MAKALAH

KARAKTERISTIK AJARAN AGAMA ISLAM
Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam

Disusun oleh : 1. WULANSARI 2. FITRIYANI 3. ELIS SOFIANA 4. NOVITAWATI KELAS 1B

FAKULTAS TARBIYYAH PROGRAM PGSD/PGMI-S1
INSTITUT AGAMA ISLAM LATIFAH MUBAROKIYYAH PONDOK PESANTREN SURYALAYA 2012

bersikap terbuka. egaliter. Latar Belakang Kehadiran agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw diyakini dapat menjamin terwujudnya kehidupan manusia yang sejahtera lahir dan batin. Al-Quran dan Hadist. demokratis. bersikap seimbang dalam memenuhi kebutuhan material dan spiritual. berakhlak mulia dan bersikap positif lainnya. menghargai waktu. mencintai kebersihan. mengutamakan persaudaraan. menghargai akal pikiran melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. anti-feodalistik. ketaqwaan yang diwujudkan dalam akhlak yang mulia. senantiasa mengembangkan kepedulian sosial. 1 . tampak amat ideal dan agung. berorientasi pada kualitas. Islam mengajarkan kehidupan yang dinamis dan progresif. sebagaimana terdapat di dalam sumber ajarannya. Menurut Fazlur Rahman secara eksplisit dasar ajaran Al-Quran adalah moral yang memancarkan titik beratnya pada monoteisme dan keadilan sosial. Tesis ini dapat dilihat misalnya pada ajaran tentang ibadah yang penuh dengan muatan peningkatan keimanan. kemitraan.BAB I PENDAHULUAN A. Petunjuk-petunjuk agama mengenai berbagai kehidupan manusia.

B. 2 . Tujuan Makalah dengan judul Karakteristik Ajaran Agama Islam secara khusus disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Namun daripada itu semoga tulisan ini menjadi sumber pengetahuan bagi mahasiswa yang memerlukannya.

tidak cacat. dan damai. diartikan sebagai sesuatu yag mempunyai karakter atau sifatnya khas. selama 23 tahun di Mekah dan Madinah yang inti sari Islam berserah diri atau taat sepenuh hati pada kehendak Allah SWT. Dan kata Islam menurut bahasa berasal dari bahasa arab. dan menurut segala yang telah ditentukan–Nya 2. Ajaran Islam mengandung berbagai arti pula. Ini berarti setiap muslim adalah orang sejahtera. Menurut dan menyerahkan Orang yang memeluk Islam adalah orang yang menyerahkan diri kepada Allah SWT. demi tercapainya kepribadian yang bersih. baik di dunia maupun di akhirat dengan tuntunan ajaran Rabbul’ 3 . selamat dan bahagia. Salimadiubah menjadi bentuk aslama yang berarti berserah diri masuk kedalam kedamaian. tidak tercela. hubungan yang harmonis. teteram dan bahagia. yaitu sebagai berikut: 1. Pengertian Karakteristik Ajaran Islam Istilah “Karakteristik Ajaran Islam” terdiri dari dua kata : karakteristik dan ajaran islam. Ensiklopedi Islam Indonesia mendefinisikan bahwa Islam adalah agama tauhid yang ditegakkan oleh nabi Muhammad SAW.BAB II PEMBAHASAN A. Kata karakteristik dalam kamus besar bahasa Indonesia. yaitu dari kata salima yang mengandung yang mengandung arti selamat. sentosa. selamat. dan damai sesama manusia serta sejahtera dunia dan akhirat. Sejahtera. tentram.

” Dari definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa karakteristik ajaran Islam adalah suatu karakter yang harus dimiliki oleh setiap umat ِ ‫اِن اكر ما كم عِْند الّله اتْ قا كم‬ ُْ ْ ُ ْ َّ muslim dengan berpedoman kepada Al-qur’an dan hadits dalam berbagai ilmu 4 . Allah berfirman dalam surat An-Najm 3-4.Alamin.” 3. Allah SWT berfirman: Artinya. Islam anti terhadap yang bersifat perbedaan daerah dan tingkat sosial. Orang yang memeluk islam adalah orang yang menganut ajaran perdamaian dalam segala tingkah laku dan perbuatan. Damai dan sejahtera Artinya bahwa islam adalah agama yang membawa kepada kedamaian dan perdamaian. Islam mengajarkan persamaan. Ajaran yang bersumber dari Allah SWT. 4. “Sesungguhnya orang-orang yang paling mulia pada sisi Allah diantara kamu adalah yang paling taqwa diantaramu. menyerahkan dan menyelamatkan Ini berarti bahwa orang yang memeluk Islam itu adalah orang yang mengaku dengan sadar adanya Allah SWT. Mengaku. ِ ِ ُِ ‫َوما يُْنطق عن اْهلو ى. tidak membuat agama ini tetapi beliau hanya menyampaikannya. اَن هوِ إِالَََّ وحي يُو حى‬ ْ ُْ ّّ ُ ْ Artinya: “Dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan. kemudian ia menyerahkan diri pada kekuasaan-Nya dengan menurut segala titah dan firman–Nya sehingga ia selamat di dunia dan akherat. persaudaraan sesama muslim. bukan dari manusia sedangkan nabi Muhammad SAW.

sehingga juga tidak mungkin dilawan atau diingkari. bahwa dalam bidang agama. politik. ekonomi. pekerjaan. yang didalamnya termasuk ekonomi. politik. untuk hidup dan mengajarkan agama masingmasing dengan penuh kesungguhan. kesehatan. asalkan percaya kepada Tuhan dan hari kemudian serta berbuat baik semuanya akan selamat. dan disiplin ilmu. sosial. kesehatan. dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memiliki ciri-ciri khas tersebut. sosial. Secara sederhana karakteristik ajaran islam dapat diartikan menjadi suatu ciri yang khas atau khusus yang mempelajari tentang ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dalam berbagai bidang agama. Pluralisme adalah sebuah aturan Tuhan (sunnah Allah) yang tidak akan berubah. B. Dan Islam adalah agama yang kitab sucinya dengan tegas mengakui hak agama lain. pendidikan. 5 . Islam mengakui adanya pluralisme. Karakteristik Ajaran Islam Konsepsi islam dalam berbagai bidang yang menjadi karakteristiknya itu dapat dikemukakan sebagai berikut: 1. pekerjaan. Bahkan Al-qur’an juga mengisyaratkan bahwa para penganut berbagai agama. kecuali berdasarkan paganisme dan syirik. pendidikan. muamalah (kemanusian). Dalam Bidang Agama Menurut Nurcholis Madjid.dan kebudayaan. lingkungan hidup. Karena itu agama tidak boleh dipaksakan. Menurutnya.

karakteristik ajaran islam dalam visi keagamaanya bersifat toleran. mentaati. Dalam Bidang Ibadah Ibadah yang dibahas dalam bagian ini adalah ibadah dalam arti khusus. sebagai bukti pengabdian dan terimakasih-Nya. jiwa. dan saling menghargai karena dalam pluralitas agama tersebut terdapat unsur kesamaan yaitu pengabdian pada Tuhan.Karakteristik ajaran islam dalam bidang agama juga mengakui adanya universalisme. dan menjalankannya. Dengan demikian. Kedudukan manusia dalam hal ini adalah mematuhi. melainkan hak dan otoritas Tuhan sepenuhnya. dan mengajak pada keselamatan. pemaaf. Dengan demikian. mengajarkan kepercayaan kepada Tuhan dan hari akhir. dengan penuh ketundukan pada Tuhan. melaksanakan. 2. nyuruh berbuat baik. visi Islam tentang ibadah adalah merupakan sifat. tingkat dan cara-caranya tertentu. dan misi ajaran islam itu sendiri yang sejalan dengan tugas penciptaan manusia sebagai makhluk yang diperintahkan agar beribadah kepada-Nya. 6 . Yakni apa yang telah di tetapkan oleh Allah akan perincianperincianya. Ketentuan ibadah demikian itu termasuk salah satu bidang ajaran islam dimana akal manisia tidak perlu campur tangan. tidak memaksakan.

ucapan dengan lisan dalam bentuk dua kalimat syahadat dan perbuatan dengan amal soleh. yang diakui dan diyakini dan diakui sebagai Tuhan yang wajib disembah hanya Allah SWT.3. Dan selanjutnya harus berpengaruh kedalam segala aktivitas yang dilakukan manusia. 4. Dengan demikian akidah Islam bukan sekedar keyakinan dalam hati. melainkan pada tahap yang selanjutnya harus menjadi acuan dan dasar dalam bertingkah laku serta berbuat yang pada akhirnya menimbulkan amal saleh. Dalam prosesnya keyakinan tersebut harus langsung tidak boleh melalui perantara. melainkan ilmu dan kebudayaan yang sejalan dengan Islam. Dalam Bidang Ilmu dan Kebudayaan Karakteristik ajaran Islam dalam bidang ilmu dan kebudayaan bersika terbuka dan akomodatif untuk menerima berbagai masukan dari luar. Dalam bidang Akidah Karakteristik Islam yang dapat di ketahui dalam bidang akidah ini adalah bahwa akidah Islam bersifat murni baik dalam isinya maupun prosesnya. sehingga berbagai aktvitas tersebut bernilai ibadah. Akidah dalam Islam meliputi keyakinan dalam hati tentang Allah SWT sebagai Tuhan yang wajib disembah. yaitu tidak begitu saja menerima seluruh jenis ilmu dan kebudayaan. 7 . tetapi bersamaan dengan islam yang selektif.

1-5) Artinya: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan. membandingkan. mengobservasi.” Kata iqra pada ayat tersebut menurut A. mengukur. menelaah. 5. Dengan demikian. dan berlangsung sepanjang hayat (long live education). Kebudayaan Islam. Kebudayaan Islam adalah didasarkan kepada ajaran Islam c. berarti menyaring kebudayaan yang tidak melenceng dari Islam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. Dalam Bidang Pendidikan Islam memandang bahwa pendidikan adalah hak bagi setiap orang (education for all). Kebudayaan Islam mengandung tiga unsur yang sangat prinsip sebagai berikut : a. Bacalah. Baiquni. menganalisis dan menyimpulkan secara induktif. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Kebudayaan Islam merupakan pencerminan dari ajaran Islam. laki-laki dan perempayn. Dalam bidang pendidikan Islam memiliki 8 . Al’alaq. Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. dan Tuhanmulah yang Maha pemurah. Kebudayaan Islam adalah ciptaan orang Islam b.Karakteristik ajaran Islam adalah ilmu pengetahuan dijelaskan oleh Allah SWT: (QS. Kebudayaan adalah penjelmaan (manifestasi) akal dan rasa manusia. Ini berarti bahwa manusialah yang menciptakan kebudayaan. berarti membaca dalam arti biasa. ilmu pengetahuan dan kebudayaan mengantarkan umat manusia hidup bahagia meningkatkan mutu dan peranan dalam kehidupan manusia untuk meraih berbagai kesempatan dan peluang. mendeskripsikan.

Kualitas dan ketinggian derajat seseorang ditentukan oleh ketakwaannya yang ditunjukkan oleh prestasi kerjanya yang bermanfaat bagi manusia. kebangsaannya. metode. saling menasihati. tentang hak dan kesabaran. warna kulit. egaliter (kesamaan derajat). Dalam Bidang Kehidupan Ekonomi Islam memandang bahwa kehidupan yang harus dilakukan manusia adalah hidup yang seimbang dan tidak terpisahkan antara urusan dunia dan akhirat. Urusan dunia dikejar dalam rangka mengejar kehidupan akhirat dan kehidupan akhirat dicapai dengan dunia. tenggang rasa. secara tidak langsung menolak kehidupan yang bercorak sekularistik. Dalam Bidang Sosial Karakteristik ajaran Islam di bidang sosial ini Islam menjunjung tinggi tolong menolong. sarana dan lain sebagainya. 7. yaitu kehidupan yang memisahkan antara urusan dunia dengan urusan agama. jenis kelamin dan lain sebagainya yang berbau rasialis. Pandangan Islam mengenai kehidupan demikian itu. 6. kurikulum. bahasa. dan kebersamaan. kesetiakawanan.rumusan yang jelas dalam bidang tujuan. Agama harus terlibat dalam mengatur kehidupan dunia. Ukuran ketinggian derajat manusia dalam pandangan Islam bukan ditentukan oleh nenek moyangnya. guru. 9 .

demokratis. Memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah sosial. adil. toleransi. makanan. 10 . mengutamakan pencegahan daripada penyembuhan dalam bidang kesehatan dengan cara memperhatikan kebersihan badan.BAB III PENUTUP Dari pembahasan materi ini dapat disimpulkan bahwa ajaran Islam memiliki ciri-ciri yang secara keseluruhan amal ideal. egaliter. terbuka. berharta. seimbang antara urusan dunia dan akhirat. Islam juga tampil sebagai sebuah disiplin ilmu keislaman dengan berbagai cabangnya. tempat tinggal. lingkungan dan sebagainya. kerja sama yang bermutu. kemasyaraatan. Islam agama yang mengajarkan perdamaian. kebersamaan. pakaian.

Studi Islam Kontemporer.net/karakteristik-ajaran-islam. Metode Studi Islam. Jakarta: PT.al-ikhwan. Abuddin. Nata. http://www. 2847 11 .id/karakteristik-ajaran-islam. M. Jakarta: Amzah.re.co. Yatimin. http://blog. 2006.DAFTAR PUSTAKA Abdullah. 1998. Raja Grafindo Persada.

12 i . berakhlak mulia dan bersikap positif lainnya. mencintai kebersihan. menghargai akal pikiran melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika ada kesalahan tutur kata dalam pembuatan makalah ini mohon dimaklumi karena tidak ada didunia ini yang sempurna selain Allah SWT. Makalah dengan judul “Karakteristik Ajaran Agama Islam” berisi tentang petunjuk-petunjuk agama mengenai berbagai kehidupan manusia. berorientasi pada kualitas. mengutamakan persaudaraan. bersikap terbuka. egaliter. Islam mengajarkan kehidupan yang dinamis dan progresif. tampak amat ideal dan agung. Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. bersikap seimbang dalam memenuhi kebutuhan material dan spiritual. anti-feodalistik. senantiasa mengembangkan kepedulian sosial. sebagaimana terdapat di dalam sumber ajarannya. kemitraan. menghargai waktu. demokratis. Al-Quran dan Hadist.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat-Nya yang sudah diberikan kepada kita semua sehingga dapat menyelesaikan makalah ini tanpa mengalami hambatan yang berarti.

............................................................ 8............................................................................................................................................................................................................ ii BAB I PENDAHULUAN .................. Dalam Bidang Ibadah ........................................... Dalam Bidang Aqidah .................. 10 DAFTAR PUSTAKA ...... Pengertian Karakteristik Ajaran Islam ......................... Dalam Bidang Kebudayaan ............. 1....................... Dalam Bidang Sosial .................... Karakteristik Ajaran Islam ................................................................................................. B................... Latar Belakang .................. 7............. 2................................. B..... A................................... A.. Dalam Bidang Agama ........... BAB II PEMBAHASAN ........................... Dalam Bidang Aqidah ....................................................................... 4................. 1 1 2 3 3 5 5 6 7 7 7 8 9 9 BAB III PENUTUP ........................................ 6............................................................................................................. 11 13 ii ............................. i DAFTAR ISI ...................... Dalam Bidang Pendidikan .. 5....................... Tujuan Pembuatan Makalah .......................... Dalam Bidang Ekonomi ...........................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ........ 3...............................................................................................