2) Biaya Operasional 20 %; (3) Biaya Investasi 60 %. Akhirnya semoga proposal ini disetujui, andaikata ada data dan informasi yang masih diperlukan, kiranya kami tidak berkeberatan untuk memenuhinya. Semoga pengalokasian dana dukungan lembaga kursus dan pelatihan ini dapat lebih memperkuat keberadaan kelembagaan LPK Pioneer, Amin.

Jaten, Nopember 2007

Mengetahui Kepala Subdin Dikluseporabud Penyelenggara Dinas P dan K Kab. Karanganyar LPK Pioneer

Dra. YULI ASTUTI, M.M. W.W. PRAYITNO NIP. 500069070 RINGKASAN PROPOSAL No Bagian Uraian 1. Nama Kegiatan Program Dukungan Lembaga Kursus dan Pelatihan 2. Lembaga Pengusul LPK Pioneer 3. Alamat Jl. Raya Palur, Gg. Sidobejo, Rt 01/III, Ngringo, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah Tlp. 0271-825523 HP. 081222971114 4. Program dukungan Lembaga kursus dan Pelatihan a. Kursus Multimedia b. Kursus Komputer c. Kursus Akuntansi d. Kursus Autocad e. Kursus Mengetik f. Kursus Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang g. Kursus Elektronika h. Kursus Sempoa i. Bimbingan Belajar SD, SMP dan SMA j. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) k. Kesetaraan Paket A, B dan C 5. Berdiri tahun 1982 6. Legalitas Ijin No. 11 / Ikin.Dikl/IV/2002 Dinas Pendidikan Karanganyar, Jawa Tengah 7. No. Rekening 2-123-00849-6 BPD Capem Palur Karanganyar 8.

e. 70% praktek ) 10) Lokasi LPK mudah dijangkau peserta didik dan Instruktur 10.Tujuan Program 1. serta meningkatkan pengetahuan. utamanya dalam jaringan pemasaran dan penyaluran lulusan. 9. dan profesionalisme manajemen dukungan lembaga kursus dan pelatihan. Meningkatkan kapasitas lembaga kursus dan pelatihan untuk memenuhi standar kelembagaan kursus dan pelatihan ketrampilan. 2. b. sertifikasi. Meningkatkan perlindungan terhadap semua komponen yang ada di LPK Pioneer. sehingga mampu memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik pada masyarakat. kualitas. pengangguran. 20 % kecakapan akademik. Meningkatkan peran LPK Pioneer dalam memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tergolong kurang mampu. sehingga mampu merebut peluang kerja pada perusahaan/dunia industri dengan penghasilan yang layak atau mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Peserta /warga belajar . Kriteria Lembaga 1) Memiliki ijin operasional atau berbadan hukum 2) Berorientasi pada kursus pendidikan kecakapan hidup dan atau ketrampilan 3) Memiliki jaringan kemitraan dengan dunia industri dan atau dunia usaha. Tujuan Umum a. ketrampilan dan sikap warga masyarakat agar memiliki bekal untuk dapat bekerja atau usaha mandiri dan mendapatkan mata pencaharian. Meningkatkan kemampuan. Tujuan Khusus a. Meningkatkan Kualifikasi. ( 30% teori. d. Meningkatkan Mutu Kelembagaan dan SDM Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di LPK Pioneer. dan putus sekolah sehingga memiliki kompetensi tertentu sebagai modal untuk meningkatkan kualitas hidupnya. 4) Memiliki cukup pengalaman dalam pembelajaran kecakapan hidup 5) Memiliki cukup pendidik dan tenaga kependidikan yang professional 6) Memiliki sarana dan prasarana yang memadai 7) Memiliki manajemen yang sehat dan tercatat secara transparan 8) Bersedia menambah atau menyediakan dana yang dibutuhkan 9) Sanggup membelajarkan dengan muatan kurikulum sebagai berikut : 10 % kecakapan personal dan social. f. 70% kecakapan vocasional/ ketrampilan. Memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat agar memiliki kompetensi yang diperlukan dalam dunia usaha atau dunia kerja sesuai dengan jenis kursus yang diikuti. Kompetensi. penghargaan dan kesejahteraan tenaga pendidik dan warga belajar c.

Berasal dari keluarga kurang beruntung 3. melakukan analisis kebutuhan peserta 5. melakukan pemetaan kondisi sosial. Termasuk usia produktif ( 15-44 tahun) dan belum memiliki ketrampilan untuk bekal mencari nafkah 2. (4) menyiapkan lokasi/tempat praktek. 2. 6. melakukan pendampingan dan bimbingan pada peserta didik 10. 100% warga belajar berhasil menyelesaikan kegiatan pembelajaran dengan hasil baik. melakukan evaluasi kegiatan pelatihan 8. Memiliki minat dan motivasi untuk memiliki ketrampilan agar dapat bekerja atau usaha mandiri 11. Lokasi Kegiatan Palur. (5) keperluan lain yang diperlukan untuk pelatihan. Jumlah warga belajar yang akan menyelenggarakan usaha mandiri sebanyak sebesar 30% Untuk Lembaga : 1) Kelembagaan LPK semakin kuat dan dapat dipercaya oleh masyarakat 2) Kualifikasi lembaga dan tenaga kependidikan semakin solid 3) Kompetensi Tenaga pendidik di LPK semakin profesional dan jumlahnya mencukupi. ekonomi dan pendidikan daerah sasaran 2. mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pelatihan (teori dan praktek) meliputi kegiatan sebagai berikut : (1) menyusun silabi/kurikulum. 13. 4) LPK memiliki sertifikasi lembaga dan warga belajar memiliki sertifikasi yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan 5) LPK Mendapatkan penghargaan dan kesejahteraan tenaga pendidik dan warga belajar semakin meningkat 6) Meningkatkan perlindungan terhadap semua komponen yang ada di LPK Pioneer. melakukan sosialisasi kepada kelompok sasaran dengan menggunakan media yang cepat dan mudah dipahami oleh masyarakat. Jumlah warga belajar yang akan disalurkan untuk bekerja pada dunia usaha/industri (DUDI) sebanyak sebesar 70% 4. menyusun pelaporan kegiatan 9. melakukan pelatihan di kelas dan praktek 7. Tidak sedang sekolah dan tidak bekerja diutamakan lulusan paket B dan C ada 4. 3. . Tahapan kegiatan 1. menyalurkan peserta didik pada usaha sejenis dan membimbing sebagian peserta untuk membuka usaha 12 Hasil yang akan dicapai Untuk Warga belajar : 1. melakukan seleksi dan rekruitmen calon peserta 4. (2) bahan ajar. Karanganyar. Jawa Tengah 14.1. (3) media belajar. Tingkat kompetensi yang dikuasai oleh warga belajar semakin baik 3.

..................... Peserta Didik........... Latar Belakang....................................................... 2 BAB II PROGRAM PENINGKATAN MUTU MANAJEMEN...................... Tujuan...................... 10 G......................................................................................................(tiga puluh juta rupiah) DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL........................................................................................................................................................... 8 F........................ 7 E..............000.................................... Organisasi Pelaksana....... Sarana Prasarana...... iv DAFTAR ISI............000... Dasar... Tenaga Pendidik...................................................................................................................... ii KATA PENGANTAR.............................................................................................................................................................................. i SURAT REKOMENDASI................................................................................................................................................. Proses Kegiatan Kursus di LPK Pioneer......................................................................... 30............. 2 C.................... 6 D...................................................................... Kemitraan Yang dimiliki......................................................... 1 B.. 12 . Jadwal Program Kegiatan.................... Langkah-langkah Pelaksanaan Kegiatan................Jumlah Anggaran Rp................................................................................. 1 A......... iii RINGKASAN PROPOSAL................................. 4 B.............. 4 A......... 5 C................................................................................................................................ viii BAB I PENDAHULUAN.......... 11 H...............................................................

....... 17 C................. Program Kegiatan dan Pemanfaatan Anggaran.... Materi.. rendahnya tingkat daya saing global sektor industri....................................... Strategi Pembelajaran............... Hasil Yang Ingin Dicapai....................................................... 20 B...... Daftar Nama Calon Peserta Didik 5................................................................................ Malaysia (NVTC) tentang sistem standar kompetensi kerja..................................... 21 BAB V PENUTUP........................ Walaupun sangat pahit harus diakui bahwa para lulusan kursus dan pelatihan tidak memiliki ketrampilan yang dibutuhkan oleh industri............................ Australia (ANTA)..................................... Daftar Inventaris/Peralatan Kursus Yang dimiliki 7.................... informasi dan komunikasi global....... hal ini dibuktikan dengan rendahnya tingkat kemampuan daya saing SDM Indonesia dibandingkan dengan negara lain............ Teknik Penilaian / Uji Kompetensi.................... Foto Kopi Badan Hukum dan Ijin Penyelenggaraan 2................................ Memasuki era teknologi..I........ Pola pembelajaran kursus dan pelatihan yang ada dimasyarakat selama ini lebih memfokuskan pada .................... 19 BAB IV HASIL DAN INDIKATOR PENCAPAIAN HASIL...... 14 BAB III PROGRAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN PEMBELAJARAN KURSUS.. LATAR BELAKANG Kondisi saat ini negara kita mengalami keterpurukan yang luar biasa.................................................................. mau tidak mau harus diakui bahwa Pemerintah di Jawa Tengah sangat prihatin dengan rendahnya tingkat kemampuan daya saing SDM di Jawa Tengah......... 20 A.. Tindak Lanjut....... Indikator Pencapaian Hasil............ Belum lagi pandangan industri terhadap sistem kursus dan pelatihan yang dilaksanakan oleh sistem pendidikan non formal.................. Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 4. Foto-foto Dokumentasi 6.................................................................................. 16 B..... Daftar Warga belajar yang telah dibelajarkan BAB I PENDAHULUAN B......................... 23 LAMPIRAN-LAMPIRAN : 1.. Foto Copi Rekening dan NPWP Lembaga 3....................................... 18 D.................. 13 J........ hasil yang diperoleh para lulusan tidak dapat dipercaya..................... 15 A. Manajemen Mutu Penyelenggaraan..... para pendidik pendidikan non formal kurang memiliki pengalaman di industri dan tidak tahu ketrampilan yang dibutuhkan oleh industri.............. negara kita tertinggal 13 tahun dengan negara-negara seperti Philipina (TESDA).................

D. serta meningkatkan pengetahuan. Meningkatkan Mutu Kelembagaan dan SDM Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di LPK Pioneer. b. Tentang Izin Menyelenggarakan Kursus 4. 2. sertifikasi. Mereka lupa atau mengabaikan asfek-asfek lainnya. Lembaga kursus perlu meningkatkan kapasitas manajemen dukungan lembaga. Hal-hal di atas yang menjadikan LPK Pioneer Palur. Meningkatkan Kualifikasi. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidikan. ketrampilan dan sikap warga masyarakat agar memiliki bekal untuk dapat bekerja atau usaha mandiri dan mendapatkan mata pencaharian. Meningkatkan perlindungan terhadap semua komponen yang ada di LPK Pioneer. dengan harapan bantuan tersebut akan kami gunakan untuk meningkatkan peran lembaga dalam memberikan pelayanan pendidikan dan pelatihan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masayarakat. Meningkatkan kemampuan. sehingga mampu merebut peluang kerja pada perusahaan/dunia industri dengan penghasilan yang layak atau mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. kualitas. kalangan industri dan lain-lain. UUD RI No. Para penyelenggara kursus sering membanggakan lembaganya yang lebih berat pada komposisi praktis. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 2. d. target kerja. tentu masih banyak sekali kecakapan yang dibutuhkan untuk kelak mereka mampu membangun kegiatan usahanya. 23 April 2002 Dinas Pendidikan Karanganyar. kecakapan dalam pemasaran. Padahal untuk menjadi karyawan sebuah pabrik saja mereka perlu memahami peraturan kerja. dan profesionalisme manajemen dukungan lembaga kursus dan . Tujuan Khusus a. kemampuan bekerja sama dengan sesama pegawai dan lain-lain. kecakapan melihat peluang usaha dan lain-lain. kecakapan membangun kerjasama (kemitraan). sehingga kemampuannya semakin profesional dan dalam memberikan pelayanan kursus dan latihan kepada masyarakat semakin baik. penghargaan dan kesejahteraan tenaga pendidik dan Peserta didik c. Jawa Tengah. DASAR 1. kecakapan memotivasi diri. Kompetensi.Dikl/IV/2002. Program Kerja LPK Pioneer Tahun 2007. TUJUAN 1. 3. Tujuan Umum a. C. Memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat agar memiliki kompetensi yang diperlukan dalam dunia usaha atau dunia kerja sesuai dengan jenis kursus yang diikuti. Banyak potensi lain yang bisa dikembangkan agar orang bisa berhasil dimasyarakat. yang gilirannya lulusan LPK Pioneer akan dibutuhkan oleh pengguna tenaga kerja. misalnya kecakapan mengelola usaha. Untuk keluar dari permasalahan di atas sangat sulit dan memerlukan kerja keras dan dana yang tidak sedikit. 11 / Ijin. Jaten Karanganyar untuk mengajukan dana bantuan kelembagaan kursus dan pelatihan. Ijin No. Apalagi lembaga kursus yang memproyeksikan lulusannya agar mampu berwiraswasta. bahwa keberhasilan seseorang untuk melaksanakan perannya dimasyarakat tidak hanya ditentukan dari ketrampilannya saja.pentingnya penguasaan ketrampilan saja.

dan putus sekolah sehingga memiliki kompetensi tertentu sebagai modal untuk meningkatkan kualitas hidupnya. e. Meningkatkan peran LPK Pioneer dalam memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tergolong kurang mampu. f. pengangguran. maka berikut kami gambarkan tahapan kegiatan penyelenggaraan kursus di LPK Pioneer: Ditjen PLS LPK Pioneer . sehingga mampu memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik pada masyarakat. sehingga mampu merebut peluang kerja pada perusahaan/industri dengan penghasilan yang wajar atau supaya mampu menciptkan lapangan kerja sendiri. BAB II PROGRAM PENINGKATAN MUTU MANAJEMEN A.pelatihan. Proses Kegiatan Kursus di LPK Pioneer Dalam upaya memberikan layanan pendidikan bagi warga masyarakat agar memiliki kompetensi yang diperlukan dalam dunia usaha atau dunia kerja sesuai dengan jenis kursus yang diikuti. Meningkatkan kapasitas lembaga kursus dan pelatihan untuk memenuhi standar kelembagaan kursus dan pelatihan ketrampilan.

sasaran promosi Materi.Klp. Magang dll Kursus Ketrampilan Potensi Unggulan lokal Ketrampilan Teknis kemampuan dasar mengelola usaha peluang kerja. pembelajaran. sarana & prasarana. Langkah-Langkah Pelaksanaan Kegiatan No Kegiatan Sasaran Kegiatan Waktu 1 Persiapan Koordinasi lembaga Pimpinan lembaga Minggu 1 Sosialisasi program Pimpinan & staf Minggu 1 Inventarisir kegiatan Koordinator program teknis Minggu 2 Inventarisir sarana prasarana pendukung Koordinator program teknis Minggu 2 . proses. Mandiri Uji Sertifikasi PESERTA DIDIK Perijinan Usaha Lulusan Kursus Unggulan pasar Kerja Nasional/ Internasional Penghasilan Warga Meningkat Pelaporan Pengelolaan dan Pendampingan B. Produktifitas. dunia industri optimalisasi SDM.

Pengelola rumpun pendidikan Minggu 4 Peningkatan mutu lulusan dengan pemagangan Pimpinan dan Mitra Bulan ke 2 . Booklet. Banner. Spanduk. Baleho. Diklat Kewirausahaan b. untuk memperkuat kelembagaan a. Kerjasama dengan lembaga Swadaya LSM yang peduli terhadap rekruitmen dan pendataan keluarga . d. NST Bulan ke 10 Review program di lapangan Penempatan lulusan Bulan ke 10-11 C. Peserta didik 1. Dilakukan promosi dengan menggunakan : Leafleat. Rekruitmen peserta didik dilakukan dengan menggunakan metode sebagai berikut : b. c. Diberikan Beasiswa ( kursus gratis ). bagi keluarga yang kurang mampu. NST.2 Pelaksanaan Pengadaan Bahan Peralatan Pendukung untuk memperkuat lembaga Panitia Minggu 3 Pelatihan (SDM).10 3 Tindak lanjut Evaluasi manajemen Pimpinan & staff Triwulan Evaluasi /Sertifikasi Tutor. penganggur yang memiliki semangat yang tinggi untuk merubah diri. Rekruitmen Peserta didik a. dan iklan di media masa. Pelatihan Komputer User Office Pimpinan Tutor.

SMA f. kecuali sasaran PAUD c. Tenaga Pendidik 1. DO SMP. Dari kalangan pengusaha atau dunia industri yang bisa membantu lulusan dalam penempatan kerja 2. Rumpun Jasa : 5 peserta didik c. Dari mitra kerja dan praktisi bisnis 4. Mempunyai Sertifikasi profesi yang diakui secara nasional dan global a. Berkeinginan kuat untuk dapat ikut pembelajaran dan ingin bekerja pada sebuah lembaga Industri atau dunia kerja e.miskin dan pengangguran 2. Mengikuti pendaftaran karena melalui proses promosi d. Dari keluarga miskin. menganggur. Mendapat rekomendasi dari LSM maupun Keterangan dari Desa/kelurahan 3. Jumlah Tenaga Pendidik yang akan melakukan pelatihan agar LPK semakin kuat. Usia Produktif umur 15-34 tahun. Rekruitmen pendidik dilakukan dengan menggunakan metode tes dan kemampuan sertifikasi yang dimiliki b. Rumpun Bahasa : 5 peserta didik b. Jumlah Peserta didik yang akan dilatih untuk memperkuat kelembagaan sebanyak 20 orang diambil dari berbagai kursus yang ada di pioneer : a. Diambil melalui akademisi atau pakar yang peduli terhadap dunia PNF c. Akademisi dari lembaga PT atau lembaga pendidikan d. Praktisi yang bisa mengakses Peserta didik untuk mandiri d. Kriteria Peserta didik adalah sebagai berikut : b. Berpengalaman dalam proses pembelajaran b. Berasal dari Lulusan Paket C dan Paket B g. Teknik dan Perambahan : 10 peserta didik D. Rekruitmen Pendidik Pendidik direkrut melalui hal-hal sebagai berikut : a. Kriteria Peserta didik a. mandiri. lulusannya bisa berarti bagi masyarakat : . Kriteria Pendidik Kriteria pendidik yang direkrut oleh LPK Pioneer adalah pendidik yang memenuhi syarat sebagai berikut : a. Mempunyai jaringan kerja di dunia industri dan pemagangan c.

Pendidik Rumpun Jasa : 2 orang c.KARANGANYAR TAHUN 2007 PENYELENGGARA W. Pendidik dari Rumpun Bahasa : 1 orang b.S. Pendidik Teknik dan Perambahan : 2 orang pasar Kerja Nasional/ Internasional E.T 1.a. Anik . Organisasi Pelaksana 1. PRAYITNO SEKRETARIS CAHYO SURYANI BENDAHARA ADIARNI TUTOR Kristanto Edi Nur Cahyo N. Struktur Organisasi STRUKTUR ORGANISASI LPK PIONER PALUR. Ahmad 4.W. Suyatno 3. Hariyanto 2.

Prayitno 2. Penanggungjawab : W. Bendahara Program : Adiarni 4. Teknik dan Perambahan : Rahmat 5. Instruktur/ Tutor :Adiarni. Pengelola Program : Yudit Ira Suryanti 3.2. Toni Armanto F. Instruktur Rumpun Pendidikan : a.T : Faris S. Sarana Umum . Rumpun Jasa : Verina c. Rumpun Bahasa : Edi Nurcahyo b. Wahyuni 6. N..S.W. Sarana Prasarana SARANA DAN PRASARANA NO NAMA BARANG JUMLAH KEADAAN 1. Susunan Kepanitiaan SUSUNAN KEPANITIAAN DAN PENGURUS DUKUNGAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN LPK PIONEER-PALUR-KARANGANYAR TAHUN 2007 1.

Gedung Lantai 4 Luas bangunan 800 meter persegi Baik Kamar untuk asrama Peserta didik atau staf 50 kamar Baik Tempat praktek komputer 1 ruang Baik Meubel dan peralatan penunjang 5 jenis Baik Front Office 1 ruang Baik Ruang Instruktur 1 ruang Baik Ruang Pimpinan 1 ruang Baik Ruang Administrasi 1 ruang Baik Ruang Tamu 1 ruang Baik Ruang Belajar 7 ruang Baik .

Ruang Praktek 1 ruang Baik Ruang tunggu 1 ruang baik Ruang Mushola 1 ruang baik MCK 6 ruang baik 2. Sarana Teknis Komputer Meja Komputer 20 unit Baik Komputer 20 unit Baik Printer 4 unit Baik Scanner 1 unit Baik Handicam 1 unit Baik Mixer .

Bahan-bahan Praktek Komputer Design Grafis yang masih harus dibeli 1. Kertas Label 1000 bh Baru 4. Blank 100 Rim Baru 3.LCD Televisi warna 12 Camera 10 White board 1 Vidio Player 3. Kertas Photo 100 Rim Baru 2. Protec 100 Rem Baru . CD.

Jadwal Program Kegiatan URAIAN KEGIATAN BULAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Tahap Persiapan . Scanner 1 buah Baru G. Komputer 1 buah Baru 6. Printer 1 buah Baru 7.5.Pembahasan Anggaran .

.Rakor Organisasi LPK .Pembentukan Panitia .Rakor Pembahasan Program .

.Pengajuan Proposal .Rekruitment .Penyusunan Proposal .

Pencairan Dana Pelaksanaan Pembelajaran & Penguatan lembaga *) Pemantauan dan Supervisi (* .

Evaluasi/Sertifikasi (* Pelaporan (* Keterangan : *) dan (* : Merupakan masa kritis yang harus diberikan perhatian penuh. Kemitraan Yang di Miliki . H.

Pioneer Kursus Komputer & Video Shooting Palur – Surakarta Pemagangan dan penempatan tenaga kerja 5. Dinas P & K Propinsi Program PLS Semarang Pembinaan & ijin 3. NAMA LEMBAGA BIDANG USAHA ALAMAT BENTUK KERJASAMA 1. Prima Komputer Penjualan & Service Komputer Geblegan – Surakarta Permintaan tenaga kerja 6.DAFTAR CALON MITRA KERJA PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PROGRAM KETERAMPILAN VIDEO SHOOTING DAN MULTI MEDIA LPK PIONEER PALUR – KARANGANYAR – SOLO NO. Abadi Spectrum Penjualan & Video Shooting & Multimedia Pasar Kliwon – Solo Pemagangan dan permintaan tenaga kerja 7. . Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Ketenagakerjaan Karanganyar Pemagangan dan penempatan tenaga kerja 4. Program PLS Karanganyar Pembinaan & ijin 2. Kra. Dinas P & K Kab.

BPD Jateng Cab. akan dilakukan melalui : 1. Slamet Riyadi – Surakarta Pemagangan dan permintaan tenaga kerja 9. Penerapan sistem pembukuan yang teratur dan benar. sesuai dengan standar pengelolaan keuangan proyek. Politeknik Surakarta Kursus Komputer dan Multimedia Surakarta Pemagangan dan permintaan tenaga kerja 11.ASA Studio Penjualan & Video Shooting & Multimedia Kebalen – Surakarta Pemagangan dan permintaan tenaga kerja 8. Kra. Manajemen Mutu Penyelenggaraan Langkah-langkah yang akan ditempuh guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam rangka menjamin mutu proses penyelenggaraan dan mencegah terjadinya penyimpangan penggunaan dana maupun waktu penyelenggaraan program. Penanaman modal dan penyediaan modal Karanganyar Pencairan Dana 10. 3. 2. kegiatan monitoring disini merupakan monitoring secara konprehensif yang dilakukan secara berkala untuk memberikan . Pengendalian keuangan dan kegiatan yang dilakukan melalui monitoring. SMK Karanganyar PKL Karanganyar Pemagangan I. Video Shooting Jl. Sampurna Foto Penjualan & Photografer. Pengawasan keuangan bertujuan agar pendanaan dapat terdistribusi sebagaimana dalam perencanaan dan laporan akhir yang merupakan laporan final untuk menilai apakah program sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dan memenuhi target yang sudah ditetapkan.

000 2). namun juga mencakup monitoring penguasaan/hasil belajar Peserta didik. Proporsi pemanfaatan dana tersebut di LPK Pioneer diatur sebagai berikut : No Kegiatan Volume Biaya Satuan Jumlah 1 Biaya Investasi a. Almari Arsip 1 unit .kebebasan ruang gerak pelaksana program dalam batas-batas yang tidak mengganggu terancamnya kualitas program. Pengawasan dari Dinas dan lembaga mitra. Program Kegiatan dan Pemanfaatan Anggaran Dana Dukungan Lembaga Kursus dan Pelatihan yang bersumber dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Ditjen PLS Depdiknas dimanfaatkan untuk peningkatan mutu Kelembagaan dan kegiatan lain yang terkait guna mendukung program peningkatan mutu lulusan LPK.000. J. administrasi.000 3. Meja dan Kursi Resepsionis 1 unit 3. Evaluasi pelaksanaan program pada tengah dan akhir kegiatan 5. Monitoring tidak hanya meliputi kegiatan akademik. Perlengkapan Kantor 1). 4. dan keuangan.000.

Meja Tamu 1 unit 2. IV 1 unit 4.000 2).000 3).000.000.000 2.2.000 1.000. Printer 1 unit 800.000 2.000 c.000 3).000 b.000. Promosi 1).000 4.000.000. Lefleat dan Boklet 200 exs .000. Komputer P.000 800. Scaner 1 unit 1.000. Pengadaan Peralatan Kursus 1).

4.000 3).000 800.000 2). Iklan di media masa 20 kali 200. ATK 1 paket .000 400. Biaya Operasional a.000 4. Honorarium Pendidik 72 6/12/org/bln 50.000. Honoraium Pengelola 36 3x12/org/bln 25.000.000 c.000 900.000 18. Spanduk 2 exs 200.000 b.600.000 3.000 2.

000 1.000.000 d. Kertas Label CD 5 rim .000 3).000.000 3 Biaya Personal a.000 6.000 500.000 500.000 250. Pemeliharaan dan Perawatan 1 paket 1.000.500. Pengadaan Bahan/alat Praktek 1).000 2). Kertas Foto 5 rim 50. CD Blank 5 box 100.

Pembuatan Bahan ajar 5 exs 200. Kertas HVS 5 rim 30.000 e.20.000 d. Pelaporan 2 kali .000 1.000 1.000 f.000 750.000 100.000 250.000 150.000. ATK PESERTA DIDIK 20 orang 50.000.000 5).000 1.000 b.000 4).000 c. Tinta injection 10 buah 25. buku Referensi 5 exs 150. Evaluasi 2 kali 500.000.

000. Pendidik Pelaksanaan Program Dukungan Lembagaan Kursus & Pelatihan Bekerja dan Atau Usaha Mandiri Diklat Kewirausahaan dan Kursus Komputer user Office serta Internet Pemagangan Untuk Peningkatan mutu Lulusa Kecakapan Sosial Kecakapan Personal Kecakapan Akademik Kecakapan Ketrampilan/ Vocasional Pengadaan Bahan dan Alat Untuk Memperkuat Lembaga Ketrampilan Kerja Penyaluran Kerja Mitra Dunia Usaha Mitra Dunia Usaha Fasilitasi dan Pendampinagn Materi. Metode.500.000. PESERTA DIDIK 3.000 BAB III PROGRAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN PEMBELAJARAN KURSUS Direktur kursus & kelembagaan Dirjen PLS Depdiknas LPK PIONEER Kelompok sasaran 1. strategi .000 Jumlah Total 30.000 6.000 1.000. Evaluasi. Lembaga / LPK 2. Tutor.

Kecakapan personal ( Personal Skill). kecakapan sosial (social skill). berikut stategi yang dilaksanakannya : . Berikut alur/model pelaksanaan proyek dukungan lembaga kursus dan pelatihan di LPK Pioneer : A. Ms. Materi Khusus ( Materi Ketrampilan ) a. Mencetak 6). Email d). Pengenalan sistem oprasi komputer 2). Materi Umum a. Materi Praktek 1). kecakapan akademik (akademic skill). Browsing b). pendataanobservasi. test. Topologi Jaringan b. Praktek Program Pengolah Angka ( Spreedsheet) 3). Budaya kerja dan nilai-nilai profesional d. Chating B. Bisnis dan pemasaran 2. kecakapan kejuruan/ketrampilan (vocational skill). Membuat presentasi ( Power Point ) 4). Memulai wirausaha/kewirausahaan e. Sejarah komputer dan internet 5). Pengembangan kepribadian c. Arahnya akan semakin jelas jika alur atau model pelaksanaan tergambarkan terlebih dahulu. Praktek Program Pengolah Kata ( word processing ) 2). Strategi Pembelajaran Strategi pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran program ini mencakup proses pembelajaran. Pengembangan Potensi diri melalui achievement motivation training dan business motivation training b. Internet a). Materi Teori 1). Materi Pembelajaran LPK Pioneer menyusun materi Dukungan Lembaga Kursus dan Pelatihan ini mencakup substansi. proses evaluasi dan hasil yang diharapkan ( out put dan out come ). Seach Engine c). analisaPada Bab ini hal yang sangat pokok adalah tentang pemilihan materi dan strategi pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pelaksanaan proyek dukungan lembaga kursus dan pelatihan. Windows 3). rinciannya sebagai berikut : 1. Manajemen File 4). Data Base ( acess ) 5).Promosi.

Post –test. Sikap. b.1. Hasil penilaian tidak dibandingkan dengan hasil peserta ujian lain 5. Secara berkelompok. serta evaluasi akhir. dan afektif ( sikap) bagi semua Peserta didik b. 70% praktek d. Jika ridak kompeten bisa dilakukan trainning lagi. b. Kelembagaan semakin kuat dan mandiri karena adanya dukungan bahan dan peralatan. LPK Pioner semakin dipercaya oleh masyarakat karena lulusanya mendapatkan tempat dan pekerjaan yang layak. Tidak ada prosentase hasil 4. Proses Evaluasi Proses evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh 2 (dua) tempat. Dimilikinya kompetensi atas suatu jenis ketrampilan yang dapat digunakan oleh lulusan program untuk bekerja pada perusahaan/industri atau usaha mandiri. Proses Pembelajaran Proses pembelajaran yang dilaksanakan : a. Semua kebutuhan harus dicapai 6. Pelaksanaan pembelajaran di LPK Pioner ( lembaga penyelenggara) dan di perusahaan ( industri ) dengan sistem magang 2. 7. dan keilmuan yang terus bertambah. Demo. 3. evaluasi dilaksanakan melalui ujian teori dan praktek. ketrampilan dan sikap kerja sesuai unjuk kerja yang dipersyaratkan. Out Come a. C. satu kelompok 20 orang b. Out put yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan bidang kognitip (pengetahuan). Out Put a. Evaluasi oleh Lembaga penyelenggara ( LPK Pioneer ) mencakup evaluasi pre-test. Ketrampilan. Tanya jawab. yakni : a. Keputusan yang dibuat hanya kompeten atau belum kompeten Penguji sertifikasi LPK Pioneer Pengetahuan. Dilaksanakan oleh Lembaga perusahaan/industri tempat pelaksanaan magang ( on the job trainning/OJT ). Fokus pada hasil 2. Penilaian individual 3. psikomotorik (ketrampilan). observasi Hasil Keputusan . Pembelajaran dengan rasio minimal 30% teori. Teknik Penilaian dan Uji Kompetensi Kompetensi diartikan sebagai kemampuan individual yang dibutuhkan untuk mengerjakan suatu tugas/pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan. Adapun pendekatan penilaian berdasarkan kompetensi adalah sebagai berikut : 1. Kinerja Standart Kompetensi Test. 4. Metode pembelajaran menggunakan pendekatan andragogi ( pembelajaran bagi orang dewasa) c.

Tindak Lanjut Selama dan setelah proses pembelajaran selesai Peserta didik akan mendapatkan pembinaan sebagai berikut : 1. Penambahan Pelatihan Ketrampilan untuk masing-masing program yang mengarah pada kegiatan Vokasional maupun ketrampilan fungsional yang bermanfaat bagi kehidupan Peserta didik. Sebelum penilaian oleh ICDL maka lembaga kursus dalam hal ini ( LPK Pioneer ) menguji dulu kesiapan Peserta didik dengan teknik penilaian Teori dan praktek. 6. Diharapkan dari kemitraan ini bisa menampung lulusan dari LPK Pioneer. 2. hosting di media yang relevan. Menempatkan Peserta didik pada pusat magang dan industri kemudian memperkerjakan peserta didik pada Pusat magang atau industri tersebut. dan selalu bertukat pikiran dengan media web.Penguji Sertifikasi Internasional ICDL Kompeten belum kompeten Training lagiUntuk menjamin mutu penyelenggaraan pelatihan komputer user Office ini menggunakan sistem penilaian On line dan off line di internet. lembaga kursus lain yang telah sukses. Membentuk/ membuat Mitra kerja/ Industri jaringan kerjasama dengan Pengusaha. Dengan penguji kompetensi adalah lembaga yang sudah terkenal. 4. Mengiventarisir semua kekayaan lembaga yang bersumber dari bantuan Direktorat kelembagaan dan kursus dan sepenuhnya menggunakan bahan dan peralatan untuk pemberdayaan masyarakat miskin dan menganggur. Setiap Kelompok Usaha jika dimungkinkan akan diusulkan untuk mendapatkan Biaya Dukungan mandiri. 5. Alur penilaiannya adalah sebagai berikut: D. pusat karya. untuk membantu modal usaha awal. yakni ICDL ( International Computer Driving Licence). 3. . Dibentuk kelompok belajar sebagai berikut : ¯ Kelompok Belajar User Office : 20 peserta didik ¯ Kelompok Lulusan Program Kursus User Office ¯ Saling berkomunikasi lewat email dan chating.

LPK Mendapatkan penghargaan. Indikator Pencapaian Hasil 1. dan kesejahteraan tenaga pendidik dan Peserta didik semakin meningkat 6. Kualifikasi lembaga dan tenaga kependidikan semakin solid 3. Meningkatnya kemampuan kecakapan hidup peserta didik pelatihan Ketrampilan komputer user . bantuan pemasaran dan pengembangan usaha. Bagi peserta didik yang telah mandiri akan mendapatkan bimbingan manajemen. Hasil Yang Ingin Dicapai Untuk Peserta didik : 1 Meningkatnya ketrampilan Komputer user office dan internet bagi 20 peserta didik 2 Terdidiknya sebanyak 20 peserta didik yang menguasai ketrampilan user office dan internet 3 Peserta didik berhasil menyelesaikan kegiatan pembelajaran dengan hasil baik. LPK memiliki ijin sertifikasi lembaga dan Peserta didik memiliki sertifikasi yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan 5. 4. B. Kompetensi Tenaga pendidik di LPK semakin profesional dan jumlahnya mencukupi. 4 Tingkat kompetensi yang dikuasai oleh Peserta didik semakin baik 5 Jumlah Peserta didik yang akan disalurkan untuk bekerja pada dunia usaha/industri (DUDI) sebanyak sebesar 70% 6 Jumlah Peserta didik yang akan menyelenggarakan usaha mandiri sebanyak sebesar 30% Untuk Lembaga : 1. Bagi Peserta didik a. Dibentuk Paguyuban Peserta didik lulusan kursus LPK Pioneer 9. Dibentuk pra koperasi jika dimungkinkan. administrasi usaha.7. BAB IV HASIL DAN INDIKATOR PENCAPAIAN HASIL A. Kelembagaan LPK semakin kuat dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Meningkatkan perlindungan terhadap semua komponen yang ada di LPK Pioneer. 8. berkat keberadaan bahan dan alat dari dukungan kelembagaan kursus dan ketrampilan 2.

Mampu menyusun rencana usaha 3). (v) Dan internet ( browsing. bisa melakukan operasional kegiatan secara swadaya tanpa bantuan dari pemerintah b. pengangguran. (iv) Data base. pusat karya dll. Menemukan potensi dan peluang usaha khusunya sebagai operator di perusahaan. Jumlah peserta didik didik semakin bertambah banyak d. miskin memperoleh kesempatan untuk mengikuti kursus ketrampilan di LPK Pioneer. sarana dan prasarana dilakukan dengan baik dan benar f. lembaga pemerintah dan swasta. Meningkatnya Sarana belajar yang dimiliki oleh LPK Pioneer. serta sertifikasi yang dipunyai c. mampu melakukan administrasi usaha 2. industri. Kualitas LPK Pioneer semakin baik dengan dibuktikan dengan ijin usaha yang dimiliki. Kecakapan Personal a). Kecakapan Vokasional a). meningkatnya ketrampilan user office yang mencakup penguasaan: (i) Bidang pengolah kata. (iii) Membuat presentasi. Adanya minimal 10 peserta didik anak putus sekolah. pendidik. kemampuan berkomunikasi dengan orang lain 3). kemampuan mengembangkan potensi diri b). Mampu memulai wirausaha sekarang juga 4). mampu mengelola usaha 5). meningkatnya pengetahuan Peserta didik b). meningkatnya kemampuan mengerjakan soal ujian yang diberikan 4). . untuk semua ranah kursus e. Jumlah tenaga pendidik mencukupi. kemampuan memahami lingkungan sosialnya c). sech engine. (ii) Pengolah angka. Kecakapan sosial a). Peserta didik. Administrasi kelembagaan. Adanya data tentang alumni kursus yang sudah bekerja atau usaha mandiri h. Kecakapan Akademik a). Lembaga/LPK semakin kuat dan mandiri. pembelajaran. tumbuhnya kemandirian 2). Meningkatnya kemampuan kewirausahaan peserta didik untuk : 1). email dan chating) b. 2). kemampuan menjaga kerapian c). Bagi Lembaga a. kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan b). mampu melakukan pemasaran 6).Office dengan indikator sebagai berikut : 1). baik sarana teori maupun praktek g.

yang pada gilirannya nanti terwujud masyarakat Indonesia yang bermutu dan sejahtera. Demikian Semoga Program dukungan lembaga kursus dan pelatihan ini akan berhasil. Adanya rintisan program yang dilakukan oleh peserta didik BAB V PENUTUP Proposal ini dirancang karena rasa ketertarikan dan juga komitmen LPK Pioneer yang selaras dengan program dukungan lembaga kursus dan pelatihan yang berusaha memperkuat LPK-LPK untuk bangkit dan semangat dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada warga masyarakat. Dengan berbesar harapan kami dapat dipercaya lagi dan dapat berpartisipasi dalam program Block Grant. Harapan dari proposal ini adalah terwujudnya masyarakat yang trampil dan professional melalui lembaga kursus dan pelatihan yang berstandar nasional / internasional. Namun yang lebih penting dari itu adalah perpepsi Peserta didik harus berani memberikan wacana kepada dunia bahwa 30% dari Peserta didik tersebut diharapkan mampu memulai sekarang juga menjadi wirauaha baru. dimana dibagian depan sudah kami targetkan dari 20 Peserta didik.i. dan kami menyadari bahwa proposal ini jauh dari sempurna untuk itu kami selalu membuka diri terhadap segala koreksi baik asfek subtansial maupun redaksional. . mampu bersaing dan merebut peluang kerja nasional dan global. dan atas atensinya dan kepercayaannya kami ucapkan banyak terima kasih. maka proposal ini kami sampaikan. Indikator yang paling sederhana adalah diterimanya Peserta didik dalam dunia lapangan kerja dan juga kemampuan untuk berani berwirausaha. 70% akan diterima di dunia kerja.

Daftar Warga belajar yang telah dibelajarkan 15. Foto Copi Rekening dan NPWP Lembaga 10. Telpon Rumah b. HP. Foto-foto Dokumentasi 13. No. Foto Kopi Badan Hukum dan Ijin Penyelenggaraan 9. No.LAMPIRAN-LAMPIRAN : 8. Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 11. Telp. No. Kantor: c. Daftar Nama Calon Peserta Didik 12. Nomor Telpon Yang dapat dihubungi : a. . Daftar Inventaris/Peralatan Kursus Yang dimiliki 14.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.