1.

Hutan memiliki banyak manfaat. Hutan menjadi daerah resapann air dan mencegah terjadinya banjir. Selain itu, hutan juga menjadi filter bagi pencemaran udara. Pernyataan tersebut dalam geografi sesuai dengan prinsip .... A. korologi B. interelasi C. interaksi D. persebaran E. deskripsi Sungai-sungai yang mengalir di Jakarta berhulu di daerah Bogor. Alih fungsi lahan pertanian dan hutan di daerah Bogor menyebabkan banjir bandang di Jakarta. Prinsip geografi yang paling sesuai untuk mengkaji fenomena tersebut adalah prinsip .... A. kelingkungan B. distribusi C. interelasi D. deskripsi E. korologi Meskipun jarak desa A dari kota C jauh, desa A mudah didatangi. Sebaliknya, desa B sulit didatangi meskipun jaraknya dekat dari kota C. Dalam geografi, fenomena tersebut sesuai dengan konsep .... A. pola B. interaksi C. diferensiasi areal D. morfologi E. keterjangkauan Peristiwa erupsi gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah pada tahun 2010 mengakibatkan banyak korban luka dan meninggal serta kerugian harta benda. Erupsi gunung Merapi juga mengakibatkan masyarakat di sekitar gunung harus mengungsi dalam radius 20 km dari puncak gunung. Konsep geografi yang sesuai dengan fenomena erupsi gunung Merapi adalah konsep .... A. morfologi B. nilai C. pola D. aglomerasi E. letak Kepulauan Mentawai merupakan kabupaten yang terletak memanjang di bagian barat pulau Sumatera dan dikelilingi samudera Hindia. Kepulauan Mentawai yang merupakan bagian dari serangkaian pulau non vulkanik dan gugus pulau itu merupakan puncak-puncak dari suatu punggung pegunungan bawah laut. Fenomena tersebut berkaitan dengan aspek geografi, yaitu aspek .... A. biotik B. non biotik C. topologi D. budaya E. sosial

2.

3.

4.

5.

peningkatan arus urbanisasi di Jakarta E. persebaran B. kecuali .. . demografi. aglomerasi Aktivitas utama masyarakat Bima beternak kuda karena kondisi lingkungannya didominasi padang rumput. dan ngarai adalah hasil pembentukan tenaga endogen dan eksogen.. interelasi E. Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah prinsip …. deskripsi D. dan barisfer 7. seperti daratan.. dan barisfer B. atmosfer. aglomerasi E.. hidrosfer. hidrosfer.. A. A. biosfer. morfologi D. deskripsi Pada saat musim hujan dan bulan purnama. 11. interelasi C. interdependensi Bentuk muka bumi yang dapat kita jumpai sekarang ini. interaksi D.. 9. lokasi E. 8. lokasi B. demografi. bagian utara kota Semarang seringkali terendam air. pola E. korologi D. morfologi C. keterkaitan ruang Kajian fenomena geosfer dalam geografi meliputi dua aspek. jarak C. dan litosfer D.. Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah prinsip . Faktor utama penyebab wilayah Bima didominasi padang rumput adalah minimnya curah hujan. persebaran B.. Fenomena geosfer yang termasuk aspek fisik adalah . A. gunung. Pendekatan kelingkungan paling sesuai digunakan untuk menganalisis fenomena geosfer berikut. litosfer. pegunungan. 10. A. biosfer. yaitu aspek fisik dan aspek sosial. A.6. peningkatan pendapatan penduduk desa C. Konsep geografi untuk mengkaji hal tersebut adalah konsep …. dan antroposfer E. atmosfer. penyusutan lahan pertanian di perkotaan B.. A.. penurunan permukaan tanah di wilayah Jakarta Di kota besar dibangun mal yang berdekatan dengan penduduk padat dan status sosial tinggi. korologi C. litosfer. lokasi B. dan antroposfer C. perubahan fungsi lahan untuk lokasi transmigrasi di Kalimantan Timur D.. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah konsep .

. kronologis B. dan tanah longsor yang sering terjadi di wilayah Indonesia. lithosfer C. Pendekatan geografi untuk mengkaji gejala tersebut adalah pendekatan . gempa bumi. antroposfer 13. Peristiwa gunung meletus.. Hal itu merupakan contoh aspek geosfer pada lapisan …. kelingkungan A. spasial B. Daerah pantai sering dilanda banjir pasang (rob). ekologi C. A.. Kondisi ini dimanfaatkan penduduk untuk usaha pertambakan.. A. keruangan D. Pendekatan geografi untuk menganalisis hal tersebut adalah pendekatan …. keruangan 14. atmosfer B. formal C. biosfer E. hidrosfer D. kelingkungan E. kewilayahan Daerah pantai utara pulau Jawa pada masa sekarang sering banjir. Banjir disebabkan adanya perubahan tata guna lahan. kewilayahan D.12.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful