1.

Reaksi kimia merupakan pemisahan, penggabungan, atau penyusunan kembali atomatom, sehingga atom tidak bisa dibuat atau dimusnahkan. Teori ini dikemukakan oleh .... a. Dalton b. Thomson c. Niels Bohr d. Rutherford e. Max Planck Jawaban : a Teori atom dalton merupakan teori atom pertama yang dilandasi data ilmiah. Pokok – pokok teori atom Dalton diantaranya : Reaksi kimia merupakan pemisahan, penggabungan, atau penyusunan kembali atomatom, sehingga atom tidak bisa dibuat atau dimusnahkan. 2. Kulit-kulit atom bukan merupakan kedudukan yang pasti dari suatu elektron, melainkan hanyalah suatu kebolehjadian elektron. Pernyataan ini dikemukakan oleh . ... a. Heisenberg b. Niels bohr c. Rutherford d. J.J Thomson e. Goldstein Jawaban : a Teori ketidakpastian heisenberg menyatakan bahwa kedudukan dan kecepatan gerak elektron tidak dapat ditentukan secara pasti, yang dapat ditentukan hanyalah kemungkinan terbesarnya atau probabilitasnya. 3. Elektron dapat berpindah dari suatu lintasan ke lintasan yang lain sambil menyerap atau memancarkan energi. Teori ini merupakan penyempurnaan teori atom Rutherford yang dikemukakan oleh . . . . a. Becquerel b. Bohr c. Dalton d. Rontgen e. Thomson Jawab : b Niels Bohr, seorang fisikawan, melakukan percobaan spektrum hidrogen untuk memperbaiki teori atom Rutherford. Hasil percoban Bohr menyimpulkan beberapa hal, diantaranya : Elektron dapat berpindah dari suatu lintasan ke lintasan yang lain sambil menyerap atau memancarkan energi.

Neutron terdapat pada kulit atom dan bergerak mengelilingi proton b. energi elektron lama-kelamaan akan berkurang dan lintasannya makin lama mendekati inti kemudian jatuh ke dalam inti.4. Jarak elektron dengan inti terlalu jauh sehingga tidak ada gaya gravitasi Jawab : a Kelemahan dari Rutherford tidak dapat menjelaskan penyebab elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. . Hasil tersebut diperoleh setelah melakukan percobaan dengan . . . Berdasarkan teori fisika. . a. Model atom Dalton digambarkan sebagai bola yang berbentuk bulat masif. Hamburan sinar alfa dari uranium e. Elektron Bergerak mengitari inti dengan menyerap energi d. 5. Jumlah proton pada setiap atom lebih banyak dari jumlah elektronnya e. gerakan elektron mengitari inti ini disertai pemancaran energi. 7. Dalton tidak mampu mnerangkan penyebab elektron tidak jatuh ke inti atom d. Oleh karenanya. . Belum menggambarkan letak dan lintasan elektron dalam suatu atom b. . Kelemahan model atom ini adalah . Kelemahan model atom Dalton adalah Belum menggambarkan letak dan lintasan elektron dalam suatu atom. Penembakan gas helium d. Neutron terletak pada inti atom dan bergerak bersama elekron d. . Kelemahan model atom Rutherford adalah . 6. Pernyataan yang tepat mengenai atom dan partikel penyusun atom adalah . Atom merupakan bola beronggga yang terdiri atas proton c. . Tidak dapat menggambarkan letak dan lintasan elektron e. a. Tabung sinar katoda yang dimodifikasi Jawab : d Teori atom Rutherford muncul berdasarkan eksperimen hamburan sinar alfa dari uranium. . Rutherford mengemukakan bahwa di dalam atom terdapat inti atom yang bermuatan positif. Proton terletak pada kulit atom dan bermuatan negatif c. . Elektron bermuatan negatif dan tersebar dalam kulit-kulit atom . . Tabung sinar anoda c. a. a. Atomnya digambarkan sebagai bola yang berbentuk bulat masif Jawab : a. . Hanya tepat untuk atom dengan nomor atom kecil. Tidak dapat menerangkan alasan elektron tidak jatuh ke dalam inti b. Tabung sinar katoda b. e. Belum mengemukakan adanya partikel penyusun atom c.

Setelah berbagai gas dicoba dalam tabung ini. 10. sedangkan atom suatu unsur berbeda memiliki sifat berbeda. . a. nucleon dan neutron .Jawab : e Salah satu partikel penyusun atom adalah Elektron bermuatan negatif dan tersebar dalam kulit-kulit atom 8. proton dan neutron e. sehingga atom bersifat netral. sedangkan di katoda terbentuk sinar positif c. . a. ternyata gas hidrogenlah yang menghasilkan sinar muatan positif paling kecil. . Hidrogen e. Elektron. Nitrogen d. . a. Helium c. . . Radiasi partikel yang berdaya tembus tinggi dan bersifat netral mempunyai massa hampir sama dengan dengan massa proton disebut neutron d. . Elektron dan neutron b. Pada percobaan hamburan sinar alfa melalui penembakan lempeng emas tipis. Atom dalam suatu unsur memiliki sifat yang sama. Elektron dan proton c. Rutherford memperoleh hipotesis bahwa Atom tersusun atas inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi elektron yang bermuatan negatif. b. . Atom tersusun atas inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi elektron yang bermuatan negatif. Atom terdiri atas partikel bermuatan negatif yang dapat dibelokkan ke arah kutub positif medan listrik e. Gas yang digunakan oleh Eugene Goldstein pada percobaan tabung gas berkatoda adalah . sehingga atom bersifat netral. Klorin b. Neutron dan proton d. Sebuah atom dari suatu unsur memuat nomor yang sama. 9. melakukan eksperimen menggunakan tabung gas yang memliki katoda. Oksigen Jawab : d Eugene Goldstein. . Pada anoda terbentuk elektron yang berupa sinar negatif. yaitu. Jawab : a Pada percobaan hamburan sinar alfa melalui penembakan lempeng emas tipis. Rutherford memperoleh hipotesis bahwa . fisikawan dari jerman (1886).

Kovalen koordinasi d. Kovalen non polar c. NaCl dan KBr b. c. CH4 dan NH3 c. KCl dan HCl Jawab: a Syarat ikatan ion: golongan I A / II A berikatan dengan VI A / VII A Na dan K golongan I A Cl dan Br golongan VII A 12. maka XY mempunyai ikatan … a. H2O dan KBr e. Elektrovalen e. b. 11. Pasangan senyawa di bawah ini yang merupakan senyawa ion adalah … a. SO2 dan HCl d. d. Sebuah atom dari suatu unsur memuat nomor yang sama pada proton dan elektron. a. dan 18.Jawab : b. Q. 9. 11. Kovalen polar b. e. 6P = 2 4 Golongan IV A 9Q = 2 7 Golongan VII A 11R = 2 8 1 Golongan I A 18S = 2 8 8 Golongnan VIII A Syarat ikatan ion: golongan I A / II A berikatan dengan VI A / VII A 13. Logam Jawab: d X : 3s2 Golongan II A Ikatan ion / elektrovalen Y : 2p4 2s2 Golongan VI A Ikatan ion / elektrovalen . Nomor atom unsur P. Jika konfigurasi elektron atom X: 1s2 2s2 2p6 3s2 dan konfigurasi elektron atom Y: 1s2 2s2 2p4. Suatu senyawa dengan rumus molekul XY. R dan S adalah 6. Pasangan unsur-unsur yang diharapkan dapat membentuk ikatan ion adalah … P dan Q R dan Q Q dan S S dan R P dan S Jawab: b.

HF. . . 17Cl e. CaO. HCl. V A. 6R dan 17Q d. 15P d. HCl c. . CCl4. NH3. dan H dan 11Y : 2 8 1 ikatan ion 17X : 2 8 7 dan 17Q : 2 8 7 ikatan ion 12P : 2 8 2 dan 17Q : 2 8 7 ikatan kovalen 6R : 2 4 ikatan ion 20M : 2 8 8 2 dan 16T : 2 8 6 19A : 2 8 8 1 dan 35B : 2 8 18 7 ikatan ion 15. MgO e. CO2 d.14. V A. HF b. Deretan senyawa berikut ini tergolong senyawa kovalen. HI Jawab: a . Li2O. a. CF4 Jawab: d Syarat ikatan kovalen: golongan IV A. 17. 18Ar Jawab : b Konfigurasi elektron dari 12Mg adalah 2. VI A. 20M dan 16T e. 9F b. Diantara unsur-unsur berikut ini yang cenderung melepas 2 elektron adalah . VII A. IF5. F2 d. Sehingga untuk mencapai kestabilan. kecuali … a. HI b. 12Mg c. HBr e. BH3. 17X dan 11Y b. H2O. VI A. dan H Pilihan D : terdapat Ca dan Mg Golongan II A 16. unsur tersebut akan melepas 2 elektron. Di antara senyawa berikut yang paling polar adalah … a. 8. 2. BF3 CO2 c. VII A. Pasangan unsur yang membentuk ikatan kovalen adalah … a. 19A dan 35B Jawab: c Syarat ikatan kovalen: golongan IV A. 12P dan 17Q c.

van der waals e. atom pusatnya P terdapat 5 pasang electron ikatan (10 elektron). dan Cl =17. Titik didih HF lebih tinggi daripada HCl. (1) dan (3) d. (2) dan (4) e. kecuali … a. artinya ikatan hidrogen Ikatan hidrogen membuat senyawa mempunyai titik didih tinggi. ion c. (3) dan (4) Jawab: a Syarat ikatan hidrogen: H berikatan langsung dengan N. CH4 e. (2) dan (3) b. kovalen koordinat Jawab: c HF → H berikatan langsung dengan F. (1). 19. Hal ini disebabkan karena antara molekulmolekul HF terdapat ikatan … a. kovalen b. H2O d. PCl5 Jawab : e. (2) dan (3) c. P=15. Diketahui nomor atom H = 1. (1). disebut dengan super octet. 20. Di antara senyawa-senyawa berikut. (1). N = 7. CHCl3 b. (2) dan (3) benar. C=6. F. yang dapat membentuk ikatan hidrogen adalah … (1) HF (2) NH3 (3) H2O (4) HCl a. . NH3 c.Paling polar → beda keelektronegatifan besar HF → golongan I A dan VII A maka elektronegativitasnya besar 18. hidrogen d. Senyawa berikutmengikuti aturan octet. Teori octet menyatakan bahwa disekitar atom pusat terdapat 4 pasang electron ikatan ( 8 elektron). Pilihan (1). atau O. sedangkan pada PCl¬5. (2). O = 8.

Kalium sianida d. sesuai dengan nama rumus molekul nitrogen (III) oksida yang diberi angka romawi III. Nama senyawa poliatom NH4Cl adalah. a. a. 22. Aluminium oksida Aluminium trioksida Aluminium dioksida Jawab : a Untuk senyawa oksida yang tersusun atas unsur yang mempunyai bilangan oksida hanya satu macam. pemberian nama dilakukan dengan menyebutkan nama unsurnya yang kemudian dibubuhi kata oksida. . c. c. . Besi (III) sulfat b. 23. Kemudian bilangan oksidasi Mn dituliskan dalam angka romawi. Jadi Nama senyawa MnO2 adalah Mangan (VI) oksida. Cl = klorida. . c. Nama kimia dari senyawa MnO2 adalah . N2O d. . e. c. setelah itu disebutkan unsur yang dibelakang. Mangan (III) oksida d. Amonium klorida Seng hidroksida Magnesium sulfat Jawab : a NH4 = ammonium. 24. . e. N3O2 . e. . . Nama senyawa Al2O3 adalah . . . Mangan (II) oksida Mangan (VI) oksida Mangan oksida Jawab : c Bilangan oksidasi Mn dalam MnO2 adalah +4. e.21. Dimangan trioksida b. NO3 N2O3 N3O4 Jawab : c Karena bilangan oksidasi Nitrogen dalam senyawa N2O3 sama dengan +3. Dialuminium oksida d. yaitu Mangan. . Nama unsur yang di depan disebutkan terlebih dahulu. . . a. Dialuminium trioksida b. Senyawa Al2O3 tersusun atas unsur Al yang hanya mempunyai bilangan oksidasi +3 sehingga b. Rumus molekul nitrogen (III) oksida yang benar adalah . a.

. .2H2O = kalsium sulfat dihidrat. Rumus besi(II) oksida dan tembaga(I) oksida berturut-turut yaitu . . Rumus kimia dari senyawa hidrat kalsium sulfat dihidrat adalah . Senyawa Na2O yang tersusun atas unsur Na yang hanya mempunyai bilangan oksidasi +1 sehingga dinamai senyawa Natrium oksida. Nama senyawa NaOH adalah . FeO dan Cu2O d. . c. e. pemberian nama dilakukan dengan menyebutkan nama unsurnya yang kemudian dibubuhi kata oksida. Sehingga CaSO4. . CuSO4. Dinatrium Hidroksida d.Na = Natrium. Natrium Hidroksida Natrium Oksida Natrium Jawab : a Natrium Hidroksida.dinamai senyawa aluminium oksida. c. . e. . .10 H2O d. karena terdapat 2 H2O jadi namanya dihidrat. a.2H2O Jawab : e Senyawa Hidrat diberi nama dengan menambahkan angka yunani yang menyatakan banyaknya air Kristal hidrat di akhir nama senyawa tersebut. 26. Na2CO3. . FeO dan CuO Fe2O dan Cu2O b. a. Fe2O3 dan CuO b. c. Basa ditandai dengan adanya ion hidroksida (OH-). Natrium tetraoksida b.10H2O b. Natrium oksida . CaSO4 = kalsium sulfat. Nama senyawa Na2O adalah . c.5H2O HBr. 27. Natrium trioksida d. a. 4H2O CaSO4. 25. NaCl. a. e. . OH = Hidroksida. 28. . . Penamaan basa selalu diakhiri dengan anion hidroksida. Dinatrium oksida Natrium pentaoksida Natrium tetraoksida Jawab : d Untuk senyawa oksida yang tersusun atas unsur yang mempunyai bilangan oksida hanya satu macam.

2Na + 2H2O → 2NaOH + H2 . 2S(s) + 2O2(g) → 2SO2(g) d. . Penulisan persamaan reaksi yang benar jika serbuk belerang dibakar sempurna menghasilkan gas belerang trioksida adalah . a. 29. b. e. a. .e. . . Sedangkan Cl pada Produk berjumlah 1. . Diantara persamaan berikut yang belum setara yaitu . Dari reaksi CaCO3 + 2HCl → CaCl + H2O + CO2 jumlah atom Cl pada reaktan adalah 2. . Fe2O3 dan Cu2O Jawab : b Bilangan Oksidasi Fe dalam FeO adalah +2 sehingga namanaya besi(II) oksida dan Bilangan oksidasi Cu dalam Cu2O adalah +1 sehingga namanya tembaga(I) oksida. Mg + 2HCl → MgCl2 + H2 Fe2O3 + 3CO → 2Fe + 3CO2 2Al + 6HCl → 2AlCl3 + 3H2 Jawab : b. c. c. S(s) + O2(g) → SO4(g) b. e. Jadi persamaan reaksi ini belum setara 30. CaCO3 + 2HCl → CaCl + H2O + CO2 d. S(s) + O2(g) → SO2(g) 2S(s) + 3O2(g) → 2SO3(g) S(s) + 2O2(g) → SO2(g) Jawab : c Rumus molekul belerang triokasida adalah SO3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful