MAKALAH

BAYI KEMBAR
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Embriologi

Disusun Oleh : Edi Kurniawan Deden Suryadi Niski Derizki Riki Sutiana Alfian Nugraha Rino Rhesdiana 0950401 0950401 0950401 095040142 095040139 095040121

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2012

Faktor predisposisi dari kehamilan gameli antara lain adalah faktor bangsa. sehinga dalam satu rahim dapat berkembang dua atau lebih bayi. Kembar identik ini juga bisa berpotensi berkembang menjadi penyebab kembar SIAM.BAB I PENDAHULUAN 1.1. Sel tersebut bertemu dalam proses yang disebut proses pembuahan dan mulai berkembang dalam rahim wanita selama 9 bulan dan akhirnya lahir sebagai bayi. yaitu kembar yang menempel satu sama lainnya. sehingga terjadi kembar identik yang berjenis kelamin sama. dan bisa juga berbeda kelamin (kembar pria dan wanita)Atau sebab lain kembar yang terjadi karena satu sel milik wanita bertemu dengan dua buah sel milik pria. Disebut juga dengan kembar identik (monozygotic). rupa yang sama. ada yang berasumsi bahwa seorang ibu bisa memiliki bayi kembar karena keturunan. proses pembuahan dapat terjadi pada dua buah atau bahkan lebih sel milik wanita dalam satu rahim. terjadi perbedaan antara 50 sampai 1000 gram. tetapi hal tersebut juga masih belum bisa dipastikan. kembar lima (quintriplet).Ternyata. Kehamilan kembar memang tidak pernah bisa diduga. pertumbuhan kedua janinnya pun berbedaProses terjadinya bayi dimulai dengan pertemuan hanya dua buah sel masing-masing milik wanita dan pria (ibu dan ayah). gen yang sama. terjadi pembagian sirkulasi darah yang tidak sama. perut menyatu. Mengandung bayi kembar merupakan berita besar bagi seorang ibu. Kehamilan ganda dapat menghasilkan anak kembar dua kembar tiga (triplet kembar empat (quadruplet). Akibatnya. Berat badan bayi kembar dua dan tiga yang baru lahir kurang dan 2500 gram dan kembar lima kurang dari 1000 gram. Berat badan janin dari kehamilan kembar tidak sama. Kembar ini tidak terlalu mirip satu sama lain. pertumbuhan janin kembar dan tunggal menunjukkan perbedaan yang cukup berarti. Oleh karena sebab yang khusus. umur dan paritas tidak atau sedikit sekali mempengaruhi terjadinya kehamilan kembar. Berat badan satu janin kembar rata-rata lebih ringan 1000 gram dari janin tunggal. dan kembar enam (sextuplet). Selain itu. sejalan dengan perubahan dan kebutuhan yang jelas berbeda dibandingkan kehamilan biasa.Latar Belakang Masalah Kehamilan ganda (multifetus) adalah kehamilan yang terdiri dari dua janin atau lebih. hereditas. Hamil kembar tentunya menjadi keajaiban. Kamu pernah dengar ada kembar lima khan? Ini disebut dengan kembar fraternal (dizygotic). Butuh perlakuan ekstra terhadap tubuh ibu dan janinnya. karena masing-masing sel tidak membelah dengan sempurna. satu tubuh berkepala dua. Umumnya.Ada juga .

tak seiras dan kembar siam ? 4.Pendapat bahwa saudara kembar itu memiliki sifat dan kebiasaan yang sama persis. Tujuan merupakan pernyataan yang menyelaraskan hasil yang ingin dicapai atau tempat yang akan dituju. Maka dari itu tujuan dari pembuatan makalah adalah sebagai berikut: 1. Mengetahui perbedaan antara bayi kembar seiras. Bagaimana cara mendapatkan bayi kembar ? 5. Rumusan Masalah Sesuai dengan judul makalah ini mengenai“ Proses Bayi Kembar” berkaitan dengan teknologi kedokteran yang dilakukan oleh para dokter mengenai bayi kembar maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut: 1. dan seosial. secara medis dokter bisa memberi hormon tertentu kepada orang tua calon bayi. Untuk mengetahui apakah seseorang sedang hamil bayi kembar atau tidak yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.kembar yang bisa terjadi karena proses disengaja. 1. Agar mahasiswa mengetahui pengertian dari bayi kembar 2. dapat dijelaskan sebagai berikut : bahwa sifat dan kebiasaan itu lebih didasari oleh faktor lingkungan. .3. dan proses kehidupan yang berlainan.2.Tujuan Penyusunan Makalah Dalam setiap kegiatan pasti mempunyai suatu tujuan. agar diperoleh kemungkinan terjadi proses pembuahan yang menjadi penyebab kembar. biasanya cara yang paling akurat dan aman adalah dengan menggunakan USG (Ultrasonografi). Bagaimana proses terbentuknya bayi kembar ? 1. Bagaimana jenis-jenis bayi kembar ? 3. artinya bisa saja setiap kembar yang mendapat pendidikan. Apakah pengertian bayi kembar ? 2. tak seiras dan bayi kembar siam 4. Mahasiswa dapat membedakan jenis – jenis bayi kembar 3. akan menghasilkan juga sifat yang berbeda. begitu juga dengan pembuatan makalah ini. atau juga punya rasa keterikatan yang dekat. Untuk mengetahui kemajuan ilmu dan teknologi kedokteran pada zaman sekarang mengenai cara mendapatkan bayi kembar dan proses terbentuknya bayi kembar. Apakah perbedaan bayi kembar seiras.

Armadillo bergaris-sembilan (Dacypus novemcinctus) jika melahirkan selalu memiliki kembar empat monozigotik. Pada manusia. atau domba biasa memiliki anak lebih dari satu sekali melahirkan. Karena kelahiran prematur biasanya memiliki konsekuensi kesehatan kepada bayi. tikus. dikenal dua jenis persalinan kembar yakni : fraternal (dizigotik) dan identik (monozigotik). Kembar dizigotik adalah hal yang umum terjadi pada vertebrata.Kembar dizigotik secara genetik tidak berbeda dari saudara biasa dan berkembang dalam amnion dan plasenta yang terpisah.2. Terdapat lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim yang terbuahi oleh sel-sel sperma pada saat yang bersamaan. dilahirkan dalam hari yang sama.1.jenis bayi kembar Perbedaan kembar dizigotik (kanan) dan monozigotik (kiri): Dilihat dari asal usul zigot. Pengertian bayi kembar Kembar atau anak kembar adalah dua atau lebih individu yang membagi uterus yang sama dan biasanya. Manusia memiliki kemampuan ini. Jenis . anjing.BAB II PEMBAHASAN 3. ibu dengan kandungan yang membawa bayi kembar dengan demikian akan mengalami persalinan berganda dan biasanya masa mengandung yang lebih singkat (34 sampai 36 minggu) daripada kehamilan bayi tunggal. Hewan-hewan domestik seperti kucing. tapi tidak selalu. Mereka dapat memiliki jenis kelamin yang berbeda atau sama. 3. namun hanya keturunan . proses ovulasi kadang-kadang melepaskan lebih dari satu sel telur matang ke tuba fallopi yang apabila mereka terbuahi akan memunculkan lebih dari satu zigot. Pada manusia.  Kembar dizigotik atau fraternal (DZ) Kembar dizigotik (dikenal sebagai "kembar non-identik") terjadi karena zigot-zigot yang terbentuk berasal dari sel telur yang berbeda. Kajian juga menunjukkan bahwa bakat melahirkan kembardizigotik atau fraternal (DZ) diwariskan kepada keturunannya (bersifat genetik). kelahiran kembar seringkali ditangani secara khusus yang agak berbeda daripada kelahiran biasa. sementara kembar monozigotik merupakan hal yang jarang dijumpai.Persalinan kembar adalah hal yang biasa pada hewan karena banyak hewan yang menghasilkan sel telur masak (siap dibuahi) pada saat yang sama.

Tergantung dari tahapan pemisahan zigot. dengan perbedaan kadang-kadang terjadi berupa keserupaan cerminan. Semua kembar monoamniotik pasti monokorionik. . monochorionic) atau tidak.  Kembar monozigotik atau identik (MZ) Kembar monozigotik terjadi ketika sel telur tunggal terbuahi dan membentuk satu zigot (monozigotik). tingkat kemiripan biasanya berkurang karena pengalaman pribadi atau gaya hidup yang berbeda. Contohnya. akibat berbedanya gen-gen yang diaktifkan.perempuan/betina yang mampu menunjukkannya (karena hanya perempuan/betina yang dapat mengatur pengeluaran sel telur). Kembar monozigotik atau identik (MZ) selalu berkelamin sama dan secara genetik adalah sama (klon) kecuali bila terjadi mutasi pada perkembangan salah satu individu. ilmuwan beranggapan proses acak lebih banyak berperan dalam perbedaan-perbedaan yang terjadi. Perbedaan terjadi pada hal detail. Tetapi diketahui terdapat beberapa tempat di dunia yang memiliki frekuensi kembar monozigotik atau identik(MZ) yang lebih tinggi dari pada tempat lainnya. tali pusar dari kembar monoamniotik dapat terbelit sehingga mengurangi atau mengganggu penyaluran darah ke janin yang berkembang. Kedua embrio berkembang menjadi janin yang berbagi rahim yang sama. Lebih jauh lagi. Dalam perkembangannya. (2005) mengungkap adanya pengaruh epigenetik dalam proses yang membedakan individu-individu yang kembar monozigotik atau identik (MZ). Penelitian dari Fraga et al. seperti sidik jari. kembar identik dapat berbagi amnion yang sama (dikenal sebagai monoamniotik) atau berbeda amnion. Tingkat kemiripan kembar ini sangat tinggi. Bila individu beranjak dewasa. zigot tersebut membelah menjadi embrio yang berbeda. Hingga sekarang ilmuwan belum bersepakat mengenai adanya pengaruh genetik untuk kejadian kembar monozigotik atau identik (MZ). Berbagi amnion yang sama (atau amnion dan plasenta yang sama) dapat menyebabkan komplikasi dalam kehamilan. Meskipun ada pengaruh kebiasaan atau pengalaman yang memengaruhi perbedaan-perbedaan itu. Penelitian dengan tikus bahkan menunjukkan adanya perbedaan aktivitas pada histon (terkait dengan epigenetik) dari empat sel pertama yang terbentuk. kembar identik bukan monoamniotik dapat berbagi plasenta yang sama (dikenal dengan monokorionik. Istilah kembar dapat diberikan bagi anak kembar dengan kelamin berbeda.

ataupun di bahagian perut. Bersyukurlah kepada Tuhan kerana anda dan adik-adik anda dilahirkan dengan sempurna tanpa kecacatan.  Anak kembar tak seiras Anak kembar tak seiras terjadi apabila dua ovum dibebaskan serentak semasa pengovulan.  Anak kembar siam Sekiranya pembahagian satu embrio berlaku dengan lengkap. maka anak kembar seiras terhasil. kedua-dua embrio akan membentuk dua fetus yang masih terlekat pada bahagian kepala. kembar jenis ini disebut sebagai kembar tak seiras. Dua anak akandilahirkan pada akhir tempoh kehamilan. Kembar siam mungkin berkongsi satu jantung. Maka. Rupa dan jantina kedua-dua anak ini mungkin sama atau berbeda. Anak kembar ini dikenal sebagai kembar siam.3. Perbedaan bayi kembar seiras. pembedahan seperti ini mempunyai risiko yang tinggi. atau organ lain. tak seiras dan siam Pada kembar biasa urutan anak dibedakan karena bayi dilahirkan ibu satu per satu sedangkan siam tetap. otak. Oleh kerana kembar seiras berasal daripada satu embrio. kadangkala pembahagian embrio berlaku dengan tidak sempurna. Dalam keadaan ini. dua zigot terbentuk. Setiap fetus yang bertumbuh di dalam uterus ibu mempunyai tali pusat sendiri tetapi berkongsi satu plasenta. Kedua-dua anak initidak sama dari segi kandungan genetik kerana berasal daripada dua ovum dan dua sperma yang berlainan. maka hanya satu sperma dan satu ovum yang terlibat dalam persenyawaan untuk membentuk zigot. Setiap ovum ini disenyawakan oleh satu sperma. punggung. Ini menyebabkan kedua-dua embrio masih terlekat antara satu sama lain pada bahagian tertentu.3. dada. Kedua-dua zigot akan berkembang membentuk dua fetus yang masing-masing mempunyai plasenta dan tali pusatnya sendirl. Namun. . Walau bagaimanapun. Kedua-dua embrio ini akan berkembang dan membentuk dua fetus berasingan di dalam uterus ibu. Pakar pembedahan boleh melakukan pembedahan ke atas kembar siam untuk mengasingkan kedua-duanya. Biasanya kembar siam dikeluarkan dari uterus ibu melalui pembedahan. Ini menyebabkan kembar seiras serupa dari segi kandungan genetik dan sifat fizikalnya termasuk jantina.  Anak kembar seiras Pembentukan anak kembar seiras terjadi apabila satu embrio membahagi kepada dua embrio yang berasingan pada peringkat awal perkembangan embrio. Maka.

 Hamil diusia tua Memang kita ketahui bahwa hamil di usia diatas 45 tahun merupakan risiko yang sangat besar bagi para ibu. ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyuburkan kandungan. Kembar Identik . 3. Penyuntikan hormon pun dapat ditempuh demi mendapatkan si bayi kembar. kadar gula selama hamil pun dapat meningkat. Faktor keturunan dan genetik juga mempengaruhi terbentuknya anak kembar. dan susu dapat meningkatkan ovulasi pada sel telur sehingga kemungkinan untuk mendapatkan bayi kembar pun akan terjadi.  Kesuburan Selain dari semua hal tersebut diatas.  Berat badan yang berlebihan Sebuah hasil penelitian didapatkan dari American College of Obstetrics and Gynecology bahwa dengan meningkatnya berat badan maka kecenderungan untuk mendapatkan bayi kembar akan terjadi. faktor kesuburan sangat mempengaruhi.  Makanan Hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Amerika Syarikat mendapatkan bukti bahwa makanan seperti kentang.3. Selain dapat mengalami keguguran. pada saat usia tua inilah produktivitas ovulasi sangat tinggi sehinggal ebih dari 17% wanita yang hamil di usia 45 tahun keatas mempunyai kemungkinan akan mendapatkan anak kembar.5. Cara mendapatkan bayi kembar  Faktor keluarga Jika didalam keluarga anda ada memiliki anak kembar. Tetapi. ada kemungkinan anda akan mendapatkan anak kembar juga. Proses terbentuknya bayi kembar Bayi kembar itu ada dua jenis gen: 1.4. Di zaman yang serba modern ini. ubi.

Semua kembar monoamniotik pasti monokorionik. Kembar dizigotik secara genetik tidak berbeda dari saudara biasa dan berkembang dalam amnion dan plasenta yang terpisah. Jenis .jenis plasenta pada bayi kembar : a. tali pusar dari kembar monoamniotik dapat terbelit sehingga mengurangi atau mengganggu penyaluran darah ke janin yang berkembang. kembar identik dapat berbagi amnion yang sama (dikenal sebagai monoamniotik) atau berbeda amnion. Lebih jauh lagi. Kedua embrio berkembang menjadi janin yang berbagi rahim yang sama. Dalam perkembangannya. Pada manusia. monochorionic) atau tidak. Ciri-ciri kembar non identik :    Jenis kelamin bisa berbeda Golongan darah bisa berbeda Wajah tidak begitu mirip.Kembar identik atau disebut juga kembar monozigotik berasal dr satu sel telur (ovum) dan satu sel sperma yg mengalami pembuahan dan menjadi satu zigot. Berbagi amnion yang sama (atau amnion dan plasenta yang sama) dapat menyebabkan komplikasi dalam kehamilan. kembar identik bukan monoamniotik dapat berbagi plasenta yang sama (dikenal dengan monokorionik. proses ovulasi kadang-kadang melepaskan lebih dari satu sel telur matang ke tuba fallopi yang apabila mereka terbuahi akan memunculkan lebih dari satu zigot. 2. Tergantung dari tahapan pemisahan zigot. Contohnya. Plasentasi diamniotik dikarionik  Terjadi pd kembar non identik . Kembar non-identik Kembar non-identik atau kembar dizigotik berasal dari dua sel sperma dan dua sel telur yg masing-masing mengalami pembuahan menjadi 2 zigot. zigot tersebut membelah menjadi embrio yang berbeda. Ciri-ciri kembar identik :    Jenis kelamin sama Golongan darah sama Wajah mirip.

Plasentasi monoamniotik monokarionik  Terjadi pd kembar identik http://nicharla.html . Plasentasi diamniotik monokarionik  Terjadi pd kembar identik c.blogspot.b.com/2012/02/bayi-kembar.

Kehamilan ganda dapat menghasilkan anak kembar dua kembar tiga (triplet kembar empat (quadruplet).Kadang – kadang juga hingga 3. Perkaraini yang dapat menyebabkan terjadinya bayi kembar. Kemudian telur yang berhasil dibuahi tersebut membelah menjadi dua bagian. kelompok kami mendapatkan manfaat dari Tugas Makalah ini dan mendapat wawasan serta pandangan untuk membandingkan bayi kembar seiras. tapi tidak selalu. . Sehingga penulis dapat menyimpulkan: 1. bahkan 5 bahagian. dilahirkan dalam hari yang sama. 3. Indung telur tersebut dibuahi oleh sperma. Kembar atau anak kembar adalah dua atau lebih individu yang membagi uterus yang sama dan biasanya. 4. Proses terbentuknya: Awalnya ada beberapa telur yang dilepaskan dari satu ovulasi. tak seiras dan siam. dan kembar enam (sextuplet) 2.BAB III PENUTUP A. Proses pembuahan tersebut dapat terjadi dengan sendiri tanpa ubat kesuburan. kembar lima (quintriplet). Kehamilan ganda atau hamil kembar adalah kehamilan dengan dua janin atau lebih. Kesimpulan Setelah melaksanakan Tugas Makalah ini.

blogspot.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA http://mahdalenaendang.org/wiki/Kembar http://id.blogspot.wikipedia.html http://nicharla.org/wiki/Kembar_siam .com/2012/06/makalah-kehamilan-anak-kembar.html http://id.com/2012/02/bayi-kembar.