P. 1
PRAMUKA PENGGALANG

PRAMUKA PENGGALANG

|Views: 124|Likes:

More info:

Published by: Eiq Herrik Saputra'putra on Mar 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2013

pdf

text

original

Sejarah Pramuka Indonesia adalah salah satu wilayah yang urgent untuk diketahui oleh seluruh

pramuka yang ada di Indonesia, baik itu Pramuka Penggalang, Penegak, pandega, Pembinan bahkan pramuka siaga tentunya disajikan dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sebab Sejarah Pramuka Indonesia adalah Nyawa Pramuka itu sendiri seperti hal nya sejarah kelahiran bangsa Indonesia "Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Mengenal Sejarahnya.

Sejarah Pramuka Indonesia

Gerakan Pramuka lahir pada tahun 1961, jadi kalau akan menyimak latar belakang lahirnya Gerakan Pramuka, orang perlu mengkaji keadaan, kejadian dan peristiwa pada sekitar tahun 1960.

Dari ungkapan yang telah dipaparkan di depan kita lihat bahwa jumlah perkumpulan kepanduan di Indonesia waktu itu sangat banyak. Jumlah itu tidak sepandan dengan jumlah seluruh anggota perkumpulan itu.

Peraturan yang timbul pada masa perintisan ini adalah Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960, tanggal 3 Desember 1960 tentang rencana pembangunan Nasional Semesta Berencana. Dalam ketetapan ini dapat ditemukan Pasal 330. C. yang menyatakan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila. Seterusnya penertiban tentang kepanduan (Pasal 741) dan pendidikan kepanduan supaya diintensifkan dan menyetujui rencana Pemerintah untuk mendirikan Pramuka (Pasal 349 Ayat 30). Kemudian kepanduan supaya dibebaskan dari sisa-sisa Lord Baden Powell (Lampiran C Ayat 8).

Ketetapan itu memberi kewajiban agar Pemerintah melaksanakannya. Karena itulah Pesiden/Mandataris MPRS pada 9 Maret 1961 mengumpulkan tokoh-tokoh dan pemimpin gerakan kepanduan Indonesia, bertempat di Istana Negara. Hari Kamis malam itulah Presiden mengungkapkan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode dan aktivitas pendidikan harus diganti, seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut Pramuka. Presiden juga menunjuk panitia yang terdiri atas Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Menteri P dan K Prof. Prijono, Menteri Pertanian Dr.A. Azis Saleh dan Menteri Transmigrasi, Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa, Achmadi. Panitia ini tentulah perlu sesuatu pengesahan. Dan kemudian terbitlah Keputusan Presiden RI No.112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dengan susunan keanggotaan seperti yang disebut oleh Presiden pada tanggal 9 Maret 1961.

Ada perbedaan sebutan atau tugas panitia antara pidato Presiden dengan Keputusan Presiden itu.

keluarlah Keputusan Presiden RI Nomor 121 Tahun 1961 tanggal 11 April 1961 tentang Panitia Pembentukan Gerakan Pramuka. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI TUNAS GERAKAN PRAMUKA Diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961. diikuti defile Pramuka untuk diperkenalkan kepada masyarakat yang didahului dengan penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka. Prof. Kelahiran Gerakan Pramuka Gerakan Pramuka ditandai dengan serangkaian peristiwa yang saling berkaitan yaitu : Pidato Presiden/Mandataris MPRS dihadapan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia pada tanggal 9 Maret 1961 di Istana Negara. Dr.Masih dalam bulan April itu juga. Pelantikan Mapinas. Azis Saleh. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PERMULAAN TAHUN KERJA. Hari Kebangkitan Nasional. Gerakan Pramuka Diperkenalkan . Pernyataan para wakil organisasi kepanduan di Indonesia yang dengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka. petunjuk dan pegangan bagi para pengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugasnya. serta mengesahkan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang dijadikan pedoman. Tanggal 20 Mei adalah. A. Prijono. dan kesemuanya ini terjadi pada tanggal pada tanggal 14 Agustus 1961.I Nomor 238 Tahun 1961. tanggal 20 Mei 1961. tanggal 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka. dilakukan di Istana Olahraga Senayan pada tanggal 30 Juli 1961. Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara. tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. Anggota Panitia ini terdiri atas Sri Sultan (Hamengku Buwono IX). Panitia inilah yang kemudian mengolah Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. Achmadi dan Muljadi Djojo Martono (Menteri Sosial). sebagai Lampiran Keputusan Presiden R. namun bagi Gerakan Pramuka memiliki arti khusus dan merupakan tonggak sejarah untuk pendidikan di lingkungan ke tiga. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI IKRAR GERAKAN PRAMUKA. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PRAMUKA.

Soekarno. Badan Pimpinan Pusat ini secara simbolis disusun dengan mengambil angka keramat 17-8-’45. Menurut Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. Presiden RI dengan Wakil Ketua I. di Istana negara. Kwarnas dan Kwarnari. yaitu terdiri atas Mapinas beranggotakan 45 orang di antaranya duduk dalam Kwarnas 17 orang dan dalam Kwarnasri 8 orang.238 Tahun 1961 perlu ada pendukungnya yaitu pengurus dan anggotanya. Di Jakarta sekitar 10. tapi juga di tempat yang penting di Indonesia.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta. Oleh karena itu Keppres RI No. Aziz Saleh. Mapinas diketuai oleh Dr. Sebelum kegiatan pawai/defile. dan menyampaikan anugerah tanda penghargaan dan kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia (Keppres No. tanggal 14 Agustus 1961 jumlah anggota Mapinas menjadi 70 orang dengan rincian dari 70 anggota itu 17 orang di antaranya sebagai anggota Kwarnas dan 8 orang di antara anggota Kwarnas ini menjadi anggota Kwarnari. pimpinan perkumpulan ini dipegang oleh Majelis Pimpinan Nasional (MAPINAS) yang di dalamnya terdapat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kwartir Nasional Harian. Sementara itu dalam Kwarnas. Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjabat Ketua dan Brigjen TNI Dr.447 Tahun 1961. Sri Sultan Hamengku Buwono IX sesaat sebelum pawai/defile dimulai.A.Pidato Presiden pada tanggal 9 Maret 1961 juga menggariskan agar pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Gerakan Pramuka telah ada dan dikenal oleh masyarakat. Ir.448 Tahun 1961) yang diterimakan kepada Ketua Kwartir Nasional. Aziz Saleh sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Kwarnari. Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di Ibukota Jakarta. Namun demikian dalam realisasinya seperti tersebut dalam Keppres RI No. . Presiden melantik anggota Mapinas. Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Wakil Ketua II Brigjen TNI Dr.A.

Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan sebagai HARI PRAMUKA yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka. sampai berjumpa di Materi Pramuka Berikutnya. :D . Demikianlah Informasi tentang Sejarah Pramuka Indonesia..

pramuka. sehubungan dengan pertanyaan di situs Catatan Mahasiswa Gayo. Utara. pilot. Ada berapa arah Mata Angin ? Ada yang menjawab bahwa arah mata angin itu ada 4.bagian Kompas ? (Hanya diurai secara umum. Barat. kompas sangat erat dengan istilah itu. masih sempat bertemu dengan situs sederhana dengan rangkaian materi pramuka sederhana untuk sekedar mengingat kembali dari pengalaman pramuka sahabat-sahabat semuanya. Berbentuk garis dengan sudut 45 derajat untuk mempermudah menentukan arah mata angin lainya jika salah satu arah mata angin telah di ketahui . B. Timur Laut. itu semua benar. Jadi arah diantara Barat dan Barat Daya di sebut dengan arah BBD (Barat Barat Daya) Apakah itu Kompas ? Kalau sudah tau arah mata angin. pengembara dan lain sebagainya sesuai dengan fungsi kompas itu sendiri Apa saja bagian . Ada 3 arah mata angin yaitu : Primer. secara detail akan di urai kemudian) Dial. kompas adalah salah satu alat yang penting untuk kita persiapkan. S baru sebut arah mata angin skundernya misal barat daya. nahoda. Baik. Siapa yang menggunakan Kompas ? Banyak aktivis yang menggunakan kompas. Karena kompas adalah alat untuk menentukan atau mencari arah mata angin. Arah Mata Angin Primer yaitu 4 arah mata angin utama yang terdiri dari Timur. ada yang menjawab 8 bahkan 16 arah mata angin. maka di Situs Materi Pramuka ini akan kita jawab permasalahan dasar tentang Materi Pramuka Kompas. U.angka yang terdapat pada bidang kompas Visir. Selatan Arah Mata Angin Skunder yaitu telah ditambah 4 arah mata angin laiya. Barat Laut. petuaalang.KOMPAS Salam Pramuka. seperti Barat Daya. mulai dari tentara. Tenggara Arah Mata Angin Tersier yang sangat jarang di sebut adalah penambahan 8 arah mata angin lainya yakni Timur Timur Laut (TTL) cara membacanya : ambil 1 nama arah mata angin primer seperti T. Skunder dan Tersier. berupa benang halus dengan arah vertikal untuk membidik sasaran tembak Tutup Dial. adalah alat bidik yang merupakan indikator sasaran. adalah angka . Pernahkah sahabat pramuka semua menggunakan Kompas ? tentu pernah ya kalau kita sering pergi kegiatan mengembara.

Bagaimana mengetahui arah mata angin tanpa menggunakan Kompas ? Ada banyak cara sebenarnya. gunanya untuk pengait ketika kompas tidak di gunakan serta dapat pula dipakai meletakkan ibu jari saat membidik sasaran.Gantungan Kompas. namun kita posting dalam materi terpisah nantinya : Dengan menggunakan rasi bintang Bayangan Tongkat Gejala Alam dan Hukum Ilmu Pengetahunan (nantikan materi ini) Salam Pramuka 3 . untuk melihat secara detail angka pada dial Bagaimana cara menggunakan Kompas ? (Sederhana) Letakan kompas pada sebuah bidang datar atau juga boleh di pegang dalam keadaan statis oleh si pembidik Tentukan Objek sasaran tembak dengan visir. kemudian turunkan kaca pembesar untuk melihat secara detail angka yang tepat di garis visir Catat Hasil bidik yang di sebut dengan Check Poin Apakah rumus sasaran balik Kompas ? Rumus sasaran balik kompas. atau sering di sebut dengan istilah back azimuth diperuntukan untuk mengetahui hasil sasaran balik kompas (back reading) dari check point yang merupakan posisi si pembidik. dan untuk mencari posisi si pembidik tersebut dapat kita gunakan rumus : JIka lebih dari 180 derajat maka di kurangi dengan 180 derajat JIka kurang dari 180 derajat maka di tambah 180 derajat JIka pas 180 derajat maka di tambah atau di kuragi hasilnya akan sama yakni 0/360 derajat. Kaca Pembesar.

atau hadhara dapat menyebutnya dengan singkat Giat SGTD. Materi Pramuka kali ini sangat sederhana sekali. Berikut Beberapa Kegiatan Pramuka yang ada berdasarkan golongan keanggotaan. Pada tahap ini. Darmawisata Para Pramuka Siaga pergi ketempat-tempat tertentu sebagai ajang rekreasi dan menambah pengalamanya.Kegiatan Pramuka atau dalam bahasa lainya kita sebut kepramukaan pada materi Pengertian Pramuka. Kegiatan Pramuka Siaga Perkemahan Sehari (Persari) Kegiatan pramuka siaga ini mencakup kegiatan di luar lapangan (out door activity) yang lebih banyak bermain di alam bebas. penegak dan pandega akan kita ulas secara terpisah di postingan kali ini. karena sahabat-sahabat pramuka di seluruh Nusantara pasti secara umum telah mengetahuinya. penggalang. para siaga melakukan pawai serta menampilkan hasil karya kreativitasnya Kegiatan Lainya . khusus para pembina mungkin saja dapat memberikan masukkan sebagai penambahan relevansi yang lebih baik. sehingga postingan kali ini hanya berfungsi sebagai feedback (umpan balik) dari ilmu-ilmu pramuka yang telah diketahui. Karnaval Tidak berbeda dengan karnaval pada umumnya. kalau saya menyebutnya dengan P4 (Pergi Pagi Pulang Petang) untuk mengajarkan kepada para siaga nilai kekompakan dan mini edukasi dari para pembina (yanda dan bunda). Kepramukaan dan Gerakan Pramuka telah kita ulas secara umum di Materi Pramuka ini. model perkemahanya hanyalah sehari saja. setelah itu menceritakan apa saja yang telah di dapat dari hasil perjalanan yang di lalui. hal ini untuk melatih nilai responsive dan kepedulian para anggota pramuka terhadap sesama dan lingkungan serta melatih daya ingat yang dimiliki. Secara lebih jelasnya mengenai beberapa aktivitas kepramukaan tingkat siaga.

Kegiatan Lainya Sama halnya seperti pramuka siaga. Lomba tingakt di laksanakan mulai dari tingkat gugus depan (LT-I). Jambore diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka setempat. meskipun pada beberapa kegiatan terdapat perbedaan. Jambore Cabang di selenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kabupaten).Beberapa kegiatan Pramuka siaga yang lain misalnya permainan bersama. namun secara umum masih dapat dikatakan sama. pramuka penggalang juga masih ikut serta dalam kegiatan karnaval. Kegiatan Pramuka Penegak dan Kegiatan Pramuka Pandega Pramuka Penegak dan Pandega sudah memiliki nilai karakteritik kesamaan kegaitan. Misalnya Jambore Nasional di selenggarakan oleh Kwartir Nasional (se Indonesia) . Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) Kegiatan ini diperuntukan untuk Pimpinan Regu dan Wakil Pimpinan Regu untuk dilatih keterampilanya dalam memimpin anggota pramuka penggalang yang lainya. Daerah (LT-IV) dan Nasional (LT-V). pentas seni budaya. dan Jambore Ranting di selenggarakan oleh Kawrtir Ranting (Kecamatan). Kegiatan kepramukaan untuk golongan Pramuka Penegak dan Pandega ini meliputi : Raimuna . Jambore Daerah di selenggarakan oleh Kwartir Daerah (Se provinsi). berhak ikut serta ke tingkat tertinggi (LT-V). darmawisata dan lain sebagainya serta ikut dalam aneka ajang perkemahan. pameran siaga. Kegiatan Pramuka Penggalang Jambore Jambore merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perkemahan besarm atau sering disebut dengan pesta penggalang. Ranting (LT-II). pentas seni budaya pramuka dan lain-lain. Setiap regu penggalang terbaik pada setiap lomba tingkat. Cabang (LT-III). pasar siaga. Lomba Tingkat Lomta tingkat adalah pertemuan regu pengalang dalam bentuk lomba kegiatan kepramukaan (rally scout). wide games dan lain sebagainya.

Perkemahan Jum'at Saptu Minggu (Perjusami). dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat. Dianpinsat diselenggarakan oleh gugusdepan. adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Pemimpin Sangga. peta. kwartir ranting atau kwartir cabang. kompas dan survival. dan Wakil Pemimpin Sangga dan pengurus Dewan Ambalan / Racana. yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan. adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang diselenggarakan secara reguler untuk mengevaluasi hasil latihan di gugusdepan dalam satu periode.Raimuna. Raimuna Nasional. khusus untuk PW Nas. Perkemahan Bakti Perkemahan Bakti (Perti). diselenggarakan apabila dipandang perlu. perkemahan hari libur. Kwartir daerah dan Kwartir Nasional dapat menyelenggarakan Dianpinsat bila dipandang perlu. adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega bagi Pemimpin Sangga Utama. Raimuna Cabang. Perkemahan Perkemahan. Pengembaraan Pengembaraan. seperti Raimuna Ranting. dan sejenisnya. Raimuna Daerah. Gladian Pimpinan Satuan Gladian Pimpinan Satuan. PW diselenggarakan oleh semua jajaran kwartir secara reguler. baik di gugusdepan maupun di Satuan karya Pramuka (Saka) dalam bentuk bakti kepada masyarakat. . Perkemahan Wirakarya (PW) Perkemahan Wirakarya (PW) adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar. adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk penjelajahan. dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan dan pengalamannya selama mengadakan pembinaan. adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar. seperti Perkemahan Saptu Minggu (Persami).

Seminar. adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan bagi generasi muda agar dapat ikut serta dalam mengelola kwartir dan diharapkan di kemudian hari mampu menduduki posisi pimpinan dalam Gerakan Pramuka. Penataran Penataran. adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai manajemen Dewan Kerja. sebagai bahan masukan bagi perkembangan Gerakan Pramuka. kelompok maupun organisasi untuk mensukseskan pelaksanaan upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia. adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengkaji suatu permasalahan dan merumuskan hasil kajian serta memecahkan masalah secara bersama. Latihan Pengelola Dewan Kerja (LPDK) Latihan Pengelola Dewan Kerja. Sidang Paripurna (Sidpar) Sidang Paripurna. adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pengembangan potensi Pramuka. Kurus Instruktur Muda Kursus Instruktur Muda. dan Lokakarya. Pengentasan Kemiskinan dan Penanggulangan Bencana. baik sebagai Pribadi. sehingga para anggota Dewan Kerja dapat mengelola dewan kerjanya secara efektif dan efisien.Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Latihan Pengembangan Kepemimpinan. Musppnaitera . adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun program kerja bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam satu tahun program. dan akan dijadikan bahan dalam Rapat Kerja Kwartir.

Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (Musppanitera). Permainan Pramuka Part 1 ini adalah "Rebut dan Rampas" Lebih jelasnya akan kita deskripsikan sebagai berikut : Nama Permainan Wallpaper Pramuka Sumber Up The Movies Rebut dan Rampas Tujuan Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan Peralatan Tongkat Mini Jumlah Pemain Bebas Waktu 10 menit . adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir/dewan kerja dan akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya. Demikianla beberapa diantara kegiatan kepramukaan yang ada di Indonesia. semoga mudah di pahami dan sampai jumpa pada materi pramuka selanjutnya.

perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. maka ia dikeluarkan. jaraknya dapat semakin jauh. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu. Bila ingin permainan lebil lama. Semakin ahli. Tiap anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di lantai. Di dalam pramuka penggalang sendiri Tanda Kecakapan Umum sebagai tingkatan kemarhiran dan jenjang yang dapat di peroleh oleh anggota pramuka yang bersangkutan setelah dinyatakan cakap dan layak berdasarkan hasil uji Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penggalang. Tingkatan dalam pramuka penggalang itu yakni : Penggalang Ramu Penggalang Rakit Penggalang Terap Penggalang Garuda Lambang Tanda Kecapakan Umum Pramuka Penggalang . Bila tongkat itu sudah keburu jatuh. maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan. yang mana jika disamakan dengan standar pendidikan setara dengan siswa SMP/MTs sederajat.Cara Bermain Semua anak membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat bervariasi. Penggalang adalah tingkatan di dalam Gerakan Pramuka setelah siaga atau pramuka yang berumur antara 11 sampai 15 tahun. Bila ada perintah “ya” tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan cepat-cepat menangkap tongkat teman di sebelah kanannya.

2 orang bahkan untuk tenda beregu. misalnya mengatahui cara mendirikan tenda dengan baik dan benar untuk bermacam tipe tenda yang ada serta kapasitas tenda yang ada. Di dalam aktivitas camping sendiri.Camping sudah sangat tidak asing lagi bagi seorang Pramuka yang mana sudah merupakan suatu keharusan dan keasyikan yang mengandung pendidikan serta penempaan karakter dan mental sebagai panji yang membangun Negeri menjadi Lebih Baik. Ada beberapa Jenis Tenda Untuk Berkemah Bivak Bivak atau lebih sering dikenal dengan nama Tenda Darurat atau Tenda Sederhana sering dipakai pada saat perkemahan di alam bebas atau kegiatan praktek bertahan hidup di alam bebas (survival). atau boleh juga di buat dengan reranting pohon dan lain sebagainya dengan cara yang sederhana serta menjadikan tenda camping ini tempat berlindung sementara/harian. ukuran tenda ini juga beragam mulai dari tenda perorangan. tenda camping adalah pengetahuan mutlak sebagai pengetahuan dasar bagi setiap pramuka. Tenda Dome dapat di didirkan cukup oleh 1 orang saja pada dasarnya. bahan yang digunakan lazimnya adalah ponco (jas hujan) yang biasa kita pakai pada saat berkendaraan roda 2 di kala hujan. tenda camping berikut ini berbentuk seperti lingkaran dan unik dengan berbahankan Parachut Nylon dan Fiber Frame sebagai tiang penyangga dan dilengkapi dengan cyber tent atau lapisan luar yang tentunya tahan air. Tenda Dome Sesuai dengan namanya. .

silahkan pilih mulai dari tingkat praktis. hingga ada yang menyebutnya dengan nama tenda pleton. daya tahan serta tingkat ekonomi harganya. Gerakan Pramuka sebagai sebuah Organisasi yang diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1961 memiliki struktur yang sangat baik dalam menjalankan fungsinya sebagai organisasi Negara. Tenda Pramuka ini juga ada dalam ukuran besar bahkan 1 pleton.Tenda Pramuka/Tenda Pleton Disebut tenda Pramuka. karena tenda camping yang satu ini sering dipakai untuk berkemah oleh anggota pramuka. Namun dilain sisi. manfaat. Kini kita kembali ulas tentang Struktur Organisasi Gerakan Pramuka Indonesia. Berikut ini adalah struktur Organisasi Gerakan Pramuka. tenda ini memiliki kekuatan yang baik dan cukup untuk menampung personil dalam ukuran regu. Demikianlah beberapa tenda camping yang memang banyak dipakai untuk perkemahan pramuka. artinya akan sangat sulit jika dikerjakan oleh 1 orang. Setelah sebelumnya kita ulas tentang Pengertian Pramuka. Keterangan Singkat : . bentuknya standar namun lebih sulit dalam mendirikanya. Kepramukaan dan Gerakan Pramuka dan sudah mampu membedakan antara ketiga istilah tersebut.

Kepala Desa. .Presiden Indonesia berperan sebagai pramuka utama selama masa jabatanya Mabinas (Majelis Pembimbing Nasional) Mabida (Majelis Pembimbing Daerah) Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang) Mabiran (Majelis Pembimbing Ranting) Mabisa (Majelis Pembimbing Saka) Mabigus (Majelis Pembimbing Gugus Depan) Kwarnas (Kwartir Nasional) Kwarda (Kwartir Daerah) Kwarcab (Kwartir Cabang) Kwaran (Kwartir Ranting) Munas (Musyawarah Nasional) Musda (Musyawarah Daerah) Mucab (Musyawarah Cabang) Musran (Musyawarah Ranting) Mugus (Musyawarah Gugus Depan) Selanjutnya Dalam hal ini : Yang disebut Ketua Majelis Pembimbing Nasional adalah Pejabat Pemerintahan tingkat Nasional yakni Presiden dan Wakil Presiden Yang disebut Ketua Majelis Pembimbing Daerah adalah Pejabat Pemerintahan tingkat Provinsi yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Yang disebut Ketua Majelis Pembimbing Cabang adalah Pejabat Pemerintahan tingkat Kabupaten yakni Bupati dan Wakil Bupati Yang disebut Ketua Majelis Pembimbing Ranting adalah Pejabat Pemerintahan tingkat Kecamatan yakni Camat dan Wakil Wakil Camat Yang disebut Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan adalah Kepala Sekolah. Dosen atau perangkat yang memimpin Gugus Depan sebagai pangkalan Pramuka Pertama Pramuka.

Catatan : Semua Ketua Majelis disingkat dengan nama Kama. Selanjutnya Pada Jenjang Kwartir. Susunan kepengurusan Pramuka saat ini adalah : Kamabida : Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Terpilih Kakwarda Aceh : Muhammad Nazar. Hanya saja kwartir bersifat tetap selama masa periode Musyarawah yang ada. Kamabida. Syukur Kobath Sebenarnya masih ada susunan di bawah Kwartir yakni Dewan Kerja yang berwenang dalam menjalankan kegiatan operasional pramuka penegak dan pandega di wilayah kerja kwartirnya (akan dijelaskan pada sesi khusus DK) Demikianlah tentang Struktur Organisasi Gerakan Pramuka Indonesia. Kamabicab. Jadi akan ada Kamabinas. Untuk itu jika ada pertanyaan kami sudah siapkan kotak komentar. S. sama tingkatan pada Majelis Pembimbing. sedikit rumit untuk dibahas namun begitu mudah untuk di memahaminya. sedangkan pada jajaran Majelis Pembimbing Lebih berorientasi pada jabatan ke Pemerintahan : Di Kwartir Daerah Aceh Sendiri.Ag Kamabicab Aceh Tengah : Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah terpilih Kakwarcab : Ir. . Kamabiran. Kamabigus.

Tentang Arti dari pada Dasa Dharma akan di bahas pada posting selanjutnya :D Salam Pramuka . Bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Patriot yang sopan dan kesatria. cermat dan bersahaja. berani dan setia. 2. Disiplin. Pramuka 1. Patuh dan suka bermusyawarah. Rela menolong dan tabah. 7. 6. semoga bermanfaat. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan. 4. 5. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. trampil dan gembira. Rajin. Dasa Dharma adalah sepuluh Kebajikan yang menjadi pedoman bagi Pramuka dalam bertingkah laku sehari-hari. Hemat. 10. Demikianlah Dasa Darma Pramuka Indonesia yang menjadi landasan pedoman Gerakan Pramuka.Dasa Dharma Pramuka dapat diartikan "Dasa" yang artinya Sepuluh dan "Dharma" yang artinya Perbuatan baik (kebajikan). 9. 8. 3. Penegak dan Pandega serta Pembina Tersebut adalah : Dasa Dharma Pramuka. Kesepuluh Dasa Dharma Pramuka untuk Golongan Keanggotaan Penggalang.

yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam mesy dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga. Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. yang makna terdapat Arti Kiasan tersendiri : Yakni. Lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya. Lambang Gerakan Pramuka Lambang tersebut diciptakan oleh Bapak Soenaryo Admodipuro. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat. yakni yang mulia dan jujur. dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu. seorang pembina Pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian dan kemudian digunakan sejak 16 Agustus 1961. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik. kuat. Buah Nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. . Bentuk dan Arti Kiasan Lambang Gerakan Pramuka adalah Tunas Kelapa. dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia. Tunas Kelapa. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus. dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama.Arti Lambang Tunas Kelapa Gerakan Pramuka Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita-cita setiap anggota Gerakan Pramuka.Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Nyiur dapat tumbuh dimana saja. yang menurunkan generasi baru. Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. benar. dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air. bangsa dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia. . Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. 06/KN/72 tahun 1972. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna.

papan nama kwartir dan satuan. Penggunaan tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk mengingatkan dan meningkatkan kegiatan gerakan pramuka sesuai dengan kiasan yang ada pada lambang gerakan pramuka tersebut. tanda pengenal administrasi gerakan pramuka. . bendera.Penggunaan Lambang Gerakan Pramuka Lambang Gerakan pramuka dapat digunakan pada panji.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->