PELAKSANAAN DEMOKRASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Sebagaimana negara-negara lain, negara kita Republik Indonesia adalah negara demokrasi. Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari masih sering kita temui perilaku yang tidak demokratis, misalnya berupa tindakan sewenangwenang, tidak menghargai perbedaan, tidak mematuhi aturan atau kesepakatan yang telah diputuskan. Pelaksanaan Demokrasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, tiada lain adalah wujud nyata dari pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari (keluarga, masyarakat, sekolah dan kehidupan bernegara). Demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang diintegrasikan (diliputi dan dijiwai) oleh sila-sila dalam Pancasila. Identitas demokrasi Pancasila adalah sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Dalam demokrasi Pancasila terkandung dua asas pokok, yakni asas kerakyatan dan asas musyawarah mufakat.

Peta Konsep

Hakikat Demokrasi

Kehidupan Yang Demokratis

Sikap Positif Terhadap Pelaksanaan Demokrasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Macam-macam Demokrasi

1

dan menuntut hal serupa dari orang lain. adalah penjelasan mengapa seseorang memiliki pandangan tertentu. adalah sikap atau sifat toleran. International Commision of Jurist (ICJ). demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan dimana hak untuk membuat keputusan-keputusan politik diselenggarakan oleh warga negara melalui wakilwakil yang dipilih oleh mereka dan bertanggung jawab kepada mereka melalui suatu proses pemilihan yg bebas. membolehkan) pendirian (pendapat.politik. kelakuan. memandang demokrasi sebagai suatu sistem di mana tak seorangpun dapat memilih dirinya sendiri. Menghormati Kejujuran. PENGERTIAN DEMOKRASI MENURUT PARA AHLI 1. 3. sama haknya untuk menduduki jabatan pemerintahan. Toleransi. 2. oleh rakyat dan untuk rakyat. membiarkan. Solidaritas sebagai perekat bagi pendukung demokrasi agar tidak jatuh kedalam perpecahan. Giovanni Sartori. UNSUR-UNSUR DEMOKRASI 1. 6. kebiasaan. kemudian tidak dapat juga untuk merebut dari kekuasaan lain dengan cara-cara tak terbatas dan tanpa syarat. dll) yang bertentangan atau berbeda dengan pendirian sendiri. pandangan. Di dalam masyarakat manusia memiliki kedudukan yang sama di depan hukum. Kebebasan. 4. tak seorangpun dapat menginvestasikan dia dengan kekuasaannya. Toleran artinya bersikap menenggang (menghargai. Ensiklopedi Populer Politik Pembangunan Panca-sila. adalah Tuhan menciptakan manusia dengan harkat dan martabat yang sama. mengembangkan kepribadiannya masing-masing. dengan cara tidak melanggar aturan yang berlaku. adalah keterbukaan untuk menyatakan kebenaran. agar hubungan antar pihak berjalan baik dan tidak menimbulkan benih-benih konplik di masa depan. demokrasi adalah suatu pola pemerintahan dalam mana kekuasaan untuk memerintah berasal dari mereka yang diperintah. Bukan kebebasan untuk melakukan hal tanpa batas. 4. . Menghormati penalaran. B. 5. adalah kesediaan untuk memperhatikan kepentingan dan bekerjasama dengan orang lain. kepercayaan. Persamaan.HAKIKAT DEMOKRASI A. adalah keleluasaan untuk membuat pilihan terhadap beragam pilihan atau melakukan sesuatu yang bermamfaat untuk kepentingan bersama atas kehendak sendiri tanpa tekanan dari pihak manapun. Solidaritas. Kebiasaan memberipenalaran akan menumbuhkan kesadaran bahwa ada banyakalternatif sumber informasi dan ada banyak cara untuk mencapai tujuan. 3. demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat. Kebebasan harus digunakan untukhal yang bermamfaat bagi masyarakat. 2. Abraham Lincoln. membela tindakan tertentu.

Keadaban. MACAM-MACAM DEMOKRASI 1. DARI TITIK PERHATIANNYA DEMPKRASI ADA 3 MACAM : A. Demokrasi gabungan (negara-negara nonblok). Demokrasi material (negara-negara komunis). 2. Demokrasi ini mencita-citakan kehidupan tanpa kelas sosial dan tanpa kepemilikan pribadi. mengeluarkan pendapat. Pemerintahan berdasar hukuk (konstitusi) d. Singapura. Negara adalah alat untuk mencapai komunisme yaitu untuk kepentingan kolektifisme. PRINSIP-PRINSIP DEMOKRASI SECARA UMUM a. Demokrasi ini tidak mengakui hak asasi warga negaranya. Demokrasi ini bertentangan dengan demokrasi konstitusional. Demokrasi Formal ( negara-negara liberal). hukum. D. kurang persamaan dalam bidang politik bahkan kadang dihilangkan. Adanya partai plitik dan organisasi sosial politik g. Perilaku yang beradab adalah perilaku yang mencerminkan penghormatan terhadap dan mempertimbangkan kehadiran pihak lain yang tercermin dalam sopan santun. persamaan dibidang politik.7. Filipina. yaitu kekuasaan pemerintahan terbatas dan tidak banyak campur tangan serta tidak bertindak sewenang-wenang terhadap warga negaranya. DARI SEGI IDEOLOGI DEMOKRASI ADA 2 MACAM: A. Penganut demokrasi ini adalah Negara-negara eropa barat. Kekuasaan dibatasi oleh konstitusi. Demokrasi konstitusional (demokrasi liberal). b. C. PRINSIP-PRINSIP DEMOKRASI PANCASILA a. B. Kekuasaan suatu negara sebenarnya berada di tangan rakyat atau kedaulatan ada di tangan rakyat. India. Peradilan yang bebas dan tidak memihak e. Pengakuan dan perlindungan terhadap hak asasi manusia c. B. adalah ketinggian tingkat kecerdasan lahir-batin atau kebaikan budi pekerti. Demokrasi Rakyat (Proletar) adalah demokrasi yang berlandaskan ajaran komunisme dan marxisme. beda pendapat. tanpa upaya untuk mengurangi kesenjangan ekonomi. demokrasi menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik. Masing-masing orang bebas berbicara. menitikberatkan pada upaya-upaya menghilangkan perbedaann pada bidang ekonomi. . demokrasi yang menghilangkan kesenjangan ekonomi dan sosial. C. dan tidak ada paksaan. dan beradab. pPakistan. Pemilu yang demkratis. Amerika serikat. Kedaulatan di tangan rakyat b. Indonesia. Pengambilan keputusan atas musyawarah f.

Semangat kekluargaandan kebersamaansemakinkokoh. Melaskukan engawasan baik terhadap wakil rakyatmaupun pemerintah melalui media massa.3. 3. 2. Keluarga selalu menyerap aspirasi dan pendapat dari anggota keluarga untuk mencapai kata mufakat.menyusun tata tertib bersama 2. DI LINGKUNGAN KELUARGA: Masalah – masalah keluarga hendaknya diselesaikan dengan musyawarah. DI LINGKUNGAN KEHIDUPAN BERNEGARA : 1. Indonesia : 1. Konstitusional a. Demokrasi Terpimpin 3. Demokrasi Liberal 2. PENGELOMPOKAN DEMOKRASI: Demokrasi ada 2 macam : 1.Musyawarah dyang menyangkut kepentingan masyarakat dan lingkungan. 3. Demokrasi Pancasila 2. DI LINGKUNGAN MASYARAKAT: 1. C. Pemilihan ketua RT. 4. Terlibat dalam pemilihan umum.Melalui wakil kita terlibat dalam penyusunan Undang-undang. bersama. Negara Liberalis dan Komunis/Sosialis b. Manfaat musyawarah di lingkungan keluarga adalah : 1. Tidak ada anggota keluarga yang merasa ditinggalkan. B. ketua kelas. Menyusun kelompok piket kelas. DI LINGKUNGAN SEKOLAH : 1. 3. 2. Seluruh anggota keluarga merasa berarti atau berperanan.Mermilihketua OSIS. Anggota keluarga ikut bertanggung jawab terhadap keputusan bersama.sepertiprogram pembaqngunan D. Komunis/Marxisme atau Demokrasi Proletar PELAKSANAAN BUDAYA DEMOKRASI A. 2. .

Setiap keputusan diambil dengan musyawarah mufakat untuk kepentingan bersama 6.SIKAP POSITIF TERHADAP PELAKSANAAN DEMOKRASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI Setiap warga neegara Indonesia diharapkan menunjukan sikap positif dalam pengembangan nilai-nilai perilaku budaya Demokrasi Pancasila. umum. bebas dan rahasia). . Mentaati hukum 5. 2. 4. Melaksanakan hak pilih (memilih dan dipilih) dalam pemilu dan menjauhkan diri dari sifat golput (golongan putih. Menyukseskan pemilu yang luberjurdil (langsung. sebutan untuk orang-orang yang tidak mengggunakan hak pilih). Saling mendukungsetiap usaha pembelaan Negara 7. Saling menghotmati kebebasan memeluk agama dan beribadah sesuai agama dan kepercayaan-Nya itu. Berikut ini merupakan sikap posittif warga negara dalam perilaku budaya demokrasi di Indonesia dalam kehidupan seharihari : 1. 3. Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan.