P. 1
Modul 1 - Manajemen Perpustakaan

Modul 1 - Manajemen Perpustakaan

|Views: 97|Likes:

More info:

Published by: 'viieviie Piipoott II on Mar 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2013

pdf

text

original

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN

Modul 1 Latar belakang Pengertian Manajemen Pengertian Perpustakaan Prinsip-prinsip Manajemen Manajemen Perpustakaan Ilmu Perpustakaan 14 Pebruari 2013

Slide No.

1

Catching from the sky ? By emprit air line…!!!

Why Management is Needed ?
Manusia sebagai mahluk Sosial (Zoon Politicon), Mahluk yang hidup berkelompok, berkelanjutan dan berpartisipasi dalam organisasi manajemen

KEBUTUHAN

ORGANISASI
INDIVIDU

BIAYA
Slide No.

3

Definisi Manajemen
 Manajemen berasal dari kata “to manage” yang berarti mengatur, mengurus, atau mengelola.  Makna manajemen mengandung unsur-unsur kegiatan yang bersifat pengelolaan. Dengan demikian, muncul pertanyaan : apa yang dikelola, bagaimana mengelolanya, untuk apa dikelola, dan siapa yang bertindak sebagai pengelola.

Slide No.

4

Definisi Manajemen
(Malayu S.P. Hasibuan)
Manajemen dalam bahasa Inggris, artinya to manage, yaitu mengatur. Pertanyaan yang muncul adalah apa yang diatur, mengapa harus diatur, siapa yang mengatur, bagaimana mengaturnya, dan di mana harus diatur.(objek pengelolaan manajemen). Oleh sebab itu, manajemen berkaitan dengan proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, &pengendalian,yg didalamnya terdapat upaya anggota untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan mengerahkan sumber daya organisasi yang dimiliki.

Slide No.

5

Definisi Manajemen
Menurut James A.F. Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dari kegiatan anggota organisasi dan penggunaan sumbersumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah suatu seni karena untuk melakukan suatu pekerjaan dibutuhkan keterampilan khusus. Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnel, manajemen adalah usaha untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

Slide No.

6

Definisi Manajemen
G.R. Terry mengatakan bahwa manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian untuk menentukan serta mencapai tujuan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya

Slide No.

7

Definisi Manajemen
James A.F. Stoner mendefinisikan manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Manajemen sebagai seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

Slide No.

8

Definisi Manajemen
Lawrence A. Appley dan Oey Liang Lee menjelaskan bahwa sebagai seni dan ilmu, dalam manajemen terdapat strategi memanfaatkan tenaga dan pikiran orang lain untuk melaksanaka suatu aktivitas yang diarahkan pada pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam manajemen terdapat teknik-teknik yang kaya dengan nilainilai estetika kepemimpinan dalam mengarahkan, mempengaruhi, mengawasi, dan mengorganisasikan semua komponen yang saling menunjang untuk tercapainya tujuan
Slide No.

9

Proses Manajemen
Perencanaan : memikirakan terlebih dahulu kegiatankegiatan yang akan dilakukan, termasuk menetapkan tujuan dan program-program untuk mencapainya. Pengorganisasian : mengkoordinir sumber daya manusia dan perlengkapannya, termasuk menyusun struktur dan pembagian kerja untuk melaksanakan program yang telah ditetapkan. Pengarahan : mengarahkan dan memotivasi anggota organisasi untuk menuju kea rah tujuan, termasuk menciptakan iklim yang mendukung mereka melakukan pekerjaannya. Pengawasan : menjamin agar organisasi menuju tujuannya, termasuk mengendalikan kegiatan agar sesuai dengan rencana, dan melakukan koreksi yang diperlukan.

Slide No.

10

Sumber-Sumber Daya Organisasi
Sumber-sumber organisasi meliputi : sumber daya manusia, bahan, peralatan modal, teknologi, informasi yang diperlukan dalam proses untuk mencapai tujuan

Slide No.

11

PROSES MANAJEMEN

Perencanaan

Pengorganisasian
Manajer
Melakukan

Pengarahan Pengawasan

Men capai

Tujuan Organisasi

Slide No.

12

Kertonegoro, 1994 (3)

Pengertian Organisasi
Organisasi berasal dari bahasa Inggris Organization berasal dari bahasa Yunani Organon yang berarti Sebagian atau susunan dalam binatang atau tumbuhan. Selain itu Organon berarti Alat. Sedangkan to Organize diartikan menyusun atau mengatur bagianbagian yang berhubungan satu sama lain yang mempunyai tugas khusus (Sukarno kartowardoyo, 1992)

Slide No.

13

Pengertian Organisasi
Organisasi : suatu kesatuan sosial yg sistimatis untuk mencapai tujuan tertentu dgn memiliki 3 sifat : 1. Organisasi selalu mempunyai tujuan 2. Organisasi tediri dari manusia-manusia 3. Organisasi berbentuk struktur yang sistematis yang menatur paraanggotanya (Kertonegoro, S, 1994)

Slide No.

14

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Malayu S.P. Hasibuan based on pandangan Henry Fayol, yaitu sebagai berikut : Division of Work • . Prinsip pembagian kerja harus diterapkan dengan alasan-alasan :
• Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda; • Setiap jenis lapangan kerja membutuhkan tenaga ahli yang berbeda-beda; • Setiap pekerja memiliki pengalaman kerja yang berbeda; • Mentalitas pekerja yang berbeda; • Penggunaan waktu yang berbeda; • Latar belakang kehidupan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan yang berbeda; • Otak dan tingkat pendidikan yang berbeda.

Slide No.

15

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Authority and Responsibility (wewenang dan tanggung jawab) Prinsip proporsionalitas wewenang dan tanggung jawab berkaitan dengan prestasi dan kemampuan para pekerja. Dalam organisasi maupun perusahaan, jabatan structural berkaitan langsung dengan wewenang dan tanggung jawabnya.

Slide No.

16

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN Tingkatan Manajer
Top Managers atau manajer utama, yang bertugas menetapkan kebijakan operasional dan mengarahkan organisasi dalam berinteraksi dengan lingkungannya, baik mikro maupun makro. Manajer utama atau manajer puncak adalah pemegang kendali umum perusahaan yang memberikan sebagian wewenang dan tanggung jawabnya kepada manajer yang berada di bawahnya.

Slide No.

17

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN Tingkatan Manajer
Middle managers atau manajer menengah, memiliki tugas sebagai pengarah kegiatan yang implementatif yang disesuaikan dengan instruksi manajer utama atau manajer puncak. First legs managers atau manajer garis pertama, sebagai pengawas kerja seluruh karyawan, misalnya supervisor yang mengawasi kinerja sales promotion, kepala gudang yang mengawasi seluruh pegawai pergudangan barang.
Slide No.

18

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Discipline (Disiplin) Disiplin berakar pada prinsip proporsionalitas antara wewenang dan tanggung jawab yang dipikul oleh seluruh anggota organisasi. Unity of direction (Kesatuan arah) Kesatuan arah dan tujuan. Meskipun dalam organisasi selalu terdiri atas berbagai bidang, dengan wewenang dan tanggung jawabnya masing-masing, seluruh pelaksanaan kegiatan diarahkan pada satu tujuan organisasi. Tujuan organisasi melingkupi seluruh tujuan bidang didalamnya. (

Slide No.

19

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Subordination of individual interest into general interest Prinsip ini berkaitan dengan kaidah kemaslahatan umum, lebih diutamakan daripada kemaslahatan pribadi. Remuneration of personnel Prinsip ini berakar pada prinsip keadilan yang kaidahnya adalah al-ujrah biqadr al-masyaqah, upah diukur oleh tingkat kesulitan pekerjaannya.
Slide No.

20

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Centralization (Sentralisasi) Prinsip ini berpandangan bahwa setiap organisasi senantiasa memiliki pusat kekuasaan dan wewenang instruksional. Kemudian, pusat membagikan kekuasaannya ke daerah, cabang, sampai tingkat unit atau ranting. Scalar of chain (hierarchy) Prinsip penyaluran perintah dan tanggung jawab bersifat hierarkis, artinya sesuai dengan kapasitas dan wewenangnya. Tidak salah kaprah, seperti memberi perintah melakukan desain produk kepada manajer pemasaran.

Slide No.

21

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Order (Asas ketertiban) Asas ketertiban atau keteraturan berkaitan dengan normal yang berlaku dalam organisasi atau perusahaan. Equity (Kesamaan) Prinsip persamaan bukan berarti sama rata dan sama rasa karena dalam organisasi terdapat pangkat dan jabatan yang berbeda, sebagaimana jenis pekerjaannya yang berbeda, serta wewenang dan tanggung jawab yang berbeda.
Slide No.

22

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Initiative (Inisiatif)
Inisiatif dalam organisasi tidak berarti bebas sekehendak para karyawan. Manajer harus memberikan dorongan kepada seluruh bawahannya untuk berinisiatif sendiri mengembangkan tetapi harus tetap searah dengan visi dan misi perusahaan. Inisiatif dapat berarti kreatif, konstruktif dan inovatif.

Stability of turn-over of personnel (kestabilan jabatan karyawan)
Prinsip stabilitas jabatan berkaitan dengan kesinambungan kinerja organisasi atau perusahaan. Manajemen yang baik yang dilaksanakan oleh sebuah organisasi atau perusahaan tidak akan sering mengganti jabatannya,

Slide No.

23

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Esprit de corp (asas kesatuan)
Prinsip ini bertitik tolak dari kesatuan visi dan misi yang dicanangkan oleh organisasi. Semua komponen organisasi merupakan sistem yang terpadu. Seluruh karyawan bagaikan jaring laba-laba yang bersatu sebagai team work yang solid untuk memperjuangkan tujuan perusahaan. Loyalitas yang dibangun terhadap perusahaan dijaga dengan selalu membentuk hubungan terhadap perusahaan dijaga dengan selalu membentuk hubungan dan komunikasi yang aktif, sehingga antar jabatan struktural, antar bidang, antara wewenang dan tanggung jawab bersifat integral.
Slide No.

24

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Unity of Command (Kesatuan perintah) Kesatuan perintah artinya perintah berada di tingkat pimpinan tertinggi kepada bawahannya. Jika bawahannya sebagai pimpinan, ia pun berwenang memberi perintah kepada bawahannya untuk menindaklanjuti perintah atasannya.

Slide No.

25

PENGERTIAN PERPUSTAKAAN

Etimologis :
• • • • • • Indonesia : Perpustakaan Inggris : Library Perancis : Bibliotheque Belanda : Bibliotheek PUSTAKA Italia : Bibliotheca BIBLIO LIBRI Jerman : Bibliothek

BUKU

• UNESCO : Terbitan Tercetak & Elektronik

Filosofis :
Dictionary of the English Language 1968 : Gedung, koleksi, pemakai dan penyusunan. (Ruangan / bangunan berisi buku / bahan pustaka lain untuk bacaan, studi / referensi). Advanced learners Dict. of Current English 1968 : Ruangan /gedung utk menyimpan buku utk bacaan Encyclopedia of Britanica 1960 : Himpunan bahan tertulis/tercetak yg diatur/ organisir utk studi, penelitian atau bacaan umum Mallenger (2003) Perpustakaan sebagai Sumber pengetahuan

KESIMPULAN Perpustakaan adalah himpunan koleksi bahan pustaka baik tercetak maupun elektronik yg diatur /diorganisasikan dengan sistem tertentu yg disimpan di ruangan atau bangunan dengan tujuan utk bacaan, studi, penelitian maupun referensi bagi Pengguna dalam upaya peningkatan pengetahuan

KOMPONEN PERPUSTAKAAN

Manajemen Perpustakaan
Pengertian : (sutarno, NS 2006) Pengelolaan Perpustakaan yg didasarkan pada teori dan prinsip-prinsip manajemen Penerapan ilmu manajemen di perpustakaan Perpustakaan berjalan dgn baik,efektif & efisien Perpustakaan berbasis manajemen : Manajemen terbuka Manajemen berdasarkan sasaran (MBO) Manajemen paternalistis (bapakisme) Manajemen berdasarkan program Manajemen Modern (sesuai dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi

Slide No.

30

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->