Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat serta karunia-Nya, kami mampu menyelesaikan laporan diskusi ini dengan baik dan sesuai waktu yang telah ditentukan. Dalam proses pembuatan dan penyelesaian laporan diskusi ini tentunya kami tidak lepas dari keterlibatan berbagai pihak. Dan oleh karena itu, kami sangat ingin berterimakasih kepada :  Ibu Neneng Mandalis, selaku guru pengajar mata pelajaran Biologi yang telah membimbing kami hingga saat ini  Orang tua kami, yang selalu memberi doa, restu, dan dukungan kepada kami.  Rekan-rekan kelas XII IPA 7, yang telah ikut berpartisipasi terhadap diskusi kelompok, baik berupa tanggapan, sanggahan ataupun pertanyaan. Demikian semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca pada umumnya. Kami mengharapkan saran serta kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun.

Bandung, November 2011

Tim Penyusun

DAFTAR ISI .

Mengungkapkan gagasan. tanggapan dan informasi dalam diskusi Standar kompetensi : Kompetensi dasar : Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi Anggota dapat menemukan kalimat fakta dan opini pada kutipan suatu artikel 2 jam pelajaran Indikator : Alokasi waktu : 1. kejadian. wartawan Indonesia harus membedakan antara kejadian (fact) dan pendapat (opini) sehingga tidak mencampuradukkan yang satu dengan yang lain . Materi Pembelajaran  Pengertian fakta dan opini  Cara membedakan fakta dan opini 3. “…di dalam menyusun suatu berita.Nama sekolah Mata pelajaran Kelas / Semester : : : SMAN 4 Bandung Bahasa Indonesia XII IPA 7 / 2 1. Berbicara 2. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran A. Metode Pembelajaran Diskusi kelompok 4. Termasuk di dalamnya ucapan pendapat atau penilaian orang atas sesuatu. Dalam kode etik jurnalistik. Kegiatan awal Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama. tempat dan tanggal lahir. pasal 3 ayat (30) dijelaskan antara lain. Kegiatan inti Fakta adalah keadaan. atau peristiwa yang benar dan bisa dibuktikan. riwayat pendidikan. B. Tujuan pembelajaran Siswa dapat membedakan antara kalimat fakta dan mana kalimat opini 2. cita-cita serta fakultas dan universitas yang diharkan untuk melanjutkan sekolah. alamat.

semakin. (1) Marco Simoncelli tewas di balapan MotoGP Sepang . sukar. Samar-samar d. dan diawali kata menurut… (yang merupakan pernyataan seseorang ) C. Malaysia .. Minggu 23 Oktober 2011 lalu (2) Kompetisi ke depannya diperkirakan tidak akan se seru sebelumnya Antara kalimat (1) dan (2) diatas . Fakta dalam isi berita sering disebut juga sebagai sesuatu yang. Alat dan sumber belajar Alat belajar : Spidol dan white board Sumber belajar : . mudah. Opini merupakan persatuan (sintesis) pendapat-pendapat yang banyak. (1) . a. Benar benar terjadi b. yang termasuk fakta adalah... (1) dan (2) b. Dikenal public opinion atau pendapat umum dan general opinion atau anggapan umum. Membedakan Fakta dan Opini Kata Kunci : Fakta biasanya ditandai oleh hadirnya data berupa angka.com) 6.. karena jika hanya dari seseorang itu disebut pendapat 5. Penutup Pertanyaan dari penyanggah dan peserta diskusi jika ada pendapat atau opini dari seseorang tapi tidak di dukung oleh orang lain . buruk.” Pendapat juga disebut opini. Meragukan c. Karakteristik lainnya adalah mengandung bentuk-bentuk kata sifat: baik. apakah masih dapat dikatakan sebagai opini? Jawaban : tidak. Belum tentu ada e. dan timbul melalui diskusi sosial. a. sedikit banyak harus didukung orang banyak baik setuju atau tidak setuju. dapat. Kemungkinan 2.Internet (www. Penilaian 1. misalnya sangat.untuk mencegah penyiaran berita-berita yang diputarbalikkan atau dibubuhi secara tidak wajar. ikatannya dalam bentuk perasaan/emosi.google. mungkin. Opini ditanda dengankata-kata yang bersifat subyektif.Buku Bahasa dan Sastra Indonesia 3 (BSE) karangan Muhammad Rohmadi dan Yuli Kusumawati . dapat berubah.

. (3) Selain itu udara di sini sejuk seperti tiap hari ber AC saja.Jelaskan apa yang dimaksud dengan fakta dan opini! Nama sekolah : SMAN 4 Bandung . (5) SMP Negeri 300 berada di jalan flamboyan Kalimat fakta dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor. Bukan keduanya e. Fakta yang terdapat dalam tajuk terdapat pada kalimat. 1. (4) Itulah sekolah baruku yang ku banggakan. a. a. (3) Pemerintah selalu mengingatkan warganya agar tidak membuang sampah sembarangan. 3 d.negara negara anggota ASEAN bebas memasarkan produk kosmetik ke anggota ASEAN lainnya. 2 c. Kedua c. 2 c. 4 e. (2) d. Pertama b.. Ketiga d.. 1 b. (2) Itulah salah satu alasan mengapa aku senag pindah ke sini.c..industri kosmetik yang ada di Indonesia harus emenuhi cara pembuatan kosmetik yang baik agar tidak kalah bersaing dengan negara lain. a. 3 d. Kelima 5. Keempat e. (4) Apabila semua warga mematuhimya maka musibah banjir dapat kita cegah Kalimat fakta dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor. 5 Esay. 1 b.. Untuk itu.. Mulai 1 Januari 2008.. Saat itu. Harmonisai Industri Kosmetik Industri kosmetik di Indonesia harus siap bersaing dengan industri kosmetik negara negara ASEAN lainnya. (1) Musim hujan telah datang. 4 e. (2) Itu artinya kita harus siap-siap mewaspadai bahaya banjir. Tidak dapat ditentukan 3..diberlakukan kebijakan harmonisasi ASEAN. (1) Guru guru disini ramah ramah dan pintar dalam mengajar sehingga pelajaran mudah domengerti. Semua salah 4.

E. Metode Pembelajaran Diskusi kelompok 4. apa yang hendak disampaikan b. alamat. bagaimana kita menyampaikannya d. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran D. Berbicara 2. Tujuan pembelajaran a) siswa mampu merumuskan gagsan yang akan disampaikan b) Siswa juga mampu memberikan atau menyampaikan sanggahan yang baik 2. Mengungkapkan gagasan. tempat dan tanggal lahir. merumuskan gagasan yang hendak disampaikan 2. cita-cita serta fakultas dan universitas yang diharkan untuk melanjutkan sekolah.Mata pelajaran Kelas / Semester Standar kompetensi : : : Bahasa Indonesia XII IPA 7 / 2 1. Materi Pembelajaran a) Tahap merumuskan masalah dalam diskusi b) Cara menyampaiakan tanggapan dengan baik 3. tanggapan dan informasi dalam diskusi Kompetensi dasar : Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi 1. untuk tujuan apa c. Kegiatan inti Menyampaikan gagasan dalam suatu diskusi memerlukan beberapa cara merumuskan masalah yaitu : a. bagaimana pemilihan kata . riwayat pendidikan. Kegiatan awal Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama. memberikan atau menyampaikan suatu sanggahan dengan baik Indikator : Alokasi waktu : 2 jam pelajaran 1.

Buku Bahasa dan Sastra Indonesia 3 (BSE) karangan Muhammad Rohmadi dan Yuli Kusumawati . Untuk tujuan apa C. Alat dan sumber belajar Alat belajar Sumber belajar : : Spidol dan white board . Berleha-leha C. memperhatikan santun bahasa F. Ada generalisasi 2. Mencatat pokok pembicaraan B.. Syarat yang harus dipenuhi dalam berdiskusi. Ada pemimpin diskusi c. A. kecuali . 5.com) 6.Sedangkan dalam memberikan tanggapan dalam diskusi kita dapat melakukan beberapa hal yaitu : a. didukung dengan fakta c. Berbicara dengan keras E. kecuali A.. A.. Ada masalah B. Apa yang akan disampaikan B.google. Penilaian 1. Ada peserta d. Bagaimana kita menyampaikan D. menggunakan alasan logis b. Mencatat pembicaraan teman . Bagaimana pemilihan kata 3. menggunakan kalimat efektif d. Ada kesimpulan e. Penutup Pertanyaan dari penyanggah dan peserta diskusi Pada saat situasi apa kita harus menggunakan diskusi formal dan diskusi informal Jawab : kita menggunakan diskusi formal atau informal tergantung pada situasi diskusi itu sendiri. saat mengikuti diskusi kita harus .. namun karena saat ini kita sedang berada pada situasi formal maka kita menggunakan diskusi formal. Cara merumuskan gagasan yang hendak disampaikan yang benar.Internet (www. Menatap anggota diskusi D.

Ada kesimpulan E. A.E. ada seorang pemimpin diskusi C. A. Didukung dengan opini C. Menggunakan kalimat efektif D. Bergosip 4.. tidak ada masalah B. Ada peserta D.. Menggunakan alasan nonlogis B. Menggunakan bahasa gaul 5.. Cara menyampaikan sanggahan yang baik adalah. Menyinggung lawan bicara E.. Ada masalah ESSAY 1. Sebutkan tugas moderator ! (minimal 4)  Memimpin diskusi  Mengatur jalannya diskusi  Membuat suasana tenang apabila ada pertikaian  Membuka jalannya diskusi . Suatu diskusi tidak akan berjalan dengan lancar apabila .

Berbicara 2. tanggapan dan informasi dalam diskusi Standar kompetensi : Kompetensi dasar Indikator Alokasi waktu : : : Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi 2 jam pelajaran 2. Kegiatan awal Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama. Mengungkapkan gagasan. maka . Metode Pembelajaran 4.Menggunakan bahasa yang sopan . alamat. tempat dan tanggal lahir.Tulisan harus rapi dan jelas b) Memperbaiki surat lamaran Telah dijelaskan bahwa surat lamaran pekerjaan harus dibuat sesuai dengan svaratsyarat yang telah ditentukan agar dapat dibuat secara tepat dan sesuai dengan tujuan. H. Agar seorang pelamar dapat membuat surat lamaran pekerjaan vang tepat.Menggunakan bahasa yang baku dengan menggunakan ejaan yang tepat dan benar . cita-cita serta fakultas dan universitas yang diharkan untuk melanjutkan sekolah.Nama sekolah Mata pelajaran Kelas / Semester : : : SMAN 4 Bandung Bahasa Indonesia XII IPA 7 / 2 1. Kegiatan inti a) Bahasa surat lamaran . Materi Pembelajaran Surat lamaran pekerjaan 3.Menggunakan kalimat yang efektif dan komunikatif . riwayat pendidikan. Tujuan pembelajaran 2. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran G.

Jepang. Jika yang dituju adalah jabatan. Bila terpaksa karena kemampuan atau ketidakyakinan terpaksa menyadur. c. Mandarin. ibu. Sebagai bangsa timur dengan etika . kamu dapat melihat dari susunan kalimat.sebaiknya seorang pelamar lamaran pekerjaan. kata sapaan pada unsur tiga tidak dicantumkan lagi. Inggris. jika Anda mampu pergunakan lamaran dalam bahasa tersebut karena itu merupakan kredit point. saudara. yaitu :  pergunakan kertas putih dan bersih. ( benar) Atas perhatiannya. b.  memenuhi syarat. (salah) Khusus penulisan alamat surat diatur sebagai berikut : a. Bila surat lamaran mencantumkan syarat dapat berkomunikasi dengan bahasa asing.  menggunakan bahasa yang efektif dan bersahaja dengan kalimat yang singkat dan jelas.  Menggambarkan kemampuan pelamar Di sinilah yang seringkali menimbulkan masalah. Dengan hormat. penulis surat dapat mencantumkan sapaan. Sebelum mencantumkan nama orang yang dituju.syarat yang diminta dengan melampirkan bukti fisiknya.  Mempunyai bahasa yang baik Bahasa yang baik di sini adalah bahasa formal karena lamaran merupakan salah satu surat dinas pribadi. misalnya. c) Hal-hal penting dalam membuat surat lamaran. Alamat pengirim pun tidak didahului dengan kata dari karena mubazir. atau lainnya. seperti contoh ini : Atas perhatian Bapak/Ibu. an d. mengetahui kesalahan dan kekurangam sebuah surat Misalnya dalam hal struktur. Alamat yang dituju harus diawali dengan Yth. (salah) Selain itu dalam diksi atau pilihan kata dalam surat lamaran pekerjaan harus tepat. (benar) Dengan salam. Alamat surat tidak diawali dengan kata kepada karena kata tersebut merupakan preposisi yang berfungsi sebagai kata bantu tanya dan dapat pula membentuk frase keterangan. yakinlah bahwa Anda dapat menuliskannya kembali bila diminta. (diikuti titik) atau yang terhormat (tidak diikuti titik). saya mengucapkan terima kasih.  sebaiknya ditulis tangan dengan menggunakan bolpoin tinta hitam atau sesuai dengan permintaan. Hal ini dapat dilihat dalam contoh berikut. saya mengucapkan terima kasih. kemudian. langsung menemukan alamat yang dituju dengan jelas (tidak mencantumkan frase di tempat). bapak.

menonjolkan kemampuan diri sering dipandang perbuatan yang tabu. nomor telepon. Cantumkan pula alasan mengapa berhenti.  Riwayat pendidikan.yang tinggi. Seringkali perusahaan mensyaratkan penulisan kode tertentu di amplop lamaran. Identitas diri dari pelamar meliputi nama. Kode dibuat karena posisi yang ada tidak hanya satu posisi saja. Selisih antara tahun menunjukkan berapa lama pelamar menyelesaikan suatu jenjang pendidikan. Sumber lamaran dapat media massa ( bila sumbernya ini cantumkan nama media massa dan edisi terbitnya ). Cantumkan tahun mulai masuk sampai selesai. hand phone. Ingat. cantumkan riwayat pekerjaan Anda dari terlama sampai terbaru atau sebaliknya. Harap diingat pihak yang dituju dalam lamaran adalah orang–orang bisnis dengan keterusterangan dan tingkat kesibukan yang tinggi. Penutup Pertanyaan dari penyanggah dan peserta diskusi Apakah surat lamaran hanya dapat dikirimkan melalui kantor pos (berupa surat) ? . bahkan mungkin sebnaliknya karena selalu berganti–ganti pekerjaan dalam waktu relatif singkat menunjukkan seorang pelamar bersifat pembosan . Identitas diri dari pelamar harus memudahkan pihak perusahaan menghubungi pelamar. Mereka hanya memandang yang tersurat dan seringkali kurang memperhatikan yang tersirat. atau alat bantu komunikasi lainnya. bila Anda pernah bekerja sebelumnya. Kode tersebut dicantumkan dengan maksud penyortiran. d) Hal–hal yang harus dicantumkan dalam surat lamaran pekerjaan agar tercapai tujuan pembuatannya di antaranya :  Menyebutkan sumber lamaran. alamat. Pencantum posisi yang dikehendaki ditulis untuk memudahkan sortir bagi bagian personalia. Ketabuan tersebut juga masuk pada waktu melamar pekerjaan.  Tepat pada sasaran Yang dimaskud dengan tepat sasaran adalah tepat kepada siapa lamaran ditujukan. informasi di kampus dsb. Pengertian tepat di sini adalah pihak yang dituju. karena bisa saja yang menangani lamaran untuk masing–masing posisi berbeda. Riwayat pendidikan ditulis dari pendidikan yang paling rendah menuju pendidikan tertinggi atau sebaliknya.Identifikasi diri lengkap dari pelamar. I. karenanya kemukakan kemampuan yang Anda miliki tanpa meninggalkan kesan bahwa Anda sombong.  Posisi yang dikehendaki.  Riwayat pekerjaan ( bila ada ) Sama dengan riwayat pendidikan. Hampir dipastikan tidak dituliskannya kode akan membuat lamaran disisihkan.  b. semakin banyak pengalaman bukan berarti catatan pegawai semakin bagus.

Internet (www. Alat dan sumber belajar Alat belajar Sumber belajar : : Spidol dan white board . biasanya surat lamaran juga bisa dikirimkan melalui e-mail.Jawaban : Hal ini tergantung dari permintaan perusahaan yang dituju.google. Penilaian .Buku Bahasa dan Sastra Indonesia 3 (BSE) karangan Muhammad Rohmadi dan Yuli Kusumawati . Seiring dengan perkembangan teknologi.com) 6.Buku Ganesha Operation (GO) kelas 3 . 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful