KATA PENGANTAR Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya

sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah ini dengan judul “Gelombang Ultrasonik Pada Kelelawar” Dalam penulisan makalah ini penulis banyak mendapat masukan berupa sumbangan pikiran, bimbingan dan saran dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyelesaian makalah ini. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, sehingga penulis membutuhkan saran dan kritik yang konstruktif guna perbaikan makalah ini ke depan. Padang,24 2012 april

Penulis

1

kerbau dan hewan lainnya tanpa mereka sadari.Aplikasi gelombang ultrasonic dalam kehidupan sehari.Melengkapi tugas mata kuliah biofisika C. 2 . Kelelawar vampir menghisap darah ayam. Makanan kelelawar buah-buahan dan ada juga yang menghisap darah.Gelombang ultrasoniuc pada kelelawar 3.Menjelaskan mengapa kelelawar dapat terbang dimalam hari tanpa menabrak.RUMUSAN MASALAH 1.TUJUAN PENULISAN MAKALAH Adapun tujuan makalah ini dibuat adalah: 1.hal ini akan dibahas pada bab pembahasan. B. khususnya kelelawar vampir di daerah tropis.kelelawar aktif mencari makan dimalam hari dan tidur disiang hari. burung.BAB I PENDAHULUAN A.LATAR BELAKANG Setiap orang pasti mengenal kelelawar.Kelelawar adalah mamalia yang dapat terbang yang berasal dari ordo Chiroptera dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap. 2. Kelelawar biasanya hidup di gua-gua. Tapi kebanyakan kelelawar lebih menyukai serangga. atau dipepohonan.mengapa kelelawar dapat terbang dimalam hari tanpa menabrak benda yang ada didepanya ? konsep apa ang digunakan oleh kelelawar?.Pengertian gelombang ultrasonik 2. alam terbuka.

Jadi gelombang bunyi dapat menjalar didalam ruang tiga dimensi. cair atau gas. Gelombang ini dapat merambat dalam medium padat. Gelombang bunyi merupakan merupakan gelombang tiga dimensi. GELOMBANG ULTRASONIK Berdasarkan daerah frekuensinya gelombang bunyi dibagi menjadi tiga.BAB II PEMBAHASAN A. sumber titik akan menghasilkan gelombang bola. Gelombang ultrasonik merupakan gelombang mekanik longitudinal dengan frekuensi diatas 20 KHz. 3 . 2007 : 4). karena medium gelombangnya bersifat tiga dimensi. hal ini disebabkan karena gelombang ultrasonik merupakan rambatan energi dan momentum sehingga merambat sebagai interaksi dengan molekul dan sifat inersia medium yang dilaluinya. Gelombang mekanik jika melewati suatu medium akan mengalami peristiwa atenuasi (peredaman) intensitas gelombang yang disebabkan oleh dispersi (penghamburan) dan absorpsi (penyerapan) (Jatmiko. Dalam medium tiga dimensi. Suatu sumber titik dipermukaan air (medium dua dimensi) menghasilkan gelombang lingkaran .antara lain : gelombang sonik (suara) merupakan gelombang mekanik longitudinal dengan frekuensi pada ambang pendengaran manusia yaitu 20 Hz-20 KHz. artinya muka gelombang yaitu tempat kedudukan titik-titik dalam medium dengan fasa sama mempunyai bentuk bola (Sutrisno. artinya muka gelombangnya berbentuk lingkaran. Untuk frekuensi dibawah ambang pendengaran atau kurang dari 20 Hz disebut gelombang infrasonik dan begitu juga sebaliknya frekuensi diatas ambang pendengaran disebut gelombang ultrasonik. 1984 : 19).

itulah gelombang ultrasonik. tetapi kelelawar tidak terpengaruh untuk dapat bergerak leluasa di alam bebas pada malam hari serta mengelakkan benda-benda yang menghalanginya. Bentuk telinga kelelawar yang seperti corong berfungsi sebagai penerima gelombang ultrasonik yang 4 .kelelawar dapat menagkap mangsanya dimalam hari tanpa menabrak benda-benda didepanya.diantaranya:Kelelawar merupakan hewan yang tidak tahan panas karena sayapnya yang tidak berbulu rentan terhadap dehidrasi dan Untuk melindungi dirinya dari predator lain. Persoalan mulai terjawab dan melalui perhatian kepada sistem pendengaran kelelawar ini.Lazzaro Spalanzani (1794).GELOMBANG ULTRASONIK PADA KELELAWAR Kelelawar mencari makan pada malam hari disebabkan oleh beberapa hal. B.penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli diantaranya: A. Awal penelitian beliau terhadap kelelawar adalah dengan cara membutakan kedua belah matanya. ternyata kelelawar kehilangan pedoman dan tidak mampu bergerak bebas dan tidak mampu mengelak halangan yang ada di depannya. Kenyataan ini membawa para ahli untuk menyelidiki kelelawar.B. Tetapi ketika beliau merusakkan sistem pendengaran kelelawar. Spalanzani menarik suatu kesimpulan bahwa kelelawar terbang dan memandu arah menggunakan gelombang bunyi yang tidak dapat didengar oleh manusia.Cracknell (1980) Berdasarkan hasil penelitian lanjut dapat diketahui bahwa kelelawar mengeluarkan pulsa gelombang ultrasonik dengan frekuensi sekitar 40-50 kHz.

Telinganya yang besar dan berbentuk aneh membantunya mengetahui dari mana datangnya gema.dibalikkan seperti cara kerja alat radar penerima. terdapat cuping hidung dan gelambir serta lekukan tak beraturan di sekitar lubang hidung. Pada kelelawar yang mengeluarkan gelombang ultrasonik dari hidungnya. Frekuensi ultrasonik akan ditinggikan oleh kelelawar apabila hendak menangkap mangsa secara memintas. kelawar menggunakan gema (bunyi pantulan) untuk menentukan keadaan sekitarnya dan sekaligus mencari mangsaya. Kebanyakan kelelawar mengeluarkan suara ultrasonik dari mulutnya. Denyut ultrasonik yang dipancarkan oleh kelelawar akan dipantulkan apabila terkena mangsanya. Proses ini disebut echolokasi (echo artinya gema).proses ekolokasi dapat dilihat pada gambar dibawah ini: 5 . namun sekitar 300 spesies mengeluarkannya dari hidung. Fenomena ini seperti gema dimana bunyi dipantulkan apabila tiba di satu media. Jadi. Pulsa ini kemudian dianalisis oleh sistem otak kelelawar yang agak kompleks untuk menginterpretasi dan mengetahui posisi mangsanya atau objek lain yang akan diterkam.

intensitas gelombang ultrasonik (I) adalah energi yang melewati luas permukaan medium Besarnya intensitas gelombang ultrasonik yang datang melalui medium udara adalah: I = ½ Zudara A²w² Z = 425kg/m²s W= 2.pi f Kelelawar menggunakan kantung jaringan (web-pocket) yang terletak di bahagian ekor dan dengan bantuan sayapnya untuk memerangkap mangsanya.Untuk menghitung intensitas gelombang ultrasonik perlu mengetahui energi yang dibawa oleh gelombang ultrasonik.Lingkungan dengan tingkat kebisingan tinggi tidak akan melemahkan sistem radar yang ada pada kelelawar tetapi jika rekaman gelombang bunyi dirinya sendiri maka akan berpengaruh kepada kemampuan kelelawar untuk menganalisis pantulan denyut pulsa 6 .

mungkin berkaitan dengan kompas magnetik Bumi. kelelawar memantulkan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk mengatur arah terbangnya di kegelapan. Sebagaimana dilaporkan dalam jurnal Nature. kelelawar yang diberi gangguan medan magnet kebanyakan membelok ke tempat lain. AS mengamati perilaku 15 ekor kelelawar coklat besar (Eptesicus fuscus) yang umumnya hidup di Kanada dan Amerika Utara.Pada jarak dekat. Kelelawar jenis ini secara rutin melakukan perjalanan hingga 100 kilometer untuk mencari tempat hibernasi selama musim dingin. setiap kelelawar diberi pemancar radio dan dilepas 20 kilometer dari sarangnya dan diamati dari pesawat kecil. Richard Holland dari Universitas Princeton.yang diterimanya. Namun. Hal ini menunjukkan kelelawar mungkin memanfaatkan medan magnet Bumi sebagai navigasi. tapi juga dapat menjelajah ke tempat yang jauh dan kembali ke sarangnya tanpa kehilangan arah. Satu persatu kelelawar yang tidak diberi gangguan kedan magnet terbang ke arah sarangnya dengan tepat. Proses yang disebut echolocation ini digunakan untuk menentukan lokasi. Mereka kemungkinan juga bisa mengetahui bahwa ’kompas’ 7 . para ilmuwan menyatakan kemampuan tersebut melengkapi sistem sensor suara yang digunakan hewan malam tersebut untuk menghadapi rintangan. Kelelawar tidak hanya bisa menghindari rintangan di kegelapan. Bagaimana mereka bisa melakukannya. Sebagian diberi sejenis helm yang menghasilkan medan magnet yang tidak searah dengan medan magnet Bumi. Untuk mempelajarinya. Kelelawar diperkirakan memiliki sistem internal yang dapat mendeteksi arah berkas medan magnet Bumi.hanya sebagian yang sampai kesarang yang tepat. Rekaman gelombang bunyi tersebut sebenarnya telah mewujudkan tingkat kebisingan yang hampir sama dan menyerupai gelombang ultrasonic. Pada pengujian yang dilakukan. sedangkan sebagian lainnya tidak.

internalnya melakukan kesalahan dan melakukan reorientasi dengan mengubah ke mekanisme lain. Sebab. Gelombang yang dipancarkan kelelawar rata-rata mulai dari frekuensi 60 kilohertz dan meningkat tajam dan konstan pada frekuensi 80 kilohertz sebelum diturunkan kembalipada60kilohertzdiakhirpemancaran.APLIKASI GELOMBANG ULTRASONIK 8 . China dan mahasiswa program doktor (S3) bimbingannya Qiao Zhuang melakukan pemodelan. Struktur wajah kelelawar ternyata berpengaruh terhadap gelombang ultrasonic yang ditangkap oleh kelelawar. Selain itu. lekukan dan struktur tak beraturan ini memiliki fungsi serupa. Müller menduga. Fungsi struktur tersebut baru terkuak setelah Rolf Müller dari Universitas Shandong. Jinan. kelelawar bisa memusatkan sinyal ultrasonik yang digunakannya untuk menentukan posisi benda-benda di sekitarnya. Gelombang frekuensi 60 kilohertz memancar vertikal sedangkan yang 80 kilohertz tetap dipancarkan lurus ke depan. bagian luar telinga kebanyakan kelelawar juga memiliki fitur yang serupa. C. Dengan demikian. kelelawar dapat ’melihat’ sekitarnya sekaligus menukik ke arah mangsa atau titik yang ditujunya. Kerutan-kerutan tersebut menyebabkan gelombang suara dipancarkan pada frekuensi yang berbeda-beda dengan arah rambat yang berbeda pula. Bagian tersebut seolah seperti deretan klarinet yang menghasilkan gema yang kuat. Simulasi komputer menunjukkan kerutan horisontal yang memanjang di atas lubang hidung berfungsi sebagai rongga yang beresonansi pada frekuensi tertentu. dengan karakteristik wajah seperti itulah. Mereka mempelajari bagaimana pengaruh struktur tak beraturan terhadap gelombang ultrasonik yang dikeluarkannya. Mereka menggunakan pemindai sinar-X untuk menghasilkan model komputer tiga dimensi bagian wajah kelelawar jenis Centurio senex.

Robot Robot memiliki laser.Tangkai Elektronik Ultracane Tongkat ini mampu memberitahu pemakai (orang buta) tentang adanya benda penghalang pada jarak hingga 3 meter didepanya.serta menerapkan sistem informasi umpan balik yang mudah dipahami sistem pencitraan pada bagian tertentu dari otak manusia 2.sonar atau kamera video yang bisa mengantarkan sejumlah besar data berbentuk dua atau tiga dimensi .sehingga membantu robot atau pesawat tanpa awak bisa menginddera posisi mereka dan mengetahui adanya rintangan yang harus mereka hadapi.Berdasarkan frekuensinya didapatkan aplikasi gelombang ultrasonic sebagai berikut: Aplikasi lain antara lain: 1. Alat pengukur ultrasonik ini adalah sebuah alat 9 .

yang dapat digunakan untuk megukur jarak suatu benda yang ditampilkan dalam LCD melalui mikrokontroler sebagai otaknya dan menggunakan sensor ping ultrasonik .berdasarkan data kedalaman dan arah kedalaman pantul komputer akan membentuk bayangan bagian dalam tubuh.dengan mengukur waktu relatif dari gelombang pantul ini maka didapat kedalaman organ.Pemeriksaan bagian dalam tubuh Pemeriksaan bagian dalam tubuh dilakukan dengan mengirim pulsa-pulsa ultrasonik kebagian dalam tubuh. 3.pulsa-pulsa ini akan dipantulkan oleh organ-organ tubuh bagian dalam.Radar cuaca dopler mampu mendeteksi gerakan partikel relatif terhadap radar sehingga dapat ditentukan arah dan kecepatan angin 4. BAB III 10 .Radar cuaca Merupakan suatu instrumen untuk menentukan posisi dan intensitas suatu target yaitu berupa hidrometer(presipitasi).sensor ping ultrasonik banyak digunakan dibidang kelautan dll.

diantaranya: Kelelawar merupakan hewan yang tidak tahan panas karena sayapnya yang tidak berbulu rentan terhadap dehidrasi dan Untuk melindungi dirinya dari predator lain.SARAN 11 .KESIMPULAN Kelelawar adalah mamalia yang dapat terbang yang berasal dari ordo Chiroptera.radar cuaca.robot.PENUTUP A.kelelawar mengeluarkan gelombang ultrasonic dari mulut atau dari hidung. Kelelawar mencari makan pada malam hari disebabkan oleh beberapa hal. Aplikasi gelombang ultrasonic diantaranya:mengukur kedalaman laut.Kelelawar menggunakan gelombang ultrasonic dalam beraktivitas dimalam hari.tongkat tuna netra.kelelawar dapat mengetahui benda yang ada didepanya dan mampu menangkap mangsanya.melalui proses ekolokasi(pemantulan/gema). B.

DAFTAR PUSTAKA 12 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful