P. 1
Sistem Penerimaan Tamu Hotel

Sistem Penerimaan Tamu Hotel

|Views: 610|Likes:
penerimaan
penerimaan

More info:

Published by: Putri Ayu Retno Anggraeni on Mar 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $19.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

07/06/2014

$19.99

USD

pdf

text

original

Prosedur Sistem Penerimaan Tamu Hotel Sistem Penerimaan tamu pada hotel terbagi menjadi 3, yaitu : 1.

Sistem Penerimaan Tamu Hotel (DFD) Sistem penerimaan tamu dengan sistem DFD adalah salah satu komponen dalam serangkaian pembuatan perancangan dalam sebuah system komputerisasi.  Komponen-komponen DFD
TERMINATOR PROSES ALUR DATA DATA STORE

Analisis Sistem Penerimaan Tamu Hotel a. Pihak yang terkait : 1. Pengunjung Dalam proses checkin di hotel ini, pengunjung harus mendapatkan nomor registrasi terlebih dahulu dengan cara menyerahkan KTP pada resepsionis.

Setelah pengunjung menyerahkan KTP, pengunjung harus menigisi identitas pemesanan kamar, lalu resepsionis

mengkonfirmasikan pemesanan kamar kepada pengunjung. Barulah pengunjung membayar unag muka penyewaan kamar untuk mendapatkan kunci kamar.

2. Resepsionis pengunjung. Manajemen Hotel Manajemen Hotel pada masalah ini hanya membutuhkan laporan harian keuangan. Pengunjung harus membayar semua tagihan penginapan dan akan mendapatkan bukti pembayaran. .Aplikasi penginapan bisa dijelaskan secara detail seperti : lama menginap. biaya sewa. pengunjung juga dapat menanyakan fasilittas apa saja yang didapatkan dari hotel. pengunjung dapat memberikan pilihan fasilitas kepada checkout. resepsionis Apabila pengunjung kunci melakukan kamar dan menyerahkan memberikan seluruh jumlah tagihan penginapan sesuai dengan kamar yg digunakan beserta fasilitasnya. tipe kamar. Setelah pengunjung mendapatkan kamar yang diinginkan.

Dari analisis diatas dapat dirancang DFD konteks Sistem P enerimaan Tamu Hotel : B. Pembuatan Diagaram Nol (Level 1) .

Komponen ERD : Entitas RELASI ATRIBUT Didalam entitas Pengunjung terdapat beberapa atribut yaitu : Nama. Kota. Sistem Penerimaan tamu Hotel (ERD) Sistem Penerimaan tamu hotel dengan sistem ERD adalah gambaran mengenai berlerasinya antar entitas. No_rmh. . Kota). Rt/Rw. No_reg. Gambar DFD Zero (Level 1) Lengkap 2. No_telp.C. Alamat terdiri dari ( Jalan. 1.

Super Key pada kasus ini adalah No_Reg. Penentuan Primary Key Super Key adalah satu atau lebih field yang dapat dipilih untuk membedakan antara satu record dengan record yang lain. Penggambaran ER dalam Sistem Penerimaan Tamu Hotel 2. sedangkan satu kamar hotel dapat diinapi oleh satu orang atau lebih. Candidate Key adalah kunci super dengan jumlah field yang sedikit. 3. Primary Key adalah kunci kandidat yang dipilih dengan kemungkinan kepemilikan nilai data field yang . Derajat kardinalitasnya adalah M : N ( Many to Many ) karena satu pengunjung dapat menginap di satu atau lebih kamar hotel.

. Di entitas Pengunjung key field yang dipilih adalah No_Reg. Di entitas Menginap key field yang dipilih adalah Kd_kmr.berbeda antara satu field dengan field yang lain. Di entitas Kamar Hotel key field yang dipilih adalah Tipe_kmr. maka terbentuk tabel-tabel yang di computer akan menjadi file-file data yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Primary key nya adalah No_Reg. Alternate Key adalah kunci kandidat yang tidak terpilih menjadi kunci utama. Entitas Menginap merupakan transaction file. Dari hasil proses normalisasi pada data kasus ini. terdapat atribut No_Reg dan Tipe_kmr yang merupakan kunci utama dari entitas entitas lain.

Sistem Penerimaan Tamu Hotel (Normalisasi Data) 1. Proses normalisasi bentuk kedua pada kasus ini : . 1NF/First Normal Form ( Bentuk Normal Pertama ) Pada tahap ini atribut apakah sudah bersifat atomik. 2NF/Second Normal Form ( Normalisasi Bentuk Kedua ) Normalisasi bentuk kedua mensyaratkan bahwa 1NF sudah terpenuhi dan setiap atribut yang bukan merupakan kunci harus tergantung sepenuhnya dengan atribut kuncinya. Proses normalisasi bentuk pertama pada kasus ini : Bentuk belum normalisasi 2.3. atau apakah atribut tersebut dalam penggunaannya tidak perlu dibagi-bagi lagi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->