GEJALA HIPERTIROID

Umum : tak tahan hawa panas, hiperkinesis, capek, BB turun, toleransi obat, youthfullness. : Hiperdefekasi, lapar, makan banyak, haus, muntah, disfagia. : Rasa lemah : Oligomenorea, amenorea, libido turun, infertil, ginekomasti. : Rambut rontok, berkeringat, kulit basah, silky hair dan onikolisis. : Labil, riritabel, tremor, psikosis, nervositas, paralisis periodik dispneu. : Hipertensi, aritmia, palpitasi, gagal jantung. : Limfositosis, anemia, splenomegali, leher membesar. : Osteoporosis, epifisis cepat menutup dan nyeri tulang.

Sistem gastrointestinal Sistem muskuler Sistem geniturinaria Kulit Psikis dan saraf Jantung Darah dan limfatik Skeletal

Pada kelompok usia lanjut, gejala yang timbul tidak sejelas usia muda. Perbedaanya : a. b. c. d. e. Berat badan menurun mencolok ( 20 % usia muda justru naik ). Nafsu makan menurun, mual, muntah dan sakit perut. Jarang dijumpai takikardia ( 40%). Eyesign tidak nyata / tidak ada. Bukannya gelisah tetapi justru apatis.

Komplikasi : 1. Apabila sudah mengganggu sistem sirkulasi darah dan jantung, maka penderita hipertiroid akan mengalami penyakit jantung tirotoksik. Perbedaan dengan penyakit jantung biasa adalah, pada penyakit “jantung biasa” mempunyai curah jantung yang rendah, karena itu jari penderita teraba dingin. Sedangkan pada penyakit jantung tirotoksik jari panas dan basah disertai tremor tangan yang halus. 2. Kelemahan otot, kadang-kadang keadaan ini sangat hebat. Penderita tidak sanggup menaiki satu kursi. Dalam otot dapat ditemui infilttrasi limfosit. 3. Eksoftalmus, kornea menonjol lebih dari 20 mm dari pinggir orbita. Sering terdapat perbedaan 2 mm antara kornea mata kanan dan kiri, yang kiri lebih menonjol. Bahaya akan timbul bila sklera menjadi merah dan bengkak, bila mata tidak dapat ditutup dan apalagi kalau terjadi paralisis otot-otot mata atau penekanan pada nerus opticus yang diikuti kebutaan. 4. Krisis tiroid adalah suatu keadaan yang amat berbahaya yang ditemui pada penyakit Graves setelah menjalani pembedahan yang tidak dipersiapkan, atau kalau mendapat infeksi berat ( pneumoni ). Penderita akan gelisah tak menentu, delirium dengan muka yang merah berkeringat, suhu badan sangat tinggi (42 0C), nadi yang cepat, kadang-kadang hingga 300x/menit. 5. Penyakit graves dalam kehamilan merupakan problem khusus. Sulit dideteksi karena keluhan mirip dengan hipertiroid (keringat banyak, berdebar dan sebagainya). Pengobatan radioaktif adalah kontraindikasi. Kalau harus operasi, operasi dilakukan pada trimester kedua.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful