Daftar Isi

Daftar Isi ...................................................................................................................................1 Makna Filsafat dalam Kehidupan ............................................................................................ 2 1. Pendahuluan ........................................................................................................................ 2 2. Pengertian Filsafat Secara Umum ....................................................................................... 3 3. Pengertian Filsafat Menurut Para Filsuf ..............................................................................4 4. Penutup ................................................................................................................................ 7 Daftar Pustaka .......................................................................................................................... 7

1

maka akan timbul rasa ingin tahu yang besar sehingga kita berusaha untuk mencari tahu mengenai hal tersebut. tidak semua manusia bisa disebut filsuf. Saat kita diberitahukan mengenai sesuatu yang baru. bahkan ada yang menganggap bahwa mempelajari ilmu filsafat itu tidak penting karena hanya berupa pemikiran-pemikiran dari suatu individu. Namun. Masih banyak orang yang bingung mengenai filsafat. Berbeda dengan filsuf. Pendapat-pendapat itu kemudian akan dicari kebenarannya untuk dijadikan sebagai suatu hal yang pasti atau disebut juga ilmu. Meskipun sejak kecil kita sudah diajari mengenai filsafat. Itulah alasan saya membahas mengenai apa arti dan makna filsafat bagi kehidupan manusia sehari-hari. 2 . Hingga saat ini. muncullah pemikiran manusia mengenai suatu hal yang berbeda dari individu satu dengan individu lain. Dari hal-hal tersebut. Hal ini biasanya kita temui dalam kehidupan sekolah. masih banyak orang yang tidak mengerti mengenai filsafat. Pendapat yang dikemukakan oleh manusia berdasarkan pemikirannya biasanya disebut juga sebagai filsafat. Manusia dapat berpikir karena dilandasi oleh suatu hal yang belum ia ketahui atau sesuatu yang ia ragukan. Jika demikian. kita pasti merasa ragu akan kebenarannya sehingga kita akan bertanya apakah hal itu benar? Apa buktinya? Mengapa bisa demikian? Dari semua pertanyaan itu. kita pasti akan berpikir mengenai hal tersebut hingga ke akarakarnya agar semuanya jelas. sebenarnya filsafat itu sangat penting dalam kehidupan kita. Saat mempelajari sesuatu. ilmu filsafat itu sendiri sudah kita pelajari sejak kecil. Pemikiran tersebut menyebabkan adanya berbagai macam pendapat mengenai suatu hal di dunia ini. Jadi. maka pengetahuan kita akan semakin luas. Pendahuluan Dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena tidak semua manusia yang berpikir berusaha untuk membuktikan atau mencari kebenaran dari pemikirannya tersebut.Makna Filsafat dalam Kehidupan 1. Namun. seorang filsuf akan berusaha untuk membuktikan pemikirannya tersebut hingga menjadi suatu ilmu yang berguna bagi kehidupan manusia. Sebenarnya. berarti setiap manusia sebenarnya adalah seorang filsuf atau ahli filsafat. setiap manusia pasti selalu berpikir. namun tidak banyak dari kita yang telah mengerti dengan benar apa makna filsafat itu sendiri. sebenarnya sejak kecil kita sudah diajari untuk berfilsafat. Memang setiap manusia yang berpikir mengenai suatu hal hingga ke akar-akarnya berarti manusia itu sedang berfilsafat. Dengan berfilsafat.

Ketiga faktor inilah yang membuat filsafat sulit untuk didefinisikan karena terus berubah. adanya perbedaan antara filsuf zaman dulu dengan sekarang. kehidupan sosial. “Filsafat Ilmu” dalam http://usupress. baik mengenai alam semesta. membahas mengenai penderitaan. adanya perbedaan pendapat antara filsuf yang satu dengan yang lain dalam menentukan prioritas objek. Cit. dan budaya di dunia ini. yaitu pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada. sebenarnya apa pengertian dari filsafat itu? Secara etimologis (asal-usul kata). kebahagiaan. Plato.pdf. jika disimpulkan. Sedangkan. Ilmu filsafat itu sendiri juga banyak cabangnya. Sedangkan. Ada tiga faktor yang menyebabkan filsafat menjadi sulit untuk dijelaskan. dan budaya.usu. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta. karya-karya mereka 1 2 3 Dr. Oleh karena itu. Dr. filsuf zaman sekarang lebih tertarik untuk membahas mengenai ilmu pengetahuan. 3 . politik. PENGANTAR FILSAFAT BARAT. dan manusia. politik. Pertama. kita perlu mengetahui dengan lebih jelas apa itu filsafat. banyak membahas mengenai hal-hal di kehidupan ini. 2011.2. Socrates. pukul 19. 10—13. Hal ini terbukti dari banyaknya pengertian mengenai filsafat yang diungkapkan oleh beberapa filsuf di dunia ini. Contohnya. tetapi ada kesamaan-kesamaan di antara karya-karya mereka. makna diri. Hal ini disebabkan karena dalam ilmu filsafat. maupun kehidupan sosial. istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani. Op. dan Aristoteles mampu menulis mengenai berbagai macam bidang kehidupan.2 Namun. Pertama. Contohnya. ilmu pengetahuan. Hlm. Edisi 1.id/files/Filsafat%20Ilmu%20dan%20Metode%20Riset_ Normal_bab%201. Namun. Zainal Abidin. maka kita masih belum bisa memahami apa makna filsafat bagi kehidupan. Filsuf pada zaman Yunani Kuno seperti. Mereka tidak lagi tertarik akan hakikat alam semesta. yaitu philia yang berarti love atau cinta dan sophia yang berarti wisdom atau kebijaksanaan. maka filsafat berarti cinta pada kebijaksanaan. dan budayanya.25 WIB. diakses 24 November 2012. Pengertian Filsafat Secara Umum Setiap manusia di dunia ini pasti sudah pernah berfilsafat. filsuf zaman sekarang lebih senang membahas mengenai hakikat kehidupan manusia secara nyata. filsuf lain lebih menekankan pada kehidupan sosial. Hlm. Kedua. politik. alam. dan lain-lain. 9. kata filsafat memiliki pengertian. seorang filsuf lebih menekankan pemikirannya pada Tuhan. bahasa. Jadi. 1 Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. apabila kita hanya mengetahui pengertian filsafat secara etimologis. Zainal Abidin.ac. bahasa. Ketiga. kebebasan. sebab asal dan hukumnya. Filsafat itu sangat sulit untuk didefinisikan.3 Meskipun para filsuf memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai filsafat.

gaya berpikir. Tidak hanya itu saja. Misalnya. Itulah sebabnya filsuf berbeda dengan ilmuwan (Abidin. 2011:13). dalam kondisi ini. dan tindakan yang dianggap sebagai akibat dari filsafat yang dipegang seseorang. Zainal Abidin. Para filsuf mendefinisikan filsafat menurut pandangannya masing-masing. maka kita akan menganggap ia memegang filsafat materialisme atau hedonisme.5 3. jika mereka telah membuktikan bahwa manusia ini merupakan materi di alam semesta. dalam berfilsafat. filsafat juga dapat dipahami sebagai interpretasi atau evaluasi terhadap apa yang penting bagi hidupnya. Selain pengertian di atas. Pengertian Filsafat Menurut Para Filsuf Pengertian-pengertian filsafat secara umum yang terdapat pada buku filsafat merupakan rangkuman dari beberapa pendapat filsuf yang ada di dunia ini. Edisi 1. Sebenarnya. dari tindakan itu sendiri sudah menjelaskan bahwa filsafat berarti mencari atau memikirkan sesuatu hingga ke akar-akarnya. PENGANTAR FILSAFAT UMUM. Contohnya. dan nilai-nilainya. filsafat adalah sekumpulan pengetahuan manusia yang sangat logis dan sistematis. 4 5 Dr. 4 . Contohnya. AR-RUZZ MEDIA: Jogjakarta. Plato (427—348 SM) menyatakan filsafat ialah pengetahuan yang bersifat untuk mencapai kebenaran yang asli. kepribadian. Pengertian filsafat memang sangatlah kompleks. kemudian dijadikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berguna bagi kehidupan manusia. jika orang lebih mementingkan kekayaannya. 102. Melalui penjelasan di atas. maka mereka akan menganggap dirinya sendiri sebagai materi. dari pemikiran manusia yang sudah dibuktikan kebenarannya itu.berupaya untuk mencari hakikat atau intisari dari sesuatu yang ditelitinya. 26. mereka tidak hanya mencari hakikat dari objek yang diteliti. Nurani Soyomukti. Jadi. dapat disimpulkan bahwa filsafat merupakan hasil pemikiran manusia mengenai suatu hal hingga ke akar yang paling mendasar. Zainal Abidin dalam bukunya. Kedua. istilah filsafat juga digunakan untuk melihat cara berpikir dalam diri manusia. filsafat adalah pandangan umum manusia tentang hidupnya. maka mereka akan mencari hakikat atau apa makna menjadi manusia. jika mereka meneliti mengenai manusia. tetapi juga subjeknya. para filsuf tidak melakukan penelitian secara empiris. Ibid.4 Jadi. 2011. cita-citanya. Ketiga. Filsafat biasanya juga diartikan sebagai sesuatu untuk menyebut watak atau sifat. Jadi. banyak masyarakat yang mengatakan bahwa filsafat politik para politisi kita tidak baik. Hlm. Menurut Dr. Hlm.

J. menurutnya. Immanuel Kant (1724— 1804) juga berpendapat bahwa filsafat ialah ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal segala pengetahuan yang di dalamnya tercakup 4 persoalan. membahas. Berbeda dengan Descartes (1596—1650). ada juga filsuf-filsuf lain yang mengemukakan pendapatnya mengenai definisi filsafat. Hlm. Sedangkan filsuf lainnya. b. Cit. 7 Nurani Soyomukti. alam dan manusia menjadi pokok penyelidikannya. logika. Sedangkan. Al-Kindi (800—870 SM) mengatakan bahwa kegiatan manusia yang bertingkat tertinggi adalah filsafat yang merupakan pengetahuan benar mengenai hakikat segala yang ada sejauh mungkin bagi manusia atau pengetahuan kebenaran pertama yang merupakan sebab dari segala kebenaran. Selain para filsuf tersebut. Loc. Cit. politik. M. Cicero (106—043 SM) menyatakan filsafat adalah ibu dari semua ilmu pengetahuan lainnya.7 Berikut adalah definisi filsafat dari beberapa filsuf. Titus. etika. retorika. yakni dasar sampai kepada konsekuensi terakhirnya dan sistematis. yakni penuturannya saling berkaitan berarti kita sudah berfilsafat. Op. berbicara. mengemukakan bahwa filsafat merupakan ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bertujuan menyelidiki hakikatnya yang sebenarnya.pdf.Sedangkan. Filsafat itu sendiri dihasilkan oleh seorang filsuf. dan mengajarkan filsafat. menurutnya filsafat merupakan kumpulan segala pengetahuan di mana Tuhan. yaitu:6 a. Apakah yang dinamakan manusia itu? Jawabannya terdapat pada bidang antropologi. 5 . d. ahli filsafat adalah orang yang mengetahui mengenai filsafat. tetapi tidak menciptakan karya filsafat.id/files/Filsafat%20Ilmu%20dan%20Metode%20Riset_ Normal_bab%201. Prof. c. Sampai di manakah harapan kita? Jawabannya terdapat pada bidang agama. antara lain: a. Al-Farabi. ekonomi. Harold H. Apakah yang seharusnya kita kerjakan? Jawabannya terdapat pada bidang etika. filsafat adalah sikap tentang hidup dan alam semesta atau salah satu metode berpikir reflektif dan penyelidikan yang didasarkan pada akal atau seperangkat masalah dan teori. 99—101. Apakah yang dapat kita ketahui? Jawabannya terdapat pada bidang metafisika. berpendapat bahwa apa pun yang kita pikirkan secara radikal. dan estetika. Aristoteles (382–322 SM) mendefenisikan filsafat sebagai ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu-ilmu metafisika.usu.ac. Langeveld. b. serta sistem pemikiran. d. Dr. c. 6 “Filsafat Ilmu” dalam http://usupress.

J. serta ingin yakin apakah ilmu ini akan membawa kebahagian dirinya.id/files/Filsafat%20Ilmu%20dan%20Metode%20Ri set_ Normal_bab%201. Jadi. kaitannya dengan moralitas.id/files/Filsafat%20Ilmu%20dan%20Metode%20Riset_ Normal_bab%201. maupun pembuktiannya. Filsafat juga diwajibakan oleh Al-Quran agar manusia dapat mengagumi karya Tuhan di dunia ini.ac.pdf. Spekulatif: Dalam berfilsafat. 6 . analisis. Sifat mendasar: Sifat yang tidak saja begitu percaya bahwa ilmu itu benar. hukum. (1913—1967) mengemukakan bahwa filsafat ialah pikiran manusia yang radikal. Ibnu Sina (980—1037). yaitu berusaha untuk mencari dan memperlihatkan pandangan yang merupakan akar dari pandangan lain dengan mengesampingkan pendirianpendirian atau pendapat yang diterima begitu saja. g.pdf. Dia ingin tahu hakikat ilmu dari sudut pandang lain.ac. Ibnu Rushd (1126—1198). f.usu. Contoh: Socrates menyatakan bahwa dia tidak tahu apa-apa. Dr. melainkan fokus pada sebab dari semua sebab yang ada. Hal ini dilakukan baik dari sisi proses. Cit. Spekulatif di sini berarti seseorang dalam bersifat akan berandai-andai mengenai semua kemungkinan yang terjadi.usu. dibutuhkan sebuah sifat spekulatif. yakni: a. kesusilaan. 8 “Filsafat Ilmu” dalam http://usupress. Menurut http://usupress. misalnya dalam berfilsafat mengenai masyarakat. Mengapa ilmu itu benar? Bagaimana kriterianya sehingga ilmu itu dikatakan benar? Apakah kriteria itu sendiri benar? Lalu benar sendiri itu apa? Semua pertanyaan tersebutlah yang menunjang seseorang untuk berfilsafat atau mengetahui mengenai suatu hal hingga ke dasar yang paling dalam. mengatakan bahwa fisika dan metafisika merupakan ilmu tak terbagi. Seorang filsuf akan menghadapi bahwa yang berwujud di dunia ini berbeda-beda. Driyakarya S.8 setidaknya ada tiga karakteristik dalam berpikir filsafat. Hal inilah yang membuat ilmuwan tidak merasa sombong dan paling hebat. b. sosiologi. Kedua bidang ini mempelajari seluruh kenyataan yang ada sejauh yang dapat dicapai oleh manusia. seseorang tidak akan menfokuskan pandangannya pada sebab-sebab awal. berpendapat bahwa filsafat itu hikmah berupa pengetahuan otonom yang perlu ditimba oleh manusia sebagai makhluk Allah yang dikarunai akal. dan sebagainya. c.e. Prof. Op. Sifat menyeluruh: Seorang ilmuwan tidak akan pernah puas jika mengenal ilmu hanya dari segi pandang ilmu itu sendiri. N.

usu. dengan mengetahui makna filsafat. serta dapat menjadi ilmu yang berguna bagi kehidupan manusia sehari-hari.id/files/Filsafat%20Ilmu%20dan%20Metode%20Riset_ Normal_bab%201. Ibid. dapat disimpulkan bahwa sebenarnya filsafat merupakan ilmu yang mempelajari mengenai suatu hal hingga ke bagian yang paling mendasar. Dalam berfilsafat itu sendiri. Sir Isacc Newton. pukul 19. Ada banyak penyempurnaan dari penemuanpenemuan ilmuwan sebelumnya yang ia lakukan. kita harus mempunyai tiga karakteristik.pdf. Soyomukti. Daftar Pustaka Abidin. Penutup Berdasarkan pembahasan mengenai teori-teori filsafat di atas.id/files/Filsafat%20Ilmu%20dan%20Metode%20Riset_ Normal_bab%201. Menurut para ilmuwan. Edisi 1. berfilsafat berarti kita berusaha untuk mencari sebab dari semua sebab yang ada. sebenarnya Newton telah menggunakan konsep filsafat dalam menemukan ilmu-ilmu barunya. semua yang ada bersifat dinamis. PENGANTAR FILSAFAT BARAT.25 WIB. yaitu sifat menyeluruh.ac. 7 . Dalam pencariannya akan ilmu. seseorang dapat memperoleh kebenaran yang logis dan sistematis. 2011. merupakan salah satu ilmuwan yang memiliki ketiga karakteristik di atas. President of the Royal Society. selalu mungkin berubah dan tidak pernah selesai.pdf.ac. Bagi Newton tak ada yang kekal di dunia ini. maupun kepribadian seseorang. diakses 24 November 2012. tetapi kita harus berpikir apakah hal itu logis dan benar. Dengan berfilsafat. Kita tidak boleh menerima semua ilmu begitu saja. Zainal. Edisi 1. PENGANTAR FILSAFAT UMUM. AR-RUZZ MEDIA: Jogjakarta. Nurani. Jadi. 9 “Filsafat Ilmu” dalam http://usupress.usu. Jadi. Filsafat dapat digunakan untuk mengetahui sifat. Newton tidak hanya percaya pada kebenaran yang sudah ada (ilmu pada saat itu). 2011. Hal ini terbukti dari penemuan-penemuan oleh beberapa filsuf terkemuka di zaman dahulu. “Filsafat Ilmu” dalam http://usupress. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta.9 4. tetapi ia meneliti ulang hasil penelitian terdahulu. gaya berpikir. mendasar. dan spekulatif. sebagai manusia kita akan menjadi lebih rasional dalam berpikir.sehingga pada akhirnya bisa didapatkan ilmu yang pasti sesuai dengan pemikiran yang logis. Dr.

8 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful