Program S1 FEUI

Silabus Akuntansi Syariah Gasal 2011/2012

UNIVERSITAS INDONESIA FAKULTAS EKONOMI
SILABUS AKUNTANSI SYARIAH ACCT 15101 SEMESTER GASAL 2011/2012

1.
No 1

Tim Pengajar
Nama Pengajar Sri Nurhayati / Ahmad Baraba Alamat Email sri.nurhayati@ui.ac.id / abaraba@indosat.net.id

2.

Deskripsi Mata Ajaran

Mata ajaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang akuntansi yang berdasarkan pada syariah. Materi yang akan dibahas meliputi sejarah akuntansi dalam perspektif Islam, kerangka konseptual dan perlakuan akuntansi transaksi/akad berdasarkan syariah misalnya murabahah, mudharabah, musyarakah, salam, istisna, ijarah dan akad lainnya, wakaf, perhitungan zakat dan isu kontemporer yang terkait dengan perkembangan lembaga keuangan syariah. Diharapkan agar mahasiswa mempunyai pola pikir yang berbeda dengan akuntansi konvensional. Mata Ajaran Prasyarat : Pengantar Akuntasi 2 (ACCT 11103)

3.

Tujuan

3.1. Tujuan Kognitif 1. memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang jenis transaksi keuangan berdasarkan syariah Islam. 2. memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara perlakuan akuntansi transaksi keuangan syariah 3. memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pemahaman yang komprehensif tentang konsep ekonomi syariah dan khususnya akuntansi syariah Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan: 1. mampu memahami konteks tentang akuntansi berdasarkan syariah Islam 2. dapat membuat makalah dan kajian kritis tentang pembiayaan keuanagan dan akuntansi syariah 3.2. Tujuan yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian (soft skill) Deskripsi Pengembangan ketrampilan teknis Ada Pengembangan ketrampilan analitikal Ada Pengembangan ketrampilan penetapan tujuan (goal setting) Ada Pengembangan ketrampilan mengelola waktu Ada Pengembangan ketrampilan menulis Ada Pengembangan ketrampilan presentasi (public speaking) Ada Pengembangan ketrampilan kerjasama kelompok Ada hal 1 dari 6 hal

Takaful). 5. yaitu: 5. Metode Pengajaran Agar peserta dapat mengikuti kuliah sesuai dengan jadual yang telah ditentukan melalui pembagian sesi perkuliahan mata ajaran ini. Ekonomi Islam. maka peserta diharuskan membaca bahan-bahan kuliah sebelum dimulai Mata ajaran ini sangat memerlukan partisipasi aktif peserta. Akt. 2003. Fiqih Wakaf. Jakarta: 2006. Metode yang digunakan adalah dengan perkuliahan. Musyarakah. Akt. Murabahah. Bank Indonesia dan UII. 4. Akuntansi Syariah di Indonesia. Akt. Direktorat Pemberdayaan Wakaf. Edisi 2 Revisi Sri Nurhayati dan Wasilah. Makalah hal 2 dari 6 hal Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada . Bandung: Mizan 5. Akt. mahasiswa diharapkan aktif untuk mencari bahan bacaan lainnya yang relevan dengan topik pembahasan. Dari pertemuan ke-2 hingga seterusnya. Hukum Zakat. Yusuf Qardhawi.2. perkuliahan akan dilanjutkan dengan presentasi makalah oleh kelompok yang telah ditentukan serta ditutup dengan diskusi dan simpulan akhir dari pengajar. Penunjang : 1. Ijarah. 2000. Departemen Agama. Bahan Bacaan 4.(W) Selain bahan bacaan tersebut. 2010 (SW) 2. Salam. Auditing and Governance Standards for Islamic Financial Institutions. Akt. (BU2) 3. Accounting. Akt. Wajib : 1. Penyajian LK Syariah. PSAK 101-108 (KDPPLKS.Program S1 FEUI Silabus Akuntansi Syariah Gasal 2011/2012 Ada Ada Ada Pengembangan kepercayaan diri Pengembangan ketrampilan memecahkan masalah Pengembangan ketrampilan bahasa Inggris 4. Jakarta: RajaGrafindo Persada.1. Istishna. AAOIFI 2. ED PSAK 108-111 4.2. Rincian metode pengajaran adalah sebagai berikut: Deskripsi Metode Pengerjaan kasus Kuliah Diskusi kelas Proyek kelompok Laboratorium (in class experiental exercises) Penggunaan computer Proyek penelitian independent Pembelajaran bersama (cooperative learning) Tugas Kelompok Tugas kelompok akan dibagi menjadi 2. Peran dari staf pengajar terutama adalah sebagai penyampai materi secara umum sedangkan mahasiswa diharapkan belajar secara aktif dan mandiri dalam menimba ilmu. 2008. Mudharabah.

Disamping ada kelompok penyaji ada juga 2 kelompok yang memberikan tanggapan atas presentasi tersebut. untuk setiap kasus yang diberikan oleh pengajar. Ada 13 topik yang akan dibahas dalam presentasi ini. Dosen berperan sebagai fasilitator dan nara sumber proses belajar. Persiapan Mahasiswa diasumsikan TELAH MEMBACA bahan ajar sebelum perkuliahan dimulai. namun juga mencerminkan nilai dan standar yang dianut oleh FEUI secara keseluruhan. ketidakhadiran tanpa keterangan maksimum 20%. Kebijakan Umum Kode etik mahasiswa yang mencakup kejujuran akademik adalah hal yang sangat penting. Kehadiran Sesuai dengan aturan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. dapat meminjam dari mahasiswa senior atau Perpustakaan FEUI. 7. Pusat pembelajaran adalah diri mahasiswa sendiri. namun pengerjaan tugas-tugas tetap harus dilakukan secara jujur.3. Fotokopi Buku Sesuai dengan Kode Etik di lingkungan FEUI yang menghormati hak atas kekayaan intelektual (HAKI). 7. 7.2. 6.1. 5. Mahasiswa yang tidak memiliki buku asli. Buku teks tidak harus edisi terbaru sesuai silabus.Program S1 FEUI Silabus Akuntansi Syariah Gasal 2011/2012 Dalam pembuatan makalah kelompok terdiri dari 2 orang. selama bisa menunjang pembelajaran. Bagi mereka yang tingkat ketidakhadiran lebih dari 20% tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir. hal 3 dari 6 hal . bukan dosen. mahasiswa diharuskan membawa buku teks asli ke kelas. Presentasi Setiap kuliah akan dilaksanakan presentasi pembahasan tentang paper yang ditentukan oleh pengajar ditambah bahan lain yang relevan dengan paper tersebut (yang dicari secara mandiri oleh kelompok penyaji). tidak hanya bagi kredibilitas dan harga diri mahasiswa itu sendiri. bukan fotokopi. Mahasiswa harus menunjukkan motivasi dan komitmen yang sungguhsungguh untuk belajar secara mandiri. bukan menyalin pekerjaan orang lain dan kemudian diakui sebagai karyanya.3. Mahasiswa didorong untuk bekerja sama dalam proses pembelajaran. mandiri. Evaluasi Hasil Pembelajaran Nilai akhir mahasiswa direncanakan diberikan dengan bobot sebagai berikut:  Partisipasi/diskusi 10%  Pekerjaan rumah  Kuis  Makalah kelompok 15%  Proyek kelompok lapangan  Presentasi 15%  Laboratorium  Ujian tengah semester 30%  Ujian akhir semester 30% 7.

mata ajaran terkait diberi nilai E  Tiga kali. Pedoman Penulisan Makalah penulisan menggunakan standar huruf Times New Roman. spasi 1. Plagiarisme Plagiarisme adalah mengutip hasil karya orang lain (meliputi namun tidak terbatas pada kata-kata/data/ide/tabel/diagram).4. font 12. Bagi mahasiswa yang belum jelas. jurnal. 7. Statement of Authorship “Saya/kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menyatakan dengan jelas menggunakannya. koran. Web. Sanksi atas Plagiarisme  Satu kali. Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.Program S1 FEUI Silabus Akuntansi Syariah Gasal 2011/2012 7. Plagiarisme termasuk juga menyalin sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin dari buku. dapat menghubungi Departemen Akuntansi FEUI. majalah.5. Statement of Authorship Bagi mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat makalah/paper. dikeluarkan dari Departemen Akuntansi FEUI  Nama dan pas foto diumumkan di Papan Pengumuman setiap kali melakukan plagiarisme Panduan untuk Mencegah Plagiarisme Panduan untuk mencegah plagiarisme dapat diakses di situs FEUI. kertas A4. tanpa menyebutkan sumbernya. harus menyertakan Statament of Authorship (terlampir) di halaman depan makalah/ papernya.” Nama : NPM : Tandatangan : Mata Ajaran : Judul Makalah/Tugas : Tanggal : Dosen : (Dibuat oleh seluruh anggota kelompok) hal 4 dari 6 hal . makalah diberi nilai nol atau maksimum E  Dua kali.5. atau menyajikan ulang hasil karya orang lain seakan-akan karya si penyaji. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya. dan lain-lain. baik sebagian atau seluruhnya. Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukkan katakata/kalimat/ ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaian lainnya tanpa menyebutkan sumbernya.

6. PSAK: 106 AAOIFI: FAS 4 8 SW: Bab 9 PSAK: 102 ED PSAK: 108 2. 5. Tujuan Syariah dan kaidah hukum Islam Sumber Hukum Islam:  Al ‘Quran  As’Sunah  Ijmak  Qiyas Sistem keuangan syariah  Konsep Harta  Konsep Akad  Transaksi yang dilarang  Prinsip Keuangan Syariah Sejarah dan pemikiran akuntansi syariah  Perkembangan Awal Akuntansi Syariah  Sejarah Akuntansi Syariah  Perkembangan Akuntansi zaman Rasulullah dan Khalifah  Laporan Akuntansi Saat itu Tujuan. Jadual Kuliah Silabus Akuntansi Syariah Gasal 2011/2012 Pertemuan 1 Topik  Pembahasan silabus dan metode pengajaran  Pendahuluan  Islam. 11 AAOIFI: FAS hal 5 dari 6 hal . AAOIFI: FAS 3 6 7 SW: Bab 8. konsep akuntansi untuk lembaga keuangan syariah. PSAK: 101 AAOIFI: SFA 1 & 2 SW: Bab 7. PSAK: 105. penyajian umum dan syarat-syarat pengungkapan Akuntansi untuk mudharabah  Definisi  Dasar Syariah  Rukun dan Ketentuan Syariah  Pengakuan Awal  Pencatatan  Penyajian  Pengungkapan Akuntansi untuk musyarakah  Definisi  Dasar Syariah  Rukun dan Ketentuan Syariah  Pengakuan Awal  Pencatatan  Penyajian  Pengungkapan Akuntansi untuk murabahah  Definisi  Dasar Syariah  Rukun dan Ketentuan Syariah  Pengakuan Awal  Pencatatan  Penyajian Bahan Bacaan SW: Bab 1 SW: Bab 2 2 SW: Bab 3 3 SW: Bab 4 4 SW: Bab 5 5 SW: Bab 6.Program S1 FEUI 8.

11 PSAK: 103. W SW: Bab 16 PSAK: 108 hal 6 dari 6 hal .Program S1 FEUI Silabus Akuntansi Syariah Gasal 2011/2012 9 10 11 12 13 14  Pengungkapan Akuntansi untuk salam dan istisna'  Definisi  Dasar Syariah  Rukun dan Ketentuan Syariah  Pengakuan Awal  Pencatatan  Penyajian  Pengungkapan Akuntasi untuk ijarah dan akad akad lain  Definisi  Dasar Syariah  Rukun dan Ketentuan Syariah  Pengakuan Awal  Pencatatan  Penyajian  Pengungkapan Fiqih zakat. zakat individu  Perbedaan Zakat dengan Pajak serta infak / sadaqah  Jenis Zakat  Haul dan Nishab setiap jenis zakat  8 Asnaf  Manfaat Zakat  Akuntansi Zakat bagi Amil Zakat Zakat institusi dan Wakaf  Zakat Institusi  Perbedaan Wakaf dg Zakat dan Infaq/Sedekah  Wakaf benda Tidak Bergerak dan Bergerak  Wakaf Tunai Pasar Modal Syariah dan Pasar Uang Syariah  Jenis Instrumen Syariah di Pasar Modal dan Pasar Uang  Kriteria Insrtrumen Keuangan Syariah Takaful  Perbedaan Asuransi Konvensional dan Syariah  Pengakuan Awal  Pencatatan  Penyajian  Pengungkapan LN: Bab 10. 13 ED PSAK: 107 AAOIFI: FAS 8 SW: Bab 14 AAOIFI: FAS 9 PSAK: 109 SW: Bab 14 PSAK: 109 AAOIFI: FAS 9 SW: 15. 104 AAOIFI: FAS 7 & 10. SW: Bab 10. SW: Bab 12.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful