Mini Tutorial dan Tips dan Trik ArcGIS 10

Membuat Polygon Dengan Titiktitik Koordinat
http://ir1gisplan.wordpress.com

wordpress. foto udara. peta digital. Salah satu sumber data yang paling banyak di gunakan ada data hasil survey lapangan dengan menggunakan GPS untuk menentukan titik koordinat suatu lokasi . ArcGIS merupakan salah satu software GIS yang memiliki keunggulan dan kemampuan untuk memuat data koordinat baik yang berupa data langsung dari pencatatan GPS seperti Garmin dan Magellan maupun data hasil pencatatan koordinat secara konvensional yang kemudian di masukkan kedala MS Excel atau notepad Pada Tutorial ini kita akan membahas bagaimana membuat polygon dari data titik yang di buat dari titik koordinat yang di buat di MS Excel. Tutorial ini di buat dari permintaan banyak rekan-rekan di blog http://ir1gisplan. tutorial ini akan membahas tahap-tahap dalam melakukan input titik koordinat di mulai dari bagaimana menyiapkan data dari MS Excel membuat formula untuk mengkonversi titik koordinat berformat Degree minutes second kedalam koordinat berformat Decimal Degree. keunggulan GPS adalah kita dapat menentukan sebuah titik tanpa terkendala masalah coverage dan proses pembelian data yang cukup lama. hasil survey baik dari gps maupun alat survey lain serta pengambilan data lapangan berupa penanda pada area yang akan kita petakan nantinya. kemudian memasukan data table kedalam ArcGIS serta membuat titik-titik koordinat di ArcGIS . sumber data dapat berupa Citra satelit. GPS merupakan alat yang paling umum di gunakan dalam bidang geospasial baik untuk keperluan navigasi maupun untuk keperluan pemetaan kawasan atau area tertentu.com tutorial ini berisi data hasil survey lapangan berupa titik-titik koordinat batas IUP sebuah perusahaan tambang.Pengantar Sumber data merupakan salah satu poin penting dalam melakukan proses pembuatan dan pengolahan data spasial di ArcGIS ada banyak sumber data serta jenisnya. kita hanya perlu datang di lokasi atau kawasan yang akan kita petakan dan mengambil titik koordinat maupun data lain pada kawasan tersebut.

.1. Menyiapkan data table di MS Excel Cek apakah data kita dalam format Degree minutes second seperti diatas atau sudah dalam bentuk decimal degree Jika koordinat masih dalam format Degree minutes second (derajat menit detik) maka lakukan tahapan seperti pada gambar buat lah sebuah formula (derajat + (menit/60) + (detik/3600)) seperti pada gambar di atas.

Copy hasil dari formula yang telah kita buat pada langkah sebelumnya dan beri kode x untuk Bujur dan y untuk lintang dan z jika kita mempunyai nilai ketinggian. Memasukkan data Table kedalam arcgis Buka ArcMap 10 kemudian klik add data klik table yang telah kita siapkan tadi kemudian klik add . Disarankan juga untuk merename sheet agar kita tidak keliru nantinya pada tutorial ini sheetnya di beri nama jibra 2.

Kemudian pilih sheet yang telah kita rename.pilih sheet yang telah memuat data koordinat berformat decimal degree dan telah di beri label x dan y Data table telah di masukan dan dapat dilihat pada table of content pada ArcMap .

3. setelah itu akan muncul peringatan “Table Does Not Have Object Id Field” klik ok . Membuat events poin Untuk membuat events point klik kanan pada table yang telah kita add tadi kemudian klik display xy data kemudian isikan x field dengan x dan y field dengan y sesuai dengan data Excel yang telah kita siapkan tadi kemudian atur koordinat sistemnya seperti pada gambar diatas Atur koordinat sistem kedalam koordinat geographic karena koordinat yang kita input dalam format geographic.

Melakukan digitasi titik Setelah point telah berhasil tampak pada ArcMap sekarang kita masuk kedalam proses digitasi pertama siapkan data shp polygon yang akan kita siapkan .Pada gambar di atas kita bisa melihat titik events point (jibra events) hasil dari table koordinat yang telah kita siapkan di MS Excel 4.

Mulai lah tahapan digitasi untuk mengetahui bagaimana tahapan digitasi dapat kita lihat pada tutorial dasar ArcGIS 10 http://ir1gisplan.wordpress.com/2011/07/12/tutorial-arcgis-10/ kemudian pilih bagian digitasi on screen Gambar diatas memperlihatkan hasil digitasi dari titik yang telah kita masukan tadi .

facebook. Makassar GIS Community and Study (MAGICS) 3.pertanyaan mengenai tutorial ini dan info lebih lanjut silahkan ke link-link di bawah ini : http://ir1gisplan. Center of Urban and Regional Study (CENTURY) Pengembangan Wilayah dan Kota.com .pwk irwan_pwk@yahoo. saran.Tutorial ini atas kerjasama.com/groups/196098573756558?ap=1 http://www. 1stPWK UNHAS Program Studi Kritik. 1.com/irwan.com http://www.wordpress. Universitas Hasanuddin 2. masukan .facebook.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful