P. 1
Makalah India

Makalah India

5.0

|Views: 36|Likes:
Published by Roy Oyie
India new giant of asia
India new giant of asia

More info:

Published by: Roy Oyie on Mar 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/26/2013

pdf

text

original

MAKALAH INDIA: THE NEW GIANT OF ASIA

Disusun oleh: 1. Diah Anggraeni H. P. (09430021) 2. Diana Ratnasari (09430024) 3. Kartika Giri W. (09430017)

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA 2012
1

PENDAHULUAN A. Latar Belakang masalah India merupakan sebuah negara yang memiliki penduduk terpadat kedua setelah China, dan isu kemiskinan serta kesenjangan gender kerap mewarnai kehidupan domestik di India. Namun dibalik semua itu India memiliki sejarah yang cukup panjang dan merupakan wilayah yang memiliki peradaban tinggi. India merupakan salah satu negara yang merupakan tempat sejarah dimana peradaban kuno telah ada sejak tahun sebelum masehi. India adalah sebuah negara di Asia yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu milyar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis dengan luas wilayah 3.287.590 km². Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. India terkenal memiliki budaya yang sangat kental dan hal ini merupakan salah satu daya tarik India di dunia Internasional. Namun, selain itu ada juga beberapa masalah yang menjadi isu utama baik di dalam negeri maupun internasional. Masalah tersebut antara lain mengenai kemiskinan, kelaparan, lingkungan yang kumuh, mempekerjakan anak dibawah umur, dan isu gender. Hal-hal tersebut menjadi permasalahan di India, yang salah satunya dipengaruhi faktor populasi yang sangat banyak, populasi India diperkirakan sekitar 1.13 milyar jiwa, yang merupakan 1/6 dari penduduk dunia, namun lapangan pekerjaan tidak memenuhi. Setelah merdeka India terkungkung dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, rakyat hidup dalam kemiskinan dan kelaparan. Hal ini terutama sering dijumpai di daerah pedesaan yang bukan merupakan pusat kota. Namun saat ini kondisi tersebut rupanya perlahan namun pasti bisa diperbaiki dengan tumbuhnya perekonomian India yang menjadi terbesar ke-2 di dunia. Hanya dalam kurun waktu dua dasawarsa India telah melaju untuk memperbaiki kondisi negaranya menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di kancah internasional, setelah sebelumnya tidak terlalu diperhatikan. Kondisi ini tentunya tidak datang begitu saja, dan pemerintah pastinya melakukan segenap kemampuan untuk membawa India sampai ke titik ini. Pada makalah ini akan dibahas proses India menjadi The New Giant of Asia, yaitu salah satu negara yang menjadi raksasa baru di Asia, dan di dunia nantinya.

2

yang kemudian berhasil dikalahkan oleh raja Ashoka. Sekelumit Sejarah India. India juga mengalami masa kejayaan pada jaman pemerintahan raja-raja Mughal. Di India telah dibagi menjadi 4 masa. Namun pemberontakan yang dilakukan masih bisa dihentikan oleh 1 Anonim.PEMBAHASAN A. Setelah itu ajaran Islam meluas yang pada akhirnya pada abad ke-13 berdirilah Kesultanan Delhi yang kemudian dikenal dengan Era Mughal. Negara Barat yang kemudian berhasil menguasai India adalah Inggris. Kondisi Domestik India India merupakan salah satu dari wilayah yang telah memiliki peradaban sejak 2500 SM. dan pada masa itulah agama Budha disebarkan ke berbagai penjuru Asia. Pada saat itu Inggris masih tetap mengijinkan berdirinya kerajaan-kerajaan kecil di India. Pertengahan. dimana didirikan English East India Company. Dan sejak saat itu gerakan kemerdekaan di India yang dipimpin oleh raja-raja di India. Jaman permulaan dimulai ketika peradaban di lembah sungai Indus. Penjajahan Inggris dimulai sekitar tahun 1600. Ashoka merupakan pemeluk agama Budha. http://elllle. pada jaman ini juga mulai muncul kerajaan-kerajaan di India yang memeluk agama Hindu dan Budha. Raja yang terkenal dari Mughal adalah Akbar. setelah sebelumnya ada beberapa negara yang ingin menguasai India yaitu Portugis. hal inilah yang menyebabkan negara Barat bisa menguasai India dengan mudah. India terpecah kembali menjadi kerajaan-kerajaan kecil dan saling berperang. Yaitu Jaman Permulaan. Pada masa itu pula India pernah diserang oleh Raja Iskandar yang Agung. Kemudian pada abad ke-19 di India mulai muncul rasa kebangsaan dan berniat untuk lepas dari penjajahan Inggris. Penjajahan dan Kemerdekaan. Pada masa ini terjadi penyatuan kebudayaan antara Islam dan Hindu. kemudian penghuni lembah tersebut didatangi oleh bangsa Arya dan diusir dari lemah tersebut. Sebenarnya kedatangan Inggris ini bertujuan untuk perdagangan. India setelah jaman Pertengahan memasuki masa penjajahan. 2007. Namun kemudian hal tersebut berkembang menjadi keinginan untuk menguasai India secara keseluruhan dan mencapai puncak pada tahun 1756 ketika Inggris berhasil mengalahkan raja-raja India pada pertempuran Buxar. Belanda dan Perancis. Namun pemerintahan Islam mulai kemunduran sejak tahun 1707 setelah meninggalnya raja Aurangzeb.multiply.1 Setelah jaman Permulaan pada abad ke-8 pedagang-pedagang dari Asia Barat yang datang ke India menyebarkan agama Islam.com/journal/item/2?&show_interstitial=1&u= %2Fjournal%2Fitem 3 .

Pada tahun 1905 didirika Liga Muslim India untuk menjamin hak-hak orang muslim di India. dan ini adalah cikal bakal berdirinya negara Pakistan. Bangladesh. Tapi meskipun begitu kehidupan politik di India adalah demokrasi.2 Setelah meraih kemerdekaan pada 15 Agustus 1947 India menerapkan sistem ekonomi tertutup dan hal ini menjadikan kondisi di dalam negeri terutama perekonomian mengalami stagnasi. Hal ini tentu saja bisa menjadi penghambat untuk terus bertumbuhnya ekonomi di India. Setelah peperangan berdarah itu akhirnya pasukan Pakistan berhasil dikalahkan dan berdirilah negara Bangladesh. http://www. Dan pada akhirnya dibentuk Constituent Assembly. Moh Alli Jinnah.Inggris. sedangkan jabatan Kepala Pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri. Akhirnya pada tanggal 15 Agustus 1947. Kemudian pada tahun 1935 Inggris mengumumkan “The Government of India Act” yang merupakan Undang-Undang Dasar untuk pemilihan dewan-dewan perwakilan di negara-negara bagian.com/doc/24840525/KemerdekaanBangladesh. Kemudian pada tahun 1971 perang kembali meletus antara India dan Pakistan. Dan mencapai puncaknya ketika dibentuk Kongres Nasional India pada tahun 1885. 4 .scribd. 2 Kristianto. Inggris memberikan kemerdekaan kepada India dan Pakistan. Jadi setiap kebijakan strategis yang akan diambil oleh pemerintah harus melalui proses panjang di Parlemen. Banyak kedudukan dalam dewan-dewan tersebut dimenangkan oleh National Congress dan Muslim League. dkk. Setelah kemerdekaan India dan Pakistan hubungan kedua negara ini masih tidak bisa harmonis. Hal ini disebabkan karena India membantu perjuangan rakyat Pakistan Timur (Bangladesh) yang ingin merdeka dari Pakistan akibat tidak diperdulikan oleh pemerintah Pakistan. namun pihak Muslim League tidak ikut serta di dalamnya dan menuntut untuk dibentuk negara baru. Pihak oposisi yang menentang kebijakan pemerintah dan memang berhaluan sosialis menentang liberalisasi yang sedang berjalan di India. Sistem pemerintahan India adalah Republik Parlementer. Presiden hanya sebagai Kepala Negara. Perjuangan kemerdekaan India terus digencarkan sejak tahun 1900an. Pada akhir Perang Dunia II tuntutan kemerdekaan di India semakin banyak. Jawaharlal Nehru. Pada tahun 1940 pertama kalinya Muslim League menuntut satu negara khusus untuk orangorang Islam. Para pemimpin pergerakan tersebut antara lain Mahatma Gandhi.

Majelis tinggi disebut Rajya Sabha (majelis Negara bagian) dengan anggota 250 orang.html 5 . pedagang. Majelis rendah disebut Lok Sabha (majelis rakyat) beranggotakan 545 orang.India menganut demokrasi parlementer dua kamar dengan sistem politik multipartai yang kuat. Namun sekarang pemerintah India telah menentukan diri sebagai negara yang demokratis. Baik di kota maupun desa memang masih ada beberapa yang melakukan diskriminasi terhadap kasta rendah. antara lain adalah:3 3 http://www. Ada beberapa kondisi domestik India yang bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan negara tersebut. sistem kasta tidak lagi berpengaruh namun masih dianut oleh orang-orang yang berpendidikan rendah. Tindakan pendiskriminasian terhadap kasta tertentu adalah melanggar hukum. sehingga masih sering terjadi bentrokan sehubungan dengan ketegangan antarkasta. sosialis dan sekuler. Sistem Kasta telah banyak menimbulkan permasalahan bagi pembangunan India. Dan keempat adalah kasta Sudra yang dianalogikan sebagai para petani dan buruh. dan pemilik Bank.mapsofindia. India dibagi dalam 28 negara bagian (yang kemudian dibagi kepada distrik). Dahulu perbedaan kasta ini sangatlah mencolok. Namun. Parlemen India (atau Sansad) adakah badan legislatif tertinggi India. Namun masyarakat di pedesaaan sampai saat ini masih ada beberapa yang memandang urutan kasta. Ketiga Waisha yang terdiri dari para seniman. Diskriminasi Positif (Positive Discrimination / Affirmative Action) adalah kebijakan / program pemerintah yang bertujuan untuk mengkoreksi praktek diskriminasi dimasa lalu dan sekarang melalui tindakan-tindakan aktif untuk menjamin persamaan hak untuk memperoleh kesempatan di dalam pekerjaan dan pendidikan. mereka cenderung tidak begitu mempedulikan masalah kasta. Di India terdapat sistem kasta yang menentukan kedudukan seseorang dalam masyarakat. Masyarakat di perkotaan lebih fleksibel dalam mengatur tentang sistem kasta mereka. Kedua adalah kasta Ksatria yang terdiri dari prajurit pegawai negeri. Dan bersamaan dengan ini pemerintah India telah menerapkan Diskriminasi Positif terhadap kaum tertindas di India.com/india-economy. Posisi kasta pertama (tertinggi) ditempati oleh Kasta Brahmana yang terdiri dari para pendeta sebagai penentu terhadap apa yang benar dan apa yang salah dalam hal keagamaan dan kasta. pada sat sekarang ini. enam Wilayah Persatuan (Union Territory) dan Wilayah Ibu Kota Nasional (National Capital Territory) Delhi.

Populasi yang amat sangat besar. 3. 3. salah satu hal yang penting adalah menghapuskan diskriminasi Asia dan kolonialisme dari dunia. tapi rupanya keadaan di desa masih sangat memprihatinkan. India menganggap kolonialisme sebagai salah satu rintangan utama dalam jalur pembangunan sebuah bangsa. B. Ledakan populasi yang tak terkontrol akan mengakibatkan efek negatif bagi India 2.1. 6 . meskipun telah ada peningkatan dari waktu ke waktu. meskipun industri yang terus berkembang di dalam negeri telah dapat menyerap ribuan tenaga kerja di India. kondisi domestik India tampaknya masih belum bisa dikatakan mengalami perbaikan yang signifikan. Masih ada banyak rakyat India sampai saat ini belum memiliki pekerjaan. 4. Jadi meskipun India telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Prinsip utama tersebut adalah sebagai berikut: 1. India telah mengambil peran utama dalam hal ini. Pengangguran. Oleh karena itu. Kehidupan di kota terlihat begitu mewah dengan fasilitas infrastruktur yang sangat baik. India berpendapat bahwa konflik antara bangsa-bangsa dapat diselesaikan melalui perundingan damai. Kebijakan Luar Negeri Prinsip dasar dari Kebijakan asing India dicetuskan pada saat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan India. 2. Inisiatif ini dimulai pada tahun 1986. Di India masih banyak rakyat terutama yang tinggal di pedesaan yang masih mengalami kemiskinan. 4. Kesenjangan antara desa dan kota. Pandangan non-partisan terhadap kekuatan dunia dengan penekanan pada non-blok. Kemiskinan. Toleransi untuk menjaga hubungan baik dengan tetangga serta semua negara-negara di dunia. Meskipun dari data yang ada kemiskinan sudah mengalami penurunan. Keyakinan yang kuat untuk non-interfensi dengan kedaulatan semua bangsa. dan bahkan masuk dalam The Four Great Power in The World. untuk mengejar motif dalam membasmi kejahatan kolonialisme dari arena global.

Tujuan dari organisasi ini. perjuangan menentang segala bentuk dan manifestasi imperialism. kedaulatan dan integritas nasional negara-negara anggota. pada tahun 1955. seperti yang tercantum dalam Deklarasi Havana tahun 1979. Dalam pidato itu. Sri Lanka. Prinsip ini kemudian digunakan sebagai basis dari Gerakan Non-Blok. penolakan terhadap penggunaan atau ancaman kekuatan dalam hubungan internasional. Indonesia. Penolakan terhadap agresi militer. rasisme. pembangunan ekonomi-sosial dan restrukturisasi sistem perekonomian internasional. serta kerjasama internasional berdasarkan persamaan hak. Bagian penting dari Kebijakan Luar Negeri India: → Menempati Gerakan Non-Blok (NAM/Non-Aligned Movement) Perdana Menteri India yang pertama. adalah salah satu pendukung utama gerakan ini (pemrakarsa berdirinya GNB dengan 4 perwakilan negara lainnya) yang memperkenalkan nama GNB dalam pidatonya tahun 1954 di Colombo. pendudukan dan dominasi asing. tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain dan hidup berdampingan secara damai. perjuangan menentang kolonialisme. Persamaan dan keadaan yang saling menguntungkan. Tidak mencampuri urusan internal masing-masing negara. negara-negara yang tidak berpihak pada blok tertentu mendeklarasikan keinginan mereka untuk tidak terlibat dalam konfrontasi ideologi Barat-Timur. tujuan utama GNB semula difokuskan pada upaya dukungan bagi hak menentukan nasib sendiri. Tujuan penting lainnya adalah penentangan terhadap apartheid. perlucutan senjata.dan Perdamaian. Sejak 7 . Nehru menjelaskan lima pilar yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk membentuk relasi India yang disebut dengan Panchsheel (lima pengendali). Di sana. neo-kolonialisme. kemerdekaan nasional. tidak memihak pada pakta militer multilateral. Jawaharlal Nehru. GNB adalah suatu organisasi internasional yang terdiri dari lebih dari 100 negara-negara yang tidak menganggap dirinya beraliansi dengan atau terhadap blok kekuatan besar apapun. yaitu • • • • • Penghormatan terhadap integritas teritorial dan kedaulatan masing-masing negara. Gerakan NonBlok sendiri bermula dari sebuah Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika sebuah konferensi yang diadakan di Bandung.A.

pertengahan 1970-an. Pada perekonomian dunia saat ini. terutama Blok Timur. dan India sedang mencoba untuk membuat dirinya relevan dengan negara-negara regional. Kedua negara ini dicap sebagai dua negara industri baru 8 . → Kerjasama India dengan China Kekuasaan China yang sedang tumbuh dan memperbesar kekuatan. sementara negara-negara besar melihat India sebagai mesin penarik bagi pertumbuhan regional. Ini adalah masa kekacauan besar di dalam strategis Asia. India telah berperan banyak dalam GNB ini yaitu menjadi tuan rumah dalam KTT GNB VII di New Delhi India tanggal 7-12 Maret 1983 yang menghasilkan “The New Delhi Message” berisi dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina dan Namibia. Beijing telah mulai mendikte batas perilaku yang dapat diterima bagi negara-negara tetangganya. dengan meletakkan biaya-biaya besar bagi kekuasaan politik besar. Negara-negara kecil di wilayah ini sekarang mencari ke India untuk bertindak sebagai penyeimbang dalam pandangannya terhadap pertumbuhan pengaruh China dan mengantisipasi pengurangan Amerika dari daerah ini dalam waktu dekat. China terlalu besar dan kuat untuk diabaikan oleh negara-negara regional. Peran India menjadi sedemikian penting dalam penyeimbangan kekuasaan seperti ini. Gerakan ini kemudian terpecah sepenuhnya pada masa invasi Soviet terhadap Afghanistan tahun 1979. kini telah membuahkan hasil khususnya di India yaitu pertumbuhan ekonomi dan politik India. dalam upayanya untuk menyeimbangkan daerah yang berhadap-hadapan dengan para tetangga. serta usaha memecahkan krisis ekonomi dunia dengan membentuk “ Tatanan Ekonomi Dunia Baru”. Namun negara-negara di sekitar China sekarang berusaha untuk memperluas ruang strategis mereka dengan menjangkau kekuatan regional dan global lainnya. Dengan kebangkitan politik dan ekonomi. isu-isu ekonomi mulai menjadi perhatian utama negara-negara anggota GNB. China dan India telah memiliki peran sentral dalam memberikan pengaruh yang besar. dimana India adalah obyek yang baik untuk China yang ingin mencari keseimbangan strategi di daerah yang ditransformasikan oleh kenaikan pesat China. Gerakan ini sempat kehilangan kredibilitasnya pada akhir tahun1960-an ketika anggotaanggotanya mulai terpecah dan bergabung bersama Blok lain.

besarnya pangsa pasar konsumen dan cukup memenuhinya bahan baku industri membuat kedua negara ini menjadi tujuan favorit para investor. Sektor tersebut ialah sektor industri logam. Persetujuan nuklir India – AS (dinamakan juga Indo-US nuclear deal) adalah kesepakatan bilateral mengenai penggunaan nuklir untuk tujuan damai antara pemerintah AS dan pemerintahan India. mendapatkan kemampuan pengembangan senjata demi kepentingan nasional India (alasan pertahanan) dan juga mengembangkan nuklir untuk mencukupi kebutuhan negerinya. China dan India kini bahkan menjelma sebagai pengekspor logam berat maupun ringan bagi negara-negara di dunia. Kebutuhan energi India meningkat tajam seiring pertumbuhan perekonomiannya yang sangat menakjubkan. halangan itu bukan saja datang dari keterbatasan pasokan uranium lokal yang semakin menipis namun juga datang dari keterbatasan teknologi nuklir India yang kurang efisien dan masih memiliki standard keamanan yang memprihatinkan. Sayangnya. NSG) yang bukan saja mampu memberikan dukungan teknis namun diharapkan mampu membantu mengatasi masalah keterbatasan pasokan uranium lewat mekanisme perdagangan internasional. Selain itu. India sendiri memiliki tujuan jangka panjang untuk mengembangkan lebih banyak reaktor nuklir dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas teknologi pembangkit nuklirnya demi memenuhi target pada tahun 2020.yang memiliki kemiripan satu sama lain. memiliki SDM yang berlimpah. Namun India mengalami banyak sekali halangan dalam pengembangan teknologi nuklirnya. Dalam kesepakatan tersebut India diminta memisahkan fasilitas 9 . menghasilkan 20. kedua negara ini juga memiliki sektor industri yang sedang mengalami perkembangan pesat. status India sebagai negara yang tidak menandatangani NPT menghalangi bantuan tersebut untuk datang.000 MW demi mencapai 10% kontribusi energi nasionalnya. Polemik permasalahan inilah yang kemudian menyudutkan India yang tetap bersikeras berupaya mengembangkan teknologi nuklirnya dengan segala keterbatasan yang ia miliki. Kesulitan ini sebetulnya dapat diseleseikan andai saja India mendapatkan dukungan dan bantuan dari negara-negara penyuplai nuklir (Nuclear Supplier Group. 6-7% per tahun dimana sekarang India bersam Jerman sama-sama merupakan negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia. → Kerjasama India dengan Amerika India mengembangkan nuklirnya untuk dua tujuan. Besarnya capital inflow. karena hanya negara penandatangan NPT-lah yang diperbolehkan mendapatkan bantuan untuk mengembangkan teknologi nuklir sipil.

SAARC (South Asia Association For Regional Communication) merupakan organisasi yang anggotanya lebih ke intern wilayah Asia Selatan sedangkan Bimstek (Bay of 10 . India saat ini telah muncul sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi terpesat kedua di dunia yang hanya bisa disaingi oleh China. Hampir semua indikator perekonomian makronya mengalami pertumbuhan positif yang pesat dengan angka pertumbuhan yang cukup tinggi (bahkan pernah mencapai angka 9. Dengan adanya FDI membuat India diharapkan akan menjadi raksasa ekonomi Asia yang akan mengungguli ekonomi di China. pada perkembangannya tidak hanya kuat dalam lingkungan domestiknya namun juga kuat di dunia internasional. negara besar. Ditengah badai krisis ekonomi 2008-2009 India merupakan salah satu dari sedikit negara yang berhasil bertahan menghadapi krisis dan mempertahankan tingkat pertumbuhan di atas 6 persen. Interaksi Regional • Organisasi Regional India. perdagangan bahan bakar uranium maupun technical support India dalam liberalisasi perdagangan ( FDI) Ekonomi India saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan tengah mengalami saat terbaik dalam sejarahnya. Unggul dalam lingkungan internasional membuktikan bahwa mereka juga diakui eksistensinya di ranah regional. baik dalam hal transfer teknologi. Sebagai gantinya AS harus mau bekerjasama dengan India dalam sektor penggunaan nuklir untuk tujuan sipil. Organisasi regional membuktikan bahwa keberadaan India yang dominan turut memberikan sumbangsih terhadap perkembangan kawasan Asia Selatan dewasa ini. dan semakin derasnya arus masuk Foreign Direct Investment.nuklir sipil dan militernya dan bersedia untuk senantiasa diperiksa dan diawasi oleh badan pengawas energi atom internasional (International Atomic Energy Agency. semakin besarnya simpanan devisa. baik dalam segi geografis maupun demografis. IAEA). Di wilayah Asia Selatan sendiri terdapat 2 organisasi regional yaitu SAARC dan Bimstek. pasar kapital yang mengalami booming.6 persen pada tahun fiskal 2006-2007). Suara India sering kali di dengarkan negara-negara barat dan menjadi pertimbangan penting bagi mereka. C. Hampir semua negara berhubungan diplomatik dengan India dan ini membuat India menjadi negara yang semakin kuat dan besar.

Lalu pada 1985 mereka merumuskan 5 bidang kesepakatan dalam SAARC dan bidang-bidang yang lain akan dibahas setelahnya.5 Bidang-bidang yang dibahas dalam SAARC pada perkembangannya menjadi 16 bidang yaitu kerjasama di bidang pertanian. aspek keamanan. social development.org/areaofcooperation/ Ibid 11 . people to people contact. keuangan. Nepal.6Adapun tujuan organisasi ini diuraikan pada artikel I piagam pendiriannya sebagai berikut7 : a) to promote the welfare of the peoples of SOUTH ASIA and to improve their quality of life. poverty alleviation. ekonomi dan perdagangan. energi. Konsep SAARC pertama kali di adopsi oleh presiden Bangladesh Ziaur Rahman pada 1977. http://www. budaya. komunikasi. ilmu pengetahuan dan teknolongi. membuatnya menjadi anggota ke 8. lingkungan.saarc-sec. Pada akhir 1970an. Afganistan pada 2005 bergabung ke SAARC 4 http://politik. dan kepariwisataan. SAARC SAARC adalah organisasi yang terdiri dari Bangladesh. Menteri Luar Negeri dari 7 negara di Asia Selatan bertemu pertama kali di Kolombo pada April 1981. 1. Di bawah ini akan kami uraikan satu persatu mengenai SAARC dan Bimstek. human resource development. Pakistan. padat namun miskin di dunia. funding mechanism.4 Mempercepat perkenomian kawasan asia selatan menjadi tujuan utama sebab kawasan ini terkenal sebagai kawasan dengan penduduk banyak.kompasiana. India. disepakati persetujuan blok perdagangan antara negara-negara di Asia Selatan. Sri Lanka dan Bhutan yang bertujuan meningkatkan kerja sama ekonomi di Asia Selatan. bioteknologi. Maladewa. Ide tentang adanya kerjasama regional di Asia Selatan muncul kembali pada Mei 1980.Bengal Initiative for Multisectoral Technical and Economic Cooperation) anggotanya tidak terbatas negara asia selatan tetapi juga sebagian negara di asia tenggara seperti Thailand dan Myanmar." South Asian Association for Regional Cooperation.com/2011/02/01/tantangan-dan-peluang-saarcsebagai-organisasi-regional-di-asia-selatan/ 5 6 7 A Brief on SAARC.

India. 2 . Myanmar. Sri Lanka. f) to strengthen cooperation with other developing countries. Thailand.BIMSTEC awalnya bernama BIST-EC (Bangladesh. Srilanka.b) to accelerate economic growth. g) to strengthen cooperation among themselves in international forums on matters of common interests. BIMSTEC BIMSTEC atau Bay of Bengal Initiative for Multisectoral Technical and Economic Cooperation adalah organisasi kerjasama multi aspek yang anggotanya tidak hanya negara-negara di kawasan Asia Selatan namun juga negara di kawasan Asia Tengara yang wilayahnya berdekatan dengan negara-negara asia selatan tersebut. d) to contribute to mutual trust. Dengan 8 negara anggota utama dan negara-negara besar berstatus observer seperti Amerika. Meskipun begitu keberadaan India tetap yang paling dominan dan berpengaruh dalam organisasi ini. India. social progress and cultural development in the region and to provide all individuals the opportunity to live in dignity and to realise their full potentials. and Thailand Economic Cooperation) yang didirikan pada 6 Juni 1997 di Bangkok 12 . Agenda-agenda besar yang telah tersusun banyak yang mengalami kegagalan karena ketegangan yang terjadi antara kedua negara tersebut. understanding and appreciation of one another's problems. social. Akan tetapi konflik internal regional antara India dan Pakistan yang seakan-akan abadi malah justru mereduksi keberadaan SAARC di Asia Selatan. c) to promote and strengthen collective self-reliance among the countries of SOUTH ASIA. cultural. e) to promote active collaboration and mutual assistance in the economic. and h) to cooperate with international and regional organisations with similar aims and purposes. Organisasi ini terdiri dari Bangladesh. Korea Selatan dan Iran SAARC diproyeksikan akan menjadi kawasan regional yang besar dan potensial. technical and scientific fields. Bhutan dan Nepal.

Technology.bimstec. kejahatan transnasional serta sistem manajemen bencana. Pakistan Pakistan. Energy. • INTERAKSI INDIA DGN NEGARA LAIN DALAM SATU REGIONAL India sebagai pemimpin naluriah atas Asia Selatan mewarnai sejarah perkembangan kawasan tersebut. Agriculture. kepariwisataan. Fisheries.org/about_bimstec. Cultural Cooperation. Sejauh apapun Pakistan mengejar kedudukan India tersebut. Tourism. Public Health. Poverty Alleviation . Dibawah ini kami uraikan interaksi India dengan 2 negara di kawasan Asia Selatan yang menunjukkan dominasinya di kawasan tersebut. India tetaplah leader. People-to-People Contract. Environment and Disaster Management. Sedangkan Nepal dan Bhutan menjadi anggota tetap pada 2003. Namun interaksi antara India dengan negara di kawasan Asia Selatan tidak dapat terelakkan dan ikut mempengaruhi kebijakan domestik maupun luar negerinya.sebagai organisasi regional baru. Myanmar mengikuti pertemuan sebagai anggota pemantau dan bergabung dalam organisasi sebagai anggota tetap pada Special Ministerial Meeting yang diselenggarakan di Bangkok pada 22 Desember 1997.html ibid 13 .9 India sendiri merupakan anggota vokal di kawasan. Hal ini dibuktikan dengan perannya sebagai ketua atau chairman dari BIMSTEC sebanyak dua kali yaitu pada tahun 2000 dan periode 2006-2009. Sejak berakhirnya British Raj atau kemerdekaan India pada 1947 India dan Pakistan yang dulunya berada dalam 8 9 http://www. 1. Selain itu di BIMSTEC India juga menjadi ketua di 4 bidang dari 14 sektor yang menjadi bidang kerjasama antar negara di BIMSTEC yaitu leader bidang komunikasi. Transport & Communication. Ketujuh anggota BIMSTEC melingkupi 14 bidang kerjasama organisasi ini yaitu Trade & Investment. merupakan “musuh bebuyutan” India.8 BIMSTEC merupakan sebuah hubungan yang unik antara kawasan asia selatan dengan asia tenggara sehingga seakan menghubungkan ASEAN dengan SAARC. sehingga nama BIST-EC berubah menjadi BIMST-EC. Counter-Terrorism and Transnational Crimes and Climate Change.

saling mengasah pedang namun menahan diri untuk saling menyerang sebab memahami akan konsekuensi yang akan dihadapi jika hal tersebut dilakukan.10 Disamping itu sebagai dua negara yang punya sejarah masa lalu yang kelam. India dan Pakistan saling menaruh curiga satu sama lain. India dan Pakistan jarang berada dalam situasi yang dikatakan damai. Kedua negara seperti mempraktekkan cold war di era ini. Pakistan dan China. munculnya Bangladesh dan persaingan tentang perebutan Kashmir. VENKATESWARA SARMA Contemporary India and its problems: Call for a new world order page 9 14 . Hal ini terutama tercermin dalam persaingan dalam bidang militer. Dewasa ini kepemilikan nuklir kedua negara menjadi perbincangan hangat diantara ahli-ahli. Pada akhirnya India lah yang mendapatkan simpati dan dukungan terbesar sehingga saat ini menjadi salah satu negara industri baru dan menanjak statusnya dari negara berkembang menjadi negara maju. India dan pakistan sama-sama ingin menjadikan Kashmir dalam wilayah mereka. Pada akhirnya Kashmir di bagi ke dalam tiga wilayah negara yaitu India. Jaringan taliban di Afganistan dan terakhir berita mengenai 10 V. Kondisi keduanya kemudian menciptakan suatu balance of power dimana India dan Pakistan sama-sama menunjukkan “taring” masing-masing. India dan Pakistan sama-sama dijadikan ajang pertarungan dan merekapun memang mencari kawan masing-masing untuk menguatkan posisi mereka di dunia internasional. kaya dan merupakan surga bagi daerah disekitarnya. Sedangkan Pakistan terpuruk dengan masalah internalnya sendiri yang juga berkaitan dengan agenda pasca 9/11 yaitu masalah terorisme. Pakistan beralasan faktor persamaan agama yang dimiliki Kashmir dengan Pakistan adalah alasan utama mengapa Kashmir harus masuk ke dalam wilayah negara Pakistan dan dengan ini menolak Kashmir masuk ke India karena negara tersebut mayoritas penduduknya beragama Hindu. Konflik Kashmir berawal dari keberadaan wilayah yang subur. India dan Pakistan juga turut dalam persaingan negara-negara besar di dunia internasional misalnya dalam era perang dingin dimana Amerika dan Uni Sovyet bertarung.satu wilayah seringkali berada dalam situasi menegangkan. dan juga berbatasan langsung secara geografis. Faktor keamanan negara masing-masing menjadi alasan utama kecurigaan tetap berlangsung hingga saat ini.Apalagi hal ini diperparah dengan masalah keberadaan teroris yang ditengarai berada di Pakistan .

Namun upaya India ini bukan tanpa hambatan.bbc. Sri Lanka Hubungan Srilanka dengan India sebenarnya harmonis.sri.stm http://internasional.lanka.kompas.uk/2/hi/south_asia/735963. Sampai pada tahun 1991. Hal ini menyebabkan India berada dalam kondisi dilema antara akan ikut campur dalam mengatasi keberadaan kelompok pemberontak macan tamil lagi atau melindungi kepentingan dan keamanan nasional serta untuk tetap menunjukkan perannya sebagai negara terbesar di kawasan.keberadaan Ossama bin Laden di Pakistan semakin membuat negara ini menjadi salah satu target atau musuh negara-negara barat terkait afiliasinya dengan jaringan teorisme. PM Rajiv Gandhi sendiri terbunuh oleh sebuah serangan bom bunuh diri yang dicurigai dilakukan oleh kelompok Macan tamil.di.selesai 15 . Sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Srilanka. Perang sipil Srilanka sendiri berakhir pada bulan Mei 2009 setelah sekitar 27 tahun berkecamuk. Sejak saat itu sistem sosialis yang dibawa 11 12 http://news.11 LTTE (Liberation Tigers of Tamil Eelam) atau yang lebih dikenal dengan kelompok macan tamil adalah kelompok separatis yang berusaha melepaskan diri dari kesatuan negara Srilanka. India berkewajiban membantu negara tetangganya tersebut untuk mengatasi keberadaan Macan Tamil. Niatan baik untuk membantu mengatasi masalah domestik negara lain memakan banyak korban jiwa dikubu India sendiri. PM Rajiv Gandhi pada masanya mengirim pasukan perdamaian untuk mengatasi pemberontak bernama Indian Peace Keeping Force (IPKF) pada tahun 1987 namun lebih dari 1000 pasukan tewas. Pertumbuhan Ekonomi India mulai mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi semenjak pemerintah Narasimha Rao yang mereformasi berbagai bidang baik ekonomi maupun non ekonomi akibat adanya krisis neraca pembayaran. Akan tetapi dengan adanya perang sipil yang menganggu kehidupan domestik Srilanka dan kegagalan India dalam mengatasi perang sipil tersebut membuat hubungan keduanya terusik.12 D.co. 2.com/read/2009/05/19/01343120/perang.

html 16 . 14 Pertumbuhan ekonomi India dilatarbelakangi oleh adanya langkah liberalisasi sejak tahun 1984. Sebelum tahun 1984. keuangan.aspx 14 Kulkarni. www. maka pada tahun 1984 Perdana Menteri Rajiv Gandhi (dari Congress Party) mengecualikan sekitar duapuluhlima jenis industri dari keharusan mengikuti kebijakan perijinan ini dan mengadakan langkah liberalisasi bagi banyak cabang industri lainnya. Pemerintah pada waktu itu percaya bahwa India mampu memproduksi semuanya sendiri dan tidak membutuhkan barang impor. 2005. di India ditanamkan sikap benci terhadap produk-produk barat. Langkah-langkah yang dilakukan untuk pertumbuhan ekonomi India diantaranya adalah liberalisasi perdagangan. pengalihdayaan (outsourcing). Lalu kemudian diteruskan oleh PM Narasimha Rao pada tahun 1991 yang melakukan liberalisasi secara lebih luas karena terjadi kesenjangan investasi dalam negeri dengan tabungan dalam negeri yang semakin besar. Effect of Globalization on India. yaitu revolusi demografi. reformasi pajak. Liberalisasi ini diperkenalkan oleh Man Mohan Singh pada tahun 1991 yang pada saat itu menjabat sebagai menteri keuangan. India mulai membuka diri terhadap pasar internasional dan ini membawa dampak yang positif bagi perekonomian India. liberalisasi keuangan.Jawaharlal Nehru mulai mengalami pergeseran.org/india/economy/economyoverview. dan membuka diri pada investasi luar negeri.org/EffectsofGlobalizationonIndia. Ini membuat India membuat kebijakan untuk memproduksi segala kebutuhan dari dalam negeri.com/india-economy. Ada enam program revolusi ekonomi besar pemerintah yang mengarah pada serangan langsung terhadap kemiskinan. 13 Sebelumnya pada awal kemerdekaan India yang dipimpin oleh Mahatma Gandhi.mapsofindia.http://www. Bahkan saat ini India merupakan tujuan yang menarik para investor dunia untuk menanamkan investasinya.researchindia. terutama dari Inggris.ibef.15 13 http://www.doc 15 India Economy. karena pertumbuhan ekonominya masih akan terus positif di tahun 2012-2013. Kishore G. kebijakan ekonomi India didominasi oleh pengembangan industri subsititusi impor yang membutuhkan banyak kebijakan proteksi atas industri dalam negeri melalui berbagai kebijakan perizinan (dikenal sebagai “license raj” = rejim perijinan). dan reformasi bagi kaum miskin. aspirasi. globalisasi. Karena kebijakan perijinan ini hanya menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang rendah.

Pertumbuhan investasi 3.id/get-file-server/node/2630/ http://www. Pada tahun 2006 pertumbuhan ekonomi sebesar 9.7 % dan sektor infrastruktur sebesar 7.Perekonomian India mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan setelah membuka diri terhadap modal asing dan merubah kebijakan ekonominya yang tertutup.iie.1% disertai oleh pertumbuhan sektor industri sebesar 10. Pertumbuhan ekonomi India disertai oleh pertumbuhan sektoral yang terjadi di negara-negara berkembang yaitu pertumbuhan industri dan jasa-jasa yang relatif tinggi dan pertumbuhan sector pertanian yang relatif rendah.go.0 5.cfm?ResearchID=810 17 .2 9.9 3. yaitu:17 1. Walaupun pertumbuhannya lebih rendah daripada sector industri. Konsumsi domestik 2. pertumbuhan sektor pertanian dapat menopang pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan melalui produksi pangan yang terus meningkat.5%.1 Ada beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi India yang diungkapkan oleh Menteri Keuangan India Palaniappan Chidambaram. Tahun 1985 1986 1987 1988 1989 2000 2001 2002 2003 2004 2005 2006 Pertumbuhan Ekonomi (%) 4.16 Berikut adalah tabel peningkatan perekonomian India sampai tahun 2006.7 4.9 8. sektor pertanian sebesar 1. yaitu sekitar 8% dalam 20 tahun terakhir.bappenas. sebesar 10.com/publications/papers/paper.1 6.5 4.7%.1 3. sector jasa-jasa.8%. restoran dan transpor. Meningkatnya lapangan pekerjaan 4.6 10. Meningkatnya produktivitas dari modal dan tenaga kerja 16 17 www. seperti hotel.6 7.6 8.

Tempat ini juga mendapat julukan Silicon Valley. 18 . Hal ini lebih efektif daripada program wajib belajar.Selain itu faktor lain yang juga turut mempengaruhi adalah program pemerintah yang fokus memberikan prioritas keterampilan pendidikan tinggi bagi siswa-siswa tertentu yang berkompeten. Sebagai contoh di India terdapat pusat IT skala global seperti di Bengalore. Pertumbuhan ekonomi di India juga tidak bisa dilepaskan dari berkembangnya kemampuan mendasar di bidang teknologi dan kualitas sumber daya manusia di dalamnya.

Regionalisme India sering mengalami ketegangan dengan Pakistan. Merupakan salah satu wilayah yang memiliki peradaban tinggi dan memiliki kekayaan alam melimpah menjadikan India memiliki daya tarik bagi bangsa-bangsa di dunia untuk bisa menguasainya. terutama dalam regional. India juga memiliki citra yang senantiasa diperhitungkan dalam pergaulan internasional. India bersama negara anggota lain mencoba tidak terperangkap oleh permainan kedua negara besar pada saat itu. Dengan tidak memihak salah satu blok. Setelah penjajahan Inggris berakhir dimulailah masa dimana India mampu menentukan nasib sendiri dan hal ini pastinya tidak mudah. India menjadi pelopor dibentuknya Gerakan Non-Blok. Dan karena rasa benci kepada campur tangan negara lain maka India menerapkan sistem ekonomi tertutup. Namun sangat disayangkan organisasi tersebut belum bisa berjalan dengan lancar karena konflik yang terjadi antara India dan Pakistan. karena pemerintahan yang baru saja merdeka itu harus menghidupi rakyatnya yang berjumlah besar. 19 . Dalam bidang ekonomi dan perdagangan dewasa ini India menjalin kerjasama dengan China dan Amerika Serikat. yang mengakibatkan kondisi dalam negeri semakin tidak mengalami kemajuan. Hubungan bilateral kedua negara tersebut memang kurang harmonis. Sikap tegas ini merupakan langkah yang diambil oleh India pada saat itu. India menjadi tokoh sentral dalam beberapa organisasi regional seperti SAARC dan BIMSTEC. Tujuannya adalah untuk tetap bisa melanjutkan pertumbuhan ekonomi India yang semakin baik dari waktu ke waktu. Kesimpulan India merupakan negara yang telah mengalami banyak pengalaman sejak jaman sejarah sampai saat ini. India menerapkan kebijakan luar negeri yang menjadikannya negara yang diperhitungkan dalam kancah internasional.PENUTUP E. sebagai contoh ketika terjadi Perang Dingin.

html.multiply.bappenas. DAFTAR PUSTAKA Anneahira.mapsofindia. Palaniappan.com. Diakses pada 10 Maret 2012 Anonim. A New Phase in India-Sri Lanka Relations. Azzam Izzatal. Diakses pada 16 Maret 2012 Chidambaram.id/get-fileserver/node/2630/.in/idsacomments/ANewPhaseinIndiaSriLankaRelations_hdayaratne_030111 diakses pada 2 Marethttp://news.com/journal/item/2? &show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem.org/india/economy/economyoverview.iie. Hemantha. http://www. Ekonomi India Tinggal Landas. Kebijakan Luar Negeri India. ORGANISASI ASIA SELATAN DAN KONSTELASI POLITIK SERTA EKONOMI DALAM TATANAN GLOBAL.com/publications/papers/paper. India Economy Overview.bbc. Dwi. India’s Surprising Economy Miracle. Diakses pada 23 Februari 2012 Dayaratne. http://id.go. Diakses pada 23 Februari 2012 Anonim.html.anneahira.uk/2/hi/south_asia/735963. http://www.http://www.htm.html. http://www.ibef. India’s Economic Growth and Outlook http://www.asiaselatan. Diakses pada 2 Maret 2012 http://www. 2009.pakistan. http://elllle.com/india-economy. Diakses pada 2 Maret 2012 IBEF Research. Faisal.com/india/amerikaserikat/hubungan-luar-negeri-india-1467946.google. Diakses pada 23 Februari 2012 Indiatuti.id/url? sa=t&rct=j&q=sikap%20india%20dalam%20perang %20dingin&source=web&cd=10&sqi=2&ved=0CFgQFjAJ&url=http%3A%2F %2Fimages. Catatan Singkat Ekonomi India.hicow.idsa. Sekelumit Sejarah India.org/about_bimstec. Diakses pada 23 Februari 2012 Anonim. Diakses pada 10 Maret 2012 Islam.com/2009/05/konflik-kashmir-danpergolakan-hubungan. INDIA ECONOMY. 2011. 2007. Diakses pada 23 Februari 2012 Anonim.com/node/17147648. konflik kashmir dan pergolakan hubungan diplomatik india .html diakses pada 27 Februari 2012 Yunianto.Perekonomian India mengalami stagnasi selama bertahun-tahun sampai pada akhirnya tahun 1991 India mencoba untuk membuka diri dan hasilnya setelah 20 tahun berlalu India menjadi salah satu kekuatan ekonomi besar di dunia bersama dengan China. Diakses pada 23 Februari 2012 Anonim.aspx.co. India yang tadinya hanya dipandang sebelah mata sekarang bisa menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia.cfm?ResearchID=810. India Bersiap 20 . www.com/ekonomiindia.stm.blogspot. http://azzam-writeup. 2007. http://www. http://www.economist.co.multiplycontent.bimstec.multiply.

Diakses pada 27 Februari 2012 Saragih. Diakses pada 2 Maret 2012.blogspot. Kisah India Meraih Kejayaan.org/EffectsofGlobalizationonIndia. http://www.state. Putra.com/doc/-LFL4UFR/preview. EFFECT OF GLOBALIZATION ON INDIA’S ECONOMIC GROWTH. http://www. Diakses pada 23 Februari 2012.edu/DrJohnMcManus/Papers/128908/New_Giants_of_Asia diakses pada 24 Februari 2012 Munib. 2010 http://trionoakhmadmunib. Ahmad.kompasiana.com/2006/12/maju-setelah-melucuti-model-nehru. http://diplomacy945.com/berita/298489/india-bersiapmenjadi-raksasa-ekonomi-asia. 2011 Senoadi.New Giants of Asia.blogspot. Diakses pada 23 februari 2012 Setiyadi. http://herymart.okezone.4shared.com/2011/02/01/tantangan-dan-peluangsaarc-sebagai-organisasi-regional-di-asia-selatan/.scribd. http://www.com/resensi-buku/kisah-india-meraih-kejayaan/.com/read/2010/05/31/213/337934/ekonomi-india-tumbuh-melebihiprediksi. Dibalik Sukses Ekonomi China dan India. 2007. V.jalurkiri. Bagaimana peranan GNB dalam menghadapi tantangan dunia dan relevansinya di era globalisasi.htm. Contemporary India and its problems: Call for a new world order. John. http://dc162. Diakses pada 23 Februari 2012 Kristianto.com/2010/02/hubungan-internasional-di-kawasanasia. http://yorksj. http://politik. Taufanni. G. VENKATESWARA.gov/r/pa/ei/bgn/3454.S.html. Simon.org/areaofcooperation/. http://economy.doc. Background Note: India. Department of State. Triyono Akhmad. Diakses pada 1 Maret 2012. McManus. http://researchindia. Maghfira.saarc-sec.html.com/2010/06/bagaimana-peranan-gnb-dalam-menghadapi. Wigrantoro Roes. http://www. 2010. Bangladesh. Bookrix edition. Tantangan dan Peluang SAARC Sebagai Organisasi Regional di Asia Selatan. Ekonomi India Tumbuh Melebihi Prediksi. Diakses pada 16 Maret 2012 Kulkarni. diakses pada 27 Februari 2012 SARMA. Kishore. Diakses pada 27 Februari 2012 U. dkk.com/doc/24840525/KemerdekaanBangladesh. 2011.Menjadi Raksasa Ekonomi Asia. Anggit Amertara. Nuswantari.html.antaranews. Maju Setelah Melucuti Model Nehru.academia. Erik Purnama.blogspot.html diakes pada 24 Februari 2012 http://www. diaskes pada 27 Februari 2012 21 . Diakses pada 10 Maret 2012.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->