PROGRAM KERJA

KEPRAMUKAAN
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

GERAKAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN KOTA BEKASI 12013 – 12014
Jalan Raya Padurenan Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi Tel. (021) 8251067 e-mail & fb : dasabala@gmail.com

SMP NEGERI 10 BEKASI

HALAMAN PENGESAHAN

E. NIP. SUDRAJAT. S.PROGRAM KERJA GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN 12013 – 12014 SMP NEGERI 10 BEKASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Disetujui dan Disahkan Di Hari Tanggal : : : Bekasi ……………………………………………. NTA.. 130 925 532 NESAN ASRIP SAPUTRA. 0921 1201 3004 . Kepala SMP Negeri 10 Bekasi Selaku Kak MABIGUS. …………………………………………….Pd.. S. Pembina Gugus Depan 12013 – 12014.

BAB I Pendahuluan a. Waktu pelaksanaan latihan c.DAFTAR ISI 1. BAB II Pembahasan a. Daftar Prestasi 8. Alokasi Waktu Kegiatan Tahun 2010/2011 b. Daftar isi 5. Halaman pengesahan 3. Struktur Organisasi Pengurus d. Struktur Organisasi MABIGUS c. Latar Belakang b. Tujuan c. Kata Pengantar 4. Sistematika Penyusunan 6. Halaman judul 2. Lampiran – lampiran . Keanggotaan d. Umum b. BAB III Penutup a. Daftar Anggota e. Kegiatan e. Prestasi 7.

Akhirnya kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak. Program Kerja ini disusun dengan maksud untuk memberi gambaran keadaan kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 10 Bekasi serta sebagai acuan dalam pembinaan Kepramukaan khususnya di SMP Negeri 10 Bekasi. baik ditingkat gugus depan hingga tingkat nasional. kami menyadari dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari apa yang diharapkan. serta dengan memperhatikan Prinsip Dasar Metode Pendidikan Keptamukaan (PDMPK).………………………. yang telah memotivasi dan membantu kami dalam penyusunan program kerja ini. Dan.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadiran Alloh SWT. atas rahmat dan hidayah Nya yang dilimpahkan kepada kita. Dan dengan mengharapkan ridho dan bimbingan-Nya Insya Allah. kami ingin membantu masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan kwalitas sumber daya manusia dalam menghadapi era globalisasi yang perlu bersama – sama kita sikapi dengan baik dan tepat. melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 10 Bekasi. sehingga “PROGRAM KERJA GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN 12013 – 12014 SMP NEGERI 10 BEKASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011” dapat tersusun. Melihat perkembangan kepramukaan yang begitu pesat. kami mohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam program kerja ini. Penyusun . Bekasi. Tuhan Yang Maha Esa. dengan segala keterbatasan serta kemampuan kami yang masih dalam tahap belajar.

Sistematika Penyusunan Halaman judul Halaman pengesahan Kata Pengantar Daftar isi BAB I Pendahuluan a. Latar Belakang Kepramukaan adalah salah satu pendidikan luar sekolah. 3. Memberi gambaran keadaan kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 10 Bekasi. B. Untuk melaksanakan tujuan tersebut. kepramukaan justru berperan sebagai faktor pendukung dalam pengembangan sekolah. Sistematika Penyusunan BAB II Pembahasan a. Sebagai acuan dalam pembinaan Kepramukaan di SMP Negeri 10 Bekasi. Tertib administrasi. Dasar dari kegiatan yang akan dijalankan periode berjalan 5. kepramukaan melaksanakan pendidikan luar sekolah sebagai upaya mengembangkan kepramukaan itu sendiri. kepramukaan telah berkembang mengikuti perkembangan jaman. Saat ini. Tujuan c. namun untuk saat ini pelaksanaan pendidikan tersebut bergabung dengan pendidikan sekolah. 2. Umum . Pengembangan dan evaluasi dari Program Kerja periode yang lalu. yang bertujuan untuk mempersiapkan anggotanya sebagai menusia penerus cita-cita perjuangan pembangunan bangsa. Dan dalam pelaksanaannya.BAB I PENDAHULUAN A. C. guna kehidupan dalam bermasyarakat. Latar Belakang b. Tujuan Program Kerja Gerakan Pramuka Gugus Depan 12013-12014 Tahun Pelajaran 2010/2011 ini disusun dengan tujuan : 1. 4. Walaupun kepramukaan adalah pendidikan luar sekolah. yang memiliki kemampuan dan keterampilan.

Alokasi Waktu Kegiatan Tahun 2010/2011 b. Struktur Organisasi MABIGUS c. Daftar Anggota f. Daftar Pembina e. Daftar Prestasi .lampiran a. Prestasi BAB III Penutup Lampiran . Kanggotaan d. Waktu pelaksanaan latihan c. Struktur Organisasi Pengurus d. Kegiatan e.b.

Gerakan Pramuka Gugus Depan 12013-12014 yang berpangkalan di SMP Negeri 10 Kota Bekasi sendiri. Dimana usia tersebut masuk dalam kategori usia Pramuka Tingkat Penggalang. setia. yang berdiri mulai tahun 1987 telah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan untuk tingkat Penggalang karena usia peserta didik untuk tingkat SLTP rata-rata 12 tahun. 20 tahun. 10 tahun. masyarakat. Satuan Pramuka Penggalang untuk mereka yang berusia 11 s. yang sehat jasmani dan rohaninya. ada juga pertemuan/kegiatan yang dilaksanakan pada hari-hari tertentu. bangsa . yang biasanya dilaksanakan minimal 1 (satu) bulan sekali. dan negara. 25 tahun.00 Selain itu. bangsa. Gerakan Pramuka menghimpun anak-anak dan pemuda dalam satuan Pramuka. .d. yang dapat membangun dirinya. Waktu Pelaksanaan Latihan Kegiatan kepramukaan di Gugus Depan 12013 – 12014 SMP Negeri 10 Bekasi.d. dilaksanakan yaitu sebagai berikut : Hari Pukul : : Sabtu 07.00 – 10. dan Satuan Pramuka Pandega untuk mereka yang berusia 21 s. Umum Gerakan pramuka merupakan satu-satunya organisasi yang diperkenankan dan ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. sesuai dengan golongan usia dan jenis kelaminnya diantaranya Satuan Pramuka Siaga untuk mereka yang berusia 7 s. Satuan Pramuka Penegak untuk mereka yang berusia 16 s. dengan menggunakan prinsip dasar dan metodik pendidikan kepramukaan bagi pelaksananya disesuaikan dengan perkembangan keadaan dan kepentingan masyarakat. Gerakan Pramuka bertujuan membentuk manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur.d. dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.d. 15 tahun. serta menjadi warga Negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila. dan negara. Untuk mencapai tujuan itu.BAB II PEMBAHASAN A. B. guna menyamakan persepsi kegiatan antara peserta didik tingkat penggalang dan tingkat penegak.

yaitu kegiatan pertemuan rutin yang dilaksanakan setiap minggu. Kegiatan Jangka Pendek / Mingguan     Latihan rutin Pendalaman Tata Upacara Pengujian SKU Latihan Keterampilan Baris berbaris 2. Sedangkan anggota pasif. namun dalam kesehariannya mereka tidak mengikuti kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh gugus depan. sebagaimana terdapat dalam lampiran program Kerja ini. merupakan siswa SMP Negeri 10 Kota Bekasi. Kegiatan Kegiatan yang dilaksanakan Kepramukaan di Gugus Depan 12013 – 12014 SMP Negeri 10 Bekasi.C. Keanggotan ini dibagi 2 (dua). terdiri dari : 1. Kegiatan Jangka Menengah / Bulanan     Pengujian TKK Latgab dengan Gudep lain Pembenaahan ruang / sanggar pramuka Pembelian tanda kepramukaan 3. merupakan anggota yang dalam kesehariannya mengikuti kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di gugus depan. Kegiatan Jangka Panjang / Tahunan       Perkemahan HUT Pramuka Pelantikan kenaikan tingkat Pemilihan Pengurus Buka puasa bersama Memperingati hari raya idul fitri / halal bi halal Penyematan bintang tahunan . D. Tingkat III (kelas 9). yang masuk kategori usia penggalang kemudian mereka telah dikukuhkan sebagai anggota pramuka penggalang. Tingkat II (kelas 8). Anggota pramuka aktif. Adapun daftar anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan 12013-12014 yang Aktif. Keanggotaan Anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan 12013-12014 merupakan siswa SMP Negeri 10 Kota Bekasi yang duduk di Tingkat I (kelas 7). yaitu Anggota Aktif dan Anggota Pasif.

Teknik Pembuatan laporan c. Teknik Kerpamukaan : a. Prestasi yang didapat. Adapun Prestasi yang telah didapatkan Gerakan Pramuka Gugus Depan 12013-12014. Prestasi dalam kepramukaan bertujuan untuk memotivasi anggota agar lebih semangat dan giat dalam menjalani organisasi tersebut. . Mapping/pemetaan e. baik yang dilaksanakan tingkat Kota/Kabupaten maupun tingkat Provinsi. PPPK dan PPGD E. Debat contest e. dan merupakan kebanggaan dan prestasi tersendiri bila anggota gugus depan terlibat atau ikut dalam kegiatan tingkat nasional. Tali-temali d. Kepemimpinan d. Diskusi kelompok b. Semaphore b. Morse c. khususnya dalam kepramukaan. ada juga kegiatan tingkat Nasional yang perlu diikuti para anggota pramuka. Baris-berbaris f. salah satunya dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan antar Gugus Depan. Teknik musyawarah 3. Sandi-sandi/tulisan rahasia h. Prestasi Prestasi merupakan satu kebanggaan tersendiri dalam setiap organisasi. Menaksir/aproksimasi g. Pengetahunan dan Sejarah Kepramukaan 2.   Bakti sosoial Kegiatan lomba Penggarudaan Sedangkan untuk materi kepramukaan yang disampaikan kepada peserta didik antara lain terdiri dari : 1. terdapat pada lampiran program kerja ini. Selain itu. Pengetahuan Umum : a.

. Terima kasih.BAB III PENUTUP Demikian program kerja ini kami buat. sebagai bahan acuan dan pedoman kami dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 10 Bekasi.

LAMPIRAN – LAMPIRAN .