PENELITIAN DAN STATISTIK

 1.

2. 3.

Penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Ciri-ciri : Rasional : dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal Empiris : teramati oleh indra manusia Sistematis : proses penelitian menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.

(5) Pengolahan dan penganalisisan data. (6) Pembuatan ramalan dan penarikan kesimpulan .METODA ILMIAH MELIPUTI       (1) Pembuatan formulasi masalah (2) Pengumpulan data dan fakta (3) Penelusuran teori yang diperkirakan dapat menjelaskan permasalahan (4) Perumusan hipotesa yang akan dibuktikan berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian.

pengolahan serta penganalisisannya.  . penyajian data. Secara lebih spesifik statistika dapat diartikan sebagai pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data. penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta/data dan penganalisisan yang dilakukan.STATISTIKA  Statistika secara luas dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari dan mengusahakan agar data mempunyai makna.

yaitu melakukan analisis terhadap sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan berkenaan dengan data secara keseluruhan (populasi). dan menyajika data sehingga diperoleh suatu informasi yang berguna. INFERENSIAL  adalah bidang statistika dengan menggunakan metoda induktif. tetapi baru sampai pada pada tingkatan memberikan suatu bentuk ringkasan data sehingga masyarakat yang awam pada statistikapun dapat memahami informasi yang terkandung dalam data.STATISTIK 1. 2. DESKRIPTIF adalah bidang statistika yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan. . menyederhanakan. Dalam statistika deskriptif belum sampai pada upaya penarikan kesimpulan.

Sampel adalah sebagian dari populasi Parameter adalah ciri dari populasi Statistik (penduga parameter) adalah ciri dari sampel.POPULASI DAN SAMPEL     Populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin hasil menghitung atau hasil pengukuran kuantitatif (berupa bilangan) maupun kualitatif (tidak berupa bilangan / atribut) mengenai karakteristik-karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari. .

(3) Penelitian Evaluasi. (4) Penelitian Pengembangan. (4) Penelitian Kausal Komparatif / Eks-post-facto (5) Penelitian Eksperimen.  Maksud. meliputi : (1) Penelitian Sejarah. (2) Penelitian terapan. (6) Penelitian Kuasi-Eksperimen . yaitu dilihat dari seberapa jauh hasil penelitian penemuan dapat diterapkan.  2. meliputi : (1) Penelitian dasar. (3) Penelitian Korelasional. yaitu dilihat dari strategi dan prosedurnya.Klasifikasi Penelitian Kuantitatif 1. (5) Penelitian Mendesak Metoda. (2) Penelitian Deskriptif.

Penelitian Dasar (Basic Research).KLASIFIKASI PENELITIAN MENURUT MAKSUD 1. bertujuan untuk membantu dalam pengambilan keputusan mengenai lebih baik atau tidaknya sesuatu untuk dilaksanakan dibandingkan dengan yang lainnya dilihat dari sudut efektifitas. biaya. Penelitian Evaluasi (Evaluation Research). Penelitian Terapan (Applied Research) bertujuan untuk menerapkan atau menguji suatu teori dalam kaitannya dengan pemanfaatan dibidangnya. Biasanya merupakan lanjutan dari penelitian dasar. bertujuan untuk mengembangkan atau memperbaiki suatu teori tanpa memperhatikan kegunaannya. Biasanya dilakukan di laboratorium. 3. 2. . dan lain-lain.

KLASIFIKASI PENELITIAN MENURUT MAKSUD 4. Mendesak (Action Research)  Bertujuan untuk memberikan pemecahan terhadap masalah khusus yang terjadi . 5. Penelitian Pengembangan (Developmental Research)  Bertujuan untuk menemukan pola dan urutan pertumbuhan dan atau perubahan mengenai sesuatu yang menjadi pusat perhatian.

Penelitian Deskriptif (Descriptive Research) Adalah penelitian mengenai status sekarang dari subjek yang sedang dipelajari. wawancara. dan kecenderungan kejadian-kejadian pada masa lampau yang mungkin bisa digunakan dalam menjelaskan peristiwa-peristiwa sekarang atau peristiwa-peristiwa yang akan datang. Penelitian Sejarah (Historical Research) Untuk mengerti dan menjelaskan kejadian-kejadian pada masa lampau sehingga dapat disimpulkan penyebab. pengaruh. Biasanya dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi.KLASIFIKASI PENELITIAN MENURUT METODA  1. 2. atau studi dokumentasi.  . angket.

Hubungan yang kuat belum tentu hubungan sebab-akibat. Penelitian Korelasional (Correlational Research)  Adalah penelitian untuk mengetahui hubungan antara sebuah variabel terikat dengan satu atau lebih variabel bebas. . Penelitian Kausal Komparatif / Eks-post-facto (Causal Comparative Research)  Adalah penelitian untuk mencari hubungan sebab akibat yang mungkin terjadi melalui pengamatan sebagian akibat-akibat yang ada (muncul) dan melihat kembali latar belakang faktorfaktor penyebabnya.KLASIFIKASI PENELITIAN MENURUT METODA 3. 4.

.KLASIFIKASI PENELITIAN MENURUT METODA 5. Penelitian Eksperimen (Experiment Research)  Adalah penelitian untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara variabel bebas yang diberi perlakuan (dengan sengaja / dibuat) dan mengamati perubahan yang terjadi pada variabel terikat. 6. Penelitian Kuasi-Eksperimen (Quasy-Experiment Research)  Adalah penelitian untuk mengehui hubungan sebab akibat antara variabel bebas yang telah diberi perlakuan (perlakuannya telah terjadi dan tidak bisa dilakukan pengawasan / kontrol) dan mengamati perubahan yang terjadi pada variabel terikat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful