PERUBAHAN SOSIAL

Ilmu Sosial Dasar

konsep dasar mengenai perubahan sosial menyangkut tiga hal. dan c. yaitu : a. di antara sistem sosial yang sama. Untuk itu. perbedaan. . Lebih tepatnya.Apa itu perubahan sosial? Perubahan sosial dapat dibayangkan sebagai perubahan yang terjadi di dalam atau mencakup sistem sosial. terdapat perbedaan antara keadaan sistem tertentu dalam jangka waktu yang berlainan. b. pada waktu yang berbeda.

sikap & pola perilaku di antara kelompok2 dlm masyarakat. Selo Soemarjan : segala perubahan2 pd lembaga2 kemasyarakatan di dlm suatu masy yg mempengaruhi sistem sosialnya. komposisi penduduk. baik karena perubahan2 kondisi geografis. Moore : perubahan penting dr struktur sosial. ideologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan2 dlm masyarakat. Gillin dan Gillin : suatu variasi & cara2 hidup yg telah diterima. yaitu pola2 perilaku dan interaksi sosial yg terjadi di dlm suatu masy. termasuk di dlmnya nilai2. Lauer : perubahan fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia. mulai dr tingkat individu2 sampai dgn tingkat dunia. . kebudayaan material.Apa itu perubahan sosial?      Mac Iver : perubahan yg terjadi dlm hubungan sosial / sebagai perubahan terhadap keseimbangan.

.  Terjadinya modifikasi saluran komunikasi di antara peranan2 / kategori peranan.  Terjadinya pergeseran dari wadah atau kategori peranan. Dimensi Struktural:  Bertambah dan berkurangnya kadar peranan.  Terjadinya perubahan dari sejumlah tipe dan daya guna fungsi sebagai akibat dari struktur.  Adanya peningkatan / penurunan sejumlah peranan / pengkategorian peranan.3 dimensi perubahan sosial? 1.  Menyangkut aspek perilaku dan kekuasaan.

Dimensi Kultural:  Inovasi kebudayaan.  Integrasi .3 dimensi perubahan sosial? 2.  Difusi.

Dimensi Interaksional:  Perubahan dalam frekuensi. .  Perubahan dalam jarak sosial.  Perubahan dalam bentuk.  Perubahan dari aturan atau pola-pola.  Perubahan perantara.3 dimensi perubahan sosial? 3.

• Terjadinya pemberontakan atau revolusi. • Peperangan • Pengaruh kebudayaan masyarakat lain.Mengapa terjadi perubahan sosial? Faktor yang berasal dari dalam: • Bertambah dan berkurangnya penduduk. Faktor yang berasal dari luar: • Lingkungan alam fisik yang ada di sekitar manusia. • Penemuan-penemuan baru. . • Pertentangan atau konflik.

 Orientasi masa depan.  Penduduk yang heterogen.  Sistem pendidikan formal yang maju. .  Ketidakpuasan masyarakat thd bidang2 kehidupan tertentu.  Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan yang menyimpang.  Sistem stratifikasi masyarakat yang terbuka.  Nilai bhw manusia hrs berikhtiar utk memperbaiki hidupnya.Perubahan sosial bisa cepat bisa lambat Faktor yang mempercepat proses perubahan sosial  Kontak dengan budaya lain.  Sikap menghargai hasil karya seseorang & keinginan utk maju.

 Hambatan-hambatan yang bersifat ideologis.  Rasa takut akan terjadinya kegoyahan pd integrasi kebudayaan.Perubahan sosial bisa cepat bisa lambat Faktor yang menghambat perubahan sosial:  Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain.  Adat atau kebiasaan. .  Sikap masyarakat yang sangat tradisional.  Prasangka terhadap hal2 baru / asing atau sikap yg tertutup.  Perkembangan ilmu pengetahuan yang lambat.  Sikap pasrah.

DISKUSI COBA ANDA JELASKAN PERUBAHAN SOSIAL YG DIAKIBATKAN OLEH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BERIKUT: .