Tips Mencegah Infeksi Saluran Kencing/Kemih

Apa penyebab infeksi saluran kemih?. Kebanyakan infeksi pada saluran kemih/kencing atau perkemihan disebabkan oleh bakteri. Ada bagian organ dari sistem perkemihan atau traktus urinarius anda dapat menjadi terinfeksi. Bagian saluran perkemihan atau urinarius anda yang dapat terinfeksi antara lain: ginjal, ureter, kandung kemih/kencing/bladder dan uretra. Bagian yang paling sering terinfeksi yaitu pada kandung kemih dan uretra. Bagaimana anda dapat mengetahui jika anda terkena infeksi saluran kemih? Berikut ini adalah daftar tanda-tanda kemuingkinan dari infeksi saluran kemih. Mual-mual, nyeri punggung belakang, dan demam mungkin merupakan tanda-tanda dari infeksi pada ginjal. Segera periksakan dan hubungi dokter jika anda mempunyai tanda dan gejala tersebut. Tanda-tanda kemungkinan infeksi saluran kemih:
     

Adanya sensasi seperti terbakar saat buang air kecil Merasa seperti ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya. Merasa ingin buang air kecil tapi tidak bisa keluar. Air seni yang keluar hanya sedikit. Air seni keruh, berbau atau berdarah. Rasa sakit di atas tulang pubic

Kenapa wanita lebih sering mengalami infeksi saluran kemih daripada pria? Wanita cenderung lebih sering terinfeksi saluran kemih daripada pria karena bakteri dapat menjangkau kandung kemih dengan lebih mudah pada wanita ketimbang pada pria. Panjang urethra pada wanita lebih pendek dari pada urethra pada pria, sehingga bakteri yang akan menyerang mempunyai jarak yang lebih pendek dan dekat untuk berjalan kesana. Urethra pada wanita letaknya juga berdekatan dengan rektum. Sehingga bakteri-bakteri dan

dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan sampel urine atau air seni anda untuk pemeriksaan bakteri yang terkandung pada urine. Meminum juz berry/cranberry bisa juga membantu mencegah infeksi saluran kemih. Sehingga urine atau air seni yang masih terisisa didalam kandung kemih lebih mungkin menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri dan microorganisme lainnya dan menyebabkan infeksi. Jadi jangan terkejut saat anda buang air kecil. Dokter mungkin juga akan menyarankan suatu obat untuk mengurangi rasa sakit pada saluran perkemihan yagn terinfeksi dan membuat anda merasa lebih baik. Apa yang dapat anda lakukan jika anda sering mengalami infeksi saluran kencing? Jika anda sering mengalami infeksi saluran kencing. Biasanya. dokter mungkin akan merekomendasikan dan menyarankan kepada anda untuk mengkonsumsi dalam dosis tunggal dan dosis rendah antibiotik setelah berhubungan seksual untuk mencegah infeksi saluran kemih. Berikut ini Tips-tips pencegahan infeksi saluran kemih:  Minumlah cukup banyak air untuk membersihkan bakteri. Dokter mugkin akan . Konsultasikan dengan dokter tentang apa saja perubahan-perubahan yang dapat anda lakukan dan membantu anda. bahkan jika kondisi anda sudah membaik. Jika hubungan seks adalah yang menjadi sebab timbulnya infeksi saluran kemih. Bagaimana infeksi saluran kemih dapat terobati? Jika dokter berpikir bahwa anda terkena infeksi saluran kemih.microorganisme lainnya dapat dengan mudah berjalan dan menjangkau uretra dan menyebabkan infeksi. Hubungan seksual mungkin juga menjadi salah satu sebab infeksi saluran kemih pada wanita dikarenakan bakteri dan microorganisme dapat terdorong masuk ke uretra. Kemudian dokter akan memberikan resep antibiotik untuk anda jika dalam pemeriksaan anda positif terdiagnosa infeksi saluran kemih. periksakan dulu ke dokter sebelum minum juz cranberry untuk pencegahan infeksi saluran kemih. Mungkin ada salah satu obat yang anda minum berdampak urine menjadi berwarna kuning terang. anda dapat mencoba saran dan anjuran dibawah ini. jika anda sedang mengkonsumsi warfarin (coumadin-koagulansia). gejala-gejala infeksi akan menghilang dalam 1-2 hari setelah anda memulai pengobatan dengan antibiotik. Akan tetapi. Dokter mungkin juga akan memberikan kepada anda obat-obatan dalam dosis rendah untuk beberapa bulan atau jangka lama untuk mencegah infeksi kambuh kembali. Pemakaian suatu alat diafragma (alat kontrasepsi pencegah kehamilan) dapat berperan penting timbulnya infeksi karena diafragma mendorong urethra secara berlawanan dan membuat uretra lebih sulit untuk mengosongkan kandung kemih dengan sempurna. sementara itu antibiotik yang anda minum bekerja. Pastikan anda meminum semua obat yang diberikan dokter.

Buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual untuk membantu membersihkan bakteri keluar. . yang dapat menjadi masalah kesehatan yang lebih serius. Gunakan cukup lubrikasi (pelicin/pelumas) untuk melumasi vagina selama hubungan seks. Jika anda sering mengalami infeksi saluran kemih. Jangan menahan jika anda ingin buang air kecil. Tanyakan kepada dokter tentang pilihan metode lainnya dalam kontrasepsi. anda mungkin perlu menghindari pemakaian diafgrama sebagai metode kontrasepsi. Buang air kecil jika memang anda ingin dan perlu. Organ ginjal anda dapat juga terinfeksi. Tetapi. Bersihkan daerah terkait setelah buang air besar dari depan ke belakang. Infeksi pada ginjal biasanya memerlukan pengobatan antibiotik dalam jangka panjang dan terkadang perlu pengobatan dengan perawatan di rumah sakit.     menyesuaikan dosis warfarin yang anda konsumsi atau diperlukan pemeriksaan darah untuk mengatur dosis yang boleh anda konsumsi. Cobalah gunakan lubrikasi dengan sedikit pelumas seperti K-Y jelly sebelum berhubungan jika vagina tidak terlalu kering. obat-obatan dapat membantu agar tidak menjadi ancaman serius bagi kesehatan anda. Seberapa seriuskah infeksi saluran kemih? Infeksi saluran kemih dapat menjadi sangat menyakitkan.

padahal menahan kemih itu sendiri dapat memperberat ISK. nafsu makan berkurang. air kemih berwarna kemerahan atau tampak kuning. sebagai upaya untuk membersihkan saluran kemih dari kuman. buang air kemih sedikit-sedikit tetapi sering. perlu kateterisasi yang tepat. muntah. Kadang tanpa gejala. perut kembung atau tampak kuning. Penderita ISK dengan nyeri ketika BAK cenderung untuk menahan kemih. Untuk mengurangi risiko ISK pada kateterisasi. dapat berupa demam. . air kemih keruh atau berwarna kemerahan. Pada anak usia prasekolah atau sekolah. misalnya suhu tidak stabil (demam atau suhu lebih rendah dari normal). Pada bayi lebih dari satu bulan. sakit di daerah pinggang. tampak sakit. air kemih berwarna kemerahan. rasa ingin berkemih. tidak mau minum. Bagi penderita ISK. teknik dan lama kateterisasi. sakit waktu bermih. dan didiagnosis setelah terjadi komplikasi gagal ginjal. perut kembung. diare.Gejala ISK Rasa nyeri sewaktu buang air kecil Kencing keluar sedikit-sedikit (anyang-anyangen) Sering kencing atau sulit menahan kencing Darah didalam air kencing. Pencegahan dan saran ISK dapat dicegah dengan banyak minum dan tidak menahan buang air kecil (BAK). mudah terangsang atau irritable. gejala ISK dapat berupa demam dengan atau tanpa menggigil. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kateterisasi antara lain jenis kateter. sehingga sering tidak terpikirkan. Pada bayi baru lahir. gejalanya tidak khas. Rasa tidak nyaman di perut bagian bawah Nyeri tekan perut bagian bawah Air kencing tampak keruh dan / atau berbau Panas. tampak sakit. mudah terangsang. mual atau muntah. kedua hal tersebut lebih ditekankan lagi karena ISK dapat menimbulkan lingkaran setan. muntah. mencret.

Mandi dengan shower atau siraman lebih baik daripada berendam .Beberapa tips untuk Mencegah ISK :  Minum cukup air. Hindari memakai celana yang terlalu ketat yang akan membuat panas dan basah/berkeringat. Untuk wanita cara membersihkan kemaluan adalah mulai dari depan ke arah belakang. Hal ini adalah untuk mengencerkan konsentrasi bakteri didalam kandung kemih. Seksualitas: minumlah segelas air sebelum melakukan hubungan seks dan buang air kecil sebelum dan sesudah hubungan seksual. ini untuk mengurangi masuknya bakteri dari daerah anus ke area saluran kencing.       Pakailah celana dalam dari bahan katun untuk menjaga area tersebut kering. Menahan kencing hanya akan membuat bakteri berkembang. Jika masalah penyebabnya adalah diafragma kontrasepsi maka coba untuk mengantinya dengan metode kontrasepsi yang lain. membuat area tersebut mudah untuk ditumbuhi bakteri. Hindari mandi berendam.  Jangan menahan kencing.

Pengobatan: Jika terdapat kecurigaan terhadap ISK. misalnya suhu tidak stabil (demam atau suhu lebih rendah dari normal). mencegah.Kadang tanpa gejala. ISK terjadi sebagai akibat masuknya kuman ke dalam saluran kemih. air kemih berwarna kemerahan atau tampak kuning. Anak yang mengalami sembelit atau sering menahan-nahan air kemih (kencing) pun dapat berisiko terkena ISK. mudah terangsang atau irritable. muntah.Infeksi Saluran Kemih pada Anak Infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyakit yang sering ditemukan pada anak. nafsu makan berkurang. hipertensi. diare. Hasil pemeriksaan urinalisis dapat segera diketahui. ISK dapat mengenai semua orang. Kuman dapat juga masuk ke saluran kemih melalui aliran darah dari tempat lain yang melebar. muntah. Pada bayi lebih dari satu bulan. kemudian naik ke kandung kemih dan dapat sampai ke ginjal. yaitu pemeriksaan air kemih. tampak sakit. mudah terangsang. buang air kemih sedikit-sedikit tetapi sering. dan mengobati infeksi berulang . mencret. ISK merupakan penyakit penting pada anak. perut kembung atau tampak kuning. masuk ke saluran kemih bagian bawah atau uretra. mulai bayi baru lahir sampai dengan orang dewasa. tampak sakit. Gejala: . sakit waktu bermih. perlu mengenal ISK sedini mungkin agar dapat ditata laksana dengan adekuat untuk menghindari akibat yang lebih buruk. Ada tiga hal yang penting yang biasa dilakukan jika pasien sudah didiagnosis sebagaii ISK. dapat berupa demam. tidak mau minum. air kemih keruh atau berwarna kemerahan. perut kembung. Sama seperti penyakit infeksi lainnya. sakit di daerah pinggang. gejala ISK dapat berupa demam dengan atau tanpa menggigil. terdapat sumbatan saluran kemih. ISK lebih sering dtemukan pada bayi atau anak kecil dibandingkan dengan dewasa. baik lakilaki maupun perempuan. di samping infeksi saluran cerna. Bila tidak ditanggulangi secara serius. Karena itu. ISK lebih sering pada laki-laki daripada perempuan. tetapi selanjutnya lebih sering pada perempuan daripada laki-laki. air kemih berwarna kemerahan. dan didiagnosis setelah terjadi komplikasi gagal ginjal. mendeteksi. Biasanya kuman berasal dari tinja atau dubur. Pada bayi baru lahir. yaitu pertama. gejalanya tidak khas. Pada bayi sampai umur tiga bulan. maka perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium. sehingga sering tidak terpikirkan. rasa ingin berkemih. ISK akan lebih mudah terjadi pada anak dengan gizi buruk atau sistem kekebalan tubuh anak rendah. karena menyebabkan gejala tidak menyenangkan pada anak. Pada anak usia prasekolah atau sekolah. ataupun gagal ginjal yang memerlukan tindakan cuci darah atau cangkok ginjal. ISK dapat menyebabkan komplikasi berupa batu saluran kemih. sedangkan hasil biakan air kemih memerlukan waktu satu minggu. rutin dan biakan air kemih. memberantas infeksi: kedua. kandung kemih yang membesar dan lain-lain.

perlu dilakukan pemeriksaan biakan air kemih secara berkala.dan ketiga mendeteksi kelainan anatomi dan fungsional saluran kemih serta menanggulanginya jika ada Untuk memberantas infeksi. maka tata laksana selanjutnya disesuaikan dengan kelainan yang ditemukan apakah memerlukan tindakan pembedahan atau tidak. . diberikan obat pembunuh kuman (antimikroba atau antibiotik) selama 7-10 hari. Untuk mendeteksi kelainan anatomi dan fungsional saluran kemih. maka infeksi ini diobati dengan antibiotik yang sesuai. biasanya dokter melakukan pemeriksaan fisik yang lebih teliti dan kalau perlu dilakukan pemeriksaan pencitraan/radiologis seperti USG atau pemeriksaan rontgen terhadap ginjal dan saluran kemih. Kesimpulan Dengan mengenali ISK sedini mungkin. Sedapat mungkin obat pembunuh kuman ini diberikan sesuai dengan hasil uji kepekaan kuman yang diketahui dari hasil biakan air kemih. maka akibat yang lebih berat. Untuk mendeteksi infeksi berulang. yaitu gagal ginjal yang memerlukan cuci darah atau cangkok ginjal dapat dicegah. dan kalau terdapat infeksi. Jika ditemukan kelainan pada saluran kemih. mengatasi infeksi serta mendeteksi dan menanggulangi kelainan yang ditemukan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful