Makalah Kkpi

“ Pengoperasian Web Browser “

Kelompok III
Yenni Octaviana Sulfiani H Yulia Udin Safitri Yesi Andani Emil Salim Firdaus Hardiansyah Khaeril Iksan Harist Satria Muh. Alfi syahrir

Smk Negeri 1 Watampone Tahun Ajaran 2011- 2012
1

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang maha Esa , Karena berkat rahmat dan hidayahnya, kami dapat menyelesaikan makalah ini dalam kurung waktu yang telah di tentukan . adapun isi makalah ini membahas tentang “ Pengoprasian Web Browser “. Yang materinya kami dapatkan dari berbagai media massa, baik dari internet , buku , dan majalah . Dalam makalah ini kami isikan berbagai hal yang berkaitan dengan Web browser , seperti 1. Pengenalan internet 2. Koneksi internet 3. Mengoprasikan koneksi internet 4. Mengenal web browser 5. Memahami alamat internet & hyperlink 6. Menyimpan file halaman web & download 7. Menncetak file hasil browsing.

Dan tak lupa pula , kami ucapkan terima kasih kepada Bu Nurbayani selaku guru mata pelajaran kkpi yang telah memberikan gambaran tentang web browser, dan makalah ini di buat dengan tujuan menambah wawasan para pelajar , kritik dan masukan senantiasa kami nantikan demi membangun makalah ini . Terima kasih

Penyusun

Watampone , 17 January 2012

2

. . 2 3 . . . . . 21 3 . . . . . . . 4 5 BAB II Pembahasan Web Browser . Latar belakang 2. . . . . . 6 BAB III Penutup Kritik dan Saran . . . 20 DAFTAR PUSTAKA . Rumusan Masalah . . . . . . . . . . .Daftar Isi Kata Pengantar Daftar isi BAB I Pendahuluan 1. .

karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign. Sejarah singkat Penjelajah web pertama kali berbasis teks. setelah lulus dari universitas. Amerika Serikat. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara 4 . Marc ditawari oleh Jim Clarc. yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Penjelajah web tersebut dinamai Mosaic. Navigator merupakan penjelajah web komersial. Web sendiri adalah Kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain. adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumendokumen yang disediakan oleh server web. Navigator memiliki nama kode Mozilla. yang disebut dengan Netscape Navigator.BAB I Pendahuluan LATAR BELAKANG Penjelajah web (bahasa Inggris: web browser). membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication. Pada saat pengembangannya. seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang. Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum. yang dikenal sebagai World Wide Web. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan. Selanjutnya. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI). disebut juga sebagai perambah atau peramban.

RUMUSAN MASALAH  Menjelaskan yang dimaksud dengan internet . yang terlambat turun di pasar penjelajah web. yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial. NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass. muncullah perang besar antara web browser populer. Microsoft. sejarah serta Fasilitasnya !  Mendeskripsikan cara menjalankan internet . yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer. yakni antara Netscape Navigator. pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass. Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic. dan  Menjelaskan cara mendapatkan file dari internet dan mencetak file tersebut ! 5 . dan Microsoft Internet Explorer. Sementara itu. dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application).gratis. sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah web-nya. penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya.

email. pemerintahan. Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai pengenal. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan. Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer. penanganan kesalahan (error handling). Gopher). FTP). komersial. Internet juga memiliki gateway ke jaringan dan layanan yang berbasis protokol lainnya. 6 . dan standar komunikasi lainnya. milis). diskusi (Usenet News.BAB II Pembahasan Apa Itu Internet? Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik. organisasi. dan aneka layanan lainnya. maupun perorangan. remote login dan lalu lintas file (Telnet. chat). tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan. Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. lalu lintas pesan. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya. akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan.Sejarah Internet Cikal bakal jaringan Internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency). yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer). NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika hingga pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi berbagai dibubarkan. ARPANET terpecah menjadi dua jaringan. masing-masing UCLA. Di awal 1980-an. University of California at Santa Barbara. Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus. 7 internasional . tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Ini disusul dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan internet diakses melalui sarana komputer pribadi (PC). Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet. yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET). protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982. ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. University of Utah. dan Stanford Research Institute. Sesudahnya. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984. internet mulai digunakan untuk kepentingan akademis dengan menghubungkan beberapa perguruan tinggi. Berkutnya. jaringan Pada saat NSFNET dibangun.

TELNET Kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi yang ada dikomputer tersebut. WORLD WIDE WEB [WEB] Mengakses informasi berupa teks. 8 .didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Perancis. Australia. film. negara-negara Skandinavia. suara. meliputi remote access. tidak secanggih browser modern yang kita gunakan saat ini. Tentu saja web browser yang pertama ini masih sangat sederhana. email/messaging. Pada awalnya. ELECTRONIC MAIL [EMAIL] Surat elektronik adalah pesan yang dapat dikirimkan. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kita kenal saat ini. internet hanya menawarkan layanan berbasis teks. Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada. diterima maupun disimpan dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh user melalui internet/jaringan eletronik. WWW browser yang pertama baru lahir dua tahun kemudian. Software browser yaitu Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator. 3. tepatnya pada tahun 1992 dengan nama Viola. Namun demikian. dll. FASILITAS INTERNET 1. jerman. maupun diskusi melalui newsgroup (Usenet). gambar. Inggris. Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW. 2. kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis teks. Kanada dan Jepang segera bergabung kedalam jaringan ini. Kemajuan berarti dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee.

7. GOPHER Pengaksesan informasi hanya berupa teks. FILE TRANSFER PROTOCOL [FTP] Melalui FTP user bisa mengirimkan data atau file dari satu komputer ke komputer yang lain. CHAT GROUPS / INTERNET RELAY CHAT (IRC) Forum dimana user dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan user lain. SYARAT TERHUBUNG INTERNET 1. TELEPON 3. SOFTWARE 4. 5. Download dan Upload. MODEM 2.cont 4. INTERNET SERVICE PROVIDER 9 . NEWSGROUP Ruang percakapan bagi para user yang mempunyai kepentingan bersama. 6.FASILITAS INTERNET .

Menggunakan icon di taskbar 10 . Suatu protocol internet yang digunakan oleh WWW.  Protocol – Suatu mekanisme yang sudah distandarkan untukmentransfer atau manipulasi data. asumsi komputer telah terkoneksi ke ISP: 1. CARA MENJALANKAN INTERNET Ada 3 cara menjalankan internet.ISTILAH DALAM INTENET cont.  HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE (HTML) – Suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kodekode yang harus ditafsir oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.  HTTP (HyperText Transfer Protocol) –  Host – Alat yang memiliki Internet protocol (IP) Address disuatunetwork TCP/IP atau Internet. Menggunakan menu • Klik START – PROGRAM – INTERNET EXPLORER 2. Menggunakan icon di desktop 3.

Netscape Navigator 3. dalam hal ini anda diajak untuk mencoba mengaktifkan web brouser internet explorer.Internet Explorer 2. Sedang untuk web brouser lainnya dapat anda lakukan sendiri karena menggunakan pola yang sama. sedangkan yang lainnya perlu di instalkan ke kompuer anda terlebih dulu. Mozilla 4. Beberapa web browser yang sering digunakan diantaranya : 1. Pada kesempatan ini kita akan mengaktifkan salah satu web browser.Web Browser Internet Explorer Agar anda dapat menjelajahi internet. Opera dll Khusus web browser Internet Eksplorer. Terdapat beberapa cara mengaktifkan web brouser ( pilih salah satu) yaitu: · Dobel clik shortcart internet explorer atau · Clik ” Start ” dan pilih icon ” Internet Explorer ” atau · Clik ” Start ” dan pilih ” All program” dan lanjutkan dengan memilih ” Internet Explorer ” Apabila tidak ada gangguan pada jaringan internet anda. biasanya sudah tersedia pada sistem operasi window. komputer anda harus memiliki software atauperangkat lunak berupa web browser. maka beberapa saat setelah internet explorer diaktifkan akan muncul jendela microsoft internet explorer sebagai berikut: 11 .

2. namun jendela Microsof Internet Explorer ini tetap dapat anda gunakan untuk mendapatkan informasi melalui file-file yang ada pada komputer anda. Title Window. Informasi ”The page cannot be displayed” menyatakan bahwa halaman ini tidak dapat anda fungsikan untuk mengakses internet. area kerja Internet Explorer juga memiliki hampir semua komponen “window” . baik berupa gambar maupun dokumen artikel lainya. Menu. Seperti kebanyakan program aplikasi Windows. adalah baris yang berisi perintah-perintah untuk pengoperasian Internet Explorer. Standard Buttons. adalah baris judul alamat internet yang terbuka dan selalu diikuti nama program Internet Explorer. adalah baris yang berisi tombol-tombol standar pengoperasian Internet 12 . maka akan ditampilkan sbb. hanya tentunya ada perbedaan menu dan toolbarnya Keterangan gambar : 1.`Namun jika komputer anda tidak terhubung dengan jaringan internet atau terdapat ganguan jaringan internet. 3.

Menu View : Berguna untuk menampilkan atau mengadakan perubahan tampilan pada monitor. adalah baris penghubung ke alamat internet secara cepat tanpa mengetik alamatnya. adalah baris untuk tempat mengisi teks alamat internet yang ingin dikunjungi. Menu Edit : Secara umum digunakan untuk mengadakan perubahan halaman website. Dalam menu ini terdapat 6 sub menu 13 . adalah baris informasi status link alamat internet yang tampil atau terbuka dalam Workspace Kegunaan dari menu menu yang tersedia pada mocrosoft internet explorer adalah sbb: 1.situs tertentu sehingga sangat membantu jika akan mengakses lebih cepat. Menu Favori t:Adalah untuk menampilkan jendela favorit yaitu mengelompokkan situs. 6. 7. Di ujung kanannya terdapat tombol Go. yang dapat ditambah atau dikurangi.4. untuk mulai memproses permintaan alamat internet. ExpAddress Bar. 5. Dalam menu ini terdapat 11 sub menu 4. Status Bar. adalah area kerja atau isi dari alamat internet yang tampil atau sedang diproses berdasarkan permintaan. Menu File : Digunakan untuk mengoperasikan hal hal yang sifatnya fatal dan menyangkut semua hasil kerja pada lembar atau jendela internet. Menu edit memiliki 5 sub menu 3. Dalam menu ini terdapat 13 sub menu 2. baik yang link atau tidak pada halam editor. Links. Workspace.

Menu Tools : Merupakan menu yang secara umum digunakan untuk mengakses outlook Expres. Discuss 13. Menampilkan jendela berkaitan dengan e-mail . Search 7. Menampilkan jendela windows media player. Mail 10.5. Edit 12. Refresh 5. Mencetak halaman website ke dalam printer . Memperbaiki/ memperbaharui loading . Mengadakan research/ pencarian terhadap suatu topik . Home 6. Menghentikan proses loading . radio. Menampilkan jendela favorit yang akan digunakan untuk mengorganisasi situs-situs yang sering digunakan 8. Mundur ke halaman sebelumnya yang pernah di akses . Print 11. Research 14. Kembali ke halaman yang di devinisikan oleh internet explorer . Melihat perkembangan / alur penjelajahan yang dilakukan . Forward 3. Menu ini memiliki 6 sub menu 6. Dalam menu ini terdapat 6 sub menu Kegunaan Tombol Standard Buttons 1. Maju ke halaman berikutnya yang pernah di akses atau sebelum mundur . Histori 9. Stop 4. vidio 14 . Favorites . Menampilkan/ menyembunyikan indikator topik pada website . Mengubah halaman wabsite . Media . Menampilkan modus/ perintah pencarian . Back 2. Menu Help : Secara Umum digunakan untuk meminta bantuan tutorial untuk memecahkan masalah operasional dalam Internet Explorer.

alamatdomain/berita/index/. Lokasi dari situs. 4.com untuk sebuah organisasi komersial). Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat computer dapat saling berbagi informasi). Baiklah kita langsung saja ke pengertian ALAMAT INTERNET: Alamat internet atau alamat sebuah web kadang disebut URL (Uniform Resource Locator) yang biasanya terdiri dari 4 bagian sebagai berikut: 1.net/event/2.chanel-11.htm 15 http alamat domain : alamat informasi yang dituju atau alamat website yang diaktifkan (host domain) berita index. : alamat directory atau folder sebagai tempat informasi tersebut (path or directory) : nama homepage yang dibuka (file name) contoh: http://www.Htm . 2. Nama organisasi yang mengatur situs. terlebih dahulu anda harus memahami penggunaan alamat internet dan hyperlink. contoh: www( World Wide Web) 3. Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi (contoh: .PENGERTIAN ALAMAT INTERNET DAN HYPERLINK Sebelum melakukan akses internet. System penamaan atau cara untuk menuliskan format URL adalah sebagai berikut: http://www. selain (Hyper Tex Transfer Protocol) juga ada FTP (File Transfer Protocol : alamat informasi yang dituju.Htm Keterangan: http www : source type atau service transfer yang digunakan di dalam web. Sebuah situs web dapat diakses halaman informasinya melalui alamat internet yang dimilikinya.

1. pointer itu berubah menjadi pointing finger (gambar tangan yang menunjuk).com pada Address Bar 16 . Kita akan mengetahui bahwa teks tersebut aktif (link) karena jika melewatkan pointer mouse di atasnya.AltaVista. Mencari Web Dengan Menggunakan Search Engine  Search Engine AltaVista dengan mengetikan http://www. Hyperlink . Jika bagian ini diklik.berada dalam kotak (tombol) Inilah yang disebut hyperlink atau link. 2. . anda akan dibawa ke halaman web lainnya.bergaris bawah .teks yang warnanya berbeda.

Melalui Google Melalui Yahoo 17 .

gambar atau program yang disediakan oleh sebuah situs web dan menyimpannya ke dalam komputer Tipe file hasil download :  PDF (dari aplikasi acrobat). JPEG.  DOC (dari aplikasi MS-Word).Menyimpan file halaman web  Langkah-langkah penyimpanan file halaman web : 1. GIF Cara download : 1. data.  PPT (dari aplikasi power point).  HTM atau HTML merupakan ekstensi dari file HTML Gambar mempunyai format : JPG. klik Save untuk mulai menyimpan. 2. TIFF. 4. Download proses pengambilan informasi berupa file. 3. klik menu File lalu pilih Save As Tentukan lokasi penyimpanan file Pada kotak teks File Name ketik nama file (atau biasanya nama halaman web telah tersedia). Perhatikan terlebih dahulu link atau icon dalam halaman web yang menunjukkan bahwa itu akan 18 .

Selanjutnya akan muncul kotak dialog file download. Apabila tampilan cetakan pada layar itu sesuai dengan harapan. maka klik tombol Print untuk mulai mencetak. Klik link atau icon tersebut. 19 . Mencari Informasi pada halaman web Keinginan untuk mencari informasi berupa kata atau kalimat dalam halaman web bisa diwujudkan lewat Internet Explorer dengan fasilitas Search dan Find. Kemudian klik button print pada bagian bawah kotak dialog untuk mencetak file. Mengantisipasi kesalahan cetak Untuk mengantisipasi kesalahan cetak. Pilih menu File pada menubar 2. 3.mengarah pada kandungan file baik itu file data maupun program. lalu klik Save. klik tombol Save untuk mulai download. 4. 2. Pilih menu File pada menubar kemudian klik Print 2. Mencetak File Hasil Browsing Halaman web dapat langsung anda cetak dengan langkah sebagai berikut : 1. Kemudian klik Print Preview 3. apabila sudah ada tampilan . 4. Setelah itu akan tampil hasil cetakan dalam layar yang ditampilkan perhalaman seperti gambar berikut ini. maka klik tombol print untuk mencetak 4. Setelah itu akan tampil kotak dialog Print. ketik nama file yang diinginkan. Anda dapat memilih jenis pinter yang akan digunakan serta jumlah dan halaman yang akan diprint pada select printer. anda dapat melihat file hasil cetakan di layar terlebih dahulu sebelum file tersebut dicetak ke printer. 3. Langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Kotak dialog Save as akan muncul.

20 .BAB III Penutup KRITIK DAN SARAN Dalam menyempurnakan makalah ini . kritik dan saran sangat berarti guna membangun dan mencerdaskan anak Bangsa . kami harap dari para pembaca memberikan tanggapan atas isi dalam makalah ini .

ppt 21 .blogspot.materi-kelas-9-web-browser-internet.com  materi-web-browser-dan-search-engine  Mengenal Web Browser « Share Your Tears ‘n Smile with Me  pengertian-alamat-internet-dan  tips-menyimpan-semua-halaman-web  web browser  pengenalan internet  web browser.Daftar Pustaka  www.