PROPOSAL USAHA TERNAK AYAM PEDAGING

DISUSUNOLEH : Hajar Ali Mahfudhi Dwi Satrio Wicaksono Andreas Siregar (1115031043) (1115031025) (1115031013)

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMPUNG 2013

Tugas mata kuliah kewirausahaan merupakan tugas untuk mengasah kreativitas mahasiswa dalam pengembangan wirausaha. penulis dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini. penulis mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT. sehingga mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan wirausahanya yang diharapkan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan. Ucapan terimakasih kepada dosen kewirausaha yang telah membuat mahasiswanya merasa terpacu untuk membuat suatu wirausaha yang akan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Proposal ini disusun untuk menyelesaikan tugas mata kuliah kewirausahaan. Bandar Lampung.KATA PENGANTAR Alhamdulillah. Januari 2013 Penulis . karena berkat rahmat dan karunia-Nya.

......... Latar Belakang................................... Tujuan..................... ANALISA KEUANGAN.......... RENCANA PEMASARAN............. PERLUASAN JARINGAN…................................................ 5 D........... iii I........................ 5 III............................. WAKTU DAN TEMPAT…….................................. METODE PELAKSANAAN USAHA A............ i KATA PENGANTAR.................................................................................. GAMBARAN UMUM USAHA............................ GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA A.........................….......................... DESKRIPSI PRODUK/JASA…............... 2 II........ ii DAFTAR ISI...................................... 1 B.....DAFTAR ISI HALAMAN SAMPUL...................................... 3 B...................... PENDAHULUAN A................................................ 7 ..........................................................................................7 C...................................... 7 B............3 C...... PERENCANA KANDANG................................

PENDAHULUAN A. sapi dan kambing sehingga kami berupaya mempopulerkan berternak ayam dan mengkonsumsi daging ayam bagi penduduk Indonesia.Berikut ini dimuat lagi serangkaian tulisan mengenai ayam sebagai pemasok gizi penduduk.I. Berternak ayam tidak memerlukan ruangan luas. terutama di pegunungan.Daging ayam memiliki gizi yang sangat banyak khususnya untuk memenuhi kebutuha protein dari hewani. dengan upaya dan biaya rendah namun mudah dilaksanakan. Tou Dano Waya sudah pernah memuat idea memenuhi kebutuhan gizi bagi penduduk di wilayah Tondano. atau 0.bumbu sate. dan kandangnya berukuran lumayan besar dan dibuat dari material yang murah. Orang Indonesia pada umumnya suka memakan daging baik daging ayam.675 Kg sebulan.1 Kg daging per capita per tahun.Oleh karena itu berternak ayam sangat cocok untuk para peternak yang memiliki modal yang kecil. atau dimasak dengan bumbu. putih dan sangat cocok untuk dibuat sate. Kebutuhan rata-rata penduduk menurut LIPI (1968) adalah 8. Rasa dagingnya seperti unggas. termasuk juga upaya meningkatkan gizi dalam diet sehari-hari penduduk juga sangat kurang.Latar Belakang Pemberdayaan masyarakat di Indonesia sangat kurang dalam beternak. Dengan beternak ayamakan membuka peluang usaha yang baru untuk di .

mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk menciptakan inovatif dalam berwirausaha. Tujuan 1. sehingga akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.Bandar lampung khususnya dan penduduk Indonesia pada umumnya.2Kg. 3. B. mengaplikasikan ilmu kewirausahaan. dapat dipanensetelah usia 1 bulan atau 30 hari. Ayampedaging berkembang biak sangat cepat. dengan berat rata-rata 1. 2. Dengan begini kita dapat memanen ayam 50 hari sekali. . Beternak ayam pedaging sebagai alternatif usaha yang sangat prospektif untuk para peternak di Indonesia. serta 4. membuka peluang usaha kepada masyarakat umum melalui kebermanfaatan dari ayam. dengan rincian 30 hari sampai 35 hari masa ternak dan 15 hari sampai 20 hari jeda antara periode.

00. Rencana Pemasaran Rencana pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan suatu usaha. Dan biaya tambahan tiap periode Rp. akan memberikan inovasi baru terhadap peternak hewan untuk meningkatkan kreativitas. Biaya yang dibutuhkan untuk beternak ayam pada tahap awal adalah sebesar Rp 10. Untuktiap bulannya akan menjual ayam siap potong dengan umur 1 bulan dengan berat rata-rata 1. kita memelihara 1000 ekor jadi kita dapat menjual 1. B.000.2 ton ayam tiap panen. Gambaran Umum Usaha Dengan beternak ayamini. Biaya tersebut sudah termasuk dengan alat-alat inventaris yang nantinyaakan digunakan selama beternak. Kemampuan dalam menganalisis dan mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di pasar juga merupakan salah satu unsur penting yang diperlukan untuk keberhasilan suatu produk yang akan di .II.000.2Kg. untuk masalah pakan ayam kita bias pinjam dulu ke mitra kita dan akan dibayar waktu panen karena biayanya cukup mahal. untuk pembelian 1000 ekor bibit ayam dan obat-obatan. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA A.000. 5.000.00.

Mengiklankan man- liki jaringan media untuk pemasaran 3. beternak yang memadai 3. Tabel 1. IFAS Kerjasama tim yang baik 2. Target konsumen yang hendak dicapai adalah semua kalangan masyarakat yang menyukai produk dari ayam yang memiliki gizi yang tinggi. Mitra kerja memi- dengan menekankan aspek social dan ekonomi 2.pasarkan. Memperdagangkan 1. 3. Penyediaan alatalat produksi oleh mitra kerja yang faatdaging ayam di media mitra kerja . Teknik pemasaran Peternak masih sedikit hewan tidak termasuk kebutuhan primer EFAS yang unik Opportunities (O) 1.Untuk memepermudah pemasaran kita butuh mitra kerja yang bersedia untuk memasarkan ayamayam kita waktu panen. Penguasaan teknik 1. Kegemaran SO 1.Sasaran pemasaran yaitu seluruh masyarakat kota Bandar Lampung. OW Bantuan dari mitra kerja untuk mengiklankan manfaat daging ayam dan memberikan space artikel komersial di media cetak milik mitra kerja masyarakat dalam konsumsi daging 2. Weaknesses (W) Manfaat yang belum dikenal masyarakat 2. Matriks Analisis SWOT Strengths (S) 1.

Menjaga kekonsiste- nan beternak ayam agar kepercayaan pelanggan tetap Strategi pemasaran yang lebih mapan C. Deskripsi Produk/Jasa Produk yang di hasilkan yaitu berupa dagingayam.Ayam jenis pedaging merupakan salah satu ayam yang banyak dicari terutama oleh pasar. Analisa Keuangan 1. hewan pesaing dari perusahaan skala besar 2. Biaya ini terdiri atas biaya bahan baku utama. 2.bersangkutan Threats (T) 1. sehingga beternak ayam D. Biaya Bahan Baku Utama (1000 Ekor Ayam) . Proyeksi Kebutuhan Biaya Pokok Proyeksi ini diperlukan untuk mengetahui biaya pokok yang diperlukan dalam menjalankan usaha beternak ayam. Tabel 2. Jenis ayam yang diternakan merupakan jenis ayam pedaging. biaya bahan baku pendukung. Optimalisasi beter1. Lingkup usaha masih kecil nak ayam. Jenis peternak ST 1. Hasil dari beternak ini kemudian akan dipasarkan. misalnya oleh rumah makan. serta biaya peralatan dan perlengkapan yang digunakan. WT Meningkatkan inovasi dalam beternak 2. merupakan salah satu usaha yang prospektif.

3.000 Lalu dikurangi biaya tiap bulan Rp. 3.000.000 = Rp.000 10.000 2.000.000. 18. Biaya Peralatan Produksi dan Biaya Promosi No 1 2 3 Peralatan Produksi Jumlah Harga Satuan (Rp.000 = Rp 15.000 1.000 = Rp.000 Tabel 3.) 5. 18.000.500.500.000 jadi tiap bulan kita mendapatkan hasil Rp.000.000.000.000.No. 15.000.000 50.000.000 .000.000 Kandang 1 Wadah air 50 Wadah pakan 50 Total Biaya Peralatan Jadi.000 1.000 2.000 Harga Total (Rp) 1 Bibit ayam 2 Obat-obatan 3 Kosentrat Ekor Paket Kg 0 1 200 0 4.00 0 5.200Kg x 15.- Adapun hasil penjualan dari ayam dalam satu periode adalah 1.000+ Rp 5.000.000 10. total biaya yang dibutuhkan adalah = total biaya peralatan+biaya Biaya bulan pertama = Rp 10.000 Total Harga (Rp.) 50.000.000.000. Jenis Pengeluaran Satuan Jumlah 100 Harga/ satuan (Rp) 4.000 – Rp.

dekat dengan konsumen potensial dan sumber bahan baku. Selain itu sarana transportasi yang baik serta tempat yang memadai untuk melaksanakan kegiatan produksi.III. Waktu dan Tempat Kegiatan kewirausahaan ini dilaksanakan di Jl Abdul Muis griya Gedong Meneng Indah Raja Basa Bandar Lampung. Perencanaan kandang .METODE PELAKSANAAN USAHA A. Lokasi ini dipilih karena tempatnya strategis. B.

. bagian pemasaran. efisien.Dalam rencana jangka panjang pula. 1. C. Rencana jangka panjang usaha ini dilakukan dengan menjaga hubungan baik dengan mitra kerja dan memperluas pasar sehingga diharapkan peternakan dan penjualan ayam dilakukan secara partai kepada mitra kerja. dan tersusun rapi. bagian produksi. Kami akan melakukan kerja sama dengan peternak yang belum memiliki pengetahuan tentang cara beternak ayam yang baik agar dapat bersaing dengan peternak.Kandang ini dibuat secara panggung dengan tujuan kotoran ayam dapat jatuh kebawah.dan bagian riset dan pengembangan.Tujuannya adalah agar pencapaian tujuan perusahaan tersebut dapat dilakukan dengan lebih baik. Berikut adalah bagan struktur dan tabel nama dan jabatan masing-masing anggota.peternak yang lain.Usahawan tidak lagi mencari peternak ayam untuk pasokan ke rumah makan dan pedangan danging ayam. Untuk itu diperlukan penanggung jawab manajemen pada tiap-tiap bidang tersebut yang berada di bawah koordinasi pimpinan utama. Perluasan Jejaring (Networking) Perluasan jejaring dilakukan untuk menjamin peluang keberlanjutan usaha. cakupan wilayah peternakan dan pemasaran kegiatan usaha ini dapat berkembang sehingga meliputi seluruh wilayah Kota dan Kabupaten Lampung.Perencanaan kandang ayam dapat dibuat dengan kapasitas 1000 ekor dan juga dibuat untuk tempat meletakan pakan ayam. Beberapa unsur yang dirasa sangat penting dan mutlak untuk diatur dalam organisasi pelaksana program kewirausahaan ini antara lain : bagian keuangan. lebih cepat dan lebih mudah.Jadi lantai ini dibuat dari bamboo yang disusun dengan ada jarak kecil yang memungkinkan kotoran ayam dapat jatuh kebawah kandang. Organisasi Usaha Pengerjaan suatu proyek kewirausahaan yang profesional layaknya suatu perusahaan memerlukan rancangan organisasi yang efektif.

KETUA MANAJER PRODUKSI OPERASI MANAJER RISET DAN PENGMBANGAN PEMASARAN Diagram 1. Bagan Organisasi usaha Adapun pembagian tugas masing-masing anggota adalah sbb: .

Ketua Mengelola dan mengorganisasikan bidang kerja yang ada di perusahaan. order ayam. distribusi. . Manajer Pemasaran Mengelola pemasaranayam berupa. bertanggung jawab atas peralatan produksi. Manajer Produksi Menangani proses produksi. c. membina hubungan ke dalam dan keluar. riset dan pengembangan produk. b. promosi..a. dan berurusan dengan pelanggan serta pasar. merencanakan strategi umum. penjualan. mengawasi mutu produk. merencanakan strategi umum. mengidentifikasikan usaha dan prospek pengembangannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.